Memperkenalkan Astronomi Pada Guru

Jumat, 19 Juni 2009, langitselatan sebagai perwakilan Hands On Universe Indonesia berkesempatan bekerja sama dengan Forum Guru Pembina Astronomi untuk mengadakan pelatihan singkat mengenal astronomi di SMA Negeri 4 Bandung. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membangun awareness astronomi pada guru, karena bagaimanapun astronomi bukanlah sebuah bidang ilmu tunggal yang diajarkan di sekolah.

Selama ini, guru dan siswa mengenal astronomi melalui mata pelajaran seperti Fisika maupun Geografi. Tak banyak memang yang bisa didapat, namun materi yang ada cukup untuk membangkitkan keingintahuan para guru akan apa itu astronomi. Sulitkah? atau mudahkah? Bisakah kita mengenal astronomi dengan lebih sederhana? Itulah yang menjadi tujuan dari pelatihan ini. Memperkenalkan astronomi dengan lebih membumi kepada para guru.

Pelatihan yang diikuti oleh 22 guru fisika / matematika sekota Bandung ini dimulai pukul 14.00 WIB dengan pengenalan gerak langit oleh F.M. Simatupang. Disini para guru diperkenalkan pada pergerakan objek-objek langit dan pada akhirnya diajak untuk mengenal gerak benda-benda langit terseut melalui piranti lunak Stellarium. Memadukan pengenalan gerak langit yang cukup rumit dengan gambar-gambar indah dalam berbagai budaya yang ada di stellarium memberi warna tersendiri untuk memahami pergerakan objek-objek langit.

Selain pengenalan gerak langit, peserta juga diajarkan mengenai prinsip-prinsip teleskop, dan bagaimana memasang sbeuah teleskop. Pelatihan yang disampaikan Aldino Adry Baskoro pada sesi kedua mengajak para guru untuk mencoba memasang sendiri sbeuah teleskop, memfokuskan, dan berbagai hal dasar lain tentang instrumentasi yang satu ini. Disini para guru diajak utuk melatih “sense” mereka aka instrumentasi, sebelum malamnya semua guru akan diajak untuk melakukan observasi bersama.

Malam harinya, sesi pengamatan dilakukan dimana para peserta diajak untuk mencari sendiri objek yang akan dilihat dan mencari objek apa yang akan diamati berbekal materi yang sudah didapat sepanjang siang. Malam itu, langit seakan mendukung kegiatan tersebut. Langit yang cerah memberi kesempatan semua peserta melakukan uji coba dan mengamati bintang-bintang terang dan planet Saturnus. Acara diakhiri pukul 20.00 wib dengan harapan astronomi akan semakin luas disebarkan ke masyarakat.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

6 thoughts on “Memperkenalkan Astronomi Pada Guru

  1. selama ini kegiatan yg berhubungan dg astronomi terlalu terpusat di Bandung. memang pandangan umum kalo mau mempelajari astronomi di Indonesia ya Bandung tempatnya. tapi kiranya daerah lain juga haus akan kegiatan macam ini, khususnya sbg sarana pendidikan. gimana kalo lain kali diadakan di luar bandung-jakarta?

  2. kapan kapan k tasik dong??
    klo bsa k SMAN 5 tsk…
    hehe. . .
    kn kita jg mw lbh tau ttg astromi
    pengen bgd

  3. bagus bgt, setuju kalo ada kegiatan2 yg seperti ini.
    tapi jangan hanya dikota besar ato di P. Jawa saja. Di daerah2 lain juga perlu.
    seperti dilombok???
    kapan???
    ditunggu…
    trimz.

Tulis komentar dan diskusi...