Kami dari langitselatan, mengucapkan Selamat Idul Fitri 1435 H. Minal 'Aidin wal-Faizin.
Hobby roket untuk Amatir ? – bag. 1 Reviewed by Momizat on . Sebuah hobby yang pernah saya geluti ketika masih SD dan SMP, yaitu membuat bahan bakar roket sendiri dan merancang rocket. Beneran......roket bahan bakar padat Sebuah hobby yang pernah saya geluti ketika masih SD dan SMP, yaitu membuat bahan bakar roket sendiri dan merancang rocket. Beneran......roket bahan bakar padat Rating:

Hobby roket untuk Amatir ? – bag. 1



Sebuah hobby yang pernah saya geluti ketika masih SD dan SMP, yaitu membuat bahan bakar roket sendiri dan merancang rocket. Beneran……roket bahan bakar padat dan ramuan bahan bakarnya di aduk sendiri. Ini bukan roket air yang sekarang sedang populer, dan saya berminat menjadikan hobby ini menjadi hobby amatir seperti klub-klub astronomi amatir sekarang ini yang mulai menjamur di setiap kota.

Tentunya harus dengan batas-batas yg diperbolehkan oleh pihak yang berwajib, jangan-jangan kita akan berurusan dengan detasemen 88 dan di interogasi lagi. Kegiatan ini adalah sains bagaimana mengembangkan minat terhadap dunia roket. Berikut ide-ide saya untuk membuat bahan bakar padat untuk roket.

1. Mengembangkan roket dengan bahan bakar konvesional, yaitu: belerang, arang dan sendawa. pengalaman saya bahan bakar ini mampu menerbangkan roket kecil hingga 100-200 meter.

2. Mengembangkan roket berbahan bakar “gula”, pihak LAPAN sendiri sudah mencoba membuat dan terbang hingga 1 km dengan bahan bakar ini di tahun 2006. Dan menurut mereka biaya untuk membuat bahan bakarnya cukup murah cuma 200 ribu rupiah. Ini yang layak di kembangkan untuk jadi hobbi roket amatir.

Di Amerika hobby sudah berkembang sangat pesat, terbukti dengan banyaknya klub-klub roket yang bermunculan dan lucunya pendiri nya justru yang masih aktif ataupun yg sudah pensiun dari NASA. Seperti di bawah ini contoh yang di buat oleh para amatir di sana.

Roket amatir in acion

Yang agak rumit adalah membuat motor roket enggine dan saya pernah mencoba order dari pembuatnya di US tapi gagal karena pemerintah melarang export ke luar Amerika. Namun perkembangan terakhir cukup mengembirakan bahwa ada pihak yg bisa mengirimkan motor roket ke Indonesia.

So, selain astronomi amatir roket juga layak di amatirkan dan bisa di sandingkan dengan kegiatan astronomi populer. Tentunya mengasyikan malam neropong langit dan besok pagi acaranya pelucuran roket by amatir……….Gimana berminat ?

Profil Penulis

Tulisan di LS : 1

Tulis komentar dan diskusi...


131 Komentar di artikel ini

  • Virgo

    Salam,

    Kalau bukunya David Slater terlalu tebal 500 halaman dan sulit dibuat copynya karena
    akan rusak dan beberapa bagian dibuat warna lain sehingga kalau di copy jadi hitam warnanya.

    Kalau yg agak tipis adalah buku roket dengan bahan bakar gula, bagusan sih di scan +/- 100
    halaman. Karena kesibukan saya dalam pembuatan mobile observatory jadi tersita waktunya ditambah beberapa proyek di daerah lain juga sdg dikerjakan.

    Apa ada yg bisa buat blog utk rocket amatir ? yang isi rame2 semua bisa posting disitu sharing pengalaman masing2.

    Virgo

    Reply
  • eko biyan

    mas kalau cara buat roket yang seperti pada foto itu ada ngak infonya…

    Reply
  • iza

    seharusnya pemerintah kita mengakomodasi kemampuan warganegaranya yang masih amatir dalam membuat roket untuk membantu pengembangannya agar supaya lebih bermanfaat bagi bangsa dan negara,terutama untuk keperluan di bidang militer/hankam,sehingga kita nggak usah ngimpor persenjataan lagi yg cuma buang2 duit percuma…

    Reply
  • fathur rahman

    bagus

    Reply
  • Yopie D

    Salam,

    Mas dan Mbak,

    saya tertarik dengan kegatan peroketan amatir, terutama roket dengan bahan bakar (bukan roket air).
    hanya saja saya agak ragu utk memulai karena roket jenis ini menggunakan bahan peledak, sehingga harus di ketahui aspek hukum nya.
    jika bergabung dengan klub roket amatir mungkin akan lebih aman untuk berkegiatan, bila ada klub semacam ini di kota Bandung mohon di infokan,

    Salam

    Yopie

    Reply

Log in | disclaimer | kontak kami | tanya LS © 2007 - langitselatan. All rights reserved

Scroll to top