Tidak Ada Kiamat di Tahun 2012

Hmm … sepertinya banyak juga ya penggemar kiamat 2012. Ada apa sebenarnya, sehingga manusia sangat tertarik dan percaya dengan mudah pada isu-isu seperti ini?

Katanya, dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012! Runutan angka yang menarik yang membuat Anda langsung terperangah dan menggumam, “Ah benar juga … pasti bener nih beritanya”. Lantas, tanpa telaah lanjut, Anda pun berkata kiamat tinggal 3 tahun lagi. Atau kalau Anda tak percaya teori kiamat, Anda langsung berkomentar, “Cuma Tuhan yang tahu kapan kiamat”, “Ah kamu musyrik …”, atau “Itu info disebarkan oleh orang tak beragama”.  Sekali lagi, semua informasi hanya ditelan tanpa ditelaah.

Piramida peninggalan suku Maya. kredit : whoyoucallingaskeptic.wordpress.com
Piramida peninggalan suku Maya. kredit : whoyoucallingaskeptic.wordpress.com

Nah, karena dunia akan kiamat sebentar lagi, berhentilah merencanakan hidup, karier Anda, tak usah lagi berpikir untuk punya rumah, segeralah menikah sebelum kiamat, dan pastikan Anda bisa bersenang-senang menikmati hidup sebelum kiamat. Atau, segeralah bertobat. Jangan sampai saat kiamat Anda malah belum bertobat. Tiga tahun lagi lho!.

Kata sebagian orang, mungkin ini pembahasan yang aneh. Hampir setiap saat kita mendengar tentang berbagai teori kiamat … dan kenyataannya kita masih ada di sini. Belum ada satu teori pun yang kebenarannya terbukti. Tapi, kenapa 2012 begitu penting?

Katanya, kalender Maya akan berhenti tahun 2012, dan kemudian jadi semacam agama dan kepercayaan baru, mengalahkan kepercayaan yang ada di masyarakat. Mengabaikan semua alasan saintifik dan pada akhirnya membawa masyarakat pada kekhawatiran baru. Lupakan Nostradamus, Y2k, dan semua prediksi kiamat lainnya, karena sekali lagi menurut ramalan 2012, planet X akan kembali dan menghancurkan Bumi.

Ok … kita berhenti dulu di sini dan mari kita telaah setiap alasan yang muncul tentang kiamat 2012 ini. Dan bagi Anda para penggemar nubuat Kalender Maya, saya punya berita buruk untuk Anda semua. Tidak akan ada kiamat di tahun 2012 …  dan ini alasannya, silakan disimak.

Kalender Maya

Kalender Maya
Kalender Maya

Apa itu kalender Maya? Ini merupakan kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Maya pada kisaran 250-900 M. Bukti kehadiran peradaban Suku Maya ini bisa dilihat dari sisa kerajaannya di hampir semua bagian selatan Meksiko, Guatemala, Belize, El Savador, dan sebagian Honduras.

Dari bukti-bukti sejarah, masyarakat suku Maya memang memiliki kemampuan menulis yang baik dan juga kemampuan untuk membangun kota dan perencanaan kota. Dalam hal membangun, Suku Maya terkenal dengan bangunan piramida dan berbagai bangunan besar lainnya. Tak hanya itu, dalam kebudayaan, peradaban suku Maya memberi pengaruh yang sangat besar pada kebudayaan Amerika Tengah. Pengaruh itu bukan hanya dalam hal peradaban namun juga dalam hal populasi pribumi di area tersebut. Sampai saat ini, sejumlah Suku Maya masih tetap ada dan meneruskan tradisi mereka yang telah berumur ribuan tahun itu.

Suku Maya dalam kehidupannya menggunakan beberapa kalender berbeda. Bagi mereka, waktu merupakan penghubung dengan lingkaran spiritual. Kalender memang digunakan untuk hal-hal praktis seperti untuk kehidupan sosial, pertanian, perdagangan dan berbagai keperluan administratif. Namun dipercaya ada elemen religi yang besar di dalamnya yang memberi pengaruh. Bagi suku Maya, setiap hari memiliki ruh pelindung yang berbeda sehingga setiap hari memiliki fungsi yang berbeda pula. Sangat berbeda dengan kehidupan modern dengan kalender Gregorian yang hanya menetapkan kalender sebagai waktu yang terkait dengan hal-hal administratif, kehidupan sosial dan keperluan ekonomi.

Kebanyakan kalender Maya memiliki rentang waktu pendek.

  • Kalender Tzolk’in berakhir dalam 260 hari
  • Kalender Haab’ memberi perkiraan 1 tahun Matahari yakni 365 hari.

Suku Maya kemudian menggabungkan kedua kalender ini membentuk “Calendar Round”, siklus yang akan berakhir setelah 52 Haab (sekitar 52 tahun atau kisaran panjangnya satu generasi). Di dalam “Calendar round” terdapat Trecena ( siklus 13 hari) dan Veintena (siklus 20 hari). Tampaknya, sistem siklus ini berlaku dengan mempertimbangkan jumlah hari dalam 52 tahun adalah 18980 hari.

Untuk bangsa Maya, sains dan agama adalah satu. Mereka membangun sistem matematika dan astronomi yang cukup impresif, terkait dengan kepercayaan mereka. Pencapaian dalam hal matematika bisa dilihat pada notasi posisi dan penggunaan angka nol. Dalam astronomi, mereka secara akurat menghitung tahun Matahari, melakukan kompilasi tabel posisi bulan dan Venus, serta memprediksi Gerhana Matahari. Suku Maya juga memiliki penanggalan untuk “siklus Venus” yang cukup akurat. Kalender Venus ini dibuat berdasarkan lokasi Venus di langit malam. Hal yang sama tampaknya juga dilakukan pada planet-planet lainnya.

Sistem “Calendar Round” ini memang sangat baik untuk mengingat hari kelahiran atau periode keagamaan. Namun, untuk merekam sejarah, kalender ini tak bisa dijadikan patokan karena tak dapat merekam kejadian yang lebih tua dari 52 tahun.

Akhir Perhitungan Panjang = Akhir Dunia?

Alam semesta menurut suku Maya. Kredit : edwardtbabinski.us
Alam semesta menurut suku Maya. Kredit : edwardtbabinski.us

Karena tak bisa merekam kejadian sejarah yang lebih tua dari 52 tahun, Suku Maya punya solusi lain. Dengan metode yang cukup inovatif, mereka bisa memperluas jangkauan “Calendar Round” yang tadinya cuma 52 tahun itu.

Sampai di titik ini, kalender Maya akan tampak sangat kuno, bahkan bisa dikatakan dibuat hanya berdasarkan kepercayaan religi, siklus bulan, kalkulasi matematika dengan siklus atau unit 13 dan 20 sebagai dasar perhitungan disertai campuran kepercayaan mitologi. Satu-satunya prinsip kalender yang memiliki korelasi dengan kalender modern hanyalah Haab yang mengenali panjang tahun Matahari yakni 365 hari. Sebagai jawaban atas penanggalan yang lebih panjang, Suku Maya membuat sistem penanggalan “Long Count” atau “Perhitungan Panjang”, kalender yang akan berakhir setelah 5126 tahun.

Sistem penanggalan Maya untuk “Long Count” ini memang menarik, dan secara numerik dapat diprediksi dan bisa dengan akurat menunjuk pada penanggalan dalam sejarah. Penanggalan ini bergantung pada basik perhitungan dengan unit 20. Kalender modern saat ini menggunakan dasar perhitungan dengan unit 10.

Nah bagaimana perhitungannya?

Tahun dalam “Long Count” kalender Maya, dimulai dari 0.0.0.0.0. Tiap angka 0 merepresentasikan angka 0-19, dan setiap angka merepresentasikan perhitungan hari-hari suku Maya.

Untuk hari pertama, kalendernya akan seperti ini : 0.0.0.0.1 dan pada hari ke-19 akan menjadi 0.0.0.0.19. Jika mencapai angka 20, kalendernya akan jadi : 0.0.0.1.0. Perhitungan ini akan menunjukkan 0.0.1.0.0 untuk satu tahun dan 0.1.0.0.0 untuk kisaran 20 tahun dan 1.0.0.0.0 utuk kisaran 400 tahun. Maka, penanggalan 2.10.12.7.1 akan melambangkan penanggalan untuk hari ke-1 di bulan ke-7 dan tahun 1012.

Lantas, apa hubungannya dengan akhir dunia?

Suku Maya sangat terobsesi dengan waktu. Pemahaman dan prediksi berbagai siklus waktu akan memberi mereka kemampuan untuk mengadaptasinya dalam kehidupan di dunia. Menurut kosmologi bangsa Maya, dunia ini telah diciptakan 5 kali dan dihancurkan 4 kali. Dalam skala yang sementara, berbagai hari di dalam satu tahun dianggap cocok untuk aktivitas tertentu, sedangkan sebagian lainnya merupakan ketidakberuntungan.

Nah, menurut kepercayaan suku Maya, sesuatu yang buruk akan terjadi jika kalender “Long Count” berakhir. Berbagai pembagian dilakukan para ahli, namun karena suku Maya mendasarkan perhitungan numerik pada siklus 13 dan 20, maka bisa jadi hari terakhir kalender mereka adalah 13.0.0.0.0. Kapankah itu? Angka 13.0.0.0.0 merepresentasikan 5126 tahun dan “Long Count” ini berawal pada 0.0.0.0.0 yakni 11 Agustus 3114 SM menurut penanggalan Gregorian.

Nah, dengan demikian, kalender Maya akan berakhir 5126 tahun kemudian, yakni 21 Desember 2012. Inilah yang jadi dasar pemikiran tentang kiamat di tahun 2012.

Akhir Dunia

Ilustrasi tabrakan yang terjadi. Kredit : NASA
Ilustrasi tabrakan yang terjadi. Kredit : NASA

Sepertinya, saat sesuatu itu berakhir, termasuk ketika perhitungan kalender kuno berakhir, masyarakat cenderung berpikir pada kemungkinan ekstrem bahwa peradaban juga akan ikut berakhir. Entah dengan cara apa dunia akan berakhir. Berbagai argumentasi bermunculan, antara lain Bumi akan ditabrak oleh sebuah planet, asteroid, atau entah bencana apalagi. Intinya, jika kalender ini berakhir maka Bumi akan tersapu dan hancur.

Ahli arkeologi dan juga orang-orang yang keahliannya pada hal mitologi percaya bahwa akan ada era pencerahan yang muncul jika 13.0.0.0.0 tiba. Dan ini juga tidak berarti akan kiamat atau apa pun. Tidak ada bukti yang menunjukkan dunia akan berakhir. Bahkan, jika memang ada, maka suku Maya bisa dikatakan berhasil memprediksikan sebuah keajaiban religius.

Mitos terus berkembang, bahkan film Indiana Jones and the Kingdom of Crystal Skull sepertinya dibuat berdasarkan mitos suku Maya. Dikatakan, 13 tengkorak kristal akan dapat menyelamatkan kemanusiaan dari kiamat. Mitos di film ini mengatakan jika ke-13 tengkorak kuno ini tidak diletakkan bersama pada waktu tertentu, Bumi akan bergeser dari sumbunya. Menarik memang untuk sebuah film, bisa meraih penontonnya yang mudah percaya pada mitos ….

Tak hanya itu. Mitos yang berkembang mengatakan bahwa Bumi akan dihancurkan oleh tabrakan Planet X, tabrakan meteorit, dihisap lubang hitam, dibunuh oleh flare Matahari, Bumi hancur oleh ledakan sinar gamma dari sistem bintang, datangnya zaman es yang lebih cepat dan pergeseran kutub magnet. Bahkan setiap prediksi disertai bukti-buktinya sendiri. Dan pada akhirnya begitu banyak pengikut kiamat 2012 ini. Sayangnya tak satu pun argumentasi yang diberikan itu bisa dibuktikan kebenarannya.

Fakta yang ada menyatakan Nubuat Kiamat Suku Maya murni berdasarkan kalender yang memang tidak didesain untuk menghitung penanggalan setelah 2012. Hal ini disebabkan karena suku Maya mendasarkan perhitungan pada siklus 13 dan 20.

Arkeo-astronom Maya bahkan masih memperdebatkan masalah kalender “Long Count” ini. Pertanyaannya, apakah kalender ini akan kembali ke 0.0.0.0.0 setelah 13.0.0.0.0 atau akan terus berlanjut sampai 20.0.0.0.0 (sekitar 8000M) dan kemudian kembali ke 0.0.0.0.0?

Mengutip kata-kata Karl Kruszelnicki dalam “Great Moments in Science“:

“ … ketika Kalender mengakhiri siklusnya, ia akan berputar kembali ke siklus berikutnya. Dalam masyarakat modern, setiap tanggal 31 Desember tidak diakhiri dengan akhir dunia, namun dilanjutkan oleh siklus berikut yakni 1 Januari. Karena itu, 13.0.0.0.0 dalam kalender Maya akan diikuti oleh 0.0.0.0.1 atau 22 desember 2012, yang hanya menyisakan beberapa hari untuk berbelanja keperluan Natal.”

Siklus kalender Maya boleh berakhir, namun siklus baru akan kembali berulang … dan membawa hari baru bagi penghuni Bumi.

Sumber : Universe Today

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

432 thoughts on “Tidak Ada Kiamat di Tahun 2012

  1. Verrryyyyy Nicceeee aye juga g percaye bakal terjadi ya mudah2an bener ma kepercayaan aye biz banyak beut yang bilang bakal kiamat jadi agak2 terpengaruh juga seeh heeheh (g berprinsip ZzZzZ)

  2. haha… akhirnya bu ivie angkat bicara.
    kenapa vie, udh kebanyakan yg bilang komen takut ya?!

    ^^… Terlalu serius sih bacanya.. hehe…

      1. Yak’ tul .. dan semoga artikel terbaru di atas dapat merenda harapan baru yang menyejukkan (emangnya es lilin?) kita semua, amin

  3. wajar sih orang2 pada ngomongin kiamat
    apalagi soal 2012 dan kalender maya itu
    masalahnya bukan pada percaya dan tidak percaya
    tapi dasar yg dijadiin alasan percaya ga percaya tersebut
    memang dasar agama bisa jadi lebih dominan
    tapi buat saya… que sera sera… whatever will be, will be…

  4. Ass… semua. saya bersyukur sekali kiamat akan terjadi. itulah tanda-tandanya. tanpa kiamat tuhanlah yang membohongi manusia sendiri. wass….

  5. jadi ingat isu kiamat tahun 1999 dahulu, yang banyak menyatakan , kl 9-09-1999 jam 9:09:09 (atau berapalah tepatnya) itu akan kiamat… hi… hi… , dan di tanggal itu, kebetulin aku bangun kesiangan , sekitar jam 12 siang, eh.. g ada apa2x…
    Intinya g, ada 1 orang pun (selama dia masih manusia), yang bisa memastikan kapan datangnya kiamat, malaikat aja g di kasih tahu sama pencipta, kapan kiamat itu datang.

  6. Salah kaprah tentang “Kiamat 2012” perlu banyak orang yang tahu. Untuk itu saya minta ijin untuk mengkopi artikel terbaru Ibu Ivie untuk saya publikasikan di Blog saya di http://wiblogger.isgreat.org

    Setelah dapatkan ijin segera saya publikasikan dan tidak lupa juga saya sertakan link langitselatan.com di artikel maupun di blogroll link. Trim’s

  7. sama gak yach dengan dulu meramalkan kiamat setelah jam 9 lewat 9 menit dan 9 detik (9:9:9) pada tanggal 9 bulan 9 tahun 99 (9:9:99), karena bingun setelah melewati angka tersebut di teruskan ke angka 10 atau kembali ke 0.
    kira-kira begitu yach mba ???

  8. kalau kaitan dgn 999 itu keknya nggak. 999 kan bukan berarti abis itu ga bisa diteruskan. tp mag dipercaya sebagai angka yg memberi dampak aja keknya.

    masalah kalender maya memang satu sisi pada kepercayaan bahwa kalender itu ga bisa ngitung lagi alias dianggap berhenti. Akibatnya kalau berhenti dipercaya ada hal buruk yg terjadi. atau ekstrimnya.. ga akan ada kehidupan abis itu.

    Padahal kalender ini dibuat dalam sebuah prinsip numerik.. dengan bilagan basiknya 13 dan 20. dimana kalau yg dipakai 13 berarti sesudah 13 akan berulag k nol. atau setelah 20 dia akan kembali mengulang siklusnya.

  9. Kaget juga seh klo tau kiamat 2012, banyak bgt peramal yang bilang gitu..
    Dan penanggalan kalender suku Maya yg berakhir 21 – 12 – 2012 yang mengatakan bahwa dunia akan kiamat tanggal itu pun sangat mencengangkan… Karena waktu dicek, tanggal itu jatuh pada hari Jumat. Dan menurut agama saya, Islam, dari Al-Quran, kiamat akan jatuh pada hari Jumat.
    Hhmmm…
    Skrg ga usah banyak mikir tentang kiamat, karena hanta Tuhan yang tau kapan kiamat akan terjadi..
    Yang penting, bgmn kita menyikapi hal tersebut dan pastinya meningkatkan iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  10. Thanks Mba Ivie ya dan Langit Selatan, khususnya buat penjelasan soal tahun 2012. Artikel nya mau saya print dan kasih liat sama bokap di rumah.
    Ceritanya, waktu awal taun 2009, setelah abis nonton Tukul dalam Bukan Empat Mata yang bintangnya Mama Lauren, dibilang dia ga bisa terawang tahun 2013, soalnya terhalang sesuau. Nah, bokap telan tuh mentah2 ramalan Mama Lauren, dengan asumsi tahun 2013 kiamat. Dia minta saya untuk mencari sumber yang bisa menjelaskan itu di internet. Hasilnya kaget juga, karena banyak orang yang bikin publikasi, kalo 2012 tagl 12 dec itu dunia akan berakhir. Apalagi kalo di Metacafe.
    Lewat artikel ini, saya bisa bantu jelasin soal mitos kiamat 2012, secara ilimiah. Karena ga ada satupun yang tau kapan KIamat akan datang, hari ini, besok, lusa, minggu depan atau kapan ??? ga ada yang tau.

  11. apakah kemungkinan terjadinya brapa presentasenya?berapakah ukuran benda langit yang akan menabrak itu?bles ya mbak

  12. oo.. gitu ya mbak.. hm.. emang bisa juga.. soalnya yang disebut akhir itu kan banyak ya mbak.. belum tentu yang dimaksud akhir, itu kiamat, bisa juga merupakan suatu awal yang baru.. sebenarnya ada juga banyak artikel yang saya baca yang mengatakan berbagai kemungkinan.. tapi dari artikel ini saya jadi tau tentang perhitungan penanggalan kalender maya itu sendiri dengan lebih jelas, makasih ya mbak..
    o,ia trus klo ada isu badai matahari di tahun 2012 itu gimana mbak? bener ato cuma isu doank? mohon dibalas…

    1. aku cb jwb yg ini ya, badai matahari itu kan jg salah satu isu 2012, yg menghubungkan siklus solar maksimum dgn akhir siklus kalender Maya.

      Matahari memang akan memasuki siklus aktif (solar maximum) pd tahun 2011-2012. Siklus ini adalah siklus normal yg terjadi setiap 11 tahun (solar maksimum dan solar minimum). Ketika matahari sedang “aktif”, akan terlihat banyak bintik2 matahari (sunspot) di permukaannya dan bintik2 tsb menyemburkan partikel2 keluar. Medan magnetik bumi akan terbombardir oleh partikel2 tsb, dan hasilnya adalah terbentuknya aurora di kutub utara (dan selatan) bumi. Kalau badainya besar, jg akan menyebabkan gangguan telekomunikasi, etc.

      Sebesar apa badainya? we’ll never know (mungkin normal2 aja spt siklus2 sebelumnya).

  13. gw ga stuju tentang kiamat 2012,gw heran sama ilmuwan karena sampai jeniusnya jadi bodoh. kiamat itu ga ada yang tau kapan terjadinya,tuhan berfirman kpd kita hanya allah yang tau terjadinya kiamat,nabi,rasul dan malaikat aja ga tau?,padahal mereka deket bgt sama tuhan.kita sebagai manusia biasa apalagi deket enggak malah jauh iya karena saking jeniusnya.gw percaya kiamat itu past itiba.karena gw menyadari tempat kita bukan didunia tp kampung halaman kita yang sesungguhnya ada di syurga firdaus.jadi lo2 pada ga usah takut ama kiamat.klo lo emang bener2 orang muslim lo mesti yakin dan tahu dari rukun islam.jangn takut sama kiamat,top lo mesti bersyukur lo bakal pulang ke tempat lo tinggal yg dijanjikan tuhan.mstinya lo sneng bs ktmu sama tuhan langsung.klo lo tkt mati semuo orang jg takut.tp cpat atau lambat juga tang hidup bakal mati tinggal cara matinya aja gimana.bagi para ilmuwan dan peramal juga suka mendahului apa yang belum diputuskan tuhan,biasanya orang begini imannya tipis mungkin ga punya iman malah.gw jadi ksihan sama mereka karena saking jenius jadi diperbudak ama kebodohan.wassalam

    1. mas.. baca ga sih apa isi artikel ini? Yang ada disini ga bilang mo kiamat thn 2012. Yang dilakukan ilmuwan adalah meluruskan soal isu kiamat 2012 yg santer diberitakan di masyarakat yang dengan mudah percaa. Artikel ini bertujuan untuk memberi pandangan apa itu kalender Maya dan argumentasi mengapa isu 2012 iu ga bener.

      Jangan cuma nuduh kalau belon bisa melihat masalah secara kesuluruhan… dan jangan asal ambil kesimpulan.

  14. …dikisahkan ada sedikit bakteri yg hinggap pada sepotong kue bolu yg tidak sengaja dijatuhkan oleh seseorang di jalan raya,
    dengan sumber makanan yang memadai, dan cocok untuk kehidupan bakteri, maka dalam waktu 1 malam saja bakteri itu berkembang biak menjadi ribuan.
    tiba-tiba.. pada esoknya, seorang pengendara motor dengan entengnya membawa motor melitasi jalan sambil mendengar walkan pula…
    breet…. tak sadar kue bulu itupun dilindas…
    apa yg terjadi?? sebagian besar bakteri itu mati, dan sebagian kecilnya lagi bertahan hidup dengan kue bolu yg udah ancur berantakan…

    …dikisahkan ada sedikit manusia yang hinggap pada planet bumi……………………………………………………………….

  15. Kiamat 2012 merupakan konpirasi zionis, karena mereka akan membuat hajatan (ulah) besar pada tahun tersebut. Pada tahun tersebut mereka akan membuat hajatan pamungkas, dari hajatan-hajatan kecil yang telah mereka lakukan selama ini. Tapi kita semua banyak yang tidak peduli akan hal itu.

      1. Iya tuh……neng. mas cahaya bentang, tolong jelasin hajatan apa yang akan mereka gelar tahun itu ? Jangan asal kasih comment tapi malah bikin resah masyarakyat. Bukannya aku bela zionis ( i’m a moslem ) tapi mbok ya smart dikit napa…
        Sori……

  16. mo kiamat ato tidak terserah aja. la wong dunianya udah bobrok gitu. Lagian kalo bangsa kita memang hobi terhadap mitos dan sinetron. tapi baik juga, biar orang pada sadar…

  17. cahaya_bentang ??? ada bukti tak, ntar cuma cek and ricek. Mengenai hajatan besar sekarang ini adalah hajatannya, dan kita sudah menjadi daging santapannya.

  18. Wah, artikelnya hebat ya Mbak! jd bnyk yg adu “debat” disini… Hehehe
    Sukses terus lah!

    NB: Mw besok kiamat kek, hari ini kek, I’am not interesting to speak about that. It’s God own business. Yesterday was history, tomorrow is mystery, today is give. Let’s do what you can do today.

    1. Gak bener, richa, makanya mba Ivie bikin artikel di atas, biar orang ga pada kuatir yang gimanaaaaaaa gitu 🙂

  19. artikel yang menarik n menantang untuk berkoment…
    asal lakukan yang terbaik n trus berkarya..
    success for all…

  20. wahh..
    mbaa makasii ya atas ilmu nya..
    rada ribet sii baca tentang kalender maya nya,,
    tapi nice post mba..
    keren bgt..
    mba pasti pintr bgt..
    eumh mba dapet info nya darai sapa?
    apa bikin sndri dan bereksperimen ttg kalender maya??
    maav y mba bnyk tnya ,,
    heheeh
    salam hangat dari saya.

  21. semua terserah yg diatas (pasrah bgt),kita ga bisa mencegah yg akan terjadi dimuka bumi ini ,kiamat ga kiamat dunia dah tua rentah n sakit2sakitan molo .itu semua akibat ulah tangan manusia,yg hanya memikirkan diri sendiri tanpa peduli alam n sekitarnya .kita cuma bisa melihat n meratap atas semua yg akan terjadi ,tanpa bisa berbuat apa2.(kasian)…sudah siapkah anda kedunia lain ..(bareng hari panca )..makanya taubat n insyaf jgn dugem molo ..koruptor (sambil tunjuk jidatnya) balikin uang rakyat ..dah ach mau sholat dolo (takut jg)

  22. Nice Artikel, Kalo kita terlalu bersandar pada Agama ( Bukannya gue tidak beragama gue tetap orang beriman ) maka kemajuan yang kita capai mungkin tidak akan sehebat ini, soalnye kita maju dikit udah dicap melanggar agama (baca2x) kita harus bisa membedakan mana urursan agama dan mana urusan sains, urusan agama itu sudah pasti dan tidak bisa diganggu gugat, kalo memperdebatkan agama yang ada ribut melulu karena tidak ada toleransi dalam agama, untuk urusan sains kita harus bisa melepaskan dulu urusan agama sejenak ( bukan berarti kita jadi tidak beragama ) soalnya banyak hal-hal penting dalam sains yang tidak diterangkan oleh kitab-kitab suci agama ( atau mungkin ada tapi diterangkan sangat samar bahkan hampir tidak kelihatan ) sejarah membuktikan setiap ada penemuan atau teori dalam sains banyak ( kalo tidak bisa dikatakan semuanya ) ditentang oleh para agamawan, mulai dari Copernicus, Galileo, newton, dll sampai Chandrasekar bahkan sampai Hawking mereka adalah para ilmuwan yang berhasil membuktikan teori-teori mereka dan hasilnya bisa kita rasakan sekarang

  23. hanya ada satu golongan yang saya percaya kalau mereka bisa meramalkan hari kiamat (paling tidak bagi bumi)

    yaitu astronomer modern 😀

    1. walaupun kadang2 asteroid/komet udah deket sekali baru nyadar :p, beberapa kali pernah begitu..

      semoga para astronomer bisa mengamati jutaan objek yg melayang2 dengan cermat sehingga kita bisa melakukan tindakan penyelamatan bumi ini..

      kalau alam semesta yang hancur… tinggal pindah ke parallel universe hahahha…

  24. good artikel.., two thumbs for you jeng ivie..

    @ajag.., , emang dah bisa bikin apa ‘jag’ampe niggalin agama…, apa anda termasuk orang yang mendukung kloning pada manusia.. agama itu sebagai pembatas agar kita tidak sombong dan tidak menyalahi aturan.., bisa kacau kalau para ilmuan yang meneliti sesuatu tapi menggalkan agamany dulu.., ga sedikit jumlahnya dasar-dasar penelitian tentang sains terlebih dahulu dibuka oleh agama/kepercayaan.. seperti suku maya ini., atau seperti islam yang menjelaskan dalam alqur’an tentang apa yang ada pada alam semesta ini
    ( ngaji.., ma ustad yang punya wawasan iptek.)

    sorry jeng ivie jadi ngelebar kemana-mana.., semoga langit selatan jadi icon untuk pengetahuan astronomi indonesia,.. tapi kenapa langit selatan yaa.. mau saingan ma nyi roro kidul.. heeehehee

    bravo langit selatan salam kenal..

  25. sungguh bijak seorang ilmuwan menangkal teori kiamat dengan teori-teori yang bagus… Terima kasih bu Ivie telah memberikan pencerahan kepada kami orang-orang Jahiliyah… (yang hanya membaca berita terus tidak tahu logika penalarannya) …..

  26. Sangat menarik pembahasan tentang kalender Maya, apalagi dihubungkan dengan astronomi. Bikin bulu kuduk merinding.
    Apakah ada artikel tentang penanggalan kalender dari belahan sejarah lain?

  27. End of date 21-12-2012 adalah perhitungan bangsa kuno maya, and then semua kejadian yg ada di alam semesta ini ( baik yang sudah terjadi,sedang terjadi dan YANG AKAN TERJADI ) hanya Alloh Azza Wa Jalla yang tahu secara keseluruhan.Wallohu ‘Alam Bisshowab.

  28. akhirnya tulisan ini muncul juga, bisa dijadikan bahan buat meng-counter temen2 sekantor yang mulai percaya sama kiamat 2012…….temen2 aku datang dengan fakta baru nih………..
    Langitselatan.com…………….thanks yaaaa

  29. mbak nanti bahas anak-anak indigo ya mbak ya katanya anak-anak ini ada hubungan dengan 2012 sampe skarang saya masih berpikir anak-anak ini bakalan kayak X-men he..he..he..! kebanyakan nonton film

    saya suka bgt dengan hal-hal seperti ini, dah banyak blog-blog yang saya lihat isinya sama semua belum ada/belum saya jumpai blog yang bahas secara mendetail kayak gini apa maksud dari THE END OF TIME dari kalender maya
    masa’ katanya 2012 pertama kali manusia kontak dengan alien, trus mesin waktu ditemukan, trus ntah apa lagi pokoknya aneh-aneh lah gak masuk akal ato akalnya gak masuk-masuk, padahal maksudnya cuma perayaan tahun baru orang maya

    oalah gitu aja koq repot

    two thumbs up lah untuk mbak

  30. maap sblmnya ni mba ivie. tp kl ga salah ada pertanyaan yg belum dijwb mengenai dampak badai matahari??

    sy bs terima penjelasan ilmiah mbak ttg penanggalan maya tapi bagaimana dengan isu2 yg lain???

    apakah mbak jg bs memberikan penjelasan ilmiah???

    terima kasih/hatur nuhun..

  31. emmmm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ya kita ambil hikmahx aja,,,,

    terimakashih y mba ivie
    anda dah bersedia menulis artikel yang sangat berguna ini,

    dengan begini kan orang2 g begitu saja menelan mentah2 sebuah mitos,,,
    pasti ada penjelasanya,,,,

    tp saya masih punya pertanyaan,,,
    ada beberapa artikel d internet yng menyatakan bahhwa
    th 2012 akan terjadi badai matahari???!!!

    seperti yng terdapat pada situs :

    http://pakarfisika.wordpress.com/2008/12/05/isu-kiamat-2012-ternyata-badai-matahari/

    apakah itu benar???
    mohon jawabanya………

  32. end of the world suku maya tuh kelewat satu hari, yang bener 20 12 2012. tuh kan lebih cocok (hehehe) tanggal 20 deseber 2012. kidding …. tapi kalo dilihat tanggal itu sakral ya

  33. yups…. kiamat tidak akan mungkin di hitung dengan kalendet manusia….
    kita semua punya tuhan kok… kenapa percaya dengan bangsa maya….
    walaupun ronaldisko bilang maya nombor one….

  34. gw sih jelas ga percaya kl ad RAMALAN mau KIAMAT kapan ???!!!ato sejenisnya yang ga penting.

    tp gw percaya dengan adanya KIAMAT,,dan bila ALLAH menghendaki,,”kunfayakun” sekarang jg bisa KIAMAT..!!!

  35. Maafkan saya kalau komentar ini agak panjang:

    1. Arti kiamat
    Kalimat kiamat didalam bahasa Indonesia adalah hari kehancuran dunia, kata ini diserap dari bahasa Arab “Yaumul Qiyamah” , yang arti sebenarnya adalah hari kebangkitan umat. Sedangkan hari kiamat dalam bahasa Arab adalah “As-Saa’ah”.
    Dengan demikian Islam mengenal bahwa kiamat adalah “Hari kebangkitan”

    2. Umur Umat Islam
    Dalam buku “Umur Umat Islam, Kedatangan Imam Mahdi, dan Munculnya Dajjal” karya Amin Muhammad Jamaluddin dinyatakan: Umur Umat Islam adalah antara 1400~1500 tahun. Sementara itu diyakini pula bahwa umat Islam adalah umat akhir jaman. Dan kita semuapun tahu bahwa nama “Islam” dikenal sejak Nabi diangkat sebagai Rasul, yaitu tahun 610 M

    Akibatnya sangat jelas: Apabila menggunakan masehi maka umur umat adalah: 610+1400=2010M~2110M. Tapi bila memakai Hijrah, sekarang ini sudah 1430 H, alias tersisa maksimum 70 tahun lagi.

    Link:
    http://www.oaseislam.com/modules.php?name=News&file=article&sid=456
    http://papanlomba.blogspot.com/2008/06/umur-umat-islam-tinggal-59-tahun-lagi.html

    3. Kesimpulan
    Kalau yang dtulis diatas dianggap benar, maka: 2012 yang diartikan oleh Mayan sebagai hari Kebangkitan, ternyata sama dengan Islam yang menyatakan bahwa 2012 masuk dalam rentang waktu kemungkinan terjadinya Hari Kebangkitan (Kiamat).

    1. apa 2012 di perkirakan akan kiamat?
      Dikatakan oleh artikel tersebut bahwa 21 Desember 2012 prediksi terjadinya hari kiamat.
      Tapi menurut sebuah buku yang saya baca tentang terbentuknya Bumi sampai kiamat (menurut agama Islam), bahwa sebelum hari kiamat akan terjadi perang terakhir yang disebabkan oleh 3 org tokoh yang sudah di sampaikan oleh Rasulullah pada sebuah surah, lalu disitu di katakan bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jum’at.
      Sedangkan 21 Desember 2012 adalah hari Rabu.

      Jadi kesimpulannya,yang dikatakan di artikael tersebut bahwa 21 Desember 2012 terjadinya hari kiamat sangat bertentangan dengan ketentuan Islam dan kiamat pada 21 Desember 2012 itu tidak akan terjadi.

      Terima Kasih.

      1. @Bima
        coba lihat Kalender di Hp Ente tanggal 21.12.2012 itu hari apa???
        Hari Jum’At Mas…Hari Rabu…??Ngaco Aja Situ

  36. setuju mbak….. terlalu banyak orang yang blur dalam melihat apa yang gak bisa dia talar…. kesimpulannya selalu lari kepada peramal, mau itu ilmiah (katanya) maupun yang pake menyan… dari browsing internet juga belum ada pernyataan yang jelas ,mengacu pada terjadinya kiamat di 2012, mau itu penanggalan maya, i ching, maupun sumeria, semua hanya menghubung hubungkan saja memakai asumsi yang absurd.
    jika memang akan kiamat 2012, semua astronom di dunia ini sudah ribut duluan. apakah itu mengenai solar Flare yang diamplifikasi oleh 2012 alignment dengan pusat galaksi, pembalikan kutub bumi yang hanya memakan waktu sekian hari (perlu energi yang maha maha besar untuk membalik kutub bumi) hehehehe… ataupun nibiru yang katanya akan bersinggungan dengan orbit bumi. (kalaupun ada planet ke 12 itu akan menjadi penemuan bukan kiamat). yang jelas banyak orang yang telah hilang kepercayaan baik itu terhadap agama maupun science jadi larinya ke DUKUN…
    teruslah berkarya mbak…… go astronom..

  37. Hr ini gw baca detik katanya ada asteroid sepanjang 50 km mendekati bumi. skrg katanya jaraknya cuman 74.000 km dari bumi (lebih deket dari bulan). Tapi menurut sumbernya, tidak membahayakan hingga 100 thn ke depan. bener kagak siiih?? apa cuma hoax?

  38. Buat umat beragama, mau kiamat hari ini, 50 tahun lagi ribuan tahun lagi atau 21 Desember 2012 toh ndak ada artinya, karena kita hidup juga sewaktu waktu mati yang utama adalah bekal jika sewaktu waktu kita mati dan siap setiap saat kalo kita di panggil

    1. setuju banget..yg penting slama hidup di dunia ini kita harus banyak berbuat baik kepada sesama dan slalu berdoa agar selalu di jalanNya.

  39. yang akan terjadi 2012 bukanlah kiamat, tapi sebuah tanda bahwa kita sebagai umat beragama harus mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, sebuah kejadian adalah sebuah hikma yang mengajak kita harus lebih mengingat kepada NYA,
    sebuah bencana alam, kejadian keserakhan, adalah sebuah tanda bagi kita menyadari hidup yang diberikan oleh NYA

  40. Paling-paling itu solar flare. cukup bisa ditelaah secara nalar. kalau mati krn solar flare itu ‘kn krn kitanya gak peduli sama bumi. saya setuju sama mbak ivie, jgn percaya sama sesuatu yg gak bisa masuk nalar. makanya, sambil mendekatkan diri kepada yg maha kuasa, urus juga bumi.

  41. wah kalo nunggu 2012 kelamaan mbak
    sekarang aja yg namanya badai matahari khan sudah ada
    kl nunggu 2012 bisa mati semua mahluk hidup di bumi ini

    badai matahari khan berguna untuk mengatur kelembaban, suhu, angin dll di bumi kita
    silahkan di renungkan bersama sama

  42. TO JAMHUR
    1) Kiamat tidak bisa diramal. Rasul saja tidk tahu akan terjadinya hari kiamat, hanya tanda2nya aja di riwayatkan, hanya alaah swt saja ah yang tahu …
    2) Semua riwayat tentang Imam Mahdi & Kiamat & Dajjal adalah dhoiff alias palsu, cacat .., & tak ada satu pun ayat tentang Imam Mahdi dalam Al Quran.
    3) Tetep aja qt beramal sholeh .. terusian aja cicilan mobil, cicilan rumah, angsuran kartu kredit, tetep kerja … payah loe malu2 in ummat Islam..

    THXS, Wassallam

    1. heyy….pake otak kalo bicara….

      ntu ada hadistnya bung!!!….
      imam mahdi,dadjal,nabi isa AS,dll tnda2 kiamat itu!!!…

      1. wah pada ngaco loe ya. tau gak kalo kiamat itu apa?
        kalo loe mati,itulah yg di sebut kiamat,jd selagi loe idup,atur kata2 ama perbuatan loe!
        supaya ntar kalo kiamat loe gak masuk neraka!

        peace all.
        br. nuke asheep

  43. To kokgitusiih

    1. Alam semesta beserta isinya hanya Tuhan yang tahu. Dan Tuhan memberikan tanda-tanda agar kita bisa membaca, berpikir, dan selalu bersiap diri. Dan Anda lebih senang memamerkan ketidak-tahuan Anda. Sehingga anda sangat yakin bahwa datangnya tiba-tiba. Tentu saja, karena Anda lebih senang berdiri dibalik tembok, sehingga walaupun tanda-nya sudah sangat terang benderang, tetap saja Anda gelap.

    2. Ketika “kebenaran versi Anda” berbeda dengan orang lain, Anda langsung menyatakan bahwa riwayat tersebut adalah salah, palsu, cacat, sesat,dll. Sampai dimanakah tingkat pengetahuan Anda untuk menyatakan yang benar dan yang salah?

    3. Dan untuk memperkuat bahwa diri Anda yang benar, Anda menasihati dan menghina saya.

    Apa yang saya tulis diatas, hanyalah apa yang saya baca dari situs tersebut. Dan kalau tidak salah, itu adalah buku yang sudah diverifikasi oleh Al Azhar Mesir. O ya, maaf, mereka semua salah, karena hanya Anda yang benar. Semoga saya dijauhkan dari orang-orang seperti Anda. Wassalam.

    1. ude2 gak usa pada ribut/saling sindir.mending kalo dapet duit 😀
      hal2 bginian smakin dipikirin smakin bikin bingung.
      lagian kan kagak ada yg tau pasti,kalo ada yg tau juga perlu bukti.
      neraka dan surga itu ada di hati kalian masing2.
      nah mau punya yg mana tinggal pilih.
      neraka : silahkan berbuat jahat,kotor,curang dan hal2 negatif lainnya.
      surga : jalani lah hidup dengan damai dan penuh kasih.
      DENGAN KATA LAIN,CONTOH LAH NABI ISA YG HIDUP DI DUNIA DENGAN PENUH KASIH DAN DAMAI !!!

  44. kalo menurut dari pencarian gw selama ini yg terjadi di 2012 bukan kiamat yg berarti the end of the world….
    tapi sebuah perubahan zaman dari zaman yg lama kepada jaman yg baru melalui sebuah peristiwa besar yg bakalan terjadi pada tahun 2012 terhadap sistem alam semesta kita…
    menurut prediksi yg gw baca, fenomena yg terjadi di 2012 itu bisa mengurangi populasi manusia secara besar2, dan setelah fenomena tersebut terjadi akan munculs senuah zaman yg baru dimana hanya manusia-manusia tertentu saja yg bisa bertahan..
    kalau memang keamat dikatakan sebagai akhir zaman gw memang setuju,tapi kalau diartikan sebagai akhir dunia gw kuarang setuju…
    satu lagi, menurut pandangan gw sendiri fenomena yg terjadi pada 2012 tersebut akan mulai membuat manusia sadar akan kebesaran tuhan, dan mereka akan mendekatkan diri kepada tuhan setelah kejadian tersebut…
    dengan kata lain perubahan zaman ini akan membawa kehidupan manusia kepada perubaha yg lebih baik…

  45. Saya tidak yakin adanya kiamat di tahun 2012 karena kita akan menafikan eksistensi dan kebesaran Tuhan. Padahal kita tahu bahwa Dialah pencipta alam semesta dan Dialah pula yang akan menghacurkannya. Lalu mengapa kita mesti khawatir tentang hal tersebut. Bilama rahasia Tuhan tentang kapan terjadinya kiamat diketahui oleh manusia, maka Tuhan tidak mempunyai kekuatan untuk mengatur alam semesta. Penanggalan kalender Maya dibuat untuk mengetahui peredaran benda-benda angkasa yang setiap saat bisa berubah karena mereka memang bergerak dan gerakan itu sudah diatur dengan ketelitian super tinggi dan sangat sangat cermat dan itu dinamakan hukum alam. Semua agama meyakini akan datangnya hari kiamat namun tidak ada yang tahu kapan waktunya. Mengapa tiba-tiba manusia menjadi seperti Tuhan?

    Adapun kalender yang selama ini kita kenal merupakan hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu untuk memudahkan mereka dalam mengetahui datangnya suatu peristiwa namun bukan kiamat. Manusia bisa memprediksi namun ada kekuatan yang luar biasa yang dapat mematahkan prediksi manusia tersebut. Maya adalah sebuah suku yang dianugerahi kekuatan akal yang dapat mempelajari alam semesta. Mereka hanya bisa mempelajari namun mereka tidak dapat menakdirkan sesuatu, sehingga kita diminta oleh Tuhan untuk bersiap-siap menghadapi kiamat bukannya memprediksikan kapan datangnya hari kiamat atau hari kebangkitan. Semoga bisa membantu..

  46. wha…sepertinya topik kiamat menjadi topik yang sangat menarik..pertanyaanya..apakah arti kiamat yang sebenarnya?apakah ada yang mengetahui kapan kiamat selain Tuhan?kalau kita sudah mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan itu…rasanya kebenaran berita kiamat di tahun 2012 akan langsung terjawab^^

  47. klo ad info bru bleh donk krimkn k emailq, cz q koleksi n sngt trtrik dng ilmu kyk gtuan…..q jgt pny bnyk smber, jd bleh dong klo ad yg bru. kirimin lwt emailq y,,,thanks

  48. eeeeeee
    uDa Laaa tManth”.. ..
    qTa eNtu hRs te”ph pRcya Ma Than.. ..
    biAr qTa bSa Di sLmetinth wKto aq\Khir jmAnth.. ..
    wOkeKs.. ..
    ^^

  49. setujuuu banget apa yg di bilang pandawas . cuma allah s.w.t yg tau kpn datangnya hari akhir itu . jangan nyebar fitnah di dunia deh . emang diri lo tuhan . maaf yah sbelumnya .

  50. halah2,,,udah pada gedhe2 tha ini.kyk anak kecil sajah

    aku jg mw ikutan ngramal akhh,,,2012 ada pesta sepak bola eropa euro 2012.dimana negara seperti indonesia gk ikut daftar.Bahkan negara jago bola pun gk ikut daftar,,kyk argentina,,ma brazil.Klo gk percaya buktikan besok..

  51. coba baca buku lama yg judulx VANDEMECUM I dan II…
    buku tentang agama islam…dan ilmu pengetahuan islam..

    n ayahq blang, kalo matahari tu bukan bersinar, matahari tu meletup…tu hal pertama yg dikatakan ayahq wktu q tanya tntang taun 2012…

    trus, mnurut ilmu pengetahuan islam yg uda dtmukan sjak jaman dulu n menurut perhitungan2 ilmu islam…diperkirakan taun 2012 tu letupan matahari lebih dahsyat n dipastikan akan merusak navigasi, komunikasi dll…
    n parahx lagi, badai matahari tsebut mengenai planet2 yg dekat dngan matahari, dan syangx planet kita tu terbilang dkat dengan matahari…
    dampak lainnya badai tsebut juga merubah sistem tata surya kita….
    itu bneran sobat langitselatan….

    namun, hanya sebagian dari bagian dunia ini yng terkena dampakx…

    n skedar info, stiap 9 taun skali matahari mengalami prubahan bntuk…

    pkokx baca deh buku VANDEMECUM I dan II
    cuma kata2x emang sdikit sulit dimengerti…biar skali mengerti g gampang dilupakan… \:)

    thx. n keyakinan stiap orang berbeda2…jdi maklumi y…

  52. Kita boleh menafsirkan dan mencari tahu segala bentuk awal mula dan akhir dunia, namun TUHAN yang menentukan hasilnya…

  53. gw g mw taun 2012 kiamat gw blom siapa(blom insyaf) (Kita boleh menafsirkan dan mencari tahu segala bentuk awal mula dan akhir dunia, namun TUHAN yang menentukan hasilnya…)gw mendukung tp g usah dlu membuat orang penasan karna kiamat mo dkt coba aja kmu (korban kiamat)pasti takut kan gw aja g brani gw aja mo mati langsung dr pd kna kiamat(takut banget)

  54. mbak ivie … pinter banget ciiihh …

    gw agak kecewa nih dengan orang2x yg menghubungkan isu kayak gini dengan urusan religi … gak ada hubungannya sama sekali … malah menunjukkan kedangkalan kita sbg orang indonesia …. untung ini bukan forum internasional … mending kita semua kerja … kalo toh misalnya mau kiamat, ya biarin ajaaa .. nikmatin bareng2x … GITU AJA KOK REPOT !!

  55. Menanggapi isu yang menggemparkan ini, hanya ada satu pertanyaan dan satu jawaban yang mungkin menenangkan…
    Siapakah pencipta alam semesta ini? Dialah yang mengetahui dan berkehendak kapan kiamat terjadi. Jadi Jelaslah jawaban, Kiamat tak akan diketahui siapa saja.

    Manusia…
    Selalu dipenuhi rasa ingin tahu, suka hal yang ghaib, penasaran…

    Hanya Allah-lah yang mengetahui segalanya…

  56. Lho kok banyak yg ribut n sLg lempar comment,udah ky infotaiment ada perang statementnya,inget bhineka tunggal ika dong,beda pendapat intinya kiamat juga. Maklum qt orang kn masyarakat religius yg sayangny jg pcaya mistis,kLenik,jampi2,dan tidak lupa The Amazing Ponari and his sorcerer stone. Eit..eit tdk bmaksud mnyinggung. Pokoke Pis aja,ayo qt bahagiakan mama+papa+adik+kakak dan semua org skitar qt. Tuh jd kLuar topik kn,abis mau sok ilmiah tp bkn ilmuwan,mau tdengar agamis,lha akyu jg msh srg khiLaf. Weit..jgn marah dong yg diOmongin ‘aku’ kok.Tapi ini topik yg informatif,mnyenangkn,mnghibur jg MENGERIKAN,hei mending qt sukseskan pemilu. Contreng Kumisnya. TenkyuU ud mw di-Parasit-i messageku ini. Remember Peace Y’aLL

  57. Setuju buat mbak ivie….mantap!!!…..

    to kokgitusiih,

    ati2 kalo mngetik kata2….jgn mnylah gunakan arti2 al-quran!!!

    wassalam…

  58. sejauh diliat tentang teori kiamat 2012 percaya ga percaya akan adanya kiamat,,,tapi yang mungkin terjadi nanti (2012) kiamat yang datang adalah kiamat kecil yaitu kehancuran bumi,,karena untuk kiamat besar adalah kehancuran alam semesta, itu baru dikatakan kiamat bener serta itu pun belum tahu kapan terjadinya dan tidak ada yang tahu kecuali allah swt,tapi kalaupun terjadi nanti untuk bahan renungan bagi kita semua,liat aja pada saat jaman nabi nuh allah murka sampai mengirimkan peringatan dengan cara banjir yang sangat besar karena umatnya banyak keluar dari jalur,,dan zaman sekarang seperti kita tau sex bebas dimana2,mabok dimana2,korupsi dimana2, gmana allah ga murka.

  59. Mending tingkatin aja deh ibadahnya. Semua rahasia Allah maha pencipta…….Knp harus percaya ama kalender suku maya… Bumi terbentuk kapan aja kita gak tau …

  60. Hmm,
    Kiamat pzti datang c0y,
    Hnya saja kita tidak tau kpan wktunya,
    Manusia hanya bisa menduga n mngira tp kepaztian hanya milik ALLAH SWT,

    Btw,
    Keren jg ea, kalo ad tabrakan antar planet, atau flare matahari gitu, atau juga kedatangan bangsa anunnaki,,
    hOho. . . . .

  61. to all yang ga percaya sm kiamat itu ada..
    mendingan elu semua tobat aja d skrg..
    soalnya udah dijelasin di Alquran bahwa kiamat itu & hanya Allah SWT yang tau kapan datangnya..
    so jadi mulai sekarang banyak” berbuat amal yang baik soalnya klo udah diakhirat cuma amal baik perbuatan qta aja yang bisa menolong bukan yang lain.. yang umat Islam pasti tau itu tapi klo umat lain gw ga tau d.. soalnya ga jelas gitu d..

  62. coba teliti lagi bahwa tanggal 21 desember 2012 adalah hari jumat.
    wa allahu alam bish shawab. siapa yang tau jika benar terjadi kiamat pd tanggal tsb. semua di dunia ini tidak semuanya bisa diteliti dan di lihat secara ilmiah. kekuasaan allah terhadap semua yang ada di jagad raya ini menentukan kapan berakhirnya kita.
    wa allahu alam bish showab.

  63. KIAMAT 2012 ?

    Maksudnya naiknya 7 meter permukaan air laut …
    LOGIKAnya … Klo anda tinggal di 8 meter permukaan air laut tentu anda masih bisa selamat? hehehe ….
    Simple aja mulai sekarang siap – siap buat perahu … atau rakit!
    Kita bisa belajar jaman NABI NUH A.S ….
    Semoga berhasil!

    Salam RIMBA dan LESTARI ….

    Hijaukan BUMI dan KOTAku
    Under License Consultant Community International (CCI)
    http://www.geocities.com/p3ide

    Minsuhuddin, Amd
    (General Scretary Area Services)
    Admin

  64. ya uda sihh..
    kiamat juga uda ada yg ngatur
    yg ngatur khan juga pst kasih yg terbaik buat smuanya

    gw setuju bgt tuh ama master it

    emgnya knp klo uda mo kiamat??

    mo kita bikin ga jadi tuh meteor yg mo nabrak kita ato apa lah itu yg lage d gosipin

    lagean tuh suku maya khan ga nyebutin knp bumi bakal kiamat

    truz knp “para manusia2 pinter” di luat negri tuh pada langsung bikin kesimpulan bakal ada meteor yg nabrak ato bakal ada badai matahari

  65. wah…masalah kiamat emang bikin bulukuduk kita merinding aja ya…
    Sangat lebih baik apabila kita lebih rajin bertaqwa,beramal,bersedekah,yah…pokoknya banyak-banyak berbuat baik aja sebelum kita semua kembali pada Sang Khalik…. Belum tentu kita panjang umur,bisa aja sekarang kita sedang duduk sambil bula internet eh….tau-taunya dah dipanggil pada Sang Pencipta. Jadi dari sekarang kita utamakan perbanyak beribadah aja juga tetap bersbuat baik pada sesama…Gmn??? Betul gak??? Salam ya buat semua umat manusia baik yang beragama Islam maupun Non-Islam semoga amal ibadahnya diperbanyak lagi. PEACE!!!!

  66. yg jelas dunia ini memang sudah tua … kiamat / tidak yg penting Allah meridhoi Umat nya … dan berikanlah apa yg terbaik pada bumi ini dan pada agama kalian.

  67. Mau tau 2012 kiamat pa ga??????????

    tungguin aja… repot amat…..

    tingkatin amal mah g usah nunggu kiamat………

    klo tetep penasaran n ga sabar?????

    kiamat kecil aja duluan… wekwkekwekwkekwekkek

  68. to mas Bima : Mau Ralat ya mas, 21 Desember 2012 itu hr jumat bkn hr Rabu…
    cb mas Bima lihat dl tglan…kan hidup udah modern,,pake hp jg bs……..

    Lgan kok yo pcya ma bgtuan,,Suku Maya hnya kumpulan org yg bepikir secara matematika berupa tgl…..
    kita hidup di jaman modern semua di lihat secara Logika, pikiran dan mata…..
    lgan itu kan perhitungan jaman Masehi yg entah brpa abad taun yg lalu…..
    sampe detik ini aja blm ada kan yg bs nemuin bgmn bentuk peramalan berupa tglan yg di mksd Bangsa Maya itu????
    ( bukti tertulis/gambar/sejenisnya ),,jd yg tau Kiamat dtg cm Allah,,surat Yasin aja ayat pertama gda yg tau maknanya (Yasiiiiiin… kan tertulis “hanya Allah yg tahu artinya”) sama aja surat Al-Baqharah (Alif lammim….”setiap org boleh menafsirkan arti dari ayat tersebut”) bgtu jg Kiamat,,semua yg dirahasiain Allah pst ada mksud yang Allah akan tunjukan nanti,,manusia bs nafsirkan kpn dtgnya Kiamat,,pndapat setiap ramalan Suku bs beda2,,cm skali lg Allah yg tau…..

    cepet mnta Ampun ma Allah……..Jgn ampe dia Murka dlan br kalian mnta Ampun…..

  69. buat semua sahabat2ku. .

    janganlah begitu terlalu memikirkan tentang adanya isu kiamat di tahun 2012. .
    kiamat tidak bisa diramalkan kapan datangnya,hanya Allah SWT yang mengetahuinya. .

    entah apakah 1 hari,1 minggu,1 bulan,1 tahun,1 abad lagi kiamat itu akan datang,tidak ada satupun manusia di dunia ini yang bisa memprediksikan/meramalkannya.
    kembali kepada diri kita masing2,apakah sudah cukup bekal ibadah kita jika kiamat itu memang datang sebentar lagi???

    tentang apa yang akan terjadi di tahun 2012 dan seterusnya,hanya Allah SWT yang mengetahuinya.
    sebagai umat yang beragama,tentunya wajib bagi kita untuk selalu bertaqwa dan beriman kepada-Nya setiap saat setiap waktu,selama kita masih hidup di dunia ini,marilah kita pergunakan waktu kita untuk selalu beribadah,berusaha dan berikhtiar agar kelak kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

    janganlah merasa goyah,takut atau ragu menjalani hidup karena isu kiamat tersebut.
    sebuah kematian akan selalu menghampiri setiap yang hidup. .
    tetap beribadah. .
    tetap berusaha. .
    tetap pertebal keimanan kita. .

    wassalam. .

  70. kiamat memang pasti terjadi, bahkan sekarang pun sudah mulai kiamat ( kiamat kecil=kematian, bencana alam, fitnah disana sini, dll sbagainya ). ya kita berbuat baik saja lah dan berdoa, semoga tuhan memberitahu jawabannya kapan akan kiamat ke email anda masing2…amiin

  71. saya setuju dengn prof. apatuh?? smilikiti? heheh merapat sajalah dengan yang maha kuasa…ato jangan-jangan semua yang sedang kita bicrakan ini adlah kiamat itu sendiri yang bisa menimbulkan fitnah dan pendangkalan iman kita??? ceilah..
    ato jangan2 lagi ini semua cuma sebuah KONSPIRASI? seperti 9-9-1999? y2k? ato what ever lah… wassalam

  72. pls lah… sekarang gini dehhh… dulu jugaa pernah ada yang bilang..taun ini..detik ini..menit ini..dunia bakal kiamat. ternyata ngak kannn????????
    gue punya jawabannya…kiamat nga akan terjadi di tahun 2012…karena.. manusia ituh diciptakan oleh tuhan..otak di manusia tersebuk juga dibuat oleh tuhan. terus kenapa kalian arus percaya..????????? biarpun ada kiamat pun..nga usah takut deh…
    as long as you believe in god. he wont abandon you. dan otak manusia ituhhhh dibuat oleh tuhan..n kita nga bisa tau tentang masa depan karena cuma tuhan doank yang tau…… jgn ramal-ramal yang aneh aneh deh……

  73. waduh saya ga tw ne yg sebenar na terjadi,,,
    tp kenapa berita2 seperti itu tidak d sebar luaskan d seluruh d dunia
    seperti yang banyak orang bilang pada tahun 2012 akan terjadi sebuah bencana yang besar pengaruhna terhadap seluruh umat yang ada d seluruh dunia..
    menurut logika saya jika tahun 2012 kan kurang lebih hanya 3 thn lagi dari sekarang..
    kenapa tidak ada penyebaran berita tsb secara lebih lanjut agar seluruh umat d dunia ini tau…jadi 2012 tidak d jadikan momok menakutkan saja,sisa waktu yang ada di jdikan waktu yang bisa dimanfaatkan baik dari segi religi maupun dari segi apasaja..

    dari pda kita berfikir yang tidak2 dan semakin takut terhadap “2012” ini…
    mendingan kita bnyak2 berbuat pahala menjauhi laranganNya…
    Allah S.W.T Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

  74. kemampuan berpikir kita jauh banget dibanding org asing sana
    mereka bisa ciptain apa saja yg mereka mau
    kita hanya bisa cipta anak aja hehe

  75. ahh.. Pda PerCaya Ma yg Kya Gitu..

    Masa Pada PerCaya ma Orang Yg Qta blm Tahu Sapa Orangnya

    bukti Menunjukan Bahwa :

    1. Tak ada Seorang Pun Yg tau Kapan Kiamat TErjadi !!
    biarpn Manusia itu Tahu Kemungkinan Terjadi Cuma 1% saja N 99% yg lain TUHAN yg Menentukan

    Yg ghak Mask LOGIKA Kalu Manusia Tahu Kapan Kiamat itu TErjadi,,
    pasti Berbondong²,, MInta AMPUN ma TUHAN.. Pda Ngasih Uang Ke Orang Miskin

    Dah Sekarang Qta Cuma Bisa Wait… N see.. N we can’t do someting

  76. Mengenai 2012, menurut Opini saya sih bukan kiamat seperti yang selama ini kita bayangkan waktu pelajaran agama tetapi..lebih bisa dijelaskan secara teori.

    1.jika benar ada Planet X atau nibiru atau apa yang akan melintas di planet Bumi maka yang akan terjadi adalah “hanyalah” kekacauan musim dan iklim, keadaan bumi akan berubah drastis dalam tempo cepat sehingga mungkin bagi penghuni yang tidak bisa beradaptasi akan “game over” hal ini disebabkan adanya tabrakan pengaruh gravitasi antara bumi , matahari, bulan dan planet x tersebut, nah inlah yang mengakibatkan polar shift atau perubahan kutub bumi , dulu 24.000 tahun yang lalu kutub selatan terletak diantara indonesia dan australia ( itu yang saya baca, ada temuan mamoth yang beku yang dimulut dan perutnya baru saja makan rumput khan? ) nah mungkin planet ini juga pernah dekat dengan lintasan bumi pada masa lalu dan merubah polar atau kutub bumi sehingga seperti sekarang ini, ini juga yang mungkin terjadi pada masa nabi Nuh dimana ada mega tsunami sehingga semua musnah oleh air bah, teori ini bisa dijelaskan jika kita memutar ember berisi air dengan tali lalu berhenti mendadak apa yang terjadi air akan bergerak searah gerakan kita tadi dan akan tum[pah karena kita menghentikan putaran..itu kira kira yang akan terjadi jadi jika planet X mendekat dan membuat rotasi bumi ini berubah arah atau pergeseran kutub. Inti bumi juga akan mengalami gangguan dan jika ini terjadi maka banyak gunung berapi akan meletus karena efek ember tadi..jadi di 2012 .bagi yang khawatir sebisa mungkin kita jauhi daerah pesisir dan gunung berapi. ini bukan kiamat jadi masih mungkin selamat..makanya bisa diramalkan. ( itu aja kalo benar )
    2.CERN dengan Large Hadron Collidernya bisa membuat antimateri , mesin waktu bahkan blackhole. sepengetahuan saya pada 1993 Amerika serikat pernah akan membuat mesin serupa tetapi terhenti pada saat baru mencapai 14 mil. mengapa berhenti..?! karena biaya /..bukan tetapi karena salah tempat!..Jika teori Black hole benar sesuai dugaan saya maka mesin LHD adalah salah satu cara kita menghindar dari takdir Tuhan ..yaitu kiamat.walaupun mesin ini juga beresiko membuat kiamat jika tidak bisa mengendalikan blackholesnya.
    bingung?.,..
    Mereka siudah tahu akan ada benda langit atau planet atau komet atau apa sajalah yang akan bertubrukan dengan bumi..sesuai apa yang diramalkan dari injil sampai al-quran, nustradamus, cybilla maya bla..bla..bla.. seperti kita tahu CERN adalah perkumpulan dari ilmuwan terpandai didunia dari 80 negara , mereka sangat memuja sciense dan mungkin agak skeptis akan agama..berusaha menghentikan takdir atas nama kemanusiaan..jika ini berhasil maka mereka akan membuat tatanan dunia baru yang sekuler.
    caranya kurang lebih begini , mereka sudah menghitung dari lintasan , kecepatan berbanding dengan rotasi dan revolusi bumi, maka telah ditemukan titik impack tumbukan tersebut di texas amerika, tetapi mungkin ada kesalahan sehingga dihitung ulang dan ditentukan titik baru di geneva swiss, mengapa LHD dibangun dibawah tapal batas dua negara, kenapa tidak dibangun di swiss sekalian atau di prancis sekalian? karena titik tumbukannya tepat disekarang dibangun LHD. rencananya jika komet atau benda langit tersebut mendekat bumi lalu ditembak dengan ICBM maka kemungkinan lebih berbahaya seperti perbandingan dari Bomb tunggal dengan Cluster Bomb, jika diledakkan dengan mengebor seperti film armagedon maka kesempatannya cuma sekali, dan jika gagal maka BOOM!!, maka bagaimana?…ingat jika tidak bisa menangkal sesuatu maka lewati saja..Nah..jika teori Black hole berhasil maka jika planet atau komet yang menabrak bumi akan langsung tertelan oleh blackholes dan diharapkan terlempar ke tempat lainnya atau kedimensi lain atau bahkan lenyap ditelan blackholes itu sendiri, tetapi setelah itu blackhole buatan tersebut bisa dikendalikan atau tidak , belum ada yang mencoba sebelum semuanya terjadi. Lalu terowongan di amerika dibuat apa? terowongan di texas amerika digunakan sebagai second off command bunker, untuk para pemimpin dunia , ilmuwan dan sebagian manusia yang hanya 10 juta juwa yang bisa ditampung jika rencana itu gagal. Mengapa didekat kutub dibawah tanah dibangun bungker untuk semua benih dari seluruh dunia 2 milyar species tanaman..kenapa dikutub?..karena menurut perkiraan daerah kutub sekarang akan menjadi equator pasca polar shift ( jika terjadi ) sehingga untuk mengembangkan benih menjadi tanaman kembali akan lebih mudah.

    thats my opinion
    Hoax or not /..but it make a since thats just theory
    GOD BLESS U ALL

    Reply

    1. Jika 2012 memang kehancuran dunia, maka saya bangga menjadi generasi terakhir.
      Hari dimana menjadi akhir dari semua riwayat dan kita kan membuktikan semua teori2 kebenaran yang pernah ada.
      Alam semesta akan selalu beregenerasi, kita manusia akan punah, yang ada hanya sisa2 energi positif atau negatif kita menjejali semesta laiknya hantu. 😀 Percayalah!

      1. wah salah banget klo bangga ngeliat hari ahir…
        w mha msya allah … mending ikut perang indo malay he..he..
        ge nyambung…

    2. wow,,
      mengerikan baca semua teori2 da kemungkinan2 kiamat..
      apakah endofworld ini akan dimulai dgn mencairnya esdi kutub?

      1. klo kutub utara n selatan mncair, kemungkinan besar bumi akan menjadi planet air u menurut aku tapi apa air itu bisa kita transferkan ke mars ?? benar2 pertanyaan besar buat aq. Atau masih adakah harapan untuk bumi kita?? 1 lagi apakah pohon atau tanaman bisa ditanam di mars??

    3. orang beragama adalah org yg naif dan suka dengan keterbatasan.
      mengapa begitu ?
      karena smua agama yg ada didunia ini hanya lah mengunci umat manusia untuk maju ke peradaban yg selanjutnya.
      jadi saya saran kan percaya atau tidak dengan 2012 itu terserah kepada masing2 manusia.
      sekian…

      farewell

      1. salah sekali jika kita menganggap beragama memundurkan kita…….dari apa kamu diciptakan,apa kamu bisa menciptakan dirimu sendiri didalam rahim ibumu…..justru coba lu liat planet mane yang lu kendaliin…………………………sungguh allah pencipta langit dan bumi…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      2. jika anda bilang percaya ato tidak percaya tergantung manusia masing2? berarti ngambang dong..
        seitidaknya dengan agama qta ada sedikit petunjuk “bagaimana” seh tanda-tandanya kiamat

    4. hey..
      lo LAHIR KEDUNIA itu dinamakan KIAMAT…
      tau gak…
      hey..
      SORGA itu kaya DIBUMI…INDAHKAN..
      mangka itu SAYANGILAH BUMI ini..dengan kelakuan lo dan iman lo…
      hati-hatilah dengan CCTV yg maha kuasa…OK

    5. wow… bagus sekali… saya sangat suka astronomi… kalau memang terjadi demikian, bagaimana kita bisa menyelamatkan diri? waktunya berapa lama? 1jam? 2jam? 3jam? mudah2an saja yang maha kuasa memberkati bumi kita ini…

  77. saya perkira dunia ini tidak ada yang namanya kiamat . emang ada manusia yang mampu meramal kiamat tahun 2012. pasti itu hanyalah perkiraan kita.

  78. kenapa kita selalu menepis pemahaman2 baru atau isu2 tetang kiamat 2012? mari kita berpikir positif apabila benar terjadi maka kita sedari sekarang berbuat kebaikan, kembali kepada pencipta kita untuk mohon ampun atas dosa2 kita.
    ataupun tidak benar terjadi kita sebagai manusia tetap harus berterima kasih pada pencipta bahwa kita telah bertobat dan sudah mau kembali kepadaNya.

    1. APA BUKTI BAHWA YANG KAMU YAKINI ITU BENAR ADANYA????? jangn kamu meyakini sesuatu sebelum kamu mengetahui dasa ilmunya……!!!

  79. Assalamu’alaikum
    Kiamat mrupakan Rukun iman yang ke-5
    kiamat itu pasti akan dtag,tapi entah kapan hanya Allah yang Maha Mengetahui kapan kiamat akan terjadi..Rosulullah SAW yg sngat sholeh aja gak tahu kpn kiamat apalagi kita orang biasa yg bnyak dosanya…tp,Rosul SAW tw tanda2 kiamat itu…jangn kira kiamat itu hnya hari dimana alam semesta hancur..kematian juga termask kiamat,kiamat sughro/kiamat kecil…
    tanda2 kiamat:
    matahari terbit dr barat
    banyakY perzinahan..
    keluarY yakjuj makjuj
    laki2 menyerupai wanita dan sbaliknya
    dtangY Imam Mahdi&Nabi Isa a.s
    adanya Dajjal..Dajjal itu ad yg mngartikn sso2k mkhluk yg bermata satu…tp mgkn Dajjal itu bisa diartikn sebgai bentuk tipu daya yg menysatkan
    dll,lupa lagi

    ada yg mngatakan bhw Nabi Isa ktika akn kiamat,Beliau trun ke bumi dr surga, untuk meluruskan agama org2 Kristen,Beliau akn mematahkan setiap Salib2…memang dhulu Nabi Isa membwa ajrn Islam yg bernama Nashoro/lbh dkenal nasrani.. namun nasrani yg dibawakan oleh Nabi Isa a.s tersebut HANYA MENYEMBAH ALLAH AZZA WAJALLA…BUKAN MENYEMBAH YESUS KRISTUS…ALLAHUAKBAR!!!!!HANYA ISLAM AGAMA ROHMATANLIL’ALAMIN…ALLAHU AKBAR!!!!LAA ILAA HA ILLALLAAH!!!TIADA TUHAN SELAIN ALLAH!!!HANYA ALLAH YANG HARUS DISEMBAH!!!ALLAHU AKBAR!!!
    ASYHADUALLAA ILAA HA ILLALLOOH,WA ASYHADUANNAMUHAMMADARROSUULULLOOH,
    ARTINYA “AKU BERSAKSI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,DAN AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD UTUSAN ALLAH”

    Wallahuallam 2012 kiamat…itu hanya cara untuk menakut-nakuti org muslim…
    Kita berharap,kita tidak hidup saat kiamat terjadi…AAMIIIIN YAA ALLAH,,,karena kiamat itu kejadian yg maha dahsyat…

    Wassalam

      1. lo orang jngn pda sok tau lah bicarain tntang hari kiamat!!!!!!!!
        jngn jgn berbcara pengetahuan trus lo sngkut pautin ma agama tuh ga bkal nyambung!!!
        smua nya pendapat lo tuh benar, yg salah tuh adanya di penjara sdang ngejalanin hukuman …
        hehhhehehhehe……………….

    1. yah betul… kalaupun ada kiamat beneran ya adanya di suku maya di mexico sana, sama si Lawrence E. Joseph ketawa-tawa kegirangan karena merasa apa yang ditulisnya benar.

  80. Assalamu’alaikum
    komentar si Mario itu salah besar!!!
    Kiamat itu pasti terjadi
    “Kiamat itu ada”

    bener kata kang Robby M.N.T.
    lbih baik kita segera bertobat memohon ampunan pada Allah SWT..
    Wassalam

  81. mending ngurus diri sendiri aja biar bener , nggak usah mikirin kiamat……yg pasti kita semua pasti mati.! masa bodo dengan Ki Amat….

  82. kalau saya baca blog ini saya jadi inget ayat qur’an (saya lupa itu surat apa) yg artinya kayak gini :

    “Sungguh mereka berada dalam keraguan akan pertemuan mereka dengan Tuhannya. Sungguh ALLAH maha meliputi segala sesuatu:

  83. kalau saya baca blog ini saya jadi inget ayat qur’an ( saya lupa itu surat apa) yg artinya kayak gini :

    “Sungguh mereka berada dalam keraguan akan pertemuan mereka dengan Tuhannya. Sungguh ALLAH mengetahui segala sesuatu”

  84. aku spendapat dengan wahyu… n tmn2 lain yg ceritanya seperti wahyu….. seblum kiamat itu terjadi perang besar yaitu
    perang akir jaman yg di knal armagedon… perang ini menghancurkan alat2 otomatis… nah di perang ni… islam yg dlunya asing kembali ke asing lagi…. n kita perang kembali ke panah,pedang,kuda dll…. perang ni yaitu prng umat islam yang hancurin kaum yahudi.. n kaum rum…. slah itu kita umat manusia kelaparan slama 3 tahun setelah it muncul imam mahdi…. n almasihudajjal…. imam mahdi.. itu keturunan nabi muhamad SAW.. dngan nama ibu n ayah yg sama dngan nabi muhammad SAW… seterusnya bca di al quran lw ngerti lw ga di buku kisah turunya imam mahdi n almasihudajjal…. banyak bukunya cri za……

    1. coba kamu pahami lagi tentang Quran…hmmmm ada beberapa point yang kamu bilang tuh bener… tapi kamu kurang memahami esensi dari ayat2 Quran kyaknya… karena yang namanya Quran tuh mayoritas menggunakan bahasa amsal alias perumpaan… jadi lo kamu mau mahami alQuran ya kamu harus memahami bener2 makna hakekat ayat2 tersebut…!!!

  85. mudah2n tidak terjadi, memang cepat atau lambat akan terjadi tetapi yang akan terjadi biar menjadi rahasia TUHAN dan jangan terlalu di perbincangkan takutnya YANG MAHA KUASA malah ngejadiin lagi… hayo gimana??

  86. Menurut saya, yang dimaksud kiamat 2012 bukan itu kali yang pernah saya tonton di Metro TV pada acara National Geographic siang hari. Menurut para ahli antariksa pada acara tersebut , Kiamat itu terjadi akibat adanya loncatan matahari atau tsunami matahari sehingga menimbulkan radiasi dari matahari yang berlebihan.Akibat radiasi tersebut maka satelit-satelit yang berada diatas bumi MATOT (mati total Bro!). Terus adanya daya tarik magnit dibumi yang besar bagian belahan bumi utara maupun selatan dengan radiasi matahari. Maka yang akan terjadi kekacauan yang ruaaarrrrrrrrr biasa, yaitu matinya Listrik, jaringan komunikasi dan hal hal yang lain bersifat digital. Itu terjadi di Antartika, seluruh kawasan Eropa, Rusia, RRC, Amerika Utara, Amerika serikat dll pokoknya belahan utara dan belahan bumi selatan. Negara-negara tersebut kembali ke JAMAN BATU.Polusi udara yang dihasilkan negara-negara Maju sungguh parah tentunya sangat membantu terciptanya proses terjadinya gaya tarik magnet bumi dengan radiasi Bisa kita bayangkan apabila tak ada listrik, telepon, yang terjadi bisa-bisa kekacauan seperti yang digambarkan pada film Mad Max(kalo belum nonton filmnya, nonton saja filmnya isinya cuma manusia kacau semua). Sedangkan indonesia posisinya sangat menguntungkan (moga-moga aja) karena terletak digaris katulistiwa jadi tidak separah dibelahan bumi utara maupun belahan bumi selatan. Yang jelas tanda-tanda tersebut kiita rasakan sehari-hari yaitu tingginya suhu matahari semakin lama semakin bertambah. Tips untuk menghadapi kejadian tersebut.bila terjadi :
    Pertama, Bagi yang punya HP siap-siap aja tidak ada sinyal nya, percuma beli HP bagus dan mahal bila tak ada sinyalnya, jadi pakai telpon kabel atau pakai surat dan telegraph bila tak ada sms (biar pak posnya ada kerjaan ).
    Kedua, komputer mau tidak mau kemungkinan terkena dampak tersebut, maka sediakanlah mesin tik manual atau mesin tik lama anda.
    Ketiga gunakan bahan bakar yang bersifat alami contohnya daun jarak atau minyak tanah.
    Keempat bila tak ada listrik gunakan petromax atau lilin (itu kalo terjadi disini)
    Kelima interkom atau HT, internet jaman bahula yang satu ini sangat berguna dikemudian hari kelak sebagai gantinya telepon aatau HP.
    Keenam, gunakan kendaraan dengan bijak Kemungkinan bensin sangat sulit dicari dan selalu gunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda. becak (bila ingin hasil sampingan). Jadi mulailah gunakan sepeda biar besok ngos-ngosan.
    Ketujuh, bertobatlah dan perbanyak amal kebaikan pada Allah SWT biar besok kita mampu menghadapi hidup ke jaman dahulu lagi.
    Yang cuma opini yang saya utarakan, terserah situ percaya apa nggak seperti yang dikutip pada lagu yang dinyanyikan Kid Rock dengan judul ONLY GODS KNOW WHY.

    1. berarti kita jual HP kita, trus kita ganti Handy talky aja….. ok bro….ww, kiamat cuman Allah yang tau………………

  87. memang bener kiamat pasti bakal terjadi

    and tahun 2012 bakal terjadinya perubahan kutub terus kutub itu bakal bergeser kemana????

    gw mau jangan ke indonesia

    coz w ga tahan dingin sihhh

    ke puncak aja pake jaket ampe 3 lapizzzzz

    apalagi kalo di indonesia jadi kutub selatan

    i dont mau

    1. mana tau gue emang gue pikirin…..
      klu loe gax tahan pindah aje ke MATAHARI sane
      biar lebih PANASSSSSSSSSSSSSSSS……

  88. All sobat2quw. Knp sie qt hrz tkt ama kiamat. Qt kan punya Tuhan atau Allah.swt.. Smua itu hny kembali kpd Allah. Klo Allah berkehendak kun fayakun. Maka tdk ada 1orgpun yg bs melawan kehendak Allah swt. inget ya Allah maha melihat maha mendngar, maka Allah akan marah apabl ada org yg menentang kehendaknya.. Saran mta sie qt ambl hikmahnya aja.klopun qt da bc,qt hrz percy kpd Allah,,maka qt tuntunlah diri qt ke jalan Allah, ngapain qt tkt ama kiamat.qt smua jg bkalan mati n yg nentuin kematian qt hny Allah.

  89. maaf buat temen” ini bukan forum dakwah yang menjelek”an agama… atau saling menyalahkan.. tolong hargai forum ini.. dan hargai pendapat orang lain. Menurut saya apabila ramalan ini terjadi, yang kiamat hanya manusianya saja.. sebab seperti yang terdahulu, ketika zaman dinosaurus dikiamatkan yang katanya semua hancur kec bumi.. toh muncul lagi mahluk” yang seperti sekarang ini. tetapi segala yang mempunyai masa itu akan habis..
    sempat terpikir oleh saya.. katanya orang zaman dahulu Tinggi” dan besar” malahan ada yang sampai 9 meter?!? tetapi kok manusia sekarang hanya berkisar1.5-2 meter?!? apabila mahluk” yang hidup di zaman dinosaurus itu ga sesak menempati dunia yang kecil ini dengan tubuh yang besar?!? atao apakah bumi kita menciut dan lama” mengecil?!? trus hilang… apa itu yang disebut kiamat?!? itu hanya kiamat menurut saya.. toh yang tahu sesungguhnya hanya YANG KUASA.

    buat moderator trims buat info nya…
    dan buat teman” ini forum diskusi bukan persidangan (^-^)V

  90. yang bilang 2012 itu kiamat sapa?
    klo kiamat itu berarti seluruh alam semesta hancur or musnah!!
    2012 itu bukan kiamat tapi bisa saja merupakan waktu “permurnian ” bagi bumi.
    bumi itu mempunyai “kekuatan atau roh” yg saling berhubungan dengan mahluk2 penghuninya seperti manusia.
    manusia,tumbuhan dan hewan memiliki semacam aliran “listrik ” dalam dirinya dan itu saling berhubungan dengan bumi.
    jika prilaku manusia baik,maka “listrik” dalam tubuhnya beraliran positif dan akan mempengaruhi alam sekitar
    alam akan sejuk,damai
    tetapi jika prilaku manusia buruk,maka alam akan terpengaruh dan berusaha mencari “keseimbangan”
    jika bumi berusaha mencari “keseimbangan “maka ia akan melakukan “pembersihan” dari partikel-partikel negatif/aura negatif.
    maka nya sekarang frekuensi bencana lebih banyak

    1. Buat arsa ne…
      bisa minta tolong nga ?
      tny kan sama org yg d sekitar u thu…
      nurut kbanyakan org tuhan menang dari setan,tp knapa setan tidak d musnahkan oleh tuhan ?
      jwban ny tolong d kirim ke email saya aj…[email protected]

  91. eh,komentar kamu tuh WAHYU yang salah besar..jangan bilang
    kiamat itu ada..mungkin kiamat itu ada,tapiiiiiiiii…masih 1.000.000.000 tahun lagi…
    emang mau kamu cepat2 dunua ini kiamat..???SENDIRI AJA LOE

  92. kiamat itu memang ada tapi gak selamanya yang namanya kiamat itu harus serem (bumi hancur, manusia punah) bencana banjir pun bisa dibilang kiamat, uda deh jangan terpikir sama hal yang belum pasti.

  93. 2012?
    ini cerita lain…
    …bukan atas dasar teoritis sains ato agama ato kepercayaan….
    …ini pandangan bbrp org disekitar qu yg kbetulan bisa melihat masa lalu dan masa depan…
    ..menurut mrk…periode akhir 2010 sampai awal 2013 adalah masa2 filtrasi manusia…
    ..menurut penglihatan mereka…2012 adalah masa gelap yg susah ditembus….bentuk bencana apa yg terjadi..
    ..masa yg penuh dg bencana…yg tdk bs diatasi manusia scara global…
    ..dan menurut penglihatn mrk…hanya hubgn kita yg erat dg Sang Pencipta yg bs menyelamatkan manusia…
    ..filtrasi itu diartikan penyaringan manusia… dari masa ato zaman yg penuh dg kemerosotan moral ke zaman
    spritual….
    …jd yg tersisa nanti adalah manusia2 yg taat dgn Nya saja…. apapun kepercayaanya…
    …jd, klo dibandingkan dg cerita kiamat ato berakhirnya khidupan, kayaknya tdk sepenuhnya benar..
    ..krn menurut penglihatan mrk, setlah 2013 masih tersisa manusia kurang dari setengah penduduk dunia skrg..
    ..tp dg kualitas manusia yg berbeda…
    ..saran mereka…smkin mendekatlah dg Tuhan..dan jauhi sgala laranganNya…hanya itu yg bs membantu…
    dan perlu aqu pertegas kembali… merka yg aqu maksud bukn dari org berpendidikan tinggi apalagi yg kenal internet..
    ..semua itu hanya berdasar penglihatan merka saja..yg jg merupakan anugrah Tuhan…
    ..sulit u tdk percaya…krn semua yg mrk lihat slama ini sdh aqu liht buktinya…
    ..klopun mrk tdk liat sesuatu..mrk akan jujur mengatkan tdk melihat…
    ..jd, apakh perlu aqu ragu untuk hal yg satu ini? sementara mrk mengataknnya sambil terharu menangis meliht apa yg mrk lihat ke depan?
    …suatu kbetulan..?
    ..apakh ada kbetulan kolektif…yg mengarah ke titik yg sama…dimana mrk yg aku maksud tdk saling kenal?
    ..semuanya ..up to you… tergantung kesadarn masing2….

  94. udahlah…. yang islam ke jalanya… yang non islam juga ke jalanya….. terjadinya kiamat gag perlu dibesar2kan… toh semuanya tau kan kalo kiamat itu ada… yang penting siapin diri kita….

  95. @all yg ngerasa org berimana ga usah membanggakan agama dgn menyela agama lain!!!
    inget agama itu ga akan membuat Anda slamat!Agama cm sbg perantara kita dgn Yg di Atas.
    soal kiamat mah. . . .sprt yg komment dia atas,siap2 aja

  96. Salam …

    Ramalan 2012 bukan hanya terdapat di Suku Maya saja, dalam tradisi-tradisi kuno lain (tidak bisa saya sebutkan) sudah di ramalkan dari sejak dahulu kala (entah kapan, yang pasti dari nenek moyang saya belum lahir). Apa yang akan terjadi? Hanya Tuhan yang tahu … kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha untuk yang terbaik dan diberi keselamatan lahir – bathin.
    Para peramal pun mengatakan bahwa mereka tidak bisa menembus pada kisaran waktu itu, karena apa yang akan terjadi nanti mereka pun kurang jelas mengetahuinya. Peramal hanyalah manusia yang diberikan “gift” dari Tuhan untuk sedikit memberi peringatan kepada manusia2 supaya lebih baik. Yang pasti pada saat itu akan terbentuknya “sesuatu” yang baru, entah dunia baru, entah zaman baru ataupun kepercayaan yang baru. Sekali lagi, hanya Tuhan yang tahu. Tahun 2012 adalah saat transisi, antara hitam dan putih … yang pada akhirnya itu semua tergantung dari pilihan dan tindakan manusia. Hidup itu adalah pilihan.

    Apapun yang terjadi nanti … mudah-mudahan sesuatu yang baik, ada baiknya kita menyiapkan diri dengan cara lebih dalam ber-dharma (berbuat baik) dalam agama dan sesama manusia, saling menyayangi, saling menghormati (gak ada ruginya kaaan??) So let’s pray for the better world

    May all sentient beings living in peacefullness! ^_^

  97. refreshing..semuanya hanya “refreshing”..to make everything be better than before…kalo bs ngimpleng semuanya akan jelas..piss ah
    😀

  98. Mo nanya nih…
    Tanggal kiamat 21 Desember 2012 dikonversi dari penanggalan long count suku maya kan? Cuma ada yang aneh rasanya, jika tanggal itu hari kiamat berarti tanggal 20-12-2012 adalah tanggal terakhir kehidupan di bumi…tanggal ini aneh banget kok bisa susunannya 2012 2012.
    Trus gw pernah dengar kalo penanggalan masehi sekarang pernah direvisi (pada abad berapa gw lupa mungkin abad 4 atau 5 M) dulunya cuma dikenal 10 bulan kemudian menjadi 12 bulan…..Yang gue tanyain apa konversi dari tanggal LOng count suku maya tersebut sudah juga dihitung dengan memperhatikan perubahan penanggalan pada tahun masehi tersebut??
    Mohon Pencerahannya…….

  99. Yang diceriterakan oleh Abu Hurayrah:

    “‘- Peperangan akhir zaman adalah peperangan dunia. Akan ada perang ketiga setelah dua peperangan yang besar di mana banyak yang dibunuh. Ia yang akan menerangi api-api dari perang dunia yang kedua akan dikenal sebagai ‘Pemimpin Yang Besar’. 1300 tahun setelah Hijriyah, hitunglah beberapa dekade-dekade. Pada waktu itu, Raja Yunani (Eropa) menginginkan suatu peperangan melawan seluruh dunia. Sementara itu, Allah memerintah peperangan untuk manusia. Tidak lama setelah itu, setelah dua dekade, seorang manusia namanya yang dihubungkan dengan seekor kucing (bhs Arab : hirr = Hitler??) dari negeri Jerman, muncul bagai suatu cambuk bagi [orang-orang] Roma (Eropa). Ia mulai mengganggu orang-orang dan menginginkan pegang kendali seluruh dunia. Ia berperang melawan seluruh dunia, baik itu negeri yang hangat maupun negeri yang dingin. Setelah bertahun-tahun diisi dengan api peperangan yang menyengsarakan, ia menemui hukuman Allah. Lalu, ia terbunuh sebagai Misteri Rusia. Hitung lima atau enam atau tujuh atau delapan dekade setelah 1300 Hijra. Pada waktu itu, seorang manusia dipanggil “Nasser” memerintah Mesir. Orang-orang Arab memanggil dia “succa-ul Arab”, (pemberaninya orang Arabs). Allah memberi dia dua kali kekalahan, sekali dalam suatu peperangan, dan lalu di dalam peperangan yang lain. “Nasser” tidak pernah dapat mencapai kemenangan. Atas ini, Allah mendatangkan orang berkulit gelap dimana ayahnya berkulit lebih diterangi dibanding dirinya, pemimpin Orang-orang orang Mesir dan bangsa Arab. Tetapi, ia membuat satu perjanjian dengan para pencuri Masjid al-Aqsa (Bangsa Israel). Lalu seorang manusia yang kejam muncul di Iraq. Manusia ini, dengan suatu bekas luka di dalam mata nya, adalah Sufyaani. Namanya datang dari konfrontasi (Saddam), dan ia berkonfrontasi terhadap lawan-lawan nya. Seluruh dunia berkumpul untuk melawan dia di Kut kecil, yaitu suatu daerah dimana ia datang sebelumnya karena ia ditipu. Tidak ada yang baik pada diri Sufyaani kecuali dengan Islam dan ia adalah yang baik maupun yang buruk….. dan celakalah ia yang mengkhianati Mahdi yang terpercaya. Hitung dua atau tiga dekade setelah dekade dari Hijriyah 1400. Pada waktu itu, Imam Mahdi muncul. Ia memerangi seluruh dunia, orang-orang yang tersesat dan orang-orang yang mendapat kemarahan Allah, bergabung melawan dia adalah orang-orang munafik di dalam tanah Isra dan Miraj pada Gunung Magiddo. Dan akan muncul melawan dia adalah Ratu dunia, penipu, pezina (Amerika), yang menghasut/menimbulkan dunia itu kepada penyimpangan dan infidelity… dan Bangsa Yahudi dunia pada waktu itu mempunyai kendali ,menguasai Quds dan kota yang kudus. Dan semua negara-negara yang datang untuk berperang melalui laut dan udara kecuali mereka yang tanahnya terlalu dingin dan terlalu panas. Dan Mahdi melihat bahwa seluruh dunia akan melawan dia, tetapi ia juga lihat bahwa rencana Allah adalah lebih kuat dari semua, dan ia melihat bahwa dunia adalah milik Allah dan kepadaNya akan kembali, dan bahwa dunia tidak lain adalah suatu pohon bahwa Allah akan memerintah daripadanya dari akar sampai ke ranting……. Dan Allah menjatuhkanhukuman bagi mereka (orang-orang tidak beriman) dengan suatu hukuman yang menghancurkan, yaitu membakar negeri dan laut-laut mereka dan langit-langit. Dan langit menurunkan hujan yang berbahaya, dengan orang-orang Bumi akan mengutuk orang-orang kafir, dan Allah akan mengalahkan orang-orang tidak beriman.”

  100. hahahahah malaikat n nabi aja gk tau kapan terjadinya kiamat masa suku pedalaman tahu wkwkkwkwkwkwkw konol nya yang percaya gituan. . . . . . . . . . . . .. . .. .. wakakakakakakakakka

  101. kapan kiamat terjadi? hanya Alloh yg tahu…kiamat itu meliputi seluruh jagat raya dan terjadinya seketika…kalau hanya di salah satu sistem bintang diantara triliyunan bintang di jagat raya itu mah emang biasa terjadi…ingat kita telah banyak menyaksikan ledakan bintang (supernova) di jagat raya…toh kiamat belum terjadi…dan kimat itu terjadi dg kehendak Alloh dan Alloh tidak memberitahu kepada satu makhlukpun tentang kapan kimat itu terjadi…dan seperti yg sudah-sudah semua prediksi tentang kiamat yg dilakukan oleh manusia semuanya meleset!!!…tapi kiamat ada tanda-tanda mengiringinya…tanda-tanda besar dan tanda-tanda kecil… tanda-tanda besar belum satupun yg muncul, diantaranya munculnya Imam Mahdi, turunnya Isa anak Maryam, munculnya Dajjal, munculnya Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog), matahari terbit dari barat, dll…kalau tanda-tanda besar itu belum muncul, maka apapun yg akan terjadi di bumi, apakah itu tertabrak komet, meteor, planet yg melintas, perubahan iklim atau yg lainnya, pastilah tidak akan terjadi kiamat….hanya saja dengan peristiwa-peristiwa itu mungkin populasi manusia akan turun secara drastis dan peradaban manusia mundur ke belakang…jadi siapaun dia yg mencoba meramalkan kapan terjadinya kiamat, pastilah dia telah berdusta atau mengatakan sesuatu yg ia tidak tahu

  102. asswrwb. yah ngomong kiamat ngak ada habisnya, so yang pasti th 2012 itu kata ahli atau pa kar, di sebut kiamat bisa dianggap doomdays maybe , bencana besar mungkin tapi yang pasti manusia masih eksis, namun udah ngak keruan ada yang ngaku 2 nabi, rasul ,imam mahdi macam2 . sekarang aja dah ada berapa tuh ngaku nabi, rasul atau jibril ( apa ya mukjizat nya mereka yang ngaku nabi , ha ha ha) mending mbah surip dapet ilham “tak gendong” dapat kekayaan, nah yang kaya gini berkah Ilahi. yang pasti tahun 2012 itu makin dekat tuh jarak bulan kita ke bumi karena bumi dah berkurang gaya magnetnya akibat suhu dan polusi. coba aja di ukur akan makin berkurang ( emang siapa yg mo ngukur haha ha), dan jgn lupa makin banyak yg meninggal krn penyakit menular seperti virus. gitu aja pendapatku

  103. kalo gak kiamat alhamdulillah, kiamat juga gak apa – apa, toh kita semua bakal mati, yang penting sudah seberapa banyak kebaikan yang kita lakukan selama hidup kita

  104. allahhuakbar…
    hanya allah yang tahu hari kiamat ,gx ada 1 pun manusia yang bisa meramalkan hari KIAMAT itu terjadi

    1. Hehehe… Disini tereak… Jgn sampe pas giliran mau mati saat fenomena 2012 itu bener ada lu malah ketakutan.. :p
      Relax man… Bukankan pengetahuan diatas menarik? Anggap saja pelajaran geografi… hehehe….

  105. g usah k jauhan sampe taon 2012…..klo besok lo yg pada koment meninggal……
    apa bisa nyaksiin tahun 2012……????

    yg lebih penting……bgmn kta mempersiapkan diri kita d alam sesudah alam dunia ini….
    pertebal iman,perbanyak ibadah,dan jauhi maksiat….itu yg utam

    jadi g usah jauh2 mikirin taon 2012…..
    belum tentu kta masih hidup d taon 2012.

  106. ga usah di pikirin lah….. yang penting inget yang di atas…. kalo allah berkehendak maka terjadilah…. lagi pula, allah menyatakan bahwa tidak ada manusia yang dapat meramal kiamat

  107. sekarang gua tannya ama yang percaya kiamat 2012… nabi muhamad aja gak tau kapan bencana bencana itu terjadi masa orang yang kedudukannya jauh lebih rendah dari nabi muhamad bisa tau yang tau hanya allah bukan yang lain ….gw tadi nya juga takut tapi gua berfikir 2 kali tentang kiamat 2012 kaenya itu hanya cerita orang yang konyol dan percaya oleh tahayul tahayul dan jangan pernah takut ya teman teman karena disamping kita ada allah ……………………..tank’s yacc n jangan takut cz tuhan maha adil oleh umatnya

    1. Pertanyaannya sosok nabi yg lu sebutin ntu beneran ada gak? :p
      Udah gak usah negthink… Berusahalah menghargai pendapat org!

  108. kalau menurut saya jika suku maya meramalkan hari kiamat tahun 2012, padahal meeka dan kita menggunakan penanggalan tahun yang berbeda, mereka menggunakan penanggalan yang berbeda dengan kita yaitu masehi, itu sangat tidak logis. mungkin 2012 itu pada tahun mereka adalah tahun kehancuran bagi suku maya sendiri karena mereka melakukan hubungan dengan mahluk lain di ruang angkasa, seperti ayat dalam al qur’an, terdapat mahluk merayap di bumi dan di ruang angkasa

  109. Wah…… infonya mantab sist….(dibandingin komunitas langitselatan yang laennya^^hehe,,wa jg terima dana sogokan neh)

    Tapi ada hal yang ingin saya tanyakan pada anda,,:
    1. Bagaimana menurut anda tentang siklus 3600 tahunan yang ditandai dengan berbagai penemuan seperti berikut :
    * Sekitar 3150 SM – terjadinya air bah (setelah bencana ini sejarah peradaban2 kuno dimulai)
    * Sekitar 5310 SM – Efek pendinginan iklim tiba2 pada periode Holocene
    * Sekitar 8900 SM – Pemanasan global dan pencairan kutub yg cepat dan tiba2 pada masa interglacial period
    * Sekitar 12.600 SM – Pergeseran kutub bumi atau polar shift.. efeknya mengerkan dilihat dari fosil mamoth yg membeku
    tiba2 dengan makanan masih ada diperut belum terproses yg juga terawetkan
    ———–> semua terjadi setiap hampir 3661 tahun sekali dan yang terakhir adalah :
    Tercatat tahun 1650 SM terjadi keruntuhan2 peradaban2 besar secara bersamaan dibarengi munculnya peradaban
    baru dg tiba2 pula!
    * Jatuhnya Kerajaan Pertengahan Mesir kuno,
    * terjadi zaman kegelapan Mesopotamia,
    * munculnya kerjaan Hittie tiba2 di Anatolia,
    * runtuhnya Harrapan di India,
    * runtuhnya peradaban Minoan,
    * munculnya tiba2 peradaban Olmec,
    * runtuhnya dinasti Xia di Cina
    2. Kenapa semuanya dikaitkan dengan isu kiamat?? bukannya kita bisa lebih konsentrasi terhadap apa yang harus
    dilakukan apabila informasi ini benar (think rasional aja lah sist anggep semuanya sebagai peringatan..orang barat aja
    lebih peka terhadap ini,dan memiliki persiapan lebih baik dari kita (indonesia)..
    3. Saya setuju dengan suku bangsa Maya yang menganggap sains dan agama adalah satu (tapi saya berpegang teguh
    dengan agama saya) kalau sist cuma berpegang teguh dengan sains saja yaaaaaaa jadinya seperti articel sist ini nih!!

    let’s thinks sist..^^

    Mohon tanggapannya sist bagaimana menurut anda?? ditunggu ya sist yang berjiwa besar menulis article dan mempertanggungjawabkannya ^^
    (mari berbagi ilmu^^)

    1. 1. untuk yg pertama saya belum bisa jawab karena saya belum membaca secara keseluruhan isu2 siklus tersebut.
      2. kenapa dikaitkan dengan isu kiamat? karena manusia rata2 mengaitkan segala sesuatu dengan keyakinannya dan keyakinan itu juga mengarah pada suatu hari akan terjadi masa akhir aka kiamat.
      3. untuk yg ini maksut anda apa yah? menulis tulisan ilmiah yah harus dari data ilmiah bukan dr ayat2 di kitab suci. dan soal iman…. apakah menurut anda saya sebagai penulis hanya beriman pada sains? menarik kalau begitu…

      btw.. apa yg harus dipertanggung jawabkan ya? artikel ini hanya mencoba membahas sebuah isu dari kacamata astronomi.

      1. Jawaban yang super sist…. saya puas dengan jawaban anda ^^

        Keep sharing u’r knowledge yach..^^

  110. emang kita harus percaya adanya hari kiamat…
    tapi jangan percaya ramalan manusia tentang hari kiamat…
    musrik broo…
    kita jalan az hidup kita dengan tenang,….
    buktinya tanggal 09-09-1999..
    di ramalkan akan kiamat…
    ga terbukti kan….
    itu orang pengen tenar az nyampe meramalkan hari kiamat segala..

  111. Mbak Ivie, trims banget atas artikelnya..setidaknya pengetahuanku bertambah.. Aku sendiri nggak percaya kiamat taun 2012..kayaknya konyol banget kan..kalo bencana alam mungkin saja, sekarang aja banyak bencana alam.. Sejujurnya yang berkaitan dengan 2012 yang kutakutkan adalah ada apa di balik isu kiamat 2012 ini? Tidak mungkin orang membuat isu tanpa maksud, or hanya ingin membuat orang resah kan? Mbak Ivie, terus terang saja aku takut banget isu 2012 ini dikaitkan dengan new world order or tata dunia baru yang banyak di gembar -gemborkan pemimpin2 dunia (terutama dari barat..) di mana dunia akan ditata dalam satu aturan, (satu pemerintahan, satu mata uang, satu agama..).. tapi apa ya yang bisa dilakukan seorang ibu sepert aku..Sementara ini, aku banyakin amalan baik sambil ngajarin anakku, bahwa berbeda itu biasa, perbedaan itu yang membuat hidup kita indah( seperti mozaik-mozaik warna..semakin berwarna-warni semakin terlihat harmoni..), bahwa kita harus menghargai keyakinan orang lain, bahwa harus bangga dengan budaya sendiri.. hal-hal kecil yang baik yang mungkin bagi orang lain kurang berarti…

  112. klo menurut saya,ramalan ato kalender suku maya yg menyebutkan bahwa tgl 21 desember 2012 merupakan “end of time”
    kenapa bukan “end of world”
    1. penanggalan suku maya berdasarkan peredaran matahari, bulan, planet venus (mgkn ada planet lainnya) terhenti pd
    21 des 2012, krn pada saat itu katanya terjadi peralihan kutub bumi krn kaitannya dengan kedatangan planet nibiru (X),
    yg mgkn juga merubah arah rotasi bumi (mgkn matahari bisa terbit dari barat “tanda2 kiamat”), sehingga merubah posisi
    garis edar matahari, bulan, planet venus dll klo dilihat dari bumi yg menjadi dasar penanggalan suku maya, sehingga harus menentukan dasar / patokan baru lagi utk membuat penanggalan baru yg tidak bisa diprediksi oleh mereka.
    2. kiamat kecil = kematian
    kiamat besar = alam semesta (bukan haya bumi saja)

    pada saat itu diramalkan banyak terjadi bencana alam yg hebat, terjadi pengurangan populasi besar-besaran
    (wah gw mo ikutan mbah marijan ke puncak merapi klo air bah datang)
    utk persiapan tgl 21-12-2012, mgkn aq mo beli perahu karet ma jaket bulu

  113. no word to say..
    gw gak ngerti yah harus percaya ato gak dengan kiamat, yang jelas semua itu emang udah ada di ajaran iman dan agama kita masing2 pastinya, entah itu muslim ato non mulim. gw sih sbnrnya pengennya gak percaya yah, tapi gw cm berharap moga2 kiamatnya delay deh, tar ajah kl gw & anak cucu gw udah pada tua dan akhirnya mati.
    gak abis pikir pas baca coment2 kalian tadi, gw bayangin pas lecet gara2 tabrakan aja sakitnya setengah mati, apa lagi harus kepanggang kena jilatan matahari, ato harus kegencet planet, ato harus tenggelem, hadoooooh…
    tidaaaaaaaaaaaaaaaaaak…gw masih muda nih, masih pengen liat anak2 gw sekolah..
    kena yah isue ini gak keluar dari dulu?kenapa baru akhir2 ini?
    apa gak ada yang bisa di lakuin ilmuwan2 buat ngatasi isue ini?
    ayolah, kita berdoa aja semoga gak akan ada kiamat 2012, kalo mau tetep ada gak papa tapi judulnya di ganti aja kiamat 2912..
    Amiiiiiiennnnn…

    Regards,

  114. dlukan ada yg bilang pada 09-09-1999 adlh doomsday tp jg nyatanya enggak,klo kalian tau tanda2N hari kiamat mending lakuin kebalikaN,contohN:1.byk perzinahan X jgn berbuat zinah
    2.laki2 menyerupai perempuan X laki2 jgn jadi lebai

  115. kalo menurut saya,tidak ada salahnya bagsa maya memprediksi 2012 kiamat.yang penting kita melanjutkan aktivitas kita seperti biasanya aja.kalau itu bisa membuat kita tobat ya berati bangsa maya itu hebat.tapi janganlah kita menhina bangsa maya.biarkan mereka menyakini adat mereka,karna kita juga punya adat.Tuhanlah yang berencana atas Ciptaanya.

  116. menurut saya tidak ada salahnya bangsa maya menyakini tradisinya…kenapa:
    1.karna itu keyakinan suku mereka
    2.karna setiap manusia punya adat istiadat masing-masing
    tapi saya salut kepada bangsa maya,,,selain hebat mereka juga bisa menggemparkan dunia.

  117. Hanya Allah yang tau kapan Kiamat terjadi, yang pasti Kiamat pasti akan datang….mari kita pasrahkan smua sama yang di Atas, sambil berbenah diri, hari ini, besok, lusa sampai ajal menjemput jadilah Manusia yang selalu bertawakal kepadaNya dan berbuat baiklah terhadap sesama supaya kita selamat Dunia dan Akherat, amin, salam buat teman2 smua..

  118. Dengan banyaknya bencana di Indonesia, menunjukkan supaya BERTOBAT dan mencari tahu siapa TUHAN yang BENAR. Jangan menyesal nanti kalau ternyata yang disembah itu salah dan sia-sialah ibadah/usaha yang dikerjakan selama di dunia karena ujungnya adalah kebinasaan kekal…………..Ada jalan yang disangka lurus tapi ujungnya menuju maut. Aku tetap berdoa supaya Indonesia diselamatkan (banyak orang Indonesia yang menerima TUHAN yang benar dan bertobat dari jalan hidupnya yang jahat dan diselamatkan)

    1. ya allah tolong kami semua jangan kau jadikan kejadian itu berilah kesempatan kepada engkau untuk bersujud kepadamu tuhan

    2. Yesus Sang Isa Almasih ( Anak Allah ) Pembawa keselamatanlah yang dinanti… Kedatangannya yang kedua kali adalah untuk menuai jiwa2 yang Percaya… Terpujilah Allah Bapa.. Trimakasih Yesus,Juruslamat Manusia…

      ayo semua saudara2 ku,baik yang seiman atawpun berbeda agama.. Allah mengasihi kita semua.. Beriman dan Bertaqwa serta berserah penuh kepadaNya.. Ia tidak akan meninggalkan orang2 yang berharap Kepadanya…

      Salam Sejahtera…

      1. Amin…. Hidup adalah untuk Kristus n mati adalah keuntungan… So, buat apa takut dengan keadaan dunia sekarang?! Bukankah semuanya telah di Firmankan??? Yang penting qt sudah punya jaminan keselamatan.. Bagi mereka yang masih ragu2 dengan keselamatan mereka; Yesus berkata: Akulah jalan kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yang dapat datang pada Bapa tanpa melalui Dia… Dialah Isa Almasih… Agama tidak menyelamatkan tapi iman kita di dalam Dia… Remain in Him and He remain in you so, we don’t have to be afraid to face this situation… Be Bless…..!!!

  119. seandaix kta smua sdar pa yg akn terjdy in cz ulah kta sendry ? ea mga ja smua hx prkraan ja ,yaallh ampunlah smua kslhan kmi yg tk pernh brfkr pa yg akn trjdi pa bla kta mlkkan yg sdah dlrang !

  120. Setau saya di tahun 2012, itu terjadinya 1 jalur atau sejajar dalam 1 garis antara pelanet bumi dengan pelanet-pelanet lainnya.

  121. ASTAGHFIRULLAH….! BAGI NANUSIA DI MUKA BUMI JANGAN LANGSUNG MUDAH TERHANYUT ATAS ISU-ISU SARA
    SEBAB,,,WALAU GIMANAPUN SEMUANYA ATAS KEHENDAK ALLAH SWT……….
    KEY,,

      1. Itu benar…. yang penting qt udah punya jaminan keselamatan, mengapa harus takut… Hari Tuhan itu qt tdk tahu bisa saja sebentar atau esok semuanya akan mati…. Yang penting di sini qt sudah siap atau belum…?

  122. betul BNget tu…!!!! yaNG nama Nya kiamat gak ada yang tau,,,,,,!!! hanya allah lah yang tau,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!! lw gw percaya sih enggak tapi lw rasa takut ad sih…………………………!!!!!!!!!!!!!!! tNkz ….. Gw spendapat sama U…

    1. Aq jg ngrsa tkut akn kjdian pda thn 2012..walaupun aq jg sadar,,,bahwa hri akhir yg tau hanya Allah semata….. smoga Allah sll mlndungi qt smua,,n smoga qt dpt brada disi2Nya bila smwa tu bnr trjdi….

  123. artikel ini sangat bagus sekali untuk mematahkan berbagai isu2 yg berkembang saat ini ttg fenomena 2012, saya pribadi juga merasa hal ini sangatlah aneh. karena setahu saya pengetahuan ttg hari kiamat itu hanyalah disisi ALLAH SWT. jadi kita semua manusia tidak akan mampu mengananlisa kapan terjadinya kiamat ??? allahuallam … kepadanyalah kita meminta pertolongan .. amien …

  124. kita sebagai manusia ambil hikmah nya aza dari isu2 soal kiamat ini menjadikaN DIRI KITA LEBIH DEKAT PADA SANG KHALI…….

  125. pernah saya baca astronomi orang hindu mirip dengan pemikiran suku maya, memang bukan kiamat tapi akhir kalendar dari zaman kali yuga (dark age/jaman edan) menuju ke jaman golden age. Jaman dark age dimulai 3000sm, dan menurut buku orang hindu yang saya baca, jaman kegelapan ini akan berakhir bila bintang whrespati (mungkin salah tulis) akan mendekati bumi dan berada satu garis lurus antara matahari,whrespati dan bumi. Pada saat itulah terjadi peralihan waktu.

  126. kata-kata’y bagus… tp mav informasi yg anda kasih banyak gak bnr’y…. tp bagus juga tuk mematahkan isu2 yg ada…

  127. buat yang menanggapi dari kacamata agama tentu saja ini soal keyakinan. . .tapi dalam keyakinan ada akal dan hati saling berbincang. .
    dan alih-alih argumen mba Ivie ini cukup “make sense” untuk membantah statement Kiamat 2012 ditilik dari interpretasi perhitungan suku Maya dan pemaknaan akhir kalendar sebagai akhir kehidupan yang masih mengadung banyak kemungkinan. .mungkin bisa ditambahkan literatur yang lain untuk menguatkan. .
    dan bagi yang membatah argumen tolong disertai dengan “reason” bantahan anda dong yang komprehensif. .
    biar budaya berkomentarnya sehat ya kan. . .

    terimakasih . . .

  128. mgkn di kampung nya ja kali yang kan terjadi kiamat

    secara mereka kan ga pnya agama

    Tbat donk
    rajin2 Ibadah buat km yg berikan iu2 nih bagi umat manuia di bumi nih

  129. Emang bnerr tuh…kiamat itu boongan…Jng percaya gituajah sama Mama Loreng yah!!!Yang tau kiamat Cuma Allah SWT…

  130. uda ga sabar tunggu tahun 2012..hehehe..Welcome!!!
    mau liat kebenarannya…^^
    dulu katanya tahun 2000 Kiamat..tapi…ga ad tu…kali ini bener ga ya…ud ga sabaran mau tau…hahaha..

  131. mengapa harus mengikuti kalender maya, bukankah kita juga mempunyai kalender tersendiri……………. ketahuilah rasullullah saja tak tahu kapan bumi ini akan berhenti berputar……………

    1. Ya, benar…. Di dalam Biblenya orang kristen bilang tidak ada yang tahu kapan dunia berakhir atau kapan Tuhan akan datang tapi tanda2nya sudah di beri tahu…. So, marilah qt lebih sungguh2 mencari Tuhan and hidup dalam kebenaranNya n biarlah Tuhan yang meluruskan jalan2 qt yang penting qt semua mau di ubahkan oleh Dia karena semua orang telah berbuat dosa and telah kehilangan kemuliaan Allah and upah dosa ialah maut tapi kasih karunia Allah ialah hidup yang kekal… jangan pernah takut dengan keadaan dunia sekarang karena semuanya akan di goncangkan…

  132. hanya orang2 yg bodoh yg percaya kl hari kiamat datang pada thn 2012.mngkn sj bs terjadi besok.karena rencana alloh tidak ada yang mengetahui.
    bagi yang percaya,berarti mereka banyak dosa.
    hwakakakakakak

  133. aq ciee percaya g percaya tntng perkiraan kiamat thn 2012????
    karena gini??qt pikir dngn logika dh!!!!
    mank cihh kita semua g tw,kpn kiamat akan dtng…truz qt jg bkn tuhan!!!!!!!
    tp lht dah banyak tanda2 kiamat akn segera dtng!!!!!
    banyak sekali bencana di bumi ini….terutama di tanah air kita!!!
    kal0 gt lbh baik qt serahkan ja dh kpd allah swt….
    pkoqx walaupun kiamat ga kiamat qt te2p tekun ibadah Coyy….

  134. ingatlah wahai manusia percayalah kepada Allah SWT sebab, Allah yang menciptakan dan juga Allah yang akan mengahancurkannya,. Hanya Allah yang tahu tentang Akhir Dunia (Kiamat), Bahkan Makhluk-makhluk hidup di dunia ini tidak tahu kpan terjadinya Hari Kiamat itu, tapi janganlah km percaya dengan ramalan-ramalan yang ada di bumi, sebab ramalan itu hanya omong kosong belaka,. Jika Allah SWT menakdirkan kiamat itu pasti akan terjadi, jika Allah tidak menakdirkan/ menghendaki kiamat tersebut pasti tidak akan terjadi. Hanya berdoa, beribadahlah kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT.

  135. wa…….sangat menarik pembuktiannya…sampai saat ini memang benar bnayak argument-argument yng menyatakan kalau tahun 2012 adalah hari kiamat, tapi yang tau semua itu hanya tuhan…okeh

  136. Jgan Mudah Percaya Ma Isu Kiamat !!! Toh Kalopun Esok / Lusa Kiamat Gak Ngaruh Yg Penting Iman Kita Percaya Adanya Hari Pembalasan (Kiamat) Pertanyaannya Bekal Apa Yg Mo Kita Bawa !!! Intinya Siapkan dari sekarang Bwat Pembekalan di Beda Dunia…. Mending Kita Berpikir Peribadi Setiap Harinya Akan Kiamat…. Biar Grafik Keimanan Kita Terus Meningkat Kepada Allah SWT….

  137. kiamat adlh khndk tg mha kuasa…kta sbg mnusia tdk bsa dan tdk blh mngra2 aplgi mnvk akn kpn trjdiny kiamat…wallahua’lam…

  138. Yahh,, trima kasih atas informasix yg sangat jelas kak !! Dengan ini aku jd bisa melihat masa dpan yg lbih luas, & ngga di batasi lg soal issue akhir dunia ini … Lagipula hri kiamat kan rhasia Allah, jd nggak bkal ad yg tau kpn trjdix…bisa sj bsok, ato 5 mnit kmudian…ngaa bkal ad yg tahu dh !! BTW,, aku ska blog kk inii, soalx sll ngebahas tntang Ilmu2 astronomi sihh ! Aku ska bgt Astronomi ! Bhkan cita2q pngen jd Astronot ! Hehehe . . . ^^

  139. trus bagaimana pendapat anda tentang penjelasan tentang tahun 2012 yang ada di web

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=868217

    dikatakan bahwa yang terjadi sebenanrya bukanlah kiamat kubra, melainkan kiamat sugra. dimana sebagian manusia akan musnah karna banyak rentetan bencana yang terjadi.. dan kemudian setelah itu akan di mulai lah peradaban baru yang akan di lanjutkan oleh manusia yang selamat dari bencana2 tsb..

    intinya yang terjadi di 2012 bukanlah akhir jaman…
    menurut para ahli di thn 2012 merupakan serentetan kejadian yang disebabkan oleh sistem tata surya yang dimasuki planet baru…

  140. Tanda2 kiamat emang udah ada, tapi sebelum datangnya Al Mahdi dan Al Masih turun untuk membunuh Dajjal dan kembalinya lagi khalifah Islamiyah bukankah suatu hal yg GA MUNGKIN BANGET dah.

  141. dunia ini kan berakhir hanya allah yang tau,,
    jd manusia tidak bisa seenaknya ajja menetapkan kiamat pda tanggal n tahun tersebut,,
    hidup, jodoh rezeki n maut hanya llah s.w.t yg tau.

  142. Asstagfirullah ….

    Kiamat tu ga da yg tahu ….meskipun itu nabi,dan Rasullah saja tidak di beri tahu jadi kita jangan mudah percaya kpda hal2 yang blm tentu benar dan ingatlah Al-qur’an Slalu memberi petunjuk kPda Umat Manusia dan kepada oRang2 Muslim yng di cintai’a,diRidhoi’a dan yang menghuni Syurga ALLAH SWT…..

  143. gua mau bertanya kepada anda ttg kiamat menurut Islam yaitu Qur’an dan Hadist kalau didalam Ayat2 Allah kita bisa menarik banyak kesimpulan antara lain “Datangnya Kiamat itu hanya Allah yang mengetahui” dan datangnyapun secara tiba-tiba,bahkan Allahpun dalam Firmannya bumi hanya dibenturkan sekali benturan wajar saja kalau gunung-gunung bisa beterbangan bagaikan kapas yang ditiup angin! difinisi dari kata dibenturkan menunjukan bahwa bumi bisa dibenturkan pada benda yang besarnya lebih besar dari pada bumi. entah itu planet Nibiru atau Gatotkaca yang lagi jalan sehat diudara.
    Sisi lain dialognya Nabi dengan sahabatnya seputar kapan datangnya Kiamat dan spontanitas Nabi menerima wahyu dari Allah untuk memberitahukan pada sahabatnya, bahwa Kiamat sudah dekat! dengan tegas nabi menjawab. disini kita bisa mencermati tentang ukuran waktu yang digunakan oleh Allah adalah sebentar,memang dibandingkan penciptaan alam semesta termasuk bumi yang usianya sudah ratusan milyard tahun bumi dengan lahirnya Nabi Mochamad SAW sampai sekarang hanya berkisar 1430 th terlampau kecil dibandingkan dengan usia bumi yang kita tempati ini,mungkin saja terjadinya kiamat setelah anda membaca komentar ini atau sebulan lagi atau mungkin th2012 hanya Allah yang tahu. Kalau menurut gua tentang Fenomina th 2012 bisa saja merupakan azab Allah kepada manusia. sebagaimana azab Allah yang telah diturunkan kepada umat Nabi Nuh. Kalau anda mau berfikir kritis didalam mensikapi umat Islam sekarang ini.khususnya negara-negara Islam yang sudah menjual akidahnya dan ditukar dengan patung patung anak sapi sebagai sesembahan yang dibuat oleh anak turunan kaum Samiri apapun itu bentuknya umat Islam harus menerima.
    Sekarang Gua mau bertanya adakah negara-negara yang mayoritas beragama Islam kepala negaranya yang berani mengatakan GeorgeWBush adalah Teroris yang merancang runtuhnya WTC dan memanfaatkan kelompok militan untuk dijadikan agen-agen teroris lokal dan dibiayai dengan anggaran yang tidak sedikit !! kalau tidak berani tunggu azab Allah ditahun 2012, oke!!

  144. SIRIK,,,SIRIK,,,SIRIK,,,,
    jangan 2 kan Tuhan lho,,suku maya itu bukan Tuhan,,mereka hanya penyebar isu.
    tapi untuk jaga2,,Bertobatlah engkau,,,wahai orang2 yang beriman,yang tidak beriman tidak wahai,,

  145. jagw setuju jangan percaya ramalan….percaya sama allah dan alquran….coz alquran adalah pedoman dan isi alquran semua benar..

  146. kalopun itu bener terjadi, kita semua harus ikhlas.
    nabi muhammad pun gtau..
    itu mah akal-akalan buat film mereka laku

  147. ya aLLah…
    Jika isu itu benar
    berilah aku kesempatan untuk menjadi hamba-Mu yang Lurus
    karna selama ini…aku belum bisa membahagiakan kedua orang tua aku sendiri lagipula aku masih 17 tahun

    aku pengen bisa membuat orang2 di sekitar aku bahagia…
    teruma mamah papah aku
    pengen bisa jadi seorang pramugari atau wanita sukses agar bisa bikin mamah papah naek haji
    mereka kan pengen bgt naik haji…???
    sbg anak pertama,, aku pgen bisa mewujud kan itu semua ya allah

    aku pengen hiup ku lebih berarti lagi…
    amIn

  148. mati aja lu pada yg prcya sma kiamat thn 2012, musryk!!!
    hanya Allah coy yg tau kpn kiamat, tuh rahasia Allah dan kgak ada orang yg tau. . .
    lu aja yg pnya rahasia jg kgak bkal lu sebarkan,.

    gua percaya kiamat tuh ada, tapi gua kgak percaya sma orang yg bilang kalo kiamat datang pada tahun 2012.
    mari kita bantai Mama Loreng, bejat!!!

  149. Q ga percya 100% tentang adax hari kiamat yg jatuh pada tahun 2012.karena yg tau hanya allah dan tdk ada tuhan selain allah.krena yg tau kpn kita mati hanyalah allah.

  150. aku serahin semuanya ke Tuhan aku Allah Swt aja .
    tapi aku juga ttep brdoa mdah-mdahan kiamat itu masih lama .
    karna aku masih ingin banget hidup di dunia ini dengan kebahagiaan serta kedamaian dan mengawali hari-hari baru dengan cerah ..
    aku cinta dunia ini dan aku cinta Tuhankku Allah Swt .

  151. saya pikir semua orang yang mempercayai hal tersebut begitu bodohnya sampai percaya kiamat thn 2012,,karena secara logika dan akal sehat mana mungkin manusia tahu hari kiamat..jika manusia tahu hari kiamat berarti yang hidup di dunia ini saya jamin tidak akan tenang karena ketakutan akan mati..

  152. itukan ramalan bukan sesuatu pandangan menurut agama, apalah artinya ramalan 99% melenceng, Yang jelas menurut saya dalam agama yang saya anut memang kiamat pasti datang tapi kapan itu rahasianya cuma tanda tanda itu telah tergenapi di zaman ini baiklah kita lebih bijaksana menghadpi zaman ini BERTOBATLAH & BERIBADAHLAH SENANTIASA.Sebab zaman ini akan semakin jahat, akan berkurangnya kasih serta Damai Sejahtera akan hilang sebelum masa itu datang .Kita jangan salah memilih pastikan keselamatan itu ISA ALMASIH IS THE CHOICE .

  153. dari dulu ya org blanda merusak kita..
    masak kita hrus pcaya ama mama loren…
    aku rasa thn 2012 dia tu ajal nya..jadi dia gk mau nyiain akhir hidupnya tuk nakut2tin bangsa kita..

    yang jelas dengan adanya isu ini kita bisa lbih beriman kpada allah..

    dan yang jlas kiamat sudah dekat.

  154. 2012??????film yg kewreenn,,efek yg LLuaaarrr bisa,,,kiamat 2012???cuma Allah yg tau,,,Kiamat????JELAS PASTI DATANG

  155. Jangan keburu percay akarena sesungguhnya tidak seorangpun yang tahu kapan hari kiamat terjadi, hanya Allah SWT yang mengetahuinya

  156. 2012 kiamat…… ngaco…..ga ada yang tau kapan kiamat, kecuali Pembuat Alam Semesta Ini, yaitu ALLAH SWT, Tuhan Semesta ALam, Tidak Ada Tuhan Selain DIA, tempat semua bergantung, tidak punya ANAK, dan juga tidak Dilahirkan. Dan tidak ada yang menyerupai-NYA. Kalau Tuhan punya Anak berarti bukan Tuhan., karena nantinya akan ada cucu Tuhan, itu hal yang Mustahil bagi Tuhan.
    Tetapi kita harus yakin bahwa kiamat akan terjadi, mungkin satu tahun lagi, satu bulan lagi, minggu depan atau mungkin besok. Jadi kita harus selalu mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, supaya nanti tidak menyesal.

  157. terserah aja mau kiamat kapan. yg penting, ketika hari itu datang, kita udah siap untuk ketemu Allah. Sholat yg rajin, perbanyak ibadah. InsyaAllah.. kiamat 1 detik lg juga hati kita bakal tenang.

  158. boleh percaya boleh gak
    tapi yang jelas kita mezti siap-siap
    cz kpanpun terjadi yang pasti kiamat ntu makin dekat

  159. Kun Fa Yaa kun …Menurut Islam,bahkan RASULLULLAH aja ga tau kapan kiamat…Be smart,amerika sudah sering sekali membuat film dengan segment ini…targetnya adalah membuat semua orang takut dan beralih pada mereka yang merupakan negara paling kuat di DUNIA,tapi bukan DUNIA DAN AKHERAT khan?buktinya,film nya laku keras saat ini…bukankah sudah terbukti dan terlihat GOAL mereka?Uang,uang dan uang pada akhirnya…bisnis AMERIKA adalah intimidasi dan eksploitasi…jangan termakan.lakukan saja semua sesuai dengan aturan hidup masing masing dengan benar sesuai agama kalian masing masing.Fatwa MUI?buat saya terlalu naive.Masyarakat sudah tidak bodoh lagi…Assalamu alaikum..

  160. 2012 bukanlah hari kiamat yang sedang menjadi kontrofersi manusia bumi…
    2012 menurut sepengetahuan sy adalah hari di mana bumi mengalami siklus yg terjadi 25.000 tahun sekali yang dikenal dgn siklus “pole shift” yaitu bergesernya kutub utara dan kutub selatan bumi yang mengakibatkan suatu bencana yg besar…
    siklus ini sudah terjadi sekita 170 kali…
    dan siklus ini akan terus berlangsung untuk mencapai keseimbangan pada bumi…
    jadi dt disimpulkan bahwa 2012 adalah saat bumi mengalami restar ulang untuk mengembalikan keseimbangan alam yg telah dirusak oleh manusia bumi dengan berbagai aktivitasnya (memroduksi CO,CO2,menebang hutan,dll)

    jadi tolong dicamkan bahwa hari kiamat hanyalah Alloh yg mengetahui dan tdk bisa diprediksi dgn teknologi secanggih apapun!!

    1. yup bener bgt, yg nama nya kimat (seluruh jagat raya akan musnah, gk kan ada kehdupan di galaxi mana pun)
      nah yg terjadi pd 2012 hanya bencana, dan bukan kiamat…
      siklus tersebut terjadi utk menetralisir bumi yg udah semakin parah akibat ulah manusia jg dan mengembalikan rotasi perputaran planet, matahari dan bulan sperti semula lg.
      kiamat mah itu rahasia Alloh , bs aja bsok2 ujug2 kiamat, kan meneketehe 😛
      nu penting mah ibadah weh sperti biasa cuy..

  161. Bangsa maya adalah bangsa yang tercatat dalam sejarah sebagai bangsa yang pernah ada namun telah punah. Dan dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, sistem apapun yang telah mereka buat tidak dapat menghindarkan diri mereka dari kehancuran. Karena itu apakah bijak untuk mempercayakan nasib kita pada sebuah sistem yang telah terbukti gagal?.

  162. mungkin bumi masih terus berlanjut, tp kita akan berakhir seperti dizaman dinosaurus…
    bisa 1 jam, 1 hari, 1 bulan atau 1 tahun kedepan, ga usah dipikirin, banyakin2 ibadah aja…

  163. Hnya orang2 yg tdk mmpunyai iman saja yg akan percaya tntang mitos bngsa maya yg bersatu dengan amerika yg ingin menguasai dunia ini. Hnya Allah qta percaya, bukan kepada orang yg punya akal bahwa kemampuannya melebihi kemampuan Allah.

  164. Bila ada yg mngatakan tahu kapan Kiamat…BOHONG…!!!
    Sperti kjdian orng kafir jaman Rasul SAW yg mngetahui sprti Allah.
    Rasul saja tak m,ngetahui kapan Kiamat, apalagi kita? KOBE bgt!!!
    Hanya Allah SWT yg Tahu…!!!
    Jangan prnah ada kraguan…!!!
    ALlah…Allah…Allah…Allah SWT…!
    Astagfrullah…

  165. WALLAHUALLAM BISSAWAF….
    Hidup,mati,jodoh kita telah diatur oleh yang kuasa.begitupun dengan hari kiamat.
    kita semuanya harus pasrah dan berdoa,semoga generasi kita tidak menemui yang namanya hari kiamat.AMIN…….
    TAWAKALTU ALALLAH……..

  166. akhirnya ada penjelasan yang ilmiah juga, soalnya banyak temen w percaya kiamat atau bencana terbesar pada tahun 2012. Ternyata hal itu adalah mitos belaka, atau kepercayaan suku biasa……

  167. kok aneh, seharusnya kan kelendernya berakhir pada angka 19.19.19.19.19, kok dirubah jadi 13.0.0.0.0?
    apa ada rekayasa engineering penanggalan milik kaum maya disini ?

    1. biarpun tak benar…
      tp kita ambil aja sisi positivnya…
      ingat slalu pada allah dan berbuat baiklah…

  168. Buat aq tahun 2012 adalah tahun setelah 2011, jadi itu isu2 belakang. yg tahu hari kiamat seluruh umat sedunia hanya ALLAH SWT yang tahu. Tidak ada orang yang bisa menebak kapan terjadinya kiamat . yang penting kita didunia tidak melakukan hal2 yang dibenci ama ALLAH SWT. kita adalah umat yang lemah dan tidak bisa menentang kekuasaan ALLAH SWT. Kita cukup cari amal yang baik dan tidak menganggu makhluk di dunia ini dan jangan lupa kita bisa bardoa dan minta ampun ama yang Maha AGung dan Maha Bijaksana. jangan lupa taati perintahnya dan jauhui larangannya. semoga ALLAH SWT Memberi pentunjuk bagi Umat Manusia di bumi ini… Amin……..

  169. heloooo all,,,,,,,,,,,,,,,,,
    mendengar apa yg harus nya tdak di dngar….
    sepantas nya harus di buang jauuh2,,,,,,,,
    agar tidak ada orang yg penasaran dngan berita yg seharus nya tdk di sebar luas kan.

  170. yupz. . . . . .
    kiamat ntuh emang bakalan terjd. . .
    tp cp yg tw.
    dah dech,,,,mending jalani jah hdup apa adanya & bnyk2 buat pahalaaaaaa cuy…

    1. ea….. laGiaN,, aNeEeh,,, bwangetz qO sbaGiaN mNuSia aD yg prCaYa cC sM kiaMaT.
      soO….? yg nYbaRiN brTa iN sM khaN mNuSia yg d’cPtaKn olh ALLAH SWT.
      DACc dwEcH pSaN Gw jnGaN trLLu pRcYa…..

  171. Hmmm… mudah2an banyak yg baca artikel ini soal nya banyak jg artikel yang nulis teori kiamat 2012… mana yg bener ga ada yg tau karena blom kejadian…

  172. jika ada seorang yang datang pada paranormal atau dukun kemudian mereka percya atas perkataanya maka orang tersebut kafir…..

  173. hebat !!!!!!!! suatu kilasan yang bisa membuat kita percaya bahwa sebenarnya kiamat tidak akan terjadi pada tahun 2012,lagi pula apa yang menyebabkan orang dari suku maya itu percaya bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012

  174. Isu-isu kiamat.. selain bertujuan komersial, juga merupakan siasat orang-orang barat saja, seiring dengan terjadinya krisis global, upaya membangun permukiman yahudi di Gaza, pelarangan terhadap masjid ( swis),penyerangan thd warga muslim dunia, penyerangan thd mujahidin afganistan, dan juga kenjadian2 penting yang lain,bisa dikatakan untuk mengalihkan perhatian saja.. heheheh pandai sekali.. , namun secara tidak langsung mereka ( pembuat isu ) telah berdo’a dan mengharap akan datangnya kiamat, tidak ada yang perlu di takutkan.. , kematian di tangan Allah, Kiamat di tangan Allah, kapan saja bisa terjadi dan semua tegantung Allah, yang perlu kita fikirkan adalah kesiapan kita menghadapi Kiamat tersebut, bagai mana hubungan kita dengan sesama? bagai mana hubunga kita dg Allah.. jangan berkata siap bila keduanya masih belum dilaksanakan dg baik.. semoga Allah mengabulkan do’a para pembuat isu, yang mengharap kedatangan kiamat… dan kiamat akan terjadi hanya menimpa golongan2 tersebut.. sepedih2nya dan se sakit2nya, Rolland emmerich rupanya sudah dilirik sama Malaikat maut… tunggu saja saat ajal menjemputnya, pesan bagi para yahudi…badai besar sedang menuju barat… siapkan segala teknologi canggih yang dipunya, Imam mahdi segera turun untuk membuat perhitungan insyaallah.

  175. menurut saya kiamat 2012 itu tidak akan pernah ada sebab itu semua hanyalah mitos belaka jika memang semua itu terjadi itu semua sudah kehendak yang maha kuasa yaitu allah subhana wata alla kita hanya bisa merelakan apa memang semua itu akan terjadi menurut saya kita hanya harus melakukan apa yang kita sering tinggalkan

  176. yang pasti tak ad satupun orang yang bisa tahu ap yang akan terjadi hari ini esok krn waktu terus berlanjut….kiamat hanyalah sebuah kata khiasan untuk memperindah ke hidupan kita di dunia…

  177. menapa kita harus percaya tahun 2012 itu kiamat? mengapa tuhan marah karena kita tidak menjaga bumi malahan menghancurkan alam/bumi, makanya kita harus jaga bumi kita biar tidak hancur dan tuhan tidak marah lagi.

  178. WA’BUD ROBBAKA HATTA YA’TIYAKAL YAKIIN,
    I’MAL LIDUNYAKA KA ANNAKA TAI’SYU ABADAN WA’MAL LI AKHIIROTIKA KA ANNAKA TAMUUTU GODAN.

  179. Selamat pagi Indonesiaku, bagi umat manusia di Nusaku Indonesia Jangan kita terlalu takut dengan yang namanya kiamat karena itu bisa direkayasa seperti Film2 mereka dibarat sana kalo anda pernah nonton film barat, anda bisa bayangkan paling ngerikan padahal itu hanya omong kosong belaka jadi teknologi merekalah yang membuat sesuatu yang tidak masuk akal dan tidak ada orang di dunia ini yang tahu tentang kiamat dan itu menyesatkan orang lebih baik anda dan saya berdoa untuk kehidupan kita kedepan

  180. kiamat………..kiamat…….. mungkin sebuah kata yang menakutkan, tp bukan itu. hanya , bersiap lah dgn apa yang telah kamu lakukan selama ini. kiamat emang ada tapi bukan manusia yang menentukan kapan dtgnya melainkan Allah swt.

  181. waw bgus artikenya, dan yg comment jg pd bagus. yup yg pasti kita harus slalu ibadah kepada ALLAH S.W.T 🙂

  182. udh jangan fikirin thn 2012 bakal kiamat, seolah2 kita hdp hanya fokus kstu aja… banyk hal2 lain yang lebih bermanfaat jauh dari apa yang kita fikirkan sesuatu yang belum terjadi… banyak aja berdoa, berbuat kebaikan semasa hdp… kematian kapnpun bisa TERJADI tidak harus menunggu thn 2012 yang menghebohkan segenap umat.jadi tidak usah mrasa takut dan cemas karna sesungguhnya apapun yang terjadi penentuan akhirnya hanya Allah yang tahu, jadi jangan pernah melampauinya karna kita hanya manusia biasa hanya bisa memprediksi,, okeee

  183. kita semua tidak tau kapan kiamat itu sudah tiba ,mungkin saja besok atau hari hari lain,yang percaya kiamat 2012 dari para peramal 2 itu cuma orang bodoh,coba pikir lebih dalam dari mana dia tahu,tentang hal itu………

  184. mesti ada umat allah yang bertobat kiamat belum terjadi,karna kiamat hanya allah yang tau…………..

  185. kita pasrah ja pada allah iank maha kuasa ….

    – bila ada manusia iang tau akan hal itu ….

    pinter banget manusia itu ???

    hanya allah iank tau ???????

  186. mantep kak 😀
    pnjelasannya sama dgn teoriku 😀
    hheu..
    tapi bgmna dgn orang awam yg panik2?

    oh ia kak. klo bisa templar knight dong. sama lambangnya 😀
    penasaran 😀

    1. hehehehehe jadi tenang ati nya setelah baca…!!!
      tp aq yakin ko’ tidak ada satu orang pun yg tau hr kiamat..//!!!
      orang yg terdekat dengan allah seperti malaikat da nabi2 pun dia tidak ada yang tau…!!!
      tanda2 kiamat pun jg blom sepenuhnya kliatan,,..!!!
      memang she sekarag sudah ada tanda2 kiamt tp kan masih kiamat kecil..!!!
      ok sipz lah lok gt…!!!
      mksh ya kak tas penjelasannya

  187. gua baru nyadar nich…!!! ternyata gua nie.. termasuk orang yg mudah percaya ma mitos.. hmmmmmmm tapi gua dah lega, setelah baca artikl nie…!! thnk ya kak… rencana nikah gua, jadi terlaksana ni.. wkwkwkwkwkwkwk alhamdulillah…..!!

  188. Hi,,,aq percaya ada’y kiamat karena mempercayai kiamat hukumnya wajib. n menurut aq kalaw da orang yang tau hari kiamat berarti dia termasuk orang musyik dan dya akan dosa besar tlah mendustakan Allah!!!

  189. hi ivie senang bisa baca blog anda dan penjelasan anda masuk teori juga , tapi bagi saya kiamat adalah sama dengan waktu Tuhan jadi setiap orang punya kiamat sendiri sendiri yaitu ketika waktu Tuhan telah habis bagi dia ,dan nabi isa akan kembali ke dunia ini nah itukah kiamat yang satunya ,mana yang lebih cepat,TUHAN yanh tahu

    1. setiap org punya keyakinannya sendiri tentang kiamat maupun hal lainnya. apa yang coba kami sampaikan adalah dengan meluruskan isu dari perspektif sains.

      1. 2012 itu siklus alami..seperti cara bumi untuk me-refresh dirinya sendiri.dari kerusakan2 yg ditimbulkan oleh manusia..mungkin akan menjadi seperti zaman es..

  190. bagus dan saya pikir itu baru pemikiran yang baik. lepas dari manusia2 yang arogant akan ideologinya sendiri, kita memang sangat berhak untuk menyatakan kesalahan persepsi mnjadi suatu hal yang gamapng dicerna.
    Salam buat kakak2 yang hebat dalam pemikirannya.

  191. Yah ini lah hidup…

    Kita sedang dihadapkan pd milyaran pintu yang mungkin beberapa diantaranya benar menuju jln kebenaran sejati, yaitu jalan menuju TUHAN…

    Klo seandainya Bangsa Spanyol g seenaknya mbakar hasil peradaban Maya mungkin kita lebih bisa memahami kalendernya tidak secara partial tetapi lebih holistik lagi….
    Tapi Dia berkehendak lain. Hal ini terjadi karena Tuhan ingin kita lebih mendalami sgala ilmu agar menemukan petunjuk yang hakiki di balik permasalahan ini. Tidak hanya melihat dari satu sudut pandang, mungkin aja ini cuma salah satu ‘jebakan’ dari-Nya…
    maka dari itu saya lebih suka klo meninjau masalah2 tsb tidak hax dr segi sains tp juga agama, krn sebenarnya agama dan ilmu adlah satu

    maaf klo ada salah kata, saya cuma mkhluk-Nya yg kadang tak luput dari kessalahan2…

    N I JUST WANNA SAY WALLAHU ALAM…

    Wassaam

    1. kita itu mansia,kita tidak boleh memikirkan hal yang aneh.kiamat itu ditentukan oleh tuhan dan kapan itu terjadi mungkin tidak ada.karena ita telah hidup sejahtera .mungkin ini adalah cobaan kita.aku yakin pasti tidak ada kiamat.soalnya kan bentar lagi tahun baru.jadi kita harus CERIAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  192. percaya dan tidak percaya.
    sesuatu kejadian yg sama skali manusia tidak tahu….
    hax tuhan sang pecipta Maha Mengetahui sgala….

  193. semua pernyataan/asumsi nggak usah terlalu dirisaukan apalagi tentang kiamat.
    karena yang pasti dunia ini kapan akan berakhir ….. tidak satupun orang/suku yang tau..
    jadi… jalani aja hidup ini dengan nyantai…… ..
    oke….

  194. apapun sebuah berita ataupun info opini berkelas internasional yang paling prinsip adalah bagaimana kita mengembangkan sebuah peradaban yang ada,yang telah kita jaga selama kita masih bernafas untuk itu marilah kita merenung sejenak ada apa yg sebenarnya,begitu jitunya manusia mempunya sebuah prediksi yang luar biasa ini,agar jangan sampai kita larut atau terpengaruh oleh opini yg ada maka kita bagaimana mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di tahun nanti entah itu tahun 2012 atau selanjutnya yang mungkin kita tidak akan mungkin tahu kapan kiamat yang datangnya dari langsung sang maha kuasa,yang pasti segala sesuatunya adalah bagaimana kita akan mati meninggalkan sebuah kebajikan,amal agar kita dapat memwariskan sebuah amanah yang akan diteruskan oleh geneasi kita atau keturunan kita agar terjaga dengan baik,…matii akan lebih baik mewariskan sebuah ilmu yg bermanfaat untuk orang2 yang kita tinggalkan agar mereka bisa memanfaatkan dengan baik agar peradaban terjaga lebih baik….

  195. alhamdulillah
    dugaan saya benar tidak ada kiamat 2012
    karna hanyalah ALLAH S.W.T yang mengetahuinya

  196. jangan terlalu percaya ama yang gituan… semua hanya Allah yang menentukan kapan itu terjadi. memang sich kiamat pasti akan datang.

  197. alQaariah…
    MalQaariah….
    Wamaa adraaka malQaariah….

    Sungguh, kiamat pasti kan terjadi.
    Hanya Allahlah yang Kuasa atas segalanya.

  198. Dear all, beberapa hari ini gw dapat sebuah pemikiran menggelitik mengenai hal ini. Kebetulan inget ttg kejadian bulan merah pada artikel detik thn 2008 lalu (http://www.detiknews.com/read/2008/02/21/134033/897751/10/bersiap-siap-lihat-bulan-merah) Jika dikaitkan dengan proses terjadinya Supernova sebuah planet yg akan berakhir siklus hidupnya ditandai dengan meningkatnya temperature & planet berwarna merah & mengirimkan inti Helium di dalamnya ke permukaan (terjadi gempa dimana2) (referensi – http://id.wikipedia.org/wiki/Supernova). Apakah terjadinya bulan merah tsb bukan refleksi pantulan dari planet bumi yg semakin memanas? Jika benar berarti bumi dalam tahap pertama proses Supernova donk.

    1. Planet gak meledak.
      Dalam inti Bumi, jumlah atom He bisa diabaikan. Hampir seluruhnya berupa logam besi dan nikel. Lagian di dalam inti bumi tidak terjadi reaksi fusi.

      Ledakan supernovae itu hanya terjadi pada bintang. Tidak berlaku pada planet.

      Bulan yang berwarna merah itu karena bulan masuk dalam bayangan penumbra Bumi. Gerhana sebagian.

      1. tambahan. bintang yg meledak pun ga semuanya. bergantung pada massa bintang. ada yg berakhir sebagai katai putih, lubang hitam, bintang netron dan juga supernova.

        biasanya yg mengalami ledakan supernova adalah bintang2 masif.

  199. belom tentu 2012 akan kiamat hanya allah swt yg tau kita tidak tahu apakah kiamat besok atau 2012 kita tidak tahu hari kiamat kpn yg penting kita sholat,ngaji,jangan mabukmabukan ,jangan cowo jadi cwe cewe jadi cowo itu tidak boleh kita hrs perkuatkan sholat biar tidak terjadi akhir zaman ayo lita perkuatkan shalat………

    1. wuah mas kalau cuma percaya Tuhan aja. diskusinya di forum agama aja. disini diskusinya dari sudut ilmu pengetahuan. kalau disuruh percaya aja.. yah ilmu pengetahuan ga akan berkembang donk.

    2. Waaa,,, bener tuh kata tiara. Klo cuma mengandalkan istilah “percaya dgn tuhan aja”, gmn ilmu pengetahuan bisa berkembang. klo gtu, malah bisa menjadikan manusia yg pemalas (malas berpikir).
      Klo seandainya orang2 itu kepalanya dibelah, dan otaknya dijual secara ilegal, pasti sangat mahal.
      Apa sebab?? Itu karena dia sama sekali ngga pernah menggunakan otaknya.

  200. yg mudah percaya bisa di bilang aq tuh….
    tapi g 100% percaya sih..
    tapi yg trpenting hanya Tuhan Yesus yg tau itu…….

  201. kiamat itu tidak ada n kiamat itu yg tahu hanya allah dan jika allah menghendakkan kiamat itu sekaran atau besok maka terjadilah……….

  202. COBA PAKAI LOGIKA DIKIT.PERHITUNGAN KALENDER SUKU MAYA HANYA SEKITAR 2300 TAHUN.BANDINGKAN DENGAN USIA BUMI YANG 500 JUTA TAHUN.BUKTINYA BUMI BAIK2 AJA TUH.

  203. Udah jelas sistem kalender kita yang lebih efektif jelas,dan gamblang, tidak seperti suku maya yang buat kalender aja ngga jelas..

    1. kalendernya yg buat bukan suku maya…tapi “manusia” keturunan “langsung” Nabi Adam..wajar kalo kita g ngerti..da teknologi zaman dulu mh lebih maju dan lbh modern dari zaman sekarang..referensinya dari Al-Qur’an QS Al-Baqoroh 30-39..

  204. ah masaksih kiamat 2012 ah gak percaya ah karena anya tuan yang tahu kimat datangnya kapan kalau percaya nanti akan dikatain musyrik/syirik

  205. ah masaksih kiamat 2012 ah gak percaya ah karena hanya tuhan yang tahu kimat datangnya kapan kalau percaya nanti akan dikatain musyrik/syirik

    1. kiamat itu ada dua..kiamat kecil dan kiamat besar…kalo cuma 1 planet ato 1 tata surya saja yg hancur namanya kiamat kecil..kalo sampe pusat alam semestanya ikut ancur (seluruh planet yg ada di seluruh sistem galaksi) maka itu kiamat besar yg artinya akhir zaman..kehidupan manusia itu bukan cuma ada di bumi saja lho…

  206. saya percaya akan dngtngnya hri kiamat itupun bukn krna si suku maya itu.
    krna hri kiamat adlah rahsia sang PENCIPTA
    tapi saya berpikir bgaimana klo mnusia kelakuannya sdh menyerupai hewan,tdk takut dosa,
    hidupnya mengacu pada logika bukan mengacu pada ajaran agamanya.
    dn saya sudah bnyak melihat tanda2 kehancuran ahlaq mnusia di jaman skarang dn saya berpikir bgimna di generasi yg akan dtng seterusnya dn setrusnya,saya ykin ahlaq mnusia akan kmbali ke jaman jahiliah (kebodohan),bodoh(tidak mampu menjalankan ketentuan2 yang ditetapkan oleh agamanya masing2)
    sedngkan tanda2 kiamat salasatunya adalah
    dimana manusia beriman pada tuhan sudah pada meninggal, tinggal manusi2 yg ahlaknya seperti hewan,
    kalo sudah begitu mungkin perlu refresh,atau siklus….

  207. ada ada saja masak ada sih manusia yang bisa mengetahui hari kiamat kan hanya allah swt saja yang tau

  208. dengan kesungguhan ada nya ALLAH ,SWT,tentang kiamat sesungguh nya tiada seorang pun yang tau kecuali dia sang pencipta,tapi klo di pikir gimana sekarang manusia telah banyk yg brtingkah laku nya menyerupai hewan itu juga trmasuk tanda2 kiamat namun siapa yg tau tentang hr kiamat itu semua rahasia ALLAH.SWT,ya ALLAH smoga engkao ssllu mngampuni kehilafaN kami Smua AMIIN,

  209. sebenarnya siapa yang memunculkan issu akan terjadi kiamat di tahun 2012, apakah hanya terkaan belaka atau berdasar sistem kajian ilmiah tentang fenomena alam ini…

  210. 2012 kayaknya memang bukan akhir dunia, tp ada baiknya jg kita memikirkan periode siklus tsb (13 / 20 entah itu hari atau bahkan tahun), apa yg terjadi dlm hidup kita ini ??? dan apa yg terjadi dengan bumi kita ini dlm setiap siklus tsb??? kita sadari atau tidak ternyata setiap 20 tahun ada perubahan yg sangat besar dalam bumi ini, entah karena kebetulan tau karena hal lain.

  211. yang jelas bumi ini sudah mau hancur tanpa perlu datangnya isu isu apalah, yang membuat harcur bumi ini tak lain manusia itu sendiri,jadi gak perlu pusing memikirkan 2012 akan kiamat.

  212. kiamat pasti akan terjadi… mau cepat atau lambat itu sama saja. yg penting adalah bgamana kita bisa bersikap lebih baik dalam menghargai sesama manusia dan menjalankan sgala perintah-Nya dan menjauhi Larangan-NYa

  213. hmzzzz… gni dch lw dah kebanyakan tEori…. banyak orang pinter…jdi bnyak penDapat dchhh…..
    …….. cukup pRcaya pD ke-Esaan Yang di Atas….

  214. “bener gk ya kiamat tahun 2012”, tapi kalo di lihat pada penanggalan islam kiamat terjadi pada hari jumat pada tanggal 7 karena islam banyakan 7nya seperti langit ada 7 dan lain2, maaf kalo ada salah cuma mau ikut komen dan minta informasinya mengenai ini

  215. Serem jg, y? Tp, yg tau kpn dtg x hari kiamat tu, cm Tuhan aja yg tau. Betul, g? Kl aq, sih, percaya g percaya aja!

  216. yang jelas ramalan kiamat …menghasilkan milyaran dollar pemasukan….cuma saya sedih kenapa allah didahulukan…tetapi kalau kita gegabah memahami informasi …bisa sama nasibnya sama umatnya nabi nuh yang ga percaya ma banjir besar….sebab pada waktu itu juga ga da yang percaya kalo nabi nuh itu nabi….?!….masih mau nungguin imam mahdi yang mengklaim dirinya ..utusan tuhan…namun pasti ga ada yang percaya?…nah kalo gt gmn?

  217. sekarang bukan saatnya kita mengomentari trus tentang kiamat, tetapi gmana caranya agak smua manusia bisa lebih peduli ama BUMI yang kita pijak…

  218. Saya serahkan semuanya, karena Allah yang menciptakan bumi dan seluruh isinya, itu semua rahasia Allah, oleh karena itu kita sebagai umat manusia sadarlah & bertaubatlah kembali kejalan yang benar sebelum segalanya terlambat, amin

  219. aaaah kalo menurut gue siih ya nggak mungkin.
    kata para ilmuan hanya akan terjadi badai matahari
    mangkanya segeralah bertaubat sebelum terlambat, dan hidup dan mati itu hanyalah allah yang tahu

  220. Tulisan yang bagus, bantahan terhadap mitos yang memprediksi kiamat hanya karena kalender suatu suku berakhir. saya suka kalimat diakhir artikel ini
    “ketika Kalender mengakhiri siklusnya, ia akan berputar kembali ke siklus berikutnya. Dalam masyarakat modern, setiap tanggal 31 Desember tidak diakhiri dengan akhir dunia, namun dilanjutkan oleh siklus berikut yakni 1 Januari. Karena itu, 13.0.0.0.0 dalam kalender Maya akan diikuti oleh 0.0.0.0.1 atau 22 desember 2012”.

  221. ahhhhhhh kalian smua ny bodohhhhh ;0

    knp kalian mendahulukan allah bpikirla smua hdp n mati to allah yg mngaturr,,,

    saya heran jka smua to trjadi tapi 99% manusia ingin bertaubat bhkan mrka sllu brbuat kslahan berulang” kaliiii
    malah manusia tdg prnh brpikir akn dosany

    mk dri to manusia tdg mnyukuri nikmat allah bhkanh sllu mlupakan allah ….

    ak tidag akn percya karna allah yg mngtahui smua ny…
    n jk kt rmalan to bnar kiamat to ad ,,,,, saya cuma brdoa n sllu percaya sama allah
    bahwa tuhan saya cuma satu slmanya satu,,n kprcyaan saya cuma kpda allah-_-

    1. Dari komentar anda saya bisa menilai ttg pikiran anda. Postingan ini menjabarkan perihal kiamat dari sisi sainsnya, saya pikir anda sebagai seorang pengguna internet pastinya memiliki pengetahuan dan pemikiran yang standar, namun sepertinya saya salah menilai. Anda mencampurkannya dengan kepercayaan, padahal disini jelas diuraikan dari sisi sains, dari ilmu astronomi.
      Berpikir secara rasional lah.

      1. Ini bukan mencampur adukan kepercayaan dgn sains bos….kalo untuk berfikir rasional judulnya jgn KIAMAT bos…..ganti dgn judul lain misal Dunia akan mengalami bencana besar atau apalah tersrah…….. krn kata kiamat adalah bhs AL.QUR’AN dan AL.QUR’AN adalah kalam ALLAH DAN SY MENGIMANNI ITU, jadi kalau bhs nya dirubah km bisa berpikir rasional tapi kalau ketentuan ALLAH tdk bisa dengan IP yg km sebut Sains…………trims,,,,,,,,…………

  222. SesunguH nX Allah MeNgetAhuI sesUAtu yAng tIdAk Engkau ketAhuI,.,.,…………………………

    By: Kang Santri

  223. sebentar, di awal disebutkan kalo bangsa maya menggunakan basic 20 yang berarti kalo habis 0.0.0.0.19 = 0.0.0.1.0
    nah kalo menurut aturan 20 itu kan harusnya dunia ini berakhir tahun 20.0.0.0.0 ya?
    apakah karena 13 adalah angka sakral bagi mereka, sehingga dunia ini berakhir tahun 13.0.0.0.0, apa gimana? jadi bingung nih saya T.T

  224. kiamat itu pasti terjadi tapi itu rahasia allah swt, yang manusia pasti tidak akan pernah tahu kapan akan terjadi..tapi tanda – tanda sudah ada.sedikit terjadi..suku maya sama seperti kita mereka bkn. tuhan. tapi kita sbg makhluk dibumi selalu waspada… terhadap orang – orang yg ingin membuat kacau,,,lebih baik jgn dipikirkan hiduplah dgn baik dan seperti tdk terjadi apa -apa nanti akan membuat manusia putus asa dan malas hidup…

  225. heeemmmm,,.,.semua orang pasty bngung dengan semua ini, mreka bingung haruskah percaya atau malah membantah,.,.,.,.
    emang bingungin yyah,.,.,..

  226. mungkin ya tdk akan terjadi kiamat di thn 2012 tapi fenomena alam yg tragis akan terjadi. kalaupun tdk alhamdulillah.

  227. kenapa mesti takut,semua manusia pasti mati, sekarang dan nanti sama saja, sudah siapkah kita? pertanyakan iman dan amal perbuatan kita…

  228. Kalau kiamat yang sebenarnya tidak terjadi hanya pada bumi saja tapi untuk seluruh alam semesta. Jikalau alam semesta masih mengalami ekspansi maka kiamat jelas tidak akan terjadi.
    Bagaimana mba evei apakah alam semesta masih dalam proses ekspansi.

  229. yang penting jalani hidup yang hari ini dulu, masalah besok yaah besok deh,,, cuma Allah SWT yg tau sesuatu yg Gaib alias masa depan

  230. kalo mnurut ak thn 2012 blm kiamat,tp akan ada bencana bsr dan dasyat menmpa bumi yg kita pijak,dan msh akan ada kehidupandi thn berikutnya,dan hanya org2 tertentu yg akan selamat dari bencana tsb.,walohu ‘alam…..

  231. kalenderkan mpe bulan 12 jdi suku maya memprediksikan mpe 2012,sama setahun gt,jd allahualam,yang tau cm allah lbih baik banyak bezikir dan shlat…dari pada mendengarkan hal yang hanya akan membuat kita gila.

  232. gak ada buruknya jika dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan…

    soal agama iya dibenarkan tak ada manusia yg meramalkam hari kiamat itu

    semuanya dikembalikan lagi kepada benak pembaca,

  233. Tidak ada kiamat dalam arti hancurnya alam semesta ini pada tahun 2012. Yang ada kiamat 2012 Suku Maya yg artinya akan ada bencana besar di permukaan bumi ini saja. Bumi dimurnikan artinya manusia yang zalim diwafatkan disisakan yang baik-baik saja. Jumlah yang diwafatkan adalah sekitar 4.244 milyar orang zalim di seluruh dunia.

  234. Kalo pun benar.badai matahari akan mempengaruhi kutub bumi.kutub utara ke selatan.dan sebalik nya. Matahari akan terbit dari barat ke timur.. Nah kita akan meninggal kan zaman ke bohongan,keserakahan dan kebatilan.. Dan akan memasuki zaman kemakmuran dan kejujuran.karena manusia akn berlomba-lomba berbuat kebaikan.. Karena telah mendapati bukti dari isi Qur’an.. Jd belum kiamat Sob.. Kalo tau umur Nabi Adam,akan tau umur alam semesta.. Wallahualam..

  235. Oi anda sudah baca artikelnya belom?? yang bilang ada kiamat siapa?? Artikel ini isinya Confirmasi bahwa kiamat ga akan terjadi tahun ini…..

    Makanya loe jgn asal ceplos aja, banyakan baca kitab sih loe mata loe jadi rabun, baca kitab tp ga di implementasikan ke kehidupan sehari2 sama jg boong…..

    eh mas hari dan yang sejenis sama si mas hari, di tempat laen/forum laen ada tuh yang khusus buat kaum kalian…. disana aja berkotbah jgn disini, tuh banyak forum astronomi Islam mending disana loe berdebat…. karena yang baca disini bukan cuma Islam, jadi hormati jg orang laen kalo loe mau di HORMATI…..

  236. Ikut nimbrung ya…

    Jika yang dimaksud “Kiamat 2012” sebagai “End of Days” rasanya tidak, jika melihat kondisi bumi, matahari, dan alam semesta yang secara kasatmata “masih sehat-sehat saja”, hal itu masih memerlukan waktu mungkin hingga ratusan tahun lagi -meski jika Tuhan sudah berkehendak, segalanya akan sangat mungkin terjadi.

    Tapi jika yang dimaksud “Kiamat 2012” sebagai “bencana super dahsyat” yang akan banyak membawa korban jiwa, itu sangat mungkin terjadi (jujur, jangan sampai hal ini terjadi). Mengenai kenapa menggunakan istilah “Kiamat”, buat saya itu hanya strategi pemasaran agar masalah yang diangkat bisa menjadi perhatian masyarakat luas.

    Salam…

    1. iya betul itu, untuk menghilangkan kepercayaan masyarakat pada tuhan dan membuat kacau pemikiran orng”

  237. mkanya jdiie orang jngan percya gtu”n insa allah klo0 kita masih ingat allah pastiie bumi ini akan di lindungi oleh allah swt

  238. vi, mestinya lu posting lagi tulisan lu taun 2009 reply twice gitu di taun 2012, kan keren vi anak astro ITB posting jauh hari sebelum 2012 jadi kaga akan ada bunker yg dibikin di taun 2012, wkwkwkwkw

Tulis komentar dan diskusi...