Star Party Bersama Para Siswa

Pada hari Rabu, 9 April 2008, walau hujan menerpa dan disusul langit mendung, antusiasme siswa siswi SD St. Theresia dari Jakarta untuk terus menikmati indahnya langit malam dan mengenal kemegahan semesta tidak terkikis. Star Party bersama SD St. Theresia di Puri Setiabudi malam itu terus berjalan, walaupun kendala hujan menghadang. Presentasi, portable planetarium show, serta kegiatan belajar mneggunakan teleskop dan peta bintang tetap dilaksanakan.

Suasana diskusi Tata Surya. Kredit Foto : Langitselatan

Kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian karyawisata para siswa kelas 5 SD tersebut memang menyertakan rangkaian star party sebagai bagian dari pengenalan alam semesta yang biasa diperkenalkan dalam IPA.

Topik Pengenalan Tata Surya diangkat sebagai materi pembuka, yang ternyata menjadi gerbang diskusi untuk memuaskan keingintahuan para siswa. Planetarium mini yang dipertunjukan dalam tenda dome juga tak kalah menarik. Siswa diajak untuk menikmati langit di dalam tenda dan tidak hanya belahan langit selatan, tapi mereka juga bisa menikmati langit utara, bahkan melihat bagaimana pergerakan bintang-bintang setiap malam. Tak lupa, mereka pun diberi kesempatan untuk menikmati indahnya bintang yang bergerak di daerah kutub utara.

Tenda dome gelap yang digunakan untuk pertunjukan planetarium mini. Kredit foto langitselatan
Planetarium Show di bawah tenda. Kredit Foto : Langitselatan

Diselingi acara barbeque, para siswa menikmati kegembiraan malam itu sambil mempelajari bagaimana menggunakan peta bintang dan teleskop. Menjelang tengah malam, walau sudah waktunya tidur, antusiasme guru dan siswa masih terus terasa. Dan ketika jam menunjukan pukul 22.00 WIB, langit pun mulai menampakan keindahannya. Awan yang tadinya merata menutupi langit mulai bergeser, memberi kesempatan pada para pengamat langit untuk menikmati gemerlap taburan cahaya bintang. Akhirnya, pukul 22.30, para siswa, guru dan orang tua mendapat kesempatan untuk mengamati bintang dan planet menggunakan teleskop. Indahnya Saturnus pun bisa dinikmati malam itu.

Belajar menggunakan peta bintang. Kredit Foto : Langitselatan
Pengamatan biintang dan planet saat cuaca cerah. Kredit Foto : Langitselatan

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

5 thoughts on “Star Party Bersama Para Siswa

  1. apa sih yang harus dipelajari untuk seorang pemula di bidang astronomi, apa kita harus mempelajari sistem tata surya dalam dulu kah? atau yang lainnya, thanks lam kenal !

  2. pemula di astronomi. Hmm kalau kamu ingin belajar mengenal tata surya lebih dulu juga nggak salah kok. Biasanya orang suka memulai belajar astronomi dengan mengenal langit. Mengenal gerak langit dan objek-objek yang terlihat di langit malam, nbaik bintang maupun planet.

  3. salam kenal. saya baru bbrp kali ngeklik disini
    wah… menarik sekali kegiatannya.
    apakah materi yang siswa praktekan pernah mereka kenal di sekolah ?
    semoga para siswa dipersiapkan pula untuk menyambut gempita tahun 2009.
    maju terus astronomi Indonesia!

  4. maeri yang dipraktekan rata-rata tidak mereka kenal di sekolah, karena kurikulum yang menceritakan tentang astronomi hanya berupa teori. Dalam kegiatan ini kami memberikan aktivitas praktikal dan kesempatan mengamati langit.

Tulis komentar dan diskusi...