Beranda » Cermin Raksasa Bernama Bulan

Cermin Raksasa Bernama Bulan

Teleskop Hubble terkenal dengan foto-foto indah bintang dan galaksi dari seluruh alam semesta. Tapi, kali ini Teleskop Hubble justru melirik target yang dekat dengan Bumi…. tak lain tak bukan, targetnya adalah Bulan!

Ilustrasi Teleskop Hubble sedang mengamati Gerhana Bulan Total. Kredit: ESA/Hubble, M. Kornmesser

Gerhana Bulan

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pengamatan teleskop antariksa, Hubble mengarahkan pandangannya ke Bulan saat gerhana bulan total.

Gerhana bulan total terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Akibatnya, Bumi menutupi Bulan dengan bayangannya. Sederhananya, cahaya Matahari ke Bulan terhalang oleh Bumi.

Pada saat seperti itu, Bulan tampak berwarna merah. Nah, pada saat gerhana bulan total bulan Januari 2019, Teleskop hubble juga ikut memotret peristiwa tersebut untuk tujuan khusus.

Cermin Raksasa

Teleskop Hubble bukan memotret Bulan untuk mempelajari tetangga terdekat Bumi tersebut. Teleskop Hubble justru bertujuan untuk mempelajari apa yang bisa kita pelajari tentang planet lain.

Ketika para astronom mencari exoplanet, mereka mencari kedipan cahaya dari bintang lain. Saat bintang berkedip, itu artinya cahaya bintang meredup sesaat karena ada benda lain yang melintas dan menghalangi cahayanya. Benda yang melintas ini tak lain adalah planet yang mengorbit bintang tersebut.

Peristiwa planet yang melintasi bintang ini dikenal sebagai transit. Ini proses yang sama dengan gerhana yang kita saksikan di Bumi. Matahari yang tertutup oleh Bulan yang melintas dan Bumi pun jadi gelap. Ketika gerhana Bulan justru Bumi yang menutupi Bulan. Tentu saja yang kita saksikan adalah Bulan yang tampak makin gelap dan kemudian jadi merah karena tidak lagi menerima cahaya Matahari.

Jika kita berada di Bulan, kita bisa melihat dengan jelas bagaimana Bumi menghalangi Matahari. Tapi, masih ada sebagian cahaya Matahari yang lolos dari atmosfer Bumi. Akibatnya, bagi pengamat di Bumi, Bulan tidak hilang dari pandangan tapi tampak kemerahan.

Cahaya Matahari yang melintasi atmosfer Bumi dan sampai ke Bulan akan dipantulkan kembali ke kita. Dengan demikian, teleskop di Bumi maupun di luar angkasa, bisa menangkap cahaya tersebut. Karena yang ingin dipelajari adalah cahaya ultraungu, dan cahaya ini diserap udara di Bumi, maka digunakanlah teleskop antariksa seperti Hubble.

Hubble mengukur cahaya ultraviolet yang lolos melewati atmosfer Bumi dan dipantulkan oleh permukaan Bulan.

Dengan cara ini, Bulan bertindak sebagai cermin dan Hubble bisa mengetahui kandungan kimia dalam cahaya untuk mempelajari atmosfer Bumi.

Tanda-tanda Kehidupan

Kita tahu ada kehidupan di Bumi. Dan kita juga ingin mengetahui kehidupan di planet lain. Untuk mengetahuinya, kita perlu mempelajari atmosfer planet karena kita berharap bisa menemukan senyawa kimia yang menjadi indikasi kehidupan di planet tersebut.

Untuk mempelajari atmosfer planet yang jauh di bintang lain, para astronom tentu saja harus menyelidiki cahaya yang diterima setelah melewati atmosfer planet yang sedang transit. Dengan demikian kita bisa mengetahui kandungan kimia atmosfer planet.