fbpx
langitselatan
Beranda » Lomba Esai Astronomi Populer 2019

Lomba Esai Astronomi Populer 2019

Lomba Esai Astronomi Populer langitselatan (LEAP LS) kembali dilaksanakan untuk menyemarakan perayaan 100 tahun International Astronomical Union.

Lomba Esai Astronomi Populer langitselatan (LEAP LS)
Lomba Esai Astronomi Populer langitselatan (LEAP LS)

Tahun 2019 merupakan tahun perayaan pencapaian astronomi selama satu abad terakhir. Perayaan yang dilangsungkan di seluruh dunia ini mengambil tema 100 Tahun: Di Bawah Langit yang Sama. Untuk itu, langitselatan menyelenggarakan kembali lomba esai astronomi populer (LEAP) untuk mengajak masyarakat mengenali apa saja yang sudah dicapai astronomi dalam satu abad terakhir. Dan apa yang bisa menjadi impian masa depan dalam hal mengeksplorasi luar angkasa.

LEAP LS 2019 akan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap 1 peserta diminta untuk mengirimkan abstrak atau rancangan esai yang akan dibuat dalam 300 – 500 kata. Peserta yang lolos tahap abstrak akan diminta untuk mengirimkan seluruh esai untuk kembali diseleksi. Seluruh pembaca langitselatan boleh mengikut LEAP LS, karena memang terbuka untuk umum.

Tema yang kami pilih yaitu (UPAYA) Mencari Kehidupan Lain (SETI). Perjalanan mencari kehidupan lain ini sudah dimulai berabad-abad lampau dan sampai hari ini masih terus berlangsung. Jadi silahkan bereskplorasi dengan tema tersebut.

Tahap I LEAP LS akan berlangsung sampai tanggal 22 Februari 2019 dan Tahap II akan diselenggarakan sampai 12 April 2019. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2019. Karena semua lomba dilakukan di dunia maya, maka esai yang dibuat bisa diunggah di langitselatan atau dikirim lewat surat elektronik ke [email protected].

Peserta bisa menggunakan platform penulisan dokumen seperti Microsoft Word, Google Docs, Open Office, ataupun Pages. Kami menerima berkas esai yang dalam format tersebut.

Penilaian akan dilakukan oleh para juri yang berkompeten di bidangnya. Penilaian tidak hanya mencakup konten astronomi melainkan juga tata bahasa Indonesia. Hal penting lainnya, konten esai harus orisinil dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.

Seluruh pemenang akan memperoleh hadiah dan sertifikat serta karyanya ditampilkan di langitselatan.

Cara mengikuti LEAP LS, peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan tulisannya kepada panitia di langitselatan. Mudah bukan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peraturan dan persyaratan LEAP LS, sila kunjungi laman : langitselatan.com/leap

Kami tunggu keikutsertaan anda!

Kontak:

email: [email protected]
facebook: facebook.com/langitselatan
twitter: twitter.com/langitselatan

Baca juga:  Ekspedisi Transit Venus LS ke Timur Indonesia

Info LS

Media komunikasi dan edukasi astronomi di Indonesia. Situs langitselatan dimulai tahun 2007 untuk memberikan informasi dan edukasi astronomi kepada masyarakat.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini