Roket LAPAN Kembali Meluncur

Pada tanggal 2 Juli 2009 yang baru lalu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kembali berhasil meluncurkan roket-roket hasil karya anak bangsa, di Stasiun Peluncur Roket Cilautereun Kec. Pameungpeuk Kab. Garut. Ada tiga roket yang berhasil diluncurkan, yaitu 2 roket RX-100 dan 1 roket RX-420, yang meluncur dengan mulus.

Roket RX-420 adalah roket terbesar dengan diameter 420 mm, panjang 6 m dan berbobot 1 ton, berbahan bakar solid-komposit dan mempunyai daya jangkau mencapai 100 km dengan ketinggian mencapai 50 km. Roket ini dapat melaju mencapai 4,5 mach (4,5 kali kecepatan suara). Sedangkan roket RX-100 hanya berdiameter 110 mm, panjang 1,9 m dengan laju mencapai 1,7 mach dan berdaya jangkau 11 km.

Keseluruhan sistem roket tersebut akan diterapkan menjadi sistem roket pendorong guna pengiriman satelit ke luar angkasa, yang disusun dalam empat tingkatan, termasuk RX-320 yang telah berhasil diluncurkan pada tahun sebelumnya.

Apabila keseluruhan uji coba dan pengembangan berjalan lancar, maka pada tahun 2015 Indonesia akan memiliki roket peluncur satelit yang sepenuhnya mempergunakan bahan baku lokal hasil karya anak bangsa.

Ditulis oleh

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

9 thoughts on “Roket LAPAN Kembali Meluncur

  1. tingkatkan kemampun kalian, jangan sia-siakan kader-kader yang begitu jenius dan brilian. buktikan …………………………
    hidup indonesia………..
    aku bangga jadi anak indonesia………..!!!!!!!!!!!!!

  2. maju indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    kita pasti bisa yang penting mau mencoba, dan mencoba…..!!!!!!!!!!!!!

    merdeke….merdeka….merdeka….!!!!

  3. Hebaat! Bravo LAPAN! Perlu terus dikembangkan agar tidak terlalu jauh ketinggalan dengan negara tetangga seperti India dan China yang sudah lebih maju soal peroketan. Oh ya ada yang mau berpartisipasi untuk mengirimkan bahan tentang roket, saya sedang mempersiapkan buku tentang roket dan antariksa, silahkan kirim ke [email protected] trimakasih.

  4. Roket LAPAN kenapa belum melihat roket berbahan bakar cair. Cair daya dorong diluar atmosfer lebih kuat dan mudah untuk dikendalikan…! Buat Bapak-bapak Lapan tolong kembangkan lebih lanjut tentang roket berbahan bakar cair ini…

  5. ROKET LAPAN LUCU BANGET, MODEL SAYAPNYA GA MENYATU TP PAKE LAS-LASAN, BENTUKNYA PULA LUCU BANGET, APA LAGI KALAU MAU DI LUNCURIN ASAPNYA KELUAR DIKIT DEMI SEDIKIT KAYAK MERCON SESDOR.

Tulis komentar dan diskusi...