Beranda » Fenomena Langit Bulan Mei 2019

Fenomena Langit Bulan Mei 2019

Hujan meteor eta Aquariid bersama planet-planet yang bisa dilihat dengan mata tanpa alat masih menjadi atraksi utama dalam fenomena langit bulan Mei.

Segitiga Merkurius (bawah), Bulan, dan Venus (atas) tanggal 3 Mei 2019 dini hari yang dipotret oleh Jefferson Teng dari Lampung.

Merkurius & Venus. Mei merupakan waktu perpisahan dengan kedua planet terdekat matahari ini. Merkurius dan Venus tapak bergerak turun menuju ufuk timur. Merkurius hanya bertahan pada minggu pertama dan menghilang di balik terang Matahari, seiring perjalanannya menuju konjungsi dengan Sang Surya dan titik terdekat dari Matahari. Mengawali Mei, Merkurius berada di Pisces dan kemudian bergerak menjumpai Matahari di rasi Aries dan bergerak beriringan menuju Taurus.

Meskipun terus turun mengejar Matahari di ufuk timur, Bintang Kejora bisa diamati sampai akhir bulan. Planet Venus akan tampak bergerak turun dari rasi Pisces ke Aries dengan kecerlangan -3,8 magnitudo.

Sebelum Merkurius menghilang dari pandangan pengamat, pada tanggal 3 Mei dini hari, Merkurius, Venus dan Bulan Sabit akhir membentuk segitiga dengan jarak kurang dari 8º.

Mars. Planet merah, Mars bisa diamati setelah Matahari terbenam sampai kisaran pukul 20:00 waktu lokal dengan kecerlangan 1,7 magnitudo di rasi Taurus. Planet ini akan terus bergerak turun ke rasi Pisces di penghujung Mei.

Jupiter & Saturnus. Kedua planet raksasa ini masih bisa diamati hampir sepanjang malam selama bulan Mei. Jupiter akan terbit pada kisaran pukul 20:00 waktu lokal, disusul Saturnus pada kisaran pukul 22:00 waktu lokal. Jupiter dan Saturnus terus menanjak naik dan bergantian berpapasan dengan Bulan pada tanggal 20 dan 22 Mei.

Selama bulan Mei, Jupiter akan tampak di rasi Ophiuchus dengan kecerlangan -2,3 magnitudo. Saturnus juga tidak akan jauh karena berada di rasi Sagittarius dengan kecerlangan 0,5 magnitudo.

Uranus & Neptunus. Planet es raksasa ini terlalu redup untuk diamati dengan mata tanpa alat. Siapkan teleskop jika ingin melihat kedua planet es tersebut. Selama bulan Mei, Uranus yang berada di Aries,  sedang tidak dapat diamati karena terlalu dekat dengan Matahari. Uranus baru kebali tampak jelang akhir Mei saat planet ini terbit sebelum fajar menyingsing.

Neptunus, planet terjauh di Tata Surya bisa diamati sampai fajar. Di sepanjang bulan Mei, Neptunus berada di rasi Aquarius dan terbit lewat tengah malam. Akan tetapi, kecerlangannya yang sangat redup membuat planet ini hanya bisa diamati dengan teleskop.

Fase Bulan untuk Mei 2019. Kredit: Fajar Ariadi

5 Mei. Bulan Baru. Waktunya pengamatan. Langit akan gelap tanpa cahaya Bulan. Saat yang tepat untuk melakukan astrofotografi Deep Sky atau Bima Sakti. Pada saat ini, Bulan terbit hampir bersamaan dengan terbitnya Matahari. Jadi Bulan dan Matahari akan tampak sepanjang hari. Pengamat bisa menikmati planet-planet tanpa gangguan cahaya Bulan.

12 Mei. Bulan Perbani Awal. Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam. Para pengamat langit bisa menikmati langit bebas cahaya Bulan mulai tengah malam sampai jelang dini hari.

14 Mei. Bulan di perigee. Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 369.009 km.

Baca juga:  Geminids, Dari Mana Asalmu ?

19 Mei. Bulan Purnama. Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar tiba. Kesempatan baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya. Setelah fase purnama, Bulan secara perlahan akan bergeser waktu terbitnya semakin malam.

26 Mei. Bulan Perbani Akhir. Bulan terbit tengah malam dan terbenam siang hari. Bulan tampak dari tengah malam sampai jelang fajar.

26 Mei.  Bulan di titik apogee. Bulan mencapai jarak dari Bumi pada jarak 404.138 km

6 Mei – Hujan Meteor Eta Aquariid

Hujan meteor eta Aquariid pada tanggal 6 Mei 2019 pukul 02:30 WIB. Kredit: Star Walk

Dimulai tanggal 19 April – 28 Mei, hujan meteor Eta Aquariid yang berasal dari sisa komet Halley akan mencapai maksimum tanggal 6 Mei. Hujan meteor tersebut akan tampak tampak datang dari rasi Aquarius dan bisa diamati setelah lewat tengah malam sampai jelang fajar, setelah rasi Aquarius terbit pukul 01:23 waktu lokal.

Bulan sedang berada pada fase Bulan Baru dan terbit serta terbenam beriringan dengan Matahari. Di malam puncak, pengamat bisa melihat 40 – 85 meteor yang berasal dari sisa komet Halley setiap jam dengan kecepatan 66,9 km/detik.

3 Mei — Merkurius — Venus — Bulan

Segitiga Merkurius, Bulan, dan Venus pada tanggal 3 Mei pukul 05:00 WIB. Kredit: Star Walk

Mengawali bulan Mei, Merkurius dan Venus tampak membentuk segitiga di ufuk timur jelang fajar dengan Bulan Sabit akhir. Ketiganya membentuk segitiga dengan jarak kurang dari 8º. Merkurius dan Bulan hanya terpisah ~4º sedangkan Venus dan Bulan ~5,5º. Merkurius dan Venus hanya terpisah ~7º. Ketiganya terbit beriringan dimulai oleh Venus pukul 04:06 WIB, disusul Bulan pada pukul 04:23 WIB dan Merkurius pada pukul 04:39 WIB.

8 Mei — Bulan — Mars

Konjungsi Bulan dan Mars pada tanggal 8 Mei pukul 18:30 WIB. Kredit: Star Walk

Bulan sabit awal dan Mars bisa diamati sejak Matahari terbenam, 29º di barat laut. Bulan berada 3,2° di selatan Mars. Keduanya dapat diamati sampai pukul 20:10 WIB, ketika Mars terbenam dan disusul Bulan pukul 20:45 WIB.

20 Mei — Bulan — Jupiter

Konjungsi Bulan dan Jupiter pada tanggal 20 Mei pukul 20:30 WIB. Kredit: Star Walk

Bulan dan Jupiter tampak berpasangan di ufuk timur sekitar 1,5 jam setelah Matahari terbenam dan bisa diamati sampai fajar menyingsing. Bulan terbit terlebih dahulu pada pukul 19:02 WIB disusul Jupiter pukul 19:11 WIB. Keduanya hanya terpisah 1,6º di rasi Ophiuchus dengan ketinggian maksimum yang dicapai 74º pada pukul 01:25 WIB di selatan horison. Keduanya akan tenggelam dalam cahaya sang Surya pada pukul 05:39 WIB dengan ketinggian 27º di ufuk barat.

21 Mei — Konjungsi Superior Merkurius

Konjungsi superior Merkurius. Kredit: langitselatan

Merkurius akan berpapasan dekat dengan Matahari di langit sehingga planet ini menghilang dan tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi. Pada saat konjungsi superior, Matahari berada di antara Merkurius dan Bumi, dan hanya terpisah 0,3º dari Matahari.  Merkurius berada pada sisi terjauhnya dari Bumi, dan terjadi dalam satu siklus sinodik planet tersebut (116 hari).

Peristiwa konjungsi superior Merkurius juga menandai akhir kenampakan planet ini kala fajar dan mulai bertransisi untuk hadir kala senja dalam beberapa minggu lagi.

Ketika Merkurius sedang berada pada posisi terjauhnya dari Bumi, ia akan berada pada jarak 1,32 AU dari Bumi. Jika bisa diamati, diameter piringan Merkurius akan berukuran 0,014º.