fbpx
langitselatan
Beranda » Tahun Cahaya: Satuan Waktu atau Jarak?

Tahun Cahaya: Satuan Waktu atau Jarak?

Yang saya mau bertanya adalah ? ” 1 juta tahun cahaya itu sama dengan berapa tahun ?”

Filno Hau – Ambon

Tahun cahaya, kalau ditilik dari terminologinya memang seakan-akan mengarah pada satuan waktu. Pada kenyataannya, tahun cahaya bukanlah satuan waktu melainkan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak benda-benda langit yang jauh.

Bagi kita di Bumi, penanda jarak yang umum dikenal adalah meter, kilometer, mil, inci atau centimeter.  Akan tetapi, ketika kita melihat ke langit dan mulai mengukur jarak benda-benda langit, maka kita akan menemukan kalau benda-benda langit itu berada pada jarak yang superrrrrr jauh dari Bumi.  Dan jika jarak itu diukur dengan penanda jarak yang dikenal seperti misalnya kilometer maka manusia pasti kebingungan bagaimana menyebutkannya saking banyaknya angka nol.

Contoh, jarak Matahari dengan bintang terdekatnya 40.000.000.000.000 km atau 40 trilyun kilometer. Sementara masih banyak sekali bintang-bintang yang letaknya lebih jauh dari itu. Dan jarak ke galaksi Andromeda adalah 21.000.000.000.000.000.000 km atau 2,1 x 1019 km. Bagaimana menyebutnya?

Untuk mempermudah para astronom mengukur jarak, maka para astronom menggunakan satuan lain yang mempermudah kita untuk mengingatnya. Penggunaan satuan kilometer, meter, mil  menjadi tidak praktis untuk tetap digunakan sebagai penanda jarak. Pastinya kita akan pusing untuk mengingat 20 digit angka atau menulis angka-angka tersebut.

Maka untuk mengukur jarak yang sangat besar, digunakan satuan tahun cahaya. Cahaya bergerak 299.792.458 meter per detik atau aproksimasinya 300.000 km per detik maka 1 detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. Bagaimana kalau setahun?

300.000 km/detik x 60 detik/menit x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365,25 hari/tahun = 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012) km

Maka tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara atau setara dengan 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012 ) km.

Jarak yang sangat jauh tapi lebih mudah untuk diingat. Kita lihat contohnya di bawah ini. Lebih mudah diingat bukan jika menggunakan tahun cahaya?

Bulan = 1,3 detik cahaya
Matahari= 8,3 menit cahaya
Mars = 3.1 menit cahaya
Jupiter = 33 menit cahaya
Pluto = 5,3 jam cahaya
Proxima Cetauri= 4.3 tahun cahaya
Sirius = 8,58 tahun cahaya
Galaksi Andromeda = 2.300.000 tahun cahaya atau 2,3 juta tahun cahaya

Perbandingan jarak benda-benda langit dalam satuan kecepatan cahaya. Kredit: regentsearth.com
Perbandingan jarak benda-benda langit dalam satuan kecepatan cahaya. Kredit: regentsearth.com

Dari definisi tahun cahaya tersebut, ketika seorang pengamat di Bumi melihat sebuah bintang yang jaraknya 10 tahun cahaya maka artinya cahaya yang diterima pengamat saat ini merupakan cahaya yang baru tiba setelah melakukan perjalanan dari bintang dengan jarak tempuh 10 tahun. Atau sederhananya si pengamat di Bumi sedang melihat bintang pada keadaannya 10 tahun yang lalu.

Bintang-bintang dekat. Kredit : WIki
Bintang-bintang dekat. Kredit : WIki

Meskipun di artikel ini ada jarak benda-benda di Tata Surya menggunakan tahun cahaya, pada kenyataannya para astronom ketika mengukur jarak benda-benda di sebuah sistem keplanetan atau jarak benda-benda yang mengitari sebuah bintang mereka mnggunakan satuan astronomi. Hmm apa lagi itu? Singkatnya 1 satuan astronomi didefinisikan dari jarak Bumi – Matahari. Untuk penjelasan satuan jarak yang digunakan dalam astronomi seperti Satuan Astronomi, Tahun Cahaya maupun Parsec bisa dibaca di artikel Mengenal Satuan-Satuan Jarak dalam Astronomi.

Baca juga:  Supernova di Galaksi M95

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS!

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

30 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Mungkinkah kita bisa mencapai kecepatan cahaya? Jikalau mungkin, saya rasa masih sulit menjelajahi galaksi kita saja sekalipun. Apakah postulat einstein mengenai kecepatan tertinggi di alam semesta telah terbukti salah??

  • Mungkin saja!kalau dilakukan diluar angkasa yang tanpa gravitasi….karena gaya gravitasilah yang mempengaruhi gaya….CMIIW

  • Didunia ini tidak ada yang mustahil, jika manusia terus berusaha untuk membuat benda yang bisa melaju secepat kecepatan cahaya saya yakin pasti tuhan (Allah) pasti membantu kita.

    • mencapai dalam hal menemukan atau mendatangi? kalau menemukan atau mengamati masih mungkin dengan berbagai teknik. tapi untuk mendatangi planet tersebut butuh teknologi yang jauh lebih baik dari saat ini.

    • Mungkin saja…kita bisa menjelajahi alam semesta dgn cepat melebihi kecepatan cahaya. Satuan jarak yg dipakai adalah kecepatan roh. Kecepatan roh 3 juta x lipat lbh cepat drpada cahaya. Cuma kita harus mati dulu dan berubah menjadi roh/arwah barulah bs dgn cepat menjelajahi alam semesta.

      • artinya tidak mungkin bisa, selagi beda tersebut mempunyai bentuk dan masa, akan sulit menempuhnya, dan bayangkan apa yg terjadi pada tubuh kita saat berada di kecepatan 300.000 Km/detik.

  • Kak, saya boleh tanya? Saya sedikit bingung… Jika kecepatan cahaya 300.000 Km/s dan jarak matahari 8 menit menuju bumi… Lalu mengapa cahaya matahari tidak terlambat 8 menit untuk terbit dan menerangi bumi?

    • trimakasih. semua cahaya yang kita terima dari Matahari itu memang cahaya 8 menit yang lalu. 🙂 jd cahaya yg sekarang kita trima dr 8 menit lalu. sedang cahaya matahari yg skrg dipancarkan baru kita terima 8 menit kemudian

  • Oh gitu ya kak… Saya tambah mengerti dan menambah wawasan… Saya akan ikuti setiap postingan Langitselatan 😀

  • Menurut einstein kecepatan yang yang paling cepat dialam semesta adalah kecepatan cahaya adalah tepat kalau ada kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya memang ada bila ada benda bergerak diatas kecepatan cahaya maka benda itu sudah keluar dari alam semesta maksudnya diluar dimensi kita dimensi yang lebih komplek atau cepat atau alam gaib orang islam menyebutnya memang orang orang barang ingin menutupi adanya alam gaib tempat par a mahluk gaib yang bergerak diatas kecepatan cahaya

  • Wa cahaya matahari gak pernah terlambat lomas cahaya matahari menyinari bumi terus seperti percobaan pakai lampu senter yang terus menyinari bola terus kalau mataharinya padam dulu mungkin baru 8 menit sampai bumi

  • jika kita lihat galaksi yang jauh berjarak misal satu tahun cahaya, bagaimana caranya kita tau bahwa cahaya itu adalah cahaya satu tahun lalu, bagaimana cara menentukan nya?

    • Anda tidak bisa tahu secara ‘langsung’. Yang bisa Anda lakukan hanyalah menaksir secara tidak langsung seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini, yaitu dengan mengacu pada jarak sumber cahaya.

  • mengapa tampilan pembukaan layar langit selatan selalu muncul iklan IM3 yang sangat mengganggu – tampaknya iklan itu mengganggu sehingga konten langit selatan sering gagal tampil di layar

  • ak cumak mau nanyak… 1 taon cahaya = berapa hari hitungan nya…?

  • “Bintang” yang di maksud disini tuh bintang yang sering kita liat kalo malam atau bintang yang jadi pusat tata surya seperti halnya matahari yah min?

  • izin bertanya agak brbeda dr pmbahsan min. kalau ukuran umur/tahun benda yg dgunakan dlm astronomi itu mengikuti tahun di bumi yg 1 tahun 365 hr ya min? spt contoh, umur bumi yg 4 miliar sekian, berarti 4 miliar x 365 hr ya min? dlm kt lain bumi sudah mngelilingi matahari sebanyak 4 miliar kali ???

  • kalau di persempit dan di sederhanakannya seperti ini benar tidak ?? jadi kalau mau ke amdromeda tuh . lama perjalanannya selama 2,3 juta tahun baru sampai . itupun dengan kecepatan cahaya . yang menempuh per detik nya 300.000 km

  • mestinya dengan defenisi tersebut bahwa tahun cahaya merupakan satuan jarak dan bukan satuan waktu, maka semua benda benda langit yang diamati dari bumi adalah kondisi aktual benda tersebut, dan bukan kondisinya dari beberapa juta tahun lalu