2nd Star Party 2009 – Wisata Gunung Mas, Cisarua – Bogor

Tanggal 20 Juni 2009 beberapa anggota Kastro Polaris mengikuti kegiatan Star Party ke-2 yang diadakan HAAJ ( Himpunan Astronomi Amatir Jakarta ) pada tahun ini yang derlokasi di Agro Gunung Mas, Puncak. Pada pukul 08.00 WIB seluruh peserta berkumpul di Planetarium dan Observatorium Jakarta untuk pergi bersama, namun karena kami masih ada acara di sekolah masih ada kegiatan clasmeeting jadi kami memutuskan untuk menyusul.

Ultah salah satu peserta yang dirayakan bersama. Kredit : Indra
Ultah salah satu peserta yang dirayakan bersama. Kredit : HAAJ

Kami sampai di lokasi pada pukul 22.00 WIB di mana acara akan segera dimulai. Sesampainya di sana kami langsung disuguhkan makan malam. Salah satu peserta ada yang berulang tahun dan dia merayakannya di sana bersama seluruh peserta .

Tepat pada pukul 23.00 WIB acara akan segera dimulai, namun sebelum memulai acara inyi yaitu Star Party diadakan briefing terlebih dahulu yang dipimpin oleh salah satu panitia yaitu Mas Rayhan tentang objek langit apa saja yang akan terlihat pada malam itu dan bagaimana cara mengisi Lpg Book yang harus diisi pada saat acara berlangsung. Yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok dalam pengamatan. Sebelum pengamatan tiap kelompok diberikan 1 teleskop Galileo. Setiap kelompok harus merakit teleskopnya masing-masimg barulah dapat menggunakannya.

Pada pukul 24.00 WIB barulah Star Party dimulai, lokasi yang dipilih harus mendukung pengamatan yaitu lapangan tenis dimana lapangan tersebut cukup gelap hpngga semua objek langit dapat terlihat dengan jelas. Bahkan lengan galaksi kita yaitu Bimasakti dapat terlihat dengan jelas pada malam itu, rasi bintang begitu lengkap terlihat, bahkan objek langit seperti Open Cluster, Globular Cluster, Diffuse Nebula dapat terlihat dengan mata telanjang namun lebih jelas lagi dapat dilihat menggunakan teleskop, hingga beberapa planet pun juga terlihat pada malam itu seperti Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Pada saat Star Party dimulai planet yang langsung menyita pandangan dalah planet Jupiter dengan 4 satelit utama Galilean ( Io, Europe, Ganymade dan Calisto ) langsung menjadi objek pengamatan kami, karena Planet Saturnus telah tenggelam dan Planet Venus dan Mars belum terbit.

Sepanjang pengamatan objek langit di atas dapat kami amati dengan mata telanjang atau menggunakan teleskop. Diantara ribuan objek langit di alam semesta beberapa diantaranya dapat teramati seperti M4, M6, M7, M8, M16, M17, M20, M28 DLL. Selama pengamatan kami juga dapat melihat banyak meteor atau yang dikenal sebagi bintang jatuh yang lewat pada malam itu. Bahkan, Galaksi yang dikenal sebagai kembaran Bimasakti yaitu Andromeda dapat dilihat menggunakan teleskop sekitar pukul 04.00 WIB. Hingga pada pukul 05.00 planet Venus dan Mars yang telah dinanti pun terbit dengan sangat elok dan rupawan berdampingan, Mars yang merah begitu indah dan Venus bintang fajar dengan kilauan cahaya yang begitu elok.

Pengamatan di lapangan tenis. Kredit : HAAJ
Pengamatan di lapangan tenis. Kredit : HAAJ
Pengamatan dengan You Are Galileo. Kredit : Indra
Pengamatan dengan You Are Galileo. Kredit : HAAJ
Bima Sakti. Kredit : Indra
Bima Sakti. Kredit : HAAJ
Scorpius. Kredit : HAAJ
Scorpius. Kredit : HAAJ

Setelah menikmati Venus dan Mars kini giliran satelit bumi kita atau Bulan yang terbit tepat pada pukul 05.00 WIB. Bulan pagi itu terbit dengan fase Waning Cresant atau sabit tua yang sangat indah bahkan karena begitu cerahnya langit pagi itu membuat piringan hitam bulan ( umbra ) dapat terlihat .

Setelah menikmati keindahan langit malam itu kami mulai lelah dan mengantuk hingga kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di penginapan. Sebelum kami pulang kami memutuskan untuk bermain ke kebun the di belakang penginapan, dari atas sana pemandangan sangat indah terlihat. Setelah beberapa saat akhirnya kami yurun dan bersiap-siap pulang. Kemudian sebelum meninggalkan lokasi kami berfoto bersama.

Peserta Star Party. Kredit : HAAJ
Peserta Star Party. Kredit : HAAJ

Ketika pulang jalan raya puncak sangat macet karena gerbang belum dibuka, hingga akhirnya kami memutuskan untuk berjalan, setelah beberapa jam berjalan akhirnya kami naik angkutan. Namun, kami harus menunggu sangat lama agar dapat meninggalkan puncak dan menuju Jakarta yang naik kereta di Stasiun Bogor terlebih dahulu.

Hingga saat yang kami nanti tiba, kami sampai rumah masing-masing. Dan pengalaman malam itu adalah pengalaman yang sangat berharga karena kami dapat menikmato alam yang sangat indah.

Ditulis oleh

Indra Firdaus

Indra Firdaus

aka Indra Firdaus, Seorang pelajar di SMAN 38 Jakarta. Sangat menyukai Astronomi sejak ia kecil. Astrofotografi adalah hobby yang sedang ia Jalani. Saat ini ia sedang aktif sebagai pembina Klub Astronomi di sekolahnya dan sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Kelompok Ilmiah Remaja Sejabodetabek.

4 thoughts on “2nd Star Party 2009 – Wisata Gunung Mas, Cisarua – Bogor

Tulis komentar dan diskusi...