Mari Membuat Teleskop Sederhana

Banyak orang berpikir untuk dapat menjadi seorang astronom haruslah memiliki “ilmunya”, bahkan harus memiliki sebuah teleskop sebagai “mata” kedua yang digunakan untuk “berpatroli” langit. Tetapi untuk bisa mendapatkan teleskop di Indonesia masih cukup sulit. Kalau pun ada, harganya yang melambung tinggi dapat membuat kita berpikir 100x untuk membelinya…..

Nah, alternatif lainnya, bagaimana jika kita mencoba MEMBUAT-nya?……..

Dalam tulisan ini kita akan membahas tentang pembuatan teleskop refraktor. Untuk bisa membuat sebuah teleskop refraktor, bisa dikatakan gampang–gampang susah karena tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan lensa dengan kualitas yang baik dan bagus, serta focus yang panjang. Tapi semua itu bukanlah masalah yang membuat kita mundur dan berhenti mencoba.

Untuk itu kita bisa menggunakan lensa LUP untuk membuat teleskop sederhana buatan sendiri. Tetapi alangkah baiknya lensa yang akan digunakan memiliki panjang focus maksimal 30cm. Karena di Indonesia lensa dengan panjang fokus > 30 cm masih sangat sulit untuk didapatkan.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar nama bahan – bahan dan peralatan yang dibutuhkan :

  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium)
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa)
  3. Perkakas
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Sebelum kita mulai membuat, kita sediakan dahulu bahan bahan serta alat yang akan digunakan seperti yang ada diatas.

Langkah Pembuatan :

  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui
  3. Letakkan lensa objektif kedalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang udah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler.
  4. Foto01
    Foto02

  5. Pasangkan perlup diujung paling belakang pipa
  6. Foto03

  7. Letakkan lensa okuler diperlupnya
  8. Foto04

Nah…..gampangkan membuatnya? Dari semua bahan diatas, yang lumayan sulit dicari adalah lensa okuler. Tetapi kita dapat mengambilnya dari lensa binocular, atau mikroskop (asal jangan “nyolong” punya sekolah ajah hehehehehe….). Tapi untuk lensa okuler bisa juga didapatkan di toko alat laboratorium dengan ukuran diameter 2,5 cm. Kisaran total untuk harga lensa objektif dan okuler jika dibeli di toko alat laboratorium bisa mencapai ± Rp. 75.000,-  s.d Rp. 100.00,-.

leadtele
Foto06

_____
Modul pembuatan teleskop ini dibuat oleh Iqbal Malik dan Haikal Hakim. Keduanya aktif terlibat dalam Pembuatan Teleskop Amatir (Amateur Telescope Making) dan pembuatan roket air.

Ditulis oleh

Iqbal Malik

Iqbal Malik

Astronom amatir yang aktif mengikuti perkembangan Astronomi modern, dan saat ini sedang menyelesaikan tahap Sarjana di Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Bersama saudaranya Haikal, mereka terlibat dalam pembuatan teleskop bagi astronom amatir dan pengamat perkembangan roket di Indonesia.

216 thoughts on “Mari Membuat Teleskop Sederhana

  1. uuwwwoohh!!! keren banget, btw, biaya pembuatannya sekitar brapaan ya mas? mw siapsiap liat Geminids, yay!! 😀

    1. ya ampuun, bodohnya aku, padahal udah ditulis di atas harga lensanya brapa >__< maapph..
      oia, karena gk ada basic ngitung2 fisika, gimana kalu dikasih contoh hitunghitunganya 🙂
      tengkiyuu

  2. Good article Iqbal. Keep up! Lensa 80mm juga dijual di dealer Vixen, jadi bisa buat yang lebih besar

  3. @ uke : ok uke..terima kasih atas comentnya…. 🙂

    @ pak hakim : terima kasih pak hakim….ini semua karena dukungan bapak dan teman2 dari LS yg menyemangati.. 😀

    oh iya kita punya yg 90mm f:900mm…cuma masih binggung untuk tubenya..heheheh

      1. oo..
        jadi tinggal d tempelin cermin aja ya..
        sip²…
        I’ll try this one(klo dah ad duit)..
        thank’s..
        lumayan klo bisa jadi utk ngeliat hujan meteor besok..
        hehe,.
        🙂

      2. oo..
        jadi tinggal d tempelin cermin datar aja ya..
        tapi susah juga tu nyari cermin datar yg lingkaran segede itu..
        hehe..

        1. hehehe…ya mas..tapi kalau memang tidak ada, bisa kok buat di tukang kaca, minta dibuatkan sama tukangnya… :D…

      3. iya juga ya..
        tapi ga sempet kayaknya utk ngeliat hujan meteor besok malam..
        hehe..
        thank’s mas atas infonya..

        1. Untuk melihat hujan meteor, paling enak pakai alat yg telah tersedia saja –mata kita sendiri (tanpa bantuan alat optik lain), karena menyediakan medan pandang yg paling luas.

          Buat Iqbal & Haikal, keep up the good works =))

          1. thx mas jeff..semua juga berkat dukungan mbak ivie dan seluruh kerabat kerja LS..hehehe….. 😀

      4. mas iqbal… klo dibuat lurus (gak pake bengkokan biar gak pasang kaca cermin) bisa gak.. trus jarak lensa ke lensa tepatnya brapa? klo gak tepat kan bisa2 gak fokus…

        1. bisa kok dibikin lurus. punyaku lurus hehehehe. itu cuma masalah estetika aja. malah kalau mau dibuat dalam 2 pipa paralon yg saling disambungkan jd yg bagian okulernya bisa dimaju mundurkan untuk mendapatkan fokus terbaik.

          1. hmmm… brarti bener dugaanku mungkin bisa di buat 2 saling berjajar sejarak dua bola mata kita. thanks mba Vie.. to mas Iqbal, idenya oke banged…

  4. mas, kalo lensa diambilkan dari lesa kamera bisa gak ya? maksudnya lensa lama yg dah gak kepake… soalnya aku sering buka lensa kamera manual, dan ddalamnya terdapat banyak lensa. (6-8 lensa).

  5. Mas, kalo saya minta tolong dibuatkan teleskop itu bisa ga mas? Trus kira2 perlu biaya berapa? Terima kasih…

  6. mas / mbak saya liat lup yang di jual itu di pinggirnya ada cfembungnya lagi yang kecil,itu bisa di pake ga kalo lensanya begitu?
    mohon bantuannya..
    terimakasih..

  7. mas Iqbal. tolong kasih rinciannya donk. harga & panjang tube nya. saya masih belum jelas nih. thanks yah. oh ya bisa berapa kali pembesaran?

    1. panjang tube sih kisaran 30 cm. kalau misal mau pake eyepiece yg 2,5 cm dan 5 cm di objektif. harga kedua lensa kira2 100 ribu. harga pipanya sih sekitar 10-20 ribu. tergantung belinya. ada yg bisa jual 1/2 meter. tp rata2 jualan pipanya per meter. pipa jgn dibeli di toko serba ada soalnya jdnya hrs beli yg kisaran 4 meteran. perlup bisa dibeli di toko pipa. murah kok kisaran 2000-3000 an.

      1. mba ivie… kalau misal mau pake okuler 2,5 cm dan lensa objektif 5 cm, jarak lensa objektif dan lensa okuler tepatnya brapa ya..? klo gak tepat kan bisa gak fokus juga..

        1. panjang fokusnya sebenernya paling simple ditanya ke toko lab yg jual lensa berapa panjang fokusnya kemudian keduanya di jumlahkan. tp untuk okuler 2.5 cm dan objektif 5cm panjang fokus keduanya sekitar 30 cm. atau kita bisa mencari panjang fokusnya sendiri dengan cara mensejajarkan kedua lensa dan dimaju mundurkan untuk medapatkan gbr yg fokus kemudian diukur panjangnya.

          coba saya susun dalam bahasa yg bener dulu ya kemudian saya masukin ke ls.

          1. mba ivie… thanks ya… penjelasanya oke banget.. jd nyambung. [emang enaknya lurus aja jngn bengkok2.. he….] skali lg thanks tinggal tunggu waktu sempat utk mmbuatnya.

  8. Ntu teleskop bisa wat liat jupiter ga’..? Ato paling ga’ bsa wat liat permukaan bulan ga’..?

    1. Well untuk tele yg ini mungkin iqbal bisa menjawab. tapi saya sempet membuat sebuah tele dgn lensa yg saya jabarkan di komentar di atas, untuk pemrukaan bulan cukup jelas kok. untuk Jupiter saya belum nyoba. untuk melihat bintang terang cukup baik juga.

  9. hallo mbak ivie, aku mo nanya nih. kmrn ak udah coba2 buat yg sederhana. obyektifnya aku pakai lup 75mm fokusnya 42mm (ak cari dgn cara mengukur jarak lensa dgn titik api dbawah sinar matahari), okulernya 25mm fokusnya 12mm, emang sih blum kucoba liat bulan(mendung terus), tp sewaktu nyoba liat benda jauh gambarnya sperti ada warna pelanginya, membuat hasil kurang begitu jelas.. Penyebabnya apa ya? Trus solusinya bagamana ya mbak? Trus jarak antara mata dgn lensa okuler apakah ada hitungannya? Sebelumnya terimakasih buat mbak ivie yg slalu punya info2 bgs..

    1. coba kamu maju mundurkan lensa buat dapetin gbr yg tajam. untuk jarak mata dengan lensa okuler sih nggak ada hitungannya. pertanyaan lainnya aku pelajari dulu yah. mungkin Iqbal dkk bisa ngejawab…

  10. Secara simple-nya, panjang sebuah teleskop galileo, yg dua2nya menggunakan lensa, maka kira2 panjang telekopnya atau jarak minimal antara Objektif dengan Okuler adalaj penjumlahan antara panjang fokus Objektif dengan panjang fokus Okuler. Maaf jika salah..

  11. cermin cekung yg besar n bagus beli dmn ya?
    gw cari2 ada jg cermin rias yg cekung, cukup besar kira2 sebesar piring makan, tp ngga mulus cekungannya..
    agak pletat-pletot cekungannya.
    nyari yg mulus dmn belinya?

  12. ass. mba vie mo nanya lg nih.(meski pertanyaanku yg d atas blm terjawab): misalkan untuk lensa okuler dipakai lensa plankonveks apakah mempengarui citra yg dihasilkan oleh teleskop?. trus pertanyaan buat mas iqbal: berapakah perbesaran teleskop yg mas iqbal buat? apakah bisa untuk melihat mars or venus?..

  13. Misal lensa okuler teleskopnya memakai lensa plankonveks, apakah mempengarui citra yg dihasilkan?

  14. @Rony: kalo lensanya makin besar dan panjang fokusnya juga bisa koq..tp jg bergantung sama perbesaran okulernya…:)

    @ctrl_alt_del: kalo beli cekung langsung jadi jarang ada disini..byasanya malah spheric bkn parabola kalo saya boleh saran…saya penah ada ide dengan membuat cermin dengan acrylic yg di lengkungkan.(di surabaya ada toko acrylic yg bisa dipesankan buat di bikin cekung) nah setelah dilengkungkan di sepuh AgNo3 (perak nitrat)..

    TADDAAAA..jadi dah primary mirror….:) (ide muncul ketika saya mau beli acrylic buat bikin robot.hehehehe)

  15. Mbak,,
    saya baru beli lup yg 75 mm, tp fokusnya gk tw..
    klo nyari fokusnya gmn??
    Klo lensa okuler adanya yang diameter 5 cm, F=20 cm.
    Gmn?

    1. untuk fokusnya .. coba pasang kertas… atau arahkan lup ke kertas or tembok trus sinari pake senter.. maju mundurkan lup sampai sinarnya terfokus. ukur jaraknya. itu panjang fokusnya.

      1. Thank’s,,,
        Stlah mengukur LUP dgn lampu sya mnemukan F= 32,5 cm.
        Oh, yg kmrin tuh bkn lensa okuler. tp lens double convex yg d= 5 cm
        ‘n F= 20 cm. But stlah sy ukur sprti halnya LUP pnjng F= 23 cm.
        yg bnr tuh yg mna? trus klo Lensa lensa double convexny bisa d pke g?
        Klo bosa pnjang bdn tlskopnya brp?

        1. yg bener mang disekitar 20-23 cm iitu, coba kamu lit bayangan yg paling tajam yg mana. double convexnya bisa dipake. untuk panjang teleskop berarti kisaran 50 – 60 cm. coba dibuat supaya bagian yg eyepiecenya bisa disliding. jd pake dua pia yg slaing dimasukkan supaya kalo dipake bisa digeser untuk dapetin bayangan yg tajam

          1. untuk panjang teleskop yg 50 – 60 cm trlalu kcil gmbar prmukaan bulannya, jdi kyak ngga pke teskop. untuk jrak skitar 10cm gmbarnya bagus dan jelas, tapi cara membuat bagian yg eyepiecenya bisa disliding gmana??
            tlng jwb scpatnya…..

  16. bisa kok. coba cari panjang fokusnya dengan metode sederhana memfokuskan sinar ke kertas putih dan ukur jaraknya.

  17. artikelnya bagus sekali, saya sangat awam tentang astronomi dan optik sekarang jadi punya harapan nih memiliki teleskop, dari kecil kepengen punya cuma harganya mahal. saya masih belum paham ttg detail part diantaranya masalah dimensi …kalau boleh minta tolong bikinkan panduannya detail seperti roket air….salut atas kerjanya

  18. Stlah mengukur LUP dgn lampu sya mnemukan F= 32,5 cm.
    Oh, yg kmrin tuh bkn lensa okuler. tp lens double convex yg d= 5 cm
    ‘n F= 20 cm. But stlah sy ukur sprti halnya LUP pnjng F= 23 cm.
    yg bnr tuh yg mna? trus klo Lensa lensa double convexny bisa d pke g?
    Klo bosa pnjang bdn tlskopnya brp?

  19. saya punya lensa dari lup yang 75mm dan saya sudah beli binokular yang kecil rp.50.000 saya pengen tanya yang di pakai untuk lensa okuler teleskopnya ,pakai lensa objektif atau lensa okulernya binocular itu ?

  20. kalo mau motret hasil yg bisa dilihat dari teleskop itu gimana nyambunginnya dengan kamera???

  21. Mas iqbal or mbak ivey saya blh mnta cara pembuatan yg komplit gak dan cra penghitung m’cri f obj dan ok tlng krm jawaban k [email protected] coz buat praktikum siswa.Thank ya

  22. mbak ivie klu mengunakan 2 buah lensa cembung (lup) apa jg bs bt teropong selain mengunakan lensa binokular…?

  23. mas iqbal dan ivie, saya juga dong minta cara pembuatan yg komplit untuk teleskop di atas. saya mau mencoba membuat tp kebingungan. kirim ke [email protected]. Thx b4 yah mas iqbal dan mbak ivie 🙂

  24. Mas/ Mbak,

    Saya newbie nih, nggak begitu ngerti sama astro. tapi saya pingin buatin teleskop untuk saya. Hanya mungkin untuk saya yang newbie bahasan di atas kayaknya kurang ya. kalo nggak keberatan mas / mbak bisa bikinin tutorial step by step kayak yang tutorial roket air. Cukup detil dan sangat membantu sekali.
    Salam

  25. soal tele akan kujawab dalam beberapa hari yah. maaf baru pulang soalnya dan baru bisa bener2 koneksi internet lg.

  26. Astaghfirullah, sampe lupa udah ada di atas! Maaf…
    BTW ini bagus sekali postingnya, lumayan buat proyek liburan nanti liat bintang pake teleskop.

          1. oalahhhhh kukira nomer apa. pudak scientific di Jl. Pudak No. 4 Bandung 40113 atau di jkt di Jl. A.M Sangaji No. 27 Jakarta Pusat 10130 Indonesia. selamat mencari. oya pas beli minta aja yg 2,5cm ama 5 cm kl ga salah. itu yg kupakai.

  27. mohon info, di atas ditulis lensa okuler+ojbective harganya berkisar Rp.75.000 sd Rp.100.000, kalau di Jakarta belinya dimana ya? saya coba tanya ke Prominence (baca di forum ini jg) tapi harganya tidak ada yg segitu (khususnya lensa okuler/eyepiece).

    1. Pak Darmawan, untuk lensa yang kami sebut disini bukan lensa yg dibuat khsusus untuk teleskop seperti yang ada di Prominence. Lensa yang kami gunakan disini merupakan lensa yang digunakan siswa untuk praktikum fisika, dan bisa didapatkan di toko yang menjual alat laboratorium. Atau bisa juga dengan menggunakan 2 buah lup. tapi kalau Bapak ingin membangun sebuah tele dengan lensa yg lebih baik memang sebaikya menggunakan lensa yang dijual di prominence 🙂

  28. mbak..mau tanyag saia kan mau buat TTG..nha saiia mau bikin inni…cuma bingung…..
    untuk pipa yang paling belakang itu kan kayak tumpuk tumpuuk…ittu namae appa iia kaloo belii??

    1. pipa yg terlihat tumpuk2 itu namanya pipa konektor. bayak dijual di toko pipa. dipakai buat menyambungkan 2 buah pipa.

  29. hadoooooooohh…

    keren banget nih tutorialya…

    baru nyadar,,,bisa dibikin juga dengan optik sederhana…

    (baru nyadar apa emang dongo??)

    proyek pertama setelah TA..!!!

    yosh

    thx buat bro Iqbal + Haikal…

    sukses bro

  30. Mba Ivie…tu teropong kenapa ga dikomersialkan saja. Yang yasti akan banyak orang bisa memiliki teropong. karena harga yang sangat terjangkau.
    Saya percaya,bila ada teropong murah dunia astronomi indonesia bakal berkembang pesat. Yang saya tau,banyak orang yang mencintai keindahan langit malam ( astronomi ),tidak mampu untuk membeli teleskop yang harganya jutaaan.
    Hehehe…termasuk saya.
    Maju Terus Indonesiaku…

  31. kalo pake beberapa lup , apa bisa ya menjadi teleskop? gimana cara menghitung jarak jangkauannnya teleskop/?

  32. Maaf mbak ivie,numpang nanya,selain di prominence lensa objective sama okuler belinya dimanaya di jakarta ??
    kebetulan saya lagi ada tugas terus saya bingung mau beli dimana….

  33. Dengan semangat DIY (Do It YourSelf) ..
    Saya cuma mo nambahin url lain, sekedar untuk memperluas wawasan.

    url ini untuk yang ingin nyemplung ke astrophotography.
    Untuk kegiatan ini biasanya butuh exposure yang lumayan lama.
    Karena bumi bergerak … maka dengan exposure yang lama .. object akan terlihat bergerak.
    Untuk mengatasi ini biasa nya camera/telescope di mount equatorial-mount

    Nah Url berikut menyangkut si equatorial-mount ini:
    1. Basic nya ada di http://www.philharrington.net/scotch.htm
    2. Kalau udah emosi dan nekat nyemplung lebih dalam … bisa ke http://www.astunit.com/tonkinsastro/atm/projects/scotch.htm

    Hmmm … kamera DSC poket itu exposure nya bisa di “Tahan” gak ya ?
    Jika bisa … wah kalau kemudian di sambung kan ke telescope PVC nya mbak IviE ini … kayaknya bisa menghasilkan foto yang lumayan ciamik dengan cost yang cukup rendah

    note : Yang masih membingungkan saya itu masalah Polar-alignment nya

    salam
    -bino-

  34. dah nemu lup 6x75mm buatan china focus 40 cm oculer pake yg 4cm focus 8cm coba arahin ke bintang yang tdk nampak dengan mata telanjang jadi bermunculan tp disaat coba arahin ke bulan kok gak bisa lbh detail kawah2 tidak kelihatan…mohon solusinya,trims

  35. @sasisae

    fokusernya permanen atau bs diset?..kalo permanen brarti fokusnya yg ga tepat….

    perbesaran (zoom) detail kawah jg berpengaruh thdp panjang fokus objektifnya….

  36. pengen bikin tapi bingung, ada gambar detailnya nggak? gambar 2 dimensi saja dengan jarak dan penempatan lensa.saya tahunya lensa cembung dan cekung; terangin lagi dong

  37. baguuusss…. saya sudah bisa buat dari lup tapi bayangan kurang besar…. lensa okuler saya buat dari bohlam di isi air … itulah eksperimen sederhana saya… mau beli gak ada uang… yang penting selalu ingin maju dan belajar pasti kita capai cita cita kita…

  38. bagus sekali teman,,,
    makasah banyak,,
    jd punya harapan punya teleskop pribadi,,
    bisa begadang trus tiap malem klo punya ni,,

  39. permisi semuanya . boleh tnya gak ? klo diameter lensa nya sama , tpi fkus nya berbeda itu boleh gak ya ? trus perbesaran teleskop di atas brpa kali ya ? thanks before !

  40. mas saya ingin membeli teleskop buatan mas, kira2 berapa biayanya??
    Soalnya saya kalau buat tidak waktu.
    Balas ke email saya.

  41. nice…
    jadi tertarik buat coba buat.. tapi saya bingung, dari penjelasnnya, saya dapat klo teleskop yg digunakan tanpa cermin. tapi kalau saya melihat gambar, sepertinya mas yang buat menggunakan cermin karena okulernya tidak sejajar dengan lensa obj nya.. kalau memang menggunakan cermin, itu gimana mohon penjelasannya

  42. Mas, saya ingin membuat tetapi cari lup jarak fokus 30cm susah Mas.. Sama tolong minta penjelasan yang lebih detail tentang cara pembuatan.. Thanks

    1. saya ada stok LUP cekung dan cembung bekas mesin foto copy sepasang saya jual dengan harga 100 ribu rupiah kontak saya 08158720981 ferry , depok

  43. mas….alamat toko alat labolatorium di jogja itu sebelah mana ya?mohon pencerahannya….saya sangat tertarik dengan teleskop mas….terima kasih sebelumnya….

  44. berapa perbesaran maksimal yang bisa dibuat ? apakah bisa sampai perbesaran 100x ? msh bingung

    1. perbesaran maksimal? tergantung pada diameter lensa yang akan anda pakai. perbesaran 100 kali buat apa?? teleskop berfungsi untuk mengumpulkan cahaya sehingga obyek redup jadi tampak. bukan untuk memperbesar bintang jadi gede… 🙂

      1. OOOhhhh,,, gitu mbak.. kirain kalo pake teleskop bisa liat bintang agak gedhe dikit kayak liat di mikroskop. saya udah buat teleskopnya lensa okuler fokus 5 cm, dan lensa objectif fok 30 cm, tapi liat bintang di malam hari kok kayak punya ekor? jadi liatnya kayak komet gt…

        1. @mas er, mas maaf kalau mau tau jarak fokus dari mana ya? saya punya lensa bekas teropong rusak hehe.. mohon di jawab, untuk tugas sekolah

  45. Bayangan bintang pada teleskop yang saya buat kurang jelas padahal jarak kedua lensa udah pas, knapa ya? ato perlu digeser lagi ? apakah perlu pergi ke hutan biar bisa liat jelas karena di hutan kan tidak ada pencemaran cahaya yang menghalangi kejelasan dari objek yang kita teropong>?

  46. hebat,..!!!!
    aku pengen buat teleskop tsb, tapi aku bingung untuk mendapatkan semua bahan tadi, seperti lensa yg diperlukan aku tidak punya,..

    1. kamu tinggal dimana? lensa bisa didapat di toko2 yg menjual peralatan labratorium fisika. kalau nggak ada bisa pake 2 buah lup.

  47. kan yg belokan itu dikasih cermin datar. nah, letaknya itu gimana ya? trus klo lensa okuler nya pake lensa kacamata bisa gak?thx

    1. yg di belokan mang dikasih prisma pembalik. tp untuk tuntunan pembuatan teleskop yg dijabarkan, tidak dibutuhkan cermina. hanya 2 buah lensa. jd untuk pipanya pun tidak perlu dibengkokan seperti yg di foto 🙂

      1. hehehe…thx ya mbak.tapi saya kan bkinnya mau yang belok, nah posisi cermin datarnya itu gmn(mksdnya berapa derajat gitu n mengarah kemana?:D

      1. lensa kacamata nya ditempel jadi pengganti lensa okuler bisa ya?
        oh ya, mbak bisa minta tolong utk nama” pipanya?soalnya tadi saya mau beli tapi gak tau namanya…..hehehe……
        thx ya, mbak

          1. halo saya tinggal di tegal saya ingin cari toko yang jual lensanya itu tempatnya dimana ya…..

  48. oya jangan lupa…teleskopnya dibagian dalam dicat warna hitam dof..atao di lapisi kertas asturo/karton warna hitam….agar tidak ada refleksi dr pipa sendiri 🙂

  49. klo untuk lensa objektif’a semakin pnjang fokus’a semakin bagus/jelek??
    trz diameter lensa obj semakin besar semakin bagus/jelek?

  50. ak udah buat udah jadi yg belok. lensa depan n blakang pake lup, tapi kok liatnya jadi kecil sih? tolong dnk 😀

  51. Bagus bgt artikelnya, btw mas Iqbal jual g yg dah jd, cz bingung mau cri bahn2nya aplgi ngrakitnya. Lo jual hrganya kira2 brp? tnx.

  52. keren nih tips n trik nya . .
    coba-coba ntar saya cari toko laboratorium kaca pembesarnya . . jadi pengen bikin juga

  53. aku punya lensa bekas fotocopy setelah saya perhatikan didalamnya terdapat 4 lapis lensa. nah yang dipakai yang mana? untuk eye piece pakai bekas binokular kecil apa ada yang kurang. selain yang ddi atas apa masih ada yang kurang dengan lensanya

  54. Assalamualaikum.
    Sekedar info, nama saya didi. Saya sudah coba buat. Obyektifnya pakai 75mm, oknya 30mm. Fokus totalnya saya lupa. Kan tiap lensa bedha2. Kalo mau coba bisa diitung ndry. Hasilnya cukup baik k0k. Nebula keliatan sangat jelas. Apalagi bulan, kawahnya itu loh. Indah buangett.
    Thanks mbk ivie, iqbal, haikal.
    Thanks all.
    Thanks LS.
    Kalo ad yang mau tanya silahkan email ke [email protected]. InsyaALLAH saya jawab.
    Saya tunggu loh.
    Wassalamu’alaikum.

    1. Assalamualaikum…

      terima kasih atas komentarnya didi…

      kita juga turut senang karena ternyata tutorial kami bermanfaat buat yg lain. dan juga tidak lupa terima kasih buat mbak ivie yang udah ngoreksi tulisan tutorial kita hehehe 🙂

      maaf baru bisa balas, karena udah gak pernah bukan Email.

      untuk saat ini saya dan saudara kembar saya mas haikal masih sedang mengerjakan teleskop cermin 8″ newtonian Insya Allah…

      rencananya kalau sudah jadi nanti akan kita tulis tutorial untuk teleskop cermin (reflector) .. doakan saja cepat selesai yah teman2 🙂 trims sebelumnya

      Wassalamu’alaikum.wr.wb

  55. waah.. Kalo nulis pengalaman insyaaLlah bisa. Tapi kalo soal foto, ntar aja ya mbk. Aku gak punya c0mp. Nie lwat handph0ne. Handph0ne gag kamera lagi. Kalo di warnet, l0mb ad uang. Nih kmaren hbiz beli lens 2,5 n 7,5cm.
    Yang udah jadi sih dibawa kakak saya, saya ngek0st mbk..

    1. hai haii sorry baru bales. boleh2 kl mang bisa dikirim by email. tp kalau belum bisa gpp. ditunggu ya. jgn dipaksain kok. idenya berbagi cerita dgn rekan2 pembaca. 🙂

    1. untuk liat bulan, teleskop yang dibuat ini bisa kok 🙂 coba pake lensa eyepiece 2,5 cm ama 5 cm harusnya lensa ini ada di toko yg jual alat2 percobaan fisika.

        1. lensanya kl yg pernah kubuat 2,5 cm sebagai eyepiece dan 5 cm sebagai objektif totalnya 100 ribu. plus pipa dll sekitar 120ribuanlah.

  56. mas, mbak, mau nanya nih.
    saya sudah beli 2 lensa cembung yang :
    1. fokus 30cm diameter 5cm
    2. fokus 10cm diameter 3,5 cm
    dan pipa saya potong sepanjang 40cm.
    saat saya arahkan ke langit, kenapa ga kelihatan ya?
    apanya yang salah?
    mohon dibales.
    *saya pengen banget

  57. SHARE INFO : Buat para amatir astronomi, dan berencana membeli teleskope pertamanya berikut ini beberapa tips agar kalian tidak KUCIWA karena mendapati teleskope tidak seperti yang dibayangkan.

    1. Carilah teleskope dengan panjang fokal setidaknya 900 mm,sebab semakin panjang semakin besar magnifernya.
    Dipasaran ada banyak variabel, 90090, 90080, 90070, 90060, 80080~80060, 70070, 70060, tiga angka pertama adalah panjang fokus, dan dua angka terakhir adalah dimeter tubenya.

    2. Cari lebar lensa Objective sebesar mungkin, ( 90mm ) ini membuat bidang pandang lebih luas dan memudahkan anda untuk mencari objek angkasa.

    3. Cari juga lubang diameter cermin pembaliknya yang lebar,ini berpengaruh pada kenyamanan anda saat mengamati benda angkasa, sebab objeck angkasa cepat sekali menghilang dan anda harus set kemiringan teleskope kembali.

    4. Cari mekanisme (swing dan Rotate ) teleskope yang simple hingga memudahkan anda untuk tracking, dan bisa diputar lembut mengikuti kecepatan revolusi planet.

    5. Cari juga teleskope dengan banyak acessories eyepice, barlow dan filter, ini akan menambah kenyamanan anda dan memaksimalkan fungsi teleskope pertama anda.

    semoga bermanfaat, trims

  58. ADDITIONAL INFO:

    Gunakan juga software stellarium untuk membantu mencari posisi benda angkasa,juga software Planetarium untuk mengetahui planet yang dimaksud sedang berada pada orbit konjugasi (jauh dari bumi) atau oposisi (dekat dengan bumi).

    trims

  59. Mas, mohon penjelasannya untuk bahan yang mendetail, Pipa PVC ukuran diameter, panajang perbagian dan perbagian di photo (jangan di cat dulu), diameter lensa.

    terima kasih

    ttd

    Sugeng

  60. mas, mba saya mau tanya ..
    pipa pvc yang di gunakan di atas ukuranya berapa ?
    untuk membuat teropong bintang dengan lensa okuler berdiameter 2,5 cm, saya beli lensa objektifnya yang berdiameter berapa ?
    terima kasih, mohon penjelasannya .

  61. Mas, tolong dong kirimin saya tips2 membuat teleskop diatas dengan lebih mudah. tolong ya…
    terimkasih untuk sumbangsih ilmunya.

  62. minta tlg gmbar lensanya mas.saya gak tau lensa okuler dan obyektif spt apa bentuknya.punya banyak lensa bekas tp bingung cara buatnya. trmksh

  63. mas iqbal dan mba ivie, saya minta penjelasan yg sekompli-komplitnya. saya masih belum ngerti karna masih awam. serta tolong jelaskan tentang rumus fob + fok = L . karena saya masih SMP
    saya sangat antusias sekali untuk membuatnya. kirim ke [email protected] ya mba/mas . makasi banyak

  64. maaf mas.. mbak.. saya ini sangat terinspirasi buat punya teleskop..
    kalo diameter pralonnya brapa ya mas.. terus. kalo perlup saat disambungin ke okuler teleskop. kenapa pipanya dibuat belok???
    apa harus pake cermin lagi ato gimana??
    kalo bisa pake video ya..

    trims.. wassalam.

    1. diameter paralon disesuaikan dengan diameter lensa objktif dan okuler supaya bisa tegak di dalam. sedangnkan untuk okuler pipa bisa saja dibuat tidak ada belokan. yg di foto ada belokan sebenarnya cuma untuk mempermudah juga kalau obyek yang dilihat ada di zenit. dan di dalamnya ada cermin. tp untuk keseluruhan tutorial ini ga perlu cermin tambahan dan eyepiecenya tidak dibuat belok. 🙂

  65. Halo mbak ivie, mohon saran, pembesaran yang dibutuhkan untuk setidaknya bisa melihat kawah bulan itu minimal berapa ya? Saya sudah mencoba membuat teleskop ini, dengan pemahaman yang sangat sederhana, saya menggunakan lensa Loop sebagai obyektif dengan diameter 70mm dan fokus (saya test sendiri) ± 250mm dan eyepice mikroskop 10x dengan fokus (terulis dibadan eyepiece, total) 16mm. Jadi kalo sesuai rumusnya pembesaran menjadi 250mm/16mm = 15x. Eyepiece mikroskopnya sendiri terdiri dari 2 buah plan-konveks, apakah ini berpengaruh?
    Setelah berhasil merangkai teleskopnya, saya coba untuk melihat obyek indoor, memang bisa zoom, namun begitu saya gunakan melihat bulan, tidak berhasil. Panjang teleskop sendiri ±260mm. Rencananya setelah mengetahui pembesaran minimal yg dibutuhkan baru saya mau coba bikin mekanisme focusingnya. Terimakasih.

  66. mas Iqbal, saya masih bingung dengan pembuatannya, soalnya tutorialnya sederhana, tapi kayak belum jelas,
    mohon dijawab ya, mas..

    1. Lensa yang harus dibeli lensa apa saja (dengan ukurannya)? dan perangkaiannya dalam teleskop?

    2. Teleskop sederhana di atas fungsinya bisa melihat bintang sampai seredup apa? Soalnya, saya rasa teleskop sederhana seperti yang dibuat Galileo pertama kali tidak terlalu baik untuk pengamatan dewasa ini, paling-paling hanya untuk sight-seeing sekarang..

    3. Kalau dipasang tripod kira-kira gimana?

    Maaf sekali, sekalian kenalan, saya mahasiswa astronomi ITB tahun ke-2, makanya butuh juga yang beginian, sekalian di-share ke temen-temen di kampus. Nanti saya juga bisa share info-info di sini kalau sudah jadi, soalnya saya memang minat bisnis teleskop (dan sundial)

  67. wah ide super kreatif 😀
    aku punya lensa okuler dari tropong bekas, itu bisa di gunain g yah?
    trus cara nentuin fok sma fob ny dari mana? spaya aku bisa nentuin panjang teleskop nya?

  68. dimana ya bisa pesan online lensa okulernya?
    soalnya toko2 lab yang ada di banda aceh gak ada satupun yang jual.
    mohon bantuan untuk infonya. karna aku juga pengen buat teleskop.
    thx.

    1. Saya tebus di ebay, $9 untuk 3 unit eyepiece .965 dengan focus 4mm, 9mm dan 12,5mm + 1buah barlow lens pembesaran 3x, tambah ongkir $9 lg total jd $18. Sayang belakangan ini hujan terus, jadi belum bisa di tes

    2. Saya tebus eyepiece di Ebay. Dengan $9 saya dapet 3 eyepiece diameter .965 inch dengan fokus 4mm, 9mm dan 12,5mm + sebuah barlow lens dengan pembesaran 3x. Total plus ongkir jadi $18 atau sekitar Rp. 180.000,- pengiriman 2 minggu. Sayang belakangan ini hujan terus tiap malam, jadi belum sempat di test.

      Sebenarnya jika kita ingin sebuah teleskop dan kita hanya sebagai end user, sekedar pemakai, akan lebih murah dan mudah untuk membeli sebuah telescope yang sudah jadi. Saat ini sudah banyak yang cukup murah dibawah Rp1 juta, di ACE Hardware jg ada, FJB kaskus menjamur tu sellernya. Kecuali jika DIY adalah sesuatu yg menarik buat anda.

      Teleskop bikinan saya :
      Objektif Lens : Achromath Lens
      Focal Length : 900 mm
      Aperture (diameter) : 106mm
      Tube : Pipa paralon 4 dim + sambungan 4 dim + Perlup 2 dim
      Eyepiece : kampakan Meade ( 4mm, 9mm, 12,5mm + Barlow lens 3X, nebus di ebay ), microscope eyepiece wide field 16mm.
      Focuser : kampakan Meade ( .965 )
      Diagonal Star : Ebay, $5.
      Tripod : sementara pake tripod kamera di modif, lagi nyari Tripod Equator ongkirnya bikin nyesek… T_T

  69. mas, mba sya mau tanya lagi ..
    untuk menghitung L=fob + fok gimana caranya ?
    terus kalo saya beli lensa okuler yang berdiameter 2,5 cm, lensa objektifnya berdiameter berapa ?
    tolong penjelasannya, kalo mba mas engga repot tolong penjelasannya di kirim ke [email protected] ..
    makasih sebelumnya …

  70. wah keren .. boleh ane contek ilmunya hhmm cuma kurang informatif mengenai ukuran diameter pipa yang harus disediakan nih … trus panjang pendeknya pipa sesuai dengan rumus fob + fok = L …
    jadi kesimpulannya, DIY (Do It Yourself) ini hanya cocok untuk orang yang ngerti fisika/astonomi aja hiks … (sudah lupa, secara itu mata pelajaran SMP)

  71. Wah menarik sekali untuk anak anak KIR disekolah-sekolah.alangkah baiknya kalau disosialisasikan ke sekolah 2 untuk kegiatan Ekskul sekaligus memotivasi mencintai astronomi, mempelajari astronomi amat sangat menarik.

  72. sangat inovatif dan menarik, jadi ikutan nimbrung… standar ukuran panjang teleskop yang gampang adalah utk mata tak berakomodasi yakni fob + fok = L , fob (jarak fokus lensa objektif), fok (jarak fokus lensa okuler), L (panjang teleskop), jadi misal fob = 200 cm, fok = 100 cm, maka panjang pipa paralonnya adalah 200 cm + 100 cm = 300 cm. Jika menghendaki dipakai utk mata berakomodasi maksimum maka panjang pipa paralonnya jgn dipaskan 300 cm, tapi dibuat agak panjang dan bisa digeser-geser. Misal pipa yg besar 200 cm dan pipa yang lebih kecil 150 cm, sehingga pipa yang kecil bs digeser-geser.

  73. mas, buat lensanya itu ada perbandingan khusus engga ?
    misalnya saya beli lensa okuler dengan fokus 20 mm, sya harus beli lensa objektifnya dengan fokus berapa ?
    terima kasih

    1. nggak ada aturan khusus. tergantung anda ingin membuat teleskop dgn lensa objektif seberapa besar.

        1. mba punten mau tanya lagi, di gambar di atas kan lensa okuler ada tempatnya ..
          itu dapet beli terpisah atau 1 paket ?

          1. lensa okulernya di pasang si ujung pipa connector. bisa dibeli connectornya

  74. mba atau mas ..
    mau tanya yang bisa digunakan untuk menjadi lensa okuler lensa apa aja ?
    terima kasih ..

    1. untuk okuler lensa yang dipakai lensa double convex aka lensa cembung cembung. salah satu contohnya lensa okuler aka eyepiece di mikroskop

      1. mba bisa tolong uploadin engga cara merakit teleskop yg lurus, bukan yang seperti di gambar ..

  75. teleskop sederhana, itu ide yg bagus, tapi sulitx mncari lensa okulerx deh…………..

  76. ke toko acamata, beli lensa Plus 1 ,(panjang fokus=1 meter),kn ada lensa yg belum dipotong bentuknya lingkaran

  77. mba atau mas sya udh cba bikin, tapi gambar yang di hasilkan kabur engga fokus ..
    itu kenapa ya ? apa sya salah ukuran atau karena sya menggunakan lensa bikonveks semua untuk okuler dan objektif ..
    mohon penjelasannya, terima kasih ..

  78. kalo beli teleskop yg lumayan untuk mengamati bintang brp harganya mbak, beli dimana? merek apa?
    Trims & GBU 🙂

  79. Makasih aku dah berhasil…tapi caraku lain dikit..aku pakek lup 5x90MM,lup bekas OHP diameternya 6,5 tapi itu di buka ambil yg cembung..dihimpitkan dg jarak 15 cm..dibelakang lensa kedua ditempeli lensa cekung 100 mm..sehingga di dapat fokus yg panjang.kemudian untuk eyepiece obyektif microskop 4/0,lupa saya,okuler mikroskop pembesaran 5 x dan 10 kali …..terlihat jelas kawah bulam

  80. saya jual lensa ohp proyektor 50rb, lensa bekas fotokopi 7cm 75rb di solo. sya punya tman bongkar msin potokopi dan ohp, kalau stok msh ada hp.085728639705
    bagus utk teleskop Astronomy krn jnis lensanya jrnih dan udah coating

  81. Kl lensa cooke triplet (bekas proyektor ) bisa di pake buat lensa obyektipnya ga ya ? Trim gan

Tulis komentar dan diskusi...