fbpx
langitselatan
Beranda » Panduan Singkat Memilih dan Membeli Teleskop

Panduan Singkat Memilih dan Membeli Teleskop

Memilih teleskop itu sepertinya membingungkan ya? Apalagi harga teleskop yang lumayan mahal, dengan dana terbatas, pasti jadi bingung. Berikut ini saya coba memberi sedikit tip, kalau memang berminat untuk memiliki teleskop sendiri.

Pertama, bicara tentang teleskop, kita pasti sering mendengar atau secara spontan kepikir, teleskop ini bisa memperbesar sampai berapa kali? Bisa sampai jutaan kali? Wow .. kalau memang demikian adanya, astronom gak punya kerjaan, karena gak usah susah-susah untuk setiap malam mengamati, cukup dengan mengintip teleskop, semua bisa melihat permukaan Mars seperti melihat halaman tetangga. Ini merupakan kesalah-kaprah-an yang memang dialami oleh banyak orang.

Jadi sekarang harus diluruskan, fungsi teleskop itu apa? Untuk melihat benda yang jauh? Untuk memperbesar citra dari obyek yang jauh, mmm, fungsi teleskop adalah untuk: Mengumpulkan cahaya!! Seperti juga fungsi mata kita, mata kita hanya bisa ‘melihat‘ jika ada cukup cahaya yang datang dari obyek yang kita amati sampai ke mata kita. Jadi fungsi teleskop adalah sebagai alat bantu mata untuk mengumpulkan cahaya lebih banyak dari mata kita bisa lakukan, sehingga informasi yang sangat-sangat redup (misalnya karena jauhnya) bisa teramati.

Dengan demikian, apa yang menjadi penting dalam memilih teleskop? Yang pertama harus dilihat adalah: Apertur, bukaan, atau diameter teleskop. Ibarat ember itu teleskop untuk menampung hujan (cahaya), makin besar diameter, makin mudah air hujan tertampung. Dengan demikian, penting untuk diingat, bahwa bukan diameter yang terpenting, tapi luas permukaan ember yang menentukan. Sebagai contoh, jika ember mempunyai diameter sebesar 20 cm (standard teleskop tipe Schmitdh-Cassegrain, jenis dan ukuran teleskop yang paling populer), akan mempunyai kemampuan mengumpulkan cahaya empat kali daripada yang 10 cm, karena luas lingkaran adalah berbanding kuadrat.

Jadi makin besar makin baik? Tidak juga, semua ada batasnya, pergolakan udara di atmosfer menjadi kendala pengamatan; pengamatan menggunakan teleskop terbaik di seluruh muka bumi ini mempunyai batas resolusi antara 0,5-2 detik busur, bergantung pada lokasi; dengan resolusi 0,5 detik busur diperoleh menggunakan teleskop dengan diameter 30cm, sedangkan semakin besar, tidak bisa memberikan resolusi yang lebih baik, kecuali mengumpulkan lebih banyak lagi cahaya. Jadi, kita sudah bisa memperkirakan dengan dana yang kita punya, berapa diameter yang kita inginkan.

Tapi apertur bukanlah alasan tunggal, seperti yang sudah diungkapkan di atas, fator resolusi itu penting, resolusi adalah seberapa baik teleskop memisahkan dua obyek yang berdekatan (contoh: bintang ganda). Mempertimbangkan ‘dimana’ kita mengamat juga harus diingat, karena, seperti di semua tempat di daerah tropis dengan kelembapan tinggi, menyebabkan reduksi yang sangat besar pada resolusi pengamatan, sehingga, diameter 20 cm atau 30 cm bisa jadi memberikan hasil yang ‘sama saja’.

Baca juga:  Menuju Titik Api: Sebuah Penjelasan-tak-terlalu-teknis Tentang Prinsip Kerja Teleskop, Bagian 4: Refraktor dan Reflektor: Sebuah Perbandingan

Lalu, itu saja pertimbangannya? Pernah perhatikan bahwa ada teleskop yang ukurannya panjang, pendek? Ada satu faktor yang perlu diperhatikan, yaitu panjang fokus. Panjang fokus adalah panjangnya jarak yang harus ditempuh cahaya dari lensa obyektif (teleskop refraktor) atau cermin utama (reflektor) ke suatu titik dimana cahaya itu difokuskan. Gampangnya, gambarnya fokus itu butuh berapa jauh? Makin jauh panjang fokus, makin besar bayangan pada titik fokus. Gambarannya, seperti LCD proyektor dan layarnya, berapa jauh jaraknya? Pindahkan layarnya menjauh, gambar dari LCD proyektor akan membesar, tapi makin redup.

Jadi, panjang fokus itu penting untuk menentukan pembesaran. Makin panjang fokusnya, makin besar pembesaran yang bisa diperoleh, tentu saja dengan mempertimbangkan adanya pembatasan yang ada, tapi dengan menyertakan lensa okuler untuk pengamatan, berapa besar bisa dihitung. Perbesaran teleskop merupakan hubungan panjang fokus dbagi panjang fokus okuler yang kita pergunakan. Misalnya kita punya teleskop dengan panjang fokus 1000mm, kita mempergunakan okuler seukuran 50mm,maka kita mendapatkan perbesaran sebesar 1000mm/50mm=20x.

Jadi, sepanjang hanya melakukan kegiatan mengamati, kita bisa menentukan berdasarkan spesifikasi yang ada pada teleskop, pengamatan apa saja yang mungkin bisa dilakukan.

Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan fotografi? Ada satu istilah yang biasa digunakan oleh penggemar fotografi, yaitu Fokal Rasio. Fokal rasio merupakan perbandingan antara panjang fokus dibagi lebar diameter. Ini lebih penting alih-alih panjang fokus, karena biasanya fotografer astronomi akan mengganti okulernya dengan kamera.

Pengaruh fokal rasio tidak terlalu terasa secara visual, tapi sangat menentukan secara fotografi, karena menentukan seberapa cepat gambar diambil menggunakan teleskop. Jika fokal rasio yang lebih kecil dikatakan cepat, sedangkan fokal rasio yang lebih besar dikatakan sebagai lambat. Sebagai contoh f/5.6 lebih cepat dari f/10, yang memberikan efek yang berbeda secara fotografi.

Baiklah, kita sudah membahas aspek-aspek yang teoritis dalam memilih teleskop, sekarang kita memilih hal-hal yang lebih nyata. Yaitu, memilih teleskop itu sendiri:

Seperti yang telah dibahas, ada tiga jenis rancang-bangun teleskop, reflektor, refraktor dan katadioptrik.

Jadi saya langsung membuat review sederhana:

Refraktor. Jika anda seorang pemula yang hanya sekedar ingin melihat-lihat, bisa melihat langit atau alam, refraktor adalah pilihan yang baik. Cukup memilih refraktor dengan tipe obyektif yang akromatik. Tapi jika anda ingin mendapatkan citra langit yang baik baik, baik secara visual maupun fotografi, pikirkan refraktor apokromatik yang tentu saja lebih mahal.

Reflektor. Teleskop Newtonian adalah yang terbaik untuk pemula, dengan syarat tidak melakukan fotografi, tapi paling tidak teleskop ini lebih irit biaya.

Katadioptrik. Dari pengamatan benda jauh, pengamatan planet, sampai pencitraan, yang berarti bisa digunakan pada hampir semua kegiatan pengamatan; pilihan terbaik jatuh pada Schmidt-Cassegrain. Tentu saja dengan harga yang, lumayan.

Baca juga:  Galileo, Bapak Astronomi Modern

Itu adalah pilihan jenis-jenis teleskop, lalu bagaimana dudukannya?

Dudukan teleskop bisa jenis Altazimuth, atau Equatorial, tergantung pada tingkat keseriusan pengamatan.

Jadi rekomendasi saya:
1. Pengamatan Siang/Malam
Teleskop: Semua, Diameter: 70mm-150mm, Panjang Fokus: Terserah, yang gampang dibawa saja. Refraktor bagus untuk medan lebar, Cassegrain untuk medan sempit/planet.
Dudukan: Altazimuth

2.Pengamatan Bintang/Langit Malam
Teleskop: Newtonian/Schmidt-Cassegrain, Diameter: 150mm atau lebih.
Dudukan: Altazimuth; Equatorial (jika ingin fotografi)

3. Astrofotografi
Teleskop: Refraktor (Apokromatik)/Schmidt-Cassegrain
Dudukan: Equatorial

4. Pertimbangan keuangan
Ini perhitungan kasar saja.

  • Dibawah 5jt Rupiah, 150mm-200mm Dobsonian untuk melihat bintang, 100mm Refraktor bisa untuk langit/alam.
  • Sampai 15jt Rupiah Schmidt-Cassegrain 200mm yang dilengkapi komputer, 250-300mm Dobsonian, atau Newtonian, Refraktor yang sudah dilengkapi komputer.

Harga menentukan pilihan, memang, sebuah ironi. Tapi untuk mendapatkan yang terbaik bukanlah berdasarkan harga atau keuangan, tapi pintar-pintar kita memilih dan merencanakan. Selamat berburu langit malam dengan teleskop.

Avatar photo

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

103 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Perlu diingat bahwa membeli teleskop adalah langkah terakhir dalam hobi astronomi, bukan langkah pertama. Memulai hobi astronomi adalah dengan membiasakan diri dengan langit malam: baik orientasinya maupun pergerakannya. Bukan dengan membeli teleskop.

  • Betul… waktu pergi ke daerah lintang utara serasa hilang orientasi akan rasi-rasi. Lamaa banget mengenali rasi. Paling gampang ya big dipper hehehe.

  • Kalau misalnya gak punya teleskop, trus bagaimana mengamati langit dan benda-benda langit? Bagaimana caranya membiasakan diri dengan langit malam, baik orientasi maupun pergerakannya? Coba, tolong jelaskan, soalnya saya tersesat, bingung harus bagaimana dulu sebagai astronom amatir.

  • nalika, saya pernah nulis artikel singkat untuk itu, semoga bisa membantu.

    http://www.astrojeff.com/Mulai.htm

    penggunaan peta langit (software/print-out) dpt membantu pengamatan.

    pengamatan lebih baik dilakukan di daerah yg jauh dari polusi cahaya, adaptasikan mata terhadap kegelapan (biar lebih sensitif, dpt melihat lebih banyak). Kalau ada lampu2 di sekitar anda, coba dimatikan, kalau tidak bisa, lindungi kedua mata anda dari cahaya dengan memakai telapak tangan (untuk menjaga adaptasi mata anda thd kegelapan).

  • waduh aku jadi bingung, tapi tetap aku ingin beli teleskop walaupun rasi bintang aja kagak tahu.
    tapi aku akan baca-baca dulu

  • untuk mengenal rasi bintang tidak perlu menggunakan teleskop. Bahkan kalau untuk belajar mengenal langit tidak diperlukan teleskop. Yang dibutuhkan adalah peta langit. Nah salah satu software peta langit yang baik yang bisa digunakan untuk mengenal langit adalah stellarium yang bisa didownload di http://stellarium.org

  • lho aku berpikir malah dengan adanya telescope kita akan lebih mudah mengamati pergerakan benda2 di langit.

  • ada yang tau ga, dimana aku bisa dapat kan telescope yg cocok untuk pemula tentunya yg harganya terjangkau. thanks

  • harga teleskop itu sangat bervariasi, bergantung juga pada ‘keuangan’ dan tentu saja yang paling penting, untuk melihat apa kita memiliki teleskop?

    langitselatan mempunyai link-link penjual teleskop di indonesia, tetapi tanpa bermaksud untuk ‘berdagang’, kami bisa membantu untuk mencarikan jenis-jenis teleskop yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan. alangkah lebih baiknya jika safli coba lemparkan ke forum langitselatan saja, agar bisa didiskusikan lebih lanjut. coba meninjau lagi prioritas berdasarkan rekomendasi yang diuraikan di artikel di atas. 🙂

  • Saya lg nyari2 telescope dgn harga mahasiswa,kmana yah?tolong dong,kan bs nabung dr skarang.
    Makasih

  • minta info dong untuk pengamatan dengan teleskop buat pemula. aq baru beli teleskop, cuman pas diintipin gelap melulu, padahal yang dikeker bulan, tapi gelap abisss……. teleskopku celestron power seeker 127. awalnya iseng aja sih beli, kirain begitu ditembak langsung keliatan bulannya.
    thanks

    • @all, kemaren gw coba cari2 tempat jual teleskop bintang, eh ketemu di AMBASADOR (jakarta),
      merek nya ada skywatcher dan celestron, katanya sih ada jg yg lebih lengkap toko mereka jg di STC (senayan).
      berhubung gw cuma modal libido tinggi buat ngamati langit,
      jd gw putusin tuk pikir2 dulu deh.

      btw, tolong dibantu donk memilih yang pas. klo harga nya 2 jt an tuh udah yg bagus ga yah?
      trima kasih

      salam kenal buat semua

      • kl harga yg 2 juta udah bagus kok. buat lebih jelasnya mending kamu k STC, mreka bisa bantuin kamu buat dapetin yg sesuai budget. kl ga salah ada skywatcher yg harganya 2.8juta deh disitu.

        • Halo semuanya , kalo teleskop untuk membidik obyek jauh tp sekaligus dilengkapi kamera , mahal gak y ? di indo ada gak yg jual on line. trims

          • Coba anda cek di GMC yg lokasinua di tangerang Banten, saya kemarin juga beli secara online dgn sysrem COD

  • Semua ngomong saja dengan bahasa yang lantang, kalau kita tidak tahu ya tidak usah ngomong timbang nanti ditanya tidak bisa jawab ( inggah – inggih ) apa tidak malu?

  • beli teleskop dimana ya? langitselatan bisa bantu ga?klo bsa daerah bandung..
    terus yang harga’y miring tapi lmyan bagus untuk pemula tipe kaya gmn?

  • ada yang tau ga, dimana aku bisa dapat kan telescope yg cocok untuk pemula tentunya yg harganya terjangkau. thanks

  • Xie xie ni….
    artikelnya bagus….Q gy butuh inf kaya gini, bwt modal bikin karya tulis ttg astronomi..
    kubah bintang langit malam…Luar biasa indah!!!

  • Saya baru beli teleskop dengan spec

    Optical Design Refractor
    Aperture 80 mm
    Focal Ratio 11
    Focal Length 910 mm
    Eyepiece 1 25 mm
    Magnification 1 45 x
    Eyepiece 2 10 mm
    Magnification 2 91 x
    Optical Coatings Fully Coated
    Other Mount: German Equatorial

    Bisa lihat apa aja yah pake ini. Baru aja beli, kebetulan gak ada bulan di langit jakarta, jd belum bisa ngetest

    Thx. and salam kenal dan salam astronomi ^^

  • maap sebelumnya…saya mau bertanya nih om2 sekalian…
    Saya ingin beli teleskop nih..tapi saya masi bingung apa yang pas untuk saya yang pemula..
    Keinginan saya melihat sampai nebula ato galaksi…kira2 yang cocok apa ya?
    Maap bukan maksud untuk berdagang…cuma ingin tau…lebih baik saya beli celestron powerseeker 114EQ/127EQ atau celestron astromaster 90EQ/114EQ?
    Yang saya bingung,apakan refaktor ga bisa melihat sampai nebula? dan apakah reflektor hanya jelas melihat nebula ato galaksi?

    mohon di bantu om2 sekalian…

    thx before.

    • celestron Astromaster 114EQ bisa jadi pilihan yang bagus buat pemula. tapi teleskop dengan Aperture sebesar itu sepertinya tidak akan cukup untuk melihat sampai Nebula atau galaksi. mungkin hanya bisa terlihat sedikit nebula dari rasi Pleiades dan Great Nebulae Orion

      salam,
      _semoga bermanfaat_

  • saya mau bli teleskop buat pemula

    tapi bingung tempatnya
    LS bisa bantuin gak ?
    klo bisa tempatnya di sby

  • admin or astro boy or girl,tolong minta alamat atau tempat distributor celestron di indonesia.atau setidaknya dimana saya bisa membeli celestron
    trims..
    tolong bales ke email ku:[email protected]

  • saya punya powerseeker 127 eq, bisa dipasang kamera ga untu fotografi? trus klo bisa, kamera yang seperti apa? thanks ya………….

  • halo halo saya newbie jadi mau nanya2 hehe. kemarin saya liat telscope ada yg harganya 300ribu. itu kemampuan melihat ke langit gimana ya?hehe thanks before 🙂

    • teleskop yang harga murah, kemungkinan terburuk adalah lensa/cerminnya buruk, akibatnya kurang fokus, dan tidak dapat melihat obyek2 indah secara nyaman; apakah bisa buram, atau abrasi kromatis

      • Rekan2 smua ada yg tau di mana bisa beli grinding powder kyak di website ATM & Stellafane ga? Sya tertarik & mo nyoba bkin aj teleskopnya. Terima kasih…

  • Terusterang saya awam mengenai telescope, tapi saya pengen beli celestron astromaster 90EQ, apakah jenis ini sudah memadai utk pemula?. Mudah mana pengoperasiannya antara Celestron astromaster 90EQ dgn Sky Watcher 80EQ ?
    Terimakasih.

    • untuk pemula sudah memadai kok. dan mengenai pengoprasian sebenernya sama2 aja karena kedua2nya merupakan teleskop refraktor. 🙂

      • Kemarin saya beli Skywatcher 809EQ2, dalam paketnya disertakan 2 buah eyepiece masing2 type Super 10mm dan Super 25 Wise Angel Long Eye Releif, saya mohon pencerahannya mengenai kedua eyepiece tersebut.
        Terima kasih sebelumnya dan semoga tidak bosan kalau saya banyak nanya.

  • Bung Ivie atau siapa saja yg bisa bantu, saya beli skywatcher 809EQ2 dan telah saya coba gunakan, kalau utk objek seperti bulan terlihat cukup jelas, namun kalau ke objek lain seperti bintang atau jupiter kurang bagus hanya terlihat seperti bola putih dan agak buram, saya menggunakan eyepiece 10mm, mohon pencerahannya.

    • maksutnya bola putih dan agak buram bagaimana yah? kalau bintang memang hanya akan terlihat seperti noktah kecil …

  • Bung IVIE, lokasiku memang kurang menguntungkan krn terletak ditengah kota yg banyak distorsi cahaya, tapi aku mau nanya neh, kalau pakai telescope diameter 200mm reflektor bisa gak lihat galaksi, thank’s

    • sepanjang langitnya kelam total, kalau ditengah kota, kecil kemungkinan bisa melihat galaksi. 200 mm sudah cukup baik kok, tapi lebih baik lagi kalau mengamat dari lokasi yang gelap pekat

    • ls gimana ya saya mau beli teleskop. AstroMaster 70AZ Type 21061
      bagus gaya trus gimana cara pengaktifan nya bantu dong ls pleas aku mau lihat bintang

  • wah baca komen2 jd grogi nih. kemaren2 gigih pengin beli teleskop-yg amatiran tentunya- tapi kayaknya dipending dulu. mo perdalam bacaan di web ato buku dulu ttg astronomi. mohon referensi situs apa saja buat pemula kayak saya. trims

  • bisa minta tolong informasi retail yang jual teleskop di daerah jkt atw bandung..plis..plis.. tlg kirim lwt email aja ya .. ASAP..thanks a lot

  • boleh nanya om? saya murid kelas 1 sma. Saya pengen beli teleskop yang bisa diletakin di kamar buat lihat bintang.Itu bagusnya yyg mana om? Terus perkiraan harganya berapa omm? Thank you ya omm

  • mas saya mau tanya,saya punya dana 500-1jt saya pingin beli teleskop untuk pemula rekomedasikan saya harus beli teleskop apa dan teleskop itu bisa apa saja?

    • kamu lokasi di mana? kalau di jakarta di ace hardware ada teleskop merk celestron dgn kisaran harga segitu. ntar kucek deh serinya. kl bisa apa saja.. kemampuan teleskop itu sama aja yaitu mengumpulkan cahaya dari obyek yang dilihat.

  • salam kenal.. untuk bu ivie,. sy betul2 msh buta mengenai astronomi,.tp kepengen lihat salah satu kebesaran ciptaan TUHAN,.yaitu dunia antariksa dan berbagai benda2 di langit termasuk nebula dkk,sampai bs melihat saturnus dkk,. untuk itu mungkin dgn bantuan teleskop yg tipe apa ya sehingga bs melihat itu smua,.yg pntng obyek tampak jelas,. trus kurang lbh harganya brp?pesen dimana?.. trm ksh sblm nya..

  • bu ivie, saya baru beli power seeker 114 EQ, 2nd masih garansi 1.5 th seharga 1,2 jt menurut ibu, apakah kemampuan neh telescope cukup tuk observasi, menimbang harga telescope yang bagus bisa membuat ngepres dompet..makasih loh bu sebelumnya

  • mohon tanya, kalo teleskop yg bagus utk lihat benda luar angkasa secara cukup jelas dgn budget 1jt-an teleskop yg bagus apaan ya?
    Trus kalo daerah bogor dimana beli nya?

    Terimakasih banyak sebelumnya..

  • Mba Ivie, saya pemula yang ingin membeli teleskop dg budget 500-1,2jt…kata Mba d Ace Hardware ada ya?Yg di Ace Hardware itu udh ckp bgs gk ya mengingat dia itu bkn toko khusus untuk astro equipment&saya baca2 d forum, teleskop yg dijual oleh selain yg khusus ngejual teleskop, itu diragukan kualitasnya…jd gmn Mba?

    • saya merekomendasi teleskop yg memang bagus. bukan yg abal2. Ace Hardware saat ini jadi dealer resmi dari teleskop Celestron. ada beberapa tipe teleskop celestron yg mrk jual dgn harga di kisaran 500-1,2 juta. dan celestron adalah merk teleskop yg kualitasnya bagus.

      • Ooh g2…..makasih bnyk atas infonya Mba Ivie. Oh iya, knp untuk teleskop reflektor newtonian tidak bs/kurang baik jika digunakan untuk fotografi?

  • saya minat beli teleskop(jujur ga tau yg bagus yg kaya gimana)..lagi nyari2..mba mau nanya klo teleskop yg speknya kaya gini bagus ga?

    spesifikasi :
    – Magnification 6-24x
    -.Objective Dia:52mm
    – Tube Diameter 30mm
    – glass reticle
    – big wheel parallax
    – internal waterpass
    – mildot reticle
    – blue Illuminated reticle 1-11
    – fully coated lenses
    – nitrogen filled
    – shockproof, waterproof, fogproof

    minta saran juga klo yg speknya bagus tapi murah buat pemula yg kaya gimana mba?thank’s sebelumnya..

  • mbak ivie, saya pemula dan ingin membeli teleskop dengan budget s/d 10jt an. kira2 merk dan tipe apa yah bagusnya yang saya beli? dan dimana saya bisa mendapatakannya? trimakasih infonya.

  • Mba Ivie, saya pemula yang ingin membeli teleskop yg bagus hasilnya, baik untuk melihat ke indahan malam di langit serta bagus juga untuk melihat pemandangan di bumi, dg budget 5 jtaan kira2 merek apa yang bagus ya dan yg bisa juga diadaptasikan langsung dengan kamera digital sony. trimakasih sebelumnya.

    • hmm kalau harga segitu bisa kok. Celestron, Sky Watcher, Meade. tp setauku yg banyak dijual di Indonesia Celestron dan Sky Watcer

        • skywatcher di surabaya aku kurang tau. tp kalau ada ace hardware di sby ada celestron kok

          • mbak, mau tanya dong… kalo di bandung ada gak ace hardware yg ngejual teleskop? makasih 😀

          • wah mbak, saya sudah ke IBCC dan menemukan teleskop yang harganya lumayan lah untuk isi dompet saya yaitu Celestron Astromaster 76EQ. pertanyaan saya, apakah itu lumayan bagus untuk pengamatan planet2 mbak? terus kalau mau membeli barlow lens sama eyepiece dmana yah? makasih 😀 maaf banyak nanya 🙂

  • Permisi mba ivie.. mau tanya nih..

    klo telescope yang bisa di gabungin sama kamera apa yah?? jadi bisa ambil foto pake kamera dslr..

    thanks..

  • saya dari dulu tertarik pengen beli teleskop, krn terinspirasi sama film smallville :))
    kayaknya memang bener jadi beli ini setelah baca2 disini,,,
    tp harus banyak baca2 dulu ttg astronomi disini 😀

  • mau nanya mba, klo telescop yg bsa mendeteksi suhu panas manusia, tau hewan, telescope apa namanya ya, untuk senapan berburu, thanks sebelumnya

  • Sy mau beli teleskop pilihannya Astromaster 70AZ atau powerseeker 114EQ. Untuk melihat bulan,planet dan gunung,kira2 dari 2tipe tsb lebih cocok yg mana,trim

  • Terimakasih atas infonya,mbak Ivie mau tanya celestron astromaster dan powerseeker apa bedanya? Teleskop refractor dan reflector mana yg lebih mudah digunakan,trim

  • ehemm……
    mba…mau tanya sayah mau beli teleskope……..galileo fs 1202catadiptric reflector ama galileoo fs 85mohdx ama Meade 90 Az-Adr 90mm A-Series Alt-Azimuth Refractor Telescope bagusan mn ya?dalm arti sampai sejauh mn qt bs mengamati benda2 langit?

  • Mbak ivie, sy seorang pemula, cma hoby ngamatin bintang2 dan blm pernah punya teleskop, so minta advice nya dr mbak ivie, jenis teleskop apa yg hrs sy beli n harga berapa? Thx alot mbak…..

  • Mbak ivie..buat pabrik lensa sih..biar kita bisa beli tuh lup yg diametrnya gede fokusnya panjang

  • maaf mbak / mas mau tanya..kalo mau pesen/beli cermin cekung diameter 30 cm dimana ya? terima kasih

  • Maaf mbak sy guru fisika yg berdomisili di surabaya. Sy lagi nyari cermin cekung diameter 15 cm utk demo di kelas. Sy baru punya yg 5 cm, krg besar.. Barangkali ada yg tahu. Trims.

  • (untuk Schmidt-Cassegrain 200mm yang dilengkapi komputer, 250-300mm Dobsonian, atau Newtonian)
    kemana bisa beli teleskopnya mabk Ivie?

  • Admin, tanya dong! Mohon dijelaskan definisi dari Schmidt cassegrain, dudukan altazimuth, equatorial, newtonian, mohon dijelaskan karakteristik teropong dan peruntukannya.. Thanks.

    • kesimpulannya, kalau mau beli teleskop yang handal, murah dan mantap dan puas sesuai isi dompet adalah beli lensa plano convex diameter 250mm dengan focal lenght 900mm s/d 1800mm sebagai lensa objective nya. selain itu yee mendingan ngenet ke website langitselatan atawa ke website hubble ………. wk wk wk.

  • tanya donk..
    kalau buat lihat nebula, bintang, galaxy, planet2, bulan..
    kira-kira harus beli teleskop dengan harga brp ya?
    10jt bisa ga?
    terus toko besar dan lengkap yang jual teleskop itu di mana sih? mohon pencerahannya.. thanks.

  • Gan, ane masih bingung mau pilih reflektor atau refraktor. Dari hasil googling, reflektor bagus untuk melihat galaxy, nebula (non planet) sedangkan refraktor untuk planet. Trus untuk pemula minimal mesti berapa mm aperture nya ?

  • Terimakasih atas tulisan yg jelas ini. Saat ini saya sedang bimbang antara dua teleskop refraktor yg selisih harganya tipis, hanya saja yg satu diameter lensanya 90mm smtr yg satunya 60mm, meskipun yg lebih kecil dilengkapi dudukan ekuatorial smtr yg lebih besar dudukannya altazimuth. Yg manakah yg menurut Penulis lebih baik? Terimakasih..

    • saya baru beli ukuran 90mm. enakan dudukan equatorial mas. lebih fleksibel

  • Ada market place, yang jualan teleskop,dengan harga ratusan ribu. Apakah benar bisa berfungsi melihat bintang dilangit?

    • Boleh tau spesifikasi dan apa teleskopnya? Bintang tentu saja bisa dilihat. Tp perlu diingat teleskop itu fungsinya mengumpulkan cahaya dan memperkuatnya. Jadi bukan berapa perbesarannya

%d blogger menyukai ini: