fbpx
langitselatan
Beranda ยป Hobby roket untuk Amatir ? – bag. 1

Hobby roket untuk Amatir ? – bag. 1

Sebuah hobby yang pernah saya geluti ketika masih SD dan SMP, yaitu membuat bahan bakar roket sendiri dan merancang rocket. Beneran……roket bahan bakar padat dan ramuan bahan bakarnya di aduk sendiri. Ini bukan roket air yang sekarang sedang populer, dan saya berminat menjadikan hobby ini menjadi hobby amatir seperti klub-klub astronomi amatir sekarang ini yang mulai menjamur di setiap kota.

Tentunya harus dengan batas-batas yg diperbolehkan oleh pihak yang berwajib, jangan-jangan kita akan berurusan dengan detasemen 88 dan di interogasi lagi. Kegiatan ini adalah sains bagaimana mengembangkan minat terhadap dunia roket. Berikut ide-ide saya untuk membuat bahan bakar padat untuk roket.

1. Mengembangkan roket dengan bahan bakar konvesional, yaitu: belerang, arang dan sendawa. pengalaman saya bahan bakar ini mampu menerbangkan roket kecil hingga 100-200 meter.

2. Mengembangkan roket berbahan bakar “gula”, pihak LAPAN sendiri sudah mencoba membuat dan terbang hingga 1 km dengan bahan bakar ini di tahun 2006. Dan menurut mereka biaya untuk membuat bahan bakarnya cukup murah cuma 200 ribu rupiah. Ini yang layak di kembangkan untuk jadi hobbi roket amatir.

Di Amerika hobby sudah berkembang sangat pesat, terbukti dengan banyaknya klub-klub roket yang bermunculan dan lucunya pendiri nya justru yang masih aktif ataupun yg sudah pensiun dari NASA. Seperti di bawah ini contoh yang di buat oleh para amatir di sana.

Roket amatir in acion

Yang agak rumit adalah membuat motor roket enggine dan saya pernah mencoba order dari pembuatnya di US tapi gagal karena pemerintah melarang export ke luar Amerika. Namun perkembangan terakhir cukup mengembirakan bahwa ada pihak yg bisa mengirimkan motor roket ke Indonesia.

So, selain astronomi amatir roket juga layak di amatirkan dan bisa di sandingkan dengan kegiatan astronomi populer. Tentunya mengasyikan malam neropong langit dan besok pagi acaranya pelucuran roket by amatir……….Gimana berminat ?

Avatar photo

Virgo Rustianto

131 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • TOP BGT neh ide. Bagus-bagus ๐Ÿ™‚ Boleh gabung ga? Selama ini saya (tepatnya kami, di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya) baru menggunakan roket berbahan bakar air… Jadi pengen tahu lebih banyak soal peroketan neh …

  • Kami punya document dalam bahasa Inggris detailnya tentang roket bahan bakar dari gula, jika minat bisa contact saya via email atau bisa minta ke salah satu pengelola blog ini Dhany yang sudah saya kirim file PDFnya. Semoga bisa dijadikan diskusi yang menarik diantara sesama hobbi amatir.

  • nanti saya bawa berkasnya ke acara gathering bulan agustus ya.. kali aja sekalian bisa kita coba di sana..
    LAPAN rumpin yg udah trkenal sama roketnya jg kabarnya akan dihadirkan.. qt bs belajar dari mereka di sana

  • Hoo hoo hoo.. Suggoi!! I’ll try it w/ my innovation!
    Berminat bgt neeeehh^^

  • eh ratna, sy lg cari film itu lho (untuk koleksi) bs dicari dimana ya?

    ngomogn2 saya jg tertarik nih mas virgo, dulu ketika kecil saya suka buat roket miniatur dari serpihan bola2 pingpong yg sudah pecah, dibungkus dgn aluminium foil / kertas rokok.

  • waduh, jeff, saya nontonnya pas ada acara nonton bareng di kampus. coba tanya tri laksmana. kalau nggak salah dia salah satu yang ngurusin penayangan.

  • Jeff,
    Bisa kontak saya ke email saya kirimin document bahan bakar dari gula untuk roket amatir. Kalau nanti motor roketnya sudah datang dari US, saya lebih punya bayangan lebih jelas lagi spt apa.
    Teman2 di Science center Palembang punya bengkel dgn peralatan yg lengkap untuk membuat model2 roket.

  • Bagi saya, apa yang anda lakukan benar-benar hebat. jarang ada orang dengan minat seperti anda. saya juga mempunyai minat yang besar di bidang penerbangan, khususnya roket. saya sering membuat roket tenaga air. di kalbar mungkin saya yang pertama, karena saya sudah memainkannya sejak tahun 2002. Dari hobi ini saya ingin melangkah lebih jauh. saya ingin merancang roket berbahan bakar cair dan padat.untuk roket berbakar cair saya dapatkan buku pdf tentang teori sampai pembuatan dengan lengkap.menurut saya cara pembuatannya tidak terlalu sulit, yang sulit adalah mendapatkan bahan dan komponennya. misalnya injektor dll.jadi untuk sementara hal ini saya tunda dulu.untuk roket bahan bakar padat saya belum mencoba, saya mohon dengan sangat bantuannya, dari tehnik dan pembuatan, bisakah anda memberikan informasi2 tsb?sekian trima kasih.

  • wewww…..jadi inget jaman dulu…thn 84-87 saat smp-sma
    yg susah itu bikin nozzle nya…
    dlm buku panduan dibuat memakai kayu, mesti dibor dan diraut…
    sekali waktu lubang nozzle kekecilan…jadi pas diluncurkan bukan meluncur..melainkan meledak..duarrrr….ujung kepala roket yg terbuat dr kayu pun terlontar…persis spt meriam…
    untuk jenis roket berbahan bakar propelan ini..kita mesti super hati2…

    buku panduan tsb saya dpt dr m suhlan..ada iklannya di majalah hai terbitan tahun2 tsb…

  • saya lagi mengingat2

    kalau tidak salah komposisi u/ propelan adalah sbb :
    arang-4
    sendawa – 4
    belerang – 2

    satuan dlm volume bukan berat.

    sedangkan untuk sumbu komposisinya :
    arang – 2
    sendawa – 3
    belerang – 2

    sedangkan u/ ukuran propelan lupa…bentuknya silinder
    diameter seingat saya, sekitar 2cm…tinggi sekitar 6cm
    diameter lubang ditengahnya sekitar 0.5 cm
    jadi bubuk propelan (arang ditumbuk disaring, sendawa juga, belerang sudah dlm bentuk bubuk dr toko kimia) dlm komposisi 4:4:2 tadi dicampur dgn lem kanji kemudian dipadatkan dlm cetakan, kayak orang bikin kue putu, namun dgn lubang ditengah…
    biarkan sampai kering…
    pada proses pencampuran tidak boleh diaduk dlm wadah logam, dgn pengaduk wajib dari kayu

    tinggi roket sekitar 20 cm

  • gw mahasiswa yg pengen ngembangin roket, khususnya bahan bakarnya dari bahan2 yg diperoleh dari kawasan lokal aja, alias dalam negeri…

    gw pengen tahu,
    1. bahan2 apa aja yang berpotensi dijadiin bahan bakar roket
    2. alat2 apa aja yang diperlukan untuk membuat bahan bakar roket
    3. cara bikin bahan bakar roket itu sendiri….
    4. maybe literatur yg perlu dibaca bwt itu smua,

    bwt yg mw bantu aku, gw sngt terimakasih banyak….pls..

    • Saya ada tulisan Yawn yang menguraikan step by step proses pembuatan bahan bakar roket yang sudah disebut Mas Virgo dan dikenal sebagai bahan bakar gula karena bahan utamanya terdiri atas gula dapur dan KNO3 (sendawa yang jaman dulu dipakai untuk merebus daging. Karena Yawn membuatnya dg dimasak bersama dan ditambah sedikit air, sehingga terjadi proses rekristalisasi, ia dikenal sebagai bahan bakar karamel (mirip membuat permen karmel) atau disebut juga Rcandy. Coba deh digoogle dg kata kunci yawn. rcandy, model rocket. Atau kalau tahu email anda, bisa saya kirim filenya.

  • bg virgo tolong kasih informasi jelas dong tentang pembuatan roket yang sederhana soalnya saya pengen kali untuk mencobanya, kalau bisa sama alat-alat yang di butuhkan untuk pembuatan roket itu….!!!!!!!

  • Untuk buat badan roket atau kerangka, bahannya apa dan apa ada yang punya design, bagi2 dong

  • akhirnya, ada juga nih komunitas roket amatir indonesia….
    kebetulan nih kita sangat antusias, dan ingin adanya suatu kumpulan resmi hobiist roket,
    soalnya kita kesulitan apalagi terkait isu keamanan di negri kita
    kita juga senang bereksperiment tentang solid propelant (KNSU),
    kita khawatir juga soalnya ini berhubungan dengan ‘nitrat’ yang masih angker….
    tolong reply…

  • waktu SMA dulu pernah kok, mau bikin yang gede, riset kecil2an sih jalan. tapi terbentur perijinan dari DT.II sih OK tapi ijin harus diurus juga sampai Provinsi ….. ribet banget

  • Dulu waktu SMA, saya juga pernah berambisi untuk membuat roket, lengkap dengan perumusan matematis fisika untuk persamaan roket dan tekniknya juga. Kendala akhirnya ditemukan untuk bahan bakar cair atau padatnya. Waktu itu kita mencoba meracik bahan kimianya dari bahan-bahan praktikum lab kimia SMA.Kita malah bikin bahan peledak berupa trinitrotoluena untuk dimanfaatkan sebagai daya dorong roketnya. Eh…ternyata Detonatornya tidak ada dan hanya dimiliki oleh para militer. Gak jadi deh..eksperimen roketnya. Akhirnya semua eksperimen berubah fungsi menjadi bahan kimia pengawet buah-buahan…Mungkin sekarang mo mencoba yang bahannya sederhana aja dulu lah ato dapat diekstraksi dari alam di sekitar kita tapi potensinya luar biasa….Ada yang punya resep jitu…???

  • saya ada pengalaman sedikit tentang, rocket propelant
    sebaiknya kita jangan membuat rocket black powder/ rocket gula
    karena rocket ini spesific impulse nya sangat kecil jadi kemungkinan untuk dikembangkan menjadi teknologi tinggi (untuk membuat missile/ booster rocket) tidak ada harapan sama sekali dan ujung-ujungnya hanya untuk kesenangan saja.
    sebaiknya kita membuat rocket dengan spesific impulse yang lebih bagus misalnya;
    propelant berbasis ammonium perchlorate sebagai oxidizernya:

    ammonium perchlorate + al powder + binder PVC
    ammonium perclorate dapat kita syntesis dari asam perchlorate dinetralkan dengan ammonium hidroksida kemudian dijemur sampai sampai tinggal kristal putihnya.
    al powder dapat kita beli di toko bangunan
    binder PVC dapat kita beli dari toko sablon biasanya untuk tinta sablon

    sebenarnya saya punya cita2 pingin punya home industri ammonium perchlorate
    dan WFNA (white fuming nitric acid)
    karena kedua bahan ini tidak dijual di indonesia. padahal bahan ini sangat …sangat ..sangat penting dalam untuk industri rocket ataupun militer

    dan proyek yang saya teliti sekarang adalah membuat WFNA dan meskipun kadang saya
    putus asa karena beberapa kali tangan saya terbakar terkena percikan asam sulfat

    bagi rekan 2 yang memiliki respek terhadap teknologi roket saya salut terhadap kalian..
    memang semestinya kita harus berpikir jauh kedepan untuk memajukan teknologi negara
    kita agar indonesia kelak bisa menjadi negara maju ……..amin

  • Eiiiih…
    ternyata banyak komunitas penggemar roket amatir… ahirnya ketemu juga…
    yah meskipun dalam dunia maya…
    btw, ada nggak ya, dari Anda sekalian yang dari Jawatimur, ato SBY lebih jelasnya..
    saya juga sangat minat, tapi kayaknya terlalu mhl kalo saya lakoni sendiri hobi ini.
    1 more time, kalo da yang dri SBY, tolong kasih k0men disini….
    sukses untuk klub roket amatir INDONESIA……!!!!!

  • Saya berminat.
    gimana saya harus bisa hubungi ?
    mau join dengan saya, soalnya saya rencana pingin buat alat sebagai TUGAS AKHIR saya ?
    Saya kuliah di Univ. Suryadarma jurusan T. Penerbaangan.
    Hp : 081386346984

  • kalo rocket botol, gw bisa……he he he
    pake parasut jg bisa…..ho ho ho

  • Salam kenal,
    saya punya usul pada admin bikin komunitas tentang roket biar ada hasil nyata.
    biar bisa jadi wadah penghobi oke………………..

  • wuah terimakasih atas usulannya, kami akan coba buka forum khusus untuk roket di forum langitselatan, sehingga para penggemar roket bisa berkumpul disana

  • Tanks Ivie, atas sambutan yang bersemangat. kita bisa mempelajari bagaimana membuat PVC Rocket, Propelantnya bahkan kalau bisa kita meluncurkan amatir roket kita, itu baru mimpi tapi klo yang mimpi 50 orang saya rasa cukup yang penting kita dibantu oleh sahabat-sahabat yang berminat, yang penting minat brur oke…….. okeeeeeeeeee…….! maaf norak.

  • wah diterusin ga hobi nya nih, sayang loh…yuk kita bikin roket bareng2 !!!
    temen2 di kampus saya sejak tahun 2004 dah ngembangin roket amatir bahan bakarnya dari kalium nitrat tapi yang susah adalah nyari tempat peluncurannya sama izinnya padahal dah jd dari taun 2006 sampe skrg blum diluncurin jg hiks.. sedihnya…

  • Salam kenal semua,
    Pengen punya komunitas roket bareng rekan semua nih. Tapi belum ada yang bisa diajak “curhat”. Ilmuku juga terbatas…. Ayo jangan ragu/malu/males/takut/pelit share ilmunya masing-masing….^_^. ntar malah keburu jadi “mayat” gimana?…
    Join add me at http://www.friendster.com/ngebor and grup teknologi antariksa community.
    Ok, thanx

  • gimana panduannya? saya juga mau buat, apakah bahan-bahannya mudah didapat, lalu motor untuk roketnya gimana?
    tolong buat panduan mengenai pembuatan roket, jangan yang rumit yang sederhana dulu, tks

  • WAH! beneran nich! sesuai dengan rencana GuA! UNTUK MENGUASAI DUNIA!!!
    Tp, untuk Menguasai DUNIA tu, GuA bth bantuan jg nich!
    – usul donk, kasih tau gmn buat eksperimen yank paling simple. Sebelum Menguasai DUNIA GuA pgn berexperimen dl, yg kcl2 dl.

  • Gabung dong,
    Kalo gak salah roket booster bahan bakar padat ini desainnya persis seperti roket booster space shuttle yang putih dua biji yang mengapit tanki bahan bakar cair warna orange.
    Intinya, bahan bakar padat itu harus bolong ditengahnya agar pembakarannya efisien. Mmm maap kalo sulit membayangkannya, silahkan browsing. Tapi masalahnya saya belum menemukan formula yg tepat buat home made solid propellant rocket. Teman2 ada yang bisa bantu?

  • pengn gabung..
    tapi gak ngerti gmn gbung nya?
    saya dah jtuhcinta dngan yang namanya roket sejak baca komik yang kisah nya tetng roket
    bantuannya yo..
    trima kasih..

  • Buat semua temen2 buat aja organisasi ilmiah bidang peroketan dimana kita bisa berbagi ilmu dan buat rencana yg jelas semua demi Indonesia Raya

  • hallo pa kabar saya setuju dengan ide u trix untuk buat organisasi ilmiah bidang keroketan karena selamam ini kita banyak ngimpor dari luar negri sapa tau organisasi ini nanti bisa membantu memajukan indonesia di bidang peroketan ( antariksa)

  • eh ngomong 2 ada apenemuan baru nggak tentang bahan bakar alternatif selain yang konvensional kayak kno3 dan NaKlo4 sebagai oxidizer kalaw ada bagi2 donk salam kenal untuk semua hobbies roket indonesia

  • gimana car buat roket untuk kelas amatir ada yang tahu cara buat roket ?
    tolong kirim data melalui E mail saya Terima kasih.
    Dimana komunitas roet amatir di indonesia

  • aku kelas 2 ipa, minggu depan ada tugas bikin roket buat pelajaran fisika,,
    bisa kasih tau gak caranya bikin roket yangg gampang????

  • saya seneng banget ada komunitas roket di Indonesia, ini menunjukan bahwa kita gak goblok2 amat…..mudah2an dari para amatir ini akan lahir roket yg mampu membawa Indonesia ke luar angkasa…..
    dan akhirnya, pertanyaan saya cuma satu….apa boleh saya ikut gabung?

  • Wuahhh ini ni…akhirnya ada juga yang berguna dari ratusan juta orang di negri ini…segar dong, tiap hari liat wajah caleg jadi eneg…mending buat roket coi…PDF nya bisa di email nggak…?

  • Saya masih awam soal kimia…arang sama sendawa dari apaan sih? Ca ya emang boleh dibeli ditoko kimia, apa nggak dilarang tuh bahannya, ? waktu perang sama Israel aja Hamas bisa produksi roket 50 unit sehari berarti bikinnya gampang donk ?

    • wuah lu mah ketinggalan kereta ci masak gitu aja nggak ngerti…tapi ngomong-ngomong gua juga nggak begitu ngerti…ada yang bisa nantu nggak?

  • halllo para hobbies rocket !!!!!! ku mau tanya ni gimana cara membuat bahan bakar dari na cl ( garam dapur ) seperti yang dibuat oleh LAPAN ?

  • aloew..

    penggemar roket sejati q pernh buat roket mini berbahan bakar sejenis pentolany korek api & di desain agar bisa meletup,
    pertamanya agak berhasil & mau tebang eh g taunx kebakar semua krna dya tahan tubuh roket krng kuat, tlh itu aku nyoba pakek air (roket air) ya, bisa terbang tpi aku kurng puas kalau belum terbang setinggi-tingginya,, mohon bantuanya karna saya mau mencoba roket berbahan bakar yang lain tp g membahayakan krna di tmpatku kurng luas & bnyak rumah-rumah warga,,, kalu bisa blas jg di E-mailku ya,, KU MOHON,,,, E-mail [email protected]

  • Saya sudah beberapa bulan terakhir ini mempelajari secara teori mesin roket model. Dari website-nya Richard Nakka (http://www.nakka-rocketry.net/index.html) saya bayangkan untuk membuat rocket fuel “gula” kelihatannya tidak rumit. Betul kata artikel ttg hobby rocket di sini, yang agak rumit ya buat mesinnya. Rekan2 STM sepertinya bisa karena ada blueprint mesinnya. Lebih menarik lagi mesin roket model yang dibuat dari PVC dan semen.

    Masalah yang perlu dibahas adalah apakah negara kita sudah mengijinkan kita2 yang awam membuat roket meski model karena menyangkut bahan2 yang bisa dikategorikan peledak. Bung2 LAPAN yang baca ini bisa memberi keterangan?

    Saya usul kita yang tertarik membuat saja organisasinya, misalnya Perkumpulan Roket Amatir Indonesia seperti kakak2 saya di UGM dulu, punya PRMI, perkumpulan roket Mesin Indonesia karena yang punya inisiatif kakak2 FT Mesin. Kalau tidak salah lalu diganti menjadi Perkumpulan Roket Mahasiswa Indonesia. Bisa berbasis kota dan dikoordinasikan ke LAPAN.

  • Akhirnya buku2 rocket yang saya pesan dari US sudah sampai, berikut ini beberapa cuplikan dari buku “amateur rocket motor construction” oleh David Sleeter.

    Bahan baku propelan “black powder”
    – pottasium nitrate…….75% (potassium)
    – Carbon……………………15% (bubuk arang kayu)
    – Sulfur………………………10% (bubuk belerang yang halus)

    Menarik sekali di buku ini juga di gambarkan design tabung, motor, propelannya: balck powder, sugar, KNO semuanya pengalaman pribadi dari penulis buku dan semua perangkatnya buatan sendiri di gudangnya.

    Saya sdg memikirkan cara untuk sharing info dari buku ini ke teman-teman yang lain, apakah saya scan kemudian saya tampilkan di blog atau ada cara lain yang lebih efektif.
    Yang mau kontak Japri silahkan ke email: [email protected]

    salam,

    • karena Bung Virgo di Jakarta dan kebetulan saya juga, bagaimana kalau di-inventaris dulu nama dan alamat rekan2 yang berminat. Bisa kita share lewat email dulu. Lalu yang di Jakarta, mengapa kita tidak bertemu di sebuah tempat? Saya bersedia memfasilitasi di ruang kelas kantor kami.

    • Mas Virgo yang baik, buku Pollino anda sudah saya baca. Bagus sekali karena disain buku ini bukan textbook namun maual pembuatan mesin, step by step. Sepertinya K450 bisa dijadikan proyek pertama ya?

      Saya sudah mulai kumpulkan materialnya. Timbangan digital yang nggak punya. Rupanya K450 ini didisain hanya sekali pakai dan tidak dilengkapi dg mekanisme pelontaran parasut. Harus cari lagi liliteraturnya. Buku sedang saya kopi untuk kawan2 lain bisa mengcopinya.

    • Saya sangat tertarik membaca komen dari mas virgo.. nama saya marausin dan saya kuliah disalah satu perguruan tinggi teknologi di malang dan saya ingin mendalami tentang bagaimana cara membuat roket tapi saya masih kekurangan refrensi & saya juga rencana mau membuat roket dengan ukuran 1 meter dengan diameter 6,3 cm,, Apakah saya bisa minta copian buku mas Virgo, saya sangat berterima kasih bangat jika mas virgo berkenan berbagi ilmu kepada saya,,,

      ni no hp saya mas
      085231635779

      [email protected]

  • Ada yang pernah coba propelant Gula + potassium nitrat ? kira-kira spt ini formulanya:

    – Gula pasir ……………..60%
    – Potassium Nitrat …..40%

    Untuk mencampur boleh langsung di mix (dalam keadaan kering) tidak harus di campur
    dengan air.
    Hasil campurannya harus di pakai dalam waktu maksimal 48 jam, tidak bisa di simpan
    lama-lama.

    salam,

      • Silahkan, yang paling gampang dapat bahan baku memang roket gula.
        Gimana kegiatan 100 jam astronomi ?

        Saya sedang menyiapkan assembly kit telescope refractor 80mm achromat,
        nggak lama lagi siap production.

        salam,

  • Bayu,

    Boleh usulnya untuk ngumpul, bagi yang berada di Jakarta silahkan respon untuk acara ngumpul2 dalam rangka roket untuk amatir club. Buku saya “Rocket enggine dengan pipa PVC” sudah datang bisa untuk di
    pelajari bersama-sama.

    Bagi yang tahu di mana tempat beli eceran pottasium nitrate, bisa di sharing lokasinya. Asal jangan belinya
    berkarung-karung pasti boleh sama penjualnya………………eceran saja beberapa kilo.

    salam,

  • Di Jakarta mau ngumpul yg hobby roket amateur, silahkan yang mau ikutan respon ke saya atau Bayu.

    salam,

  • Ayo janjian, sebaiknya hari Sabtu saja. Kalau sudah fix yang di Jakarta, kita bisa berkumpul di ruang yang saya sediakan, jalan Utan Kayu 68H. Kalau ada 4 atau 5 teman sih sudah merupakan awal yang bagus.

    Ide mempelajari dan membuat secara bersama-sama dari Mas Virgo bagus sekali. Kita jadikan proyek pertama kita saja. Ituroket klas apa Mas Virgo? F? G? Saya pikir yang kecilan dulu dan kita buat static test saja dulu untuk mengetahui performa fuel dan engine yang nanti kita buat.

  • Mau coba Roket yang Benar-Benar Terbang?

    Saya lahir dan dibesarkan dari jasa membuat roket sreng-hingga saya mempunyai keluarga dan ketrunan. Teman-teman se tanah air, untuk membuat roket, cukup sederhana tetapi butuh ketelitian dan kehati-hatian. Bisa menimbulkan kedakan sesaat. Setelah saya baca dan analisa, baik yang dari Nasa maupun dari teori asal coba. Itu semuanya beresiko adanya bunga api yang bisa meledak. Mengapa? Secara ilmiah kimia teknis diman S (sulfur direaksikan dengan C dan KNO3 apalagi Gula ) diberi Teh Botol pun akan meledak, percaya? Kalau mau coba yang lebih maksimal hasilnya silakan kirim keemail saya; [email protected]. Gratis kok.
    salam

  • klo Perkumpulan roket indonesia gmn ya gabungnya?
    saya dah coba2 dan berhasil dan sudah recovery,mengambil data….,buku yang saya punya bukan step by step anual,tp design motor,dari camber,nozzle hingga aero dinamic nya,sehingga kita bisa mendesign roket kita sendira…yang berminat hub saya yah..
    hehehe…

    • bagus tuh mas djaloe,, saya sangat berminat dengan buku yang ada sama mas Djaloe.. mungkin mas Djaloe bisa berbagi ilmu dengan saya apalagi tentang ilmu Aerodinamikanya itu yang sangat utama bagi saya mas,,

      tolng saya dihub di no ini mas
      085231635779

      atau diemail saya

      [email protected]

      trimakasih banyak sobat..

  • wa…h.tips nya menarik tapi klo boleh usul biar lebih menarik tolong dong diuraikan lebih detail lagi, masalah detasment 88 ma gak usah dihiraukan yang pentingkan tidak disalah gunakan, siapa tau dengan begini dapat melahirkan ilmuan-ilmuan roket baru dari negeri kita. kalau di Indonesia komonitasnya adanya di daerah mana aja? apakah dikhususkan bagi orang yang memiliki background di bidang IPTEK saja pa tuk semua kalangan. tanks. semoga saya bisa mempraktekannya

  • Untuk temen2 yang hobby roket amatir,,bisa mengunjungi blog Roket Amatir Indonesia. Sebuah blog yang dikhususkan untuk perkembangan roket amatir di Indonesia.

    Best Regards,
    Rendy Putra

  • Wah.. asik juga nih ternyata udah banyak yang pada minat.
    Lihat website jamesyawn.com itu cukup detail, dan mudah untuk mencoba skala yang kecil dulu.
    Itupun sudah terbang ratusan meter.
    Bahan baku potassium nitrate dan gula.
    Campuran sangat stabil, tidak mudah meledak.
    Cuman sangat menyerap air. So kalo udah dibuat propellantnya sebaiknya disimpan kedap udara.
    Jangan pake kimia lainnya, karena bahaya, bisa ilang tangan, buta dsb.
    AND READ SAFETY pagenya !!!

    Kalo soal legalitas, memang kita semua perlu satu badan yang memayungi.
    Ayo LAPAN .. kami tunggu
    Roket kembang api aja dijual bebas padahal, rocket komersial tersebut lebih powerfull dan mempunya burn rate yang luarbiasa sehingga ngga perlu nozzle. Jadi yang sugar dan kno3 harusnya jauh lebih “aman”.
    Kalo mau tangkap, tangkap yang jual kembang api dulu deh. Kan nyata-nyata bis dibuat peledak.
    Tinggal beli rocket satu truk, terus diambil bahan bakarnya dan dikumpulkan …
    Lebih berbahaya benerkan ??

  • hai…. gimana sih caranya buat roket and apa aja bahan2nya yang harus digunakan…
    dan campurannya apa dengan apa klo bahannya sudah ada???

  • gimana sih caranya buat gabung….
    bagi2 doank rahasianya…
    mau gabung ni…

  • cara membuat 90gr b,bakar roket.1.campur bubuk arang 20gr dan bubuk belerang 10gr.2 ambil air mendidih 90ml tuang dan 60gr kno3 dan aduk larutkan 3menit.3 .masukan campuran tadi aduk terus selama 5menit supaya rata. 4.tuang di nampan plastik jemur supaya kerin.g.5.gerus dan saring. selesai .tunggu 24 jam dan siap digunakan. kalo pengin keras tambah kclo3 1 sendok teh full. bubuk ini juga dapat sbg booster peledak. tapi jangan tuk teror ya selamat coba .dan balas kesini

  • cara bikin 100 gr white powder. campur 30 gr naterium benzoate 30gr dan kclo3 70 gr .hati2. ini lebih keras .bubuk. ini. juga bom kecil2 ln .kalo tuk roket dipadatkan aja seperti blakpowder.tapi jangan tuk teror ya .sedang tukl bikin mercon bahan adl 1.bbkk brom alumunium .2 bbk belerang .3 kclo3. dicampur hati hati tapi rahasianya tanya saya dulu

  • cara bikin white poder campur 30gr sodium benzoate dan 70 gr kclo3 selesai ini keras sekali

  • cara membuat 1 sendok full kclo3 dari korek klenting 1.ambil 5000 batang korek klenting potong kepalanya.2. masukkamn gelas plstik siram air panas 10ml aduk 1meni terus tambah air mendidih 90ml aduk 7menit . 3.buang warna coklat dan kayunya.4.taruh di fresser tuk pengendapan 10 menit .5.tuang pelan air sisakan 40ml.pindahkan ke panci dankeringkan api kecil selesai.dimkan 3 jam siap pakai

  • pak polisi tolong kasih ijin doan di jateng tuk bikin roket amatiran .masak kita kalah ama anak bule setan

  • kno3 di beli di toko bahan jamu dikota degan nama sendawa 1 ons, belerang juga ada disitu ,kalo kcl03 tdk.ada bikin aja

  • kalo sumbu caranya 1. .ambil kertas tisu toilet olesi lem tdk kental taburi b,bakar roket dias keringkan.24 jam selesai. dapat juga sbg pembungkus bbk boster bom. tapi jangan tuk teror ya

  • cara membuat ignition.1.ambil 2kawat dari bolam 5wt.2 . sekat dengan plastic steel .3.pasang 2 kabel dan pakai baterai hp.4.pasang 2 ujung kawat benang stell cucian piring .selesai nyalakan. bungkus bbbk bahan bakar roket. di sumbu kertas tisu 100 gr ,pasang ignition di tengah jadilah booster bom, tapi jangan tuk teror ya

  • tips memilih arang yg baik,pilihlah arang kayu yg lembut dan ringan akan mudah terbakar

  • tips jangan mencampur belerang dan kclo3 ditumbuk bersama sama . bisa meledak bak mercon

  • tips utk membuat booster yg ok .bbk bahan bakar roket ditambah bubuk kclo3 yg semakin banyak semakin keras

  • tips .kalo kclo3 tdk disa di dapat .setiap 90 gr bbakar roket bisa di tambah 10 gr, atau 25 gr atau 50 gr bubuk korek warna coklat yg di gerus 2 halus dan di campur campur selama 3menit ,selesai nanti tabung roketnya harus pakai nosel ya .b,bakarnya dipadatkanya. selamat mencoba,

  • mau tanya kalau campuran arang, sendawa dan belerang untuk campuran bahan bakar, berapa komposisi masing masing? dan bagaimana cara pencampurannya? terimakasih

  • tuk apluscontoh bbuk arng 20gr, bbkk sendawa 60gr, bubuk lirang 10 gr . langsung aja campur .lalu tuang air mendidih,100 ml aduk 5menit supaya sendahwa larut.jemur sinar mathri supaya kering. gerus 2 supaya lembut diamkan 24 jam selesai, ok

  • tuk apluscontoh bbuk arng 20gr, bbkk sendawa 60gr, bubuk lirang 10 gr . langsung aja campur .lalu tuang air mendidih,100 ml aduk 5menit supaya sendahwa larut.jemur sinar mathri supaya kering. gerus 2 supaya lembut diamkan 24 jam selesai, ok

  • to aplus bahan bakar roket diatas bisa tambah keras lagi jika tambah bbk kclo3 2 sendok makan full setiap b,bakar 90 gr. dan tes sedikit dgn bara lidi. akan terbakar mudah sekali.

  • to aplus bahan bakar roket diatas bisa tambah keras lagi jika tambah bbk kclo3 2 sendok makan full setiap b,bakar 90 gr. dan tes sedikit dgn bara lidi. akan terbakar mudah sekali.

  • buat temen pecinta roket,
    mungkin pengalaman saya yang singkat ini bisa membantu.
    untuk ignation nya saya pernah mencoba dan mencoba. yakni tanpa membakar sumbu dari bawahnya tetapi pengapiannya dimulai dari atas sehingga diperoleh tekanan dan suhu yang relativ lebih tinggi.
    adalah dengan menggunakan resistor dalam sebuah tabung kecil dgn diameter kurang lebih 10mm di mana resistor ditanan dalam campuran sendawa dan arang dgn perbandingan 1:4 sehingga pembakaran dapat berlanjut.

    • salam

      saya juga pencinta roket yang ada di kota Medan. yang membuat saya bertanya2 dalm perbincangan di atas adalah: apa itu sendawa, dan apa itu kclo3? mohon dijelaskan dan kirim jawaban tersebut ke email saya

      [email protected]

      terima kasih

      salam

  • saya mau bt serbuk ptasan gmana caranya aku dh pnya kno3 arang +sulfur.serbuk bronnya gmana? kclo3nya dari pupuk bisa gk? pingin tau komposisinya n cara buatnya makasih

    • kno3 tdk bisa tuk petasan ,yg bisa adalah kclo3. komposisi bubuk kclo3 60 gr bubuk belerang 10 gr bubuk alumunium 30 gr ini black poder, kalo white powder kclo3 70 gr di campur 30 gr bubuk naterium benzoate ini bom nya taliban oke

      • bos bubuk aluminiumnya dimana belinya ato ada gantinya ,campurnya gmana apa dcampur gitu aja, untuk sumbunya apa bhanya,untuk white powder bisa ledak pa gk? tlng saya tertarik banget kalo ada no hp tlng kirim ke email saya [email protected] mkasih bantuannya

        • bom white poder itu keras sekali melebihi black poder, campurkan bubuk kclo3 70 gr dan bubuk pengawet sirup naterium benzoate 30 gr selesai.ini ramuan taliban setiap 3kg bisa membunuh 5 tentera nato

          • bos disurabaya saya kesulitan cri kclo3,tlng dbantu carinya,ato toko mana yng punya jawa tengah dan timur tlng kirimke email saya n no hp mas skalian mau konsultasi

          • bos udah jadi tpi ledakkany kurang keras n surnya ju kurang keras dtmbah ap lgi supay lebih keras suaranya

      • kclo3 nama lain potasium klorat.susah carinya. bubuk pengawet sirup naterium benzoate belinya di toko kimia kue. bom white poder itu kerasnya melebihi black poder, cara tesnya ambil 1 gr sulut bara api lidi langsung blar

  • Bapak ada jual timer separasi?
    kalau ada berapa harganya?
    Kami tidak bisa bikin timer karna belum ada data total timernya, jadi untuk recovery system kami cuma bikin semacam sensor sederhana…
    Mungkin bisa dibantu pak/ terimakasih
    by [email protected]

  • kclo3 mudah meledak dan mudah dibuat.setau saya potasium nitrat dicampur dengan clorox(bayclean)
    klo membuat white powder/whistle mix lebih baik dengan kalium peklorat/KCLO4
    Nacl bisa dibuat jadi nano3 sebagai propelent dengan mencampurkan nh4no3

    • caranya gimana bos buat kclo3 n kclo4 di toko bahan kimia sush carinya byclean dcampurgitu aja untuk buat kclo4nya gmana juga tlng minta no hp mas bt konsultasi kirimke email saya [email protected] sebelumnya makasih

    • ramuanan saya ok, potasium nitrat 60 gr arang 20 gr belerang 10 grtambah kclo3 20 gr utk roket

  • bagi yang tinggal di malang berminat atau yang sudah ahli dalam ilmu rocket ao kita buat komunitas perocketan…karna aku ingin ikut

    • Ayo mas,, aku juga dimalang sekarang & mau membuat roket yang sya angkat menjadi tugas akhir lengkap dengan perhitungan aerodinamikanya, cg & cp.. tapi masih nyari refrensi nih mas,,, ada refrensinya gk sama mas waluyo,, thanks

      tolong dihubungi saya di no ini mas

      085231635779

      or

      [email protected]

  • ada yg punya sensor ngukur dpl buat dipasang di roket, kalo camera intai q punya. seperti punya lapan waktu diparang tritis Jogja-itu pakai hardware n software sudah terpasang dalam 1 paket.

  • Salam,

    Kalau bukunya David Slater terlalu tebal 500 halaman dan sulit dibuat copynya karena
    akan rusak dan beberapa bagian dibuat warna lain sehingga kalau di copy jadi hitam warnanya.

    Kalau yg agak tipis adalah buku roket dengan bahan bakar gula, bagusan sih di scan +/- 100
    halaman. Karena kesibukan saya dalam pembuatan mobile observatory jadi tersita waktunya ditambah beberapa proyek di daerah lain juga sdg dikerjakan.

    Apa ada yg bisa buat blog utk rocket amatir ? yang isi rame2 semua bisa posting disitu sharing pengalaman masing2.

    Virgo

  • seharusnya pemerintah kita mengakomodasi kemampuan warganegaranya yang masih amatir dalam membuat roket untuk membantu pengembangannya agar supaya lebih bermanfaat bagi bangsa dan negara,terutama untuk keperluan di bidang militer/hankam,sehingga kita nggak usah ngimpor persenjataan lagi yg cuma buang2 duit percuma…

  • Salam,

    Mas dan Mbak,

    saya tertarik dengan kegatan peroketan amatir, terutama roket dengan bahan bakar (bukan roket air).
    hanya saja saya agak ragu utk memulai karena roket jenis ini menggunakan bahan peledak, sehingga harus di ketahui aspek hukum nya.
    jika bergabung dengan klub roket amatir mungkin akan lebih aman untuk berkegiatan, bila ada klub semacam ini di kota Bandung mohon di infokan,

    Salam

    Yopie