Ekspedisi Transit Venus LS ke Timur Indonesia

Transit Venus 2012 akan menjadi peristiwa penting bagi semua komunitas astronomi di dunia. Demikian juga dengan komunitas astronomi di Indonesia. Baik astronom profesional maupun amatir mempersiapkan diri untuk melakukan pengamatan Transit Venus di berbagai lokasi.
Di Indonesia, keseluruhan proses Transit Venus (awal sampai akhir) hanya dapat dinikmati dari wilayah Indonesia Timur. Karena itu, tim langitselatan memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Ambon untuk melakukan pengamatan Transit Venus.

Transit Venus yang akan tampak dari Ambon. Kredit : ivie

Mengapa Ambon?
Kami memilih Ambon sebagai lokasi pengamatan karena masyarakat kota Ambon masih banyak yang belum berkesempatan mengenal astronomi dan melakukan pengamatan kejadian astronomis. Selain itu kami juga tertarik untuk membangun ketertarikan masyarakat muda di Ambon untuk menjadikan astronomi sebagai hobi yang dilakukan bersama secara lintas komunitas sekaligus untuk memperkenalkan keindahan Ambon lewat foto langit dengan latar depan lokasi nan menawan di ambon.

Di Ambon, langitselatan berencana untuk mengadakan beberapa kegiatan seperti pelatihan astronomi untuk guru sebagai bagian dari Galileo Teacher Training Project dan juga pelatihan teleskop yang merupakan bagian dari You Are Galileo Projecttalk show astronomi untuk masyarakat, Star Party Gerhana Bulan Sebagian (4 Juni ) dan Pengamatan Transit Venus (6 Juni).

Untuk kegiatan pengamatan, kami merencanakan untuk melakukan streaming dan juga berkolaborasi dengan rekan-rekan pengamat di berbagai lokasi di dunia, khususnya dengan jaringan Astronomer Without Border melalui berbagai media online seperti live streaming, twitter, facebook, skype dll.

Ekspedisi Transit Venus 2012

Apa pentingnya?
Transit Venus penting karena digunakan juga untuk mengukur jarak Matahari – Bumi dan di masa kini, peristiwa transit masih memegang peran penting dalam hal pencarian planet-planet di bintang lain atau extrasolar planet.

Transit Venus tahun 2012 merupakan kesempatan bagi para astronom untuk “berlatih” melacak perubahan optis yang terjadi selama transit. Transit Venus tidak hanya penting bagi para astronom. Bagi publik, Transit Venus juga menjadi kesempatan untuk mengenal astronomi dan bagi para penggemar astronomi ini kesempatan langka untuk melihat Venus melintasi Matahari.

Bagi guru dan siswa, Transit Venus justru menjadi kesempatan untuk mengenal sains khususnya astronomi, fisika dan matematika yang diterapkan untuk menghitung kembali jarak Matahari- Bumi. Program edukasi perhitungan kembali jarak Matahari – Bumi atau menghitung ulang Satuan Astronomi akan dilakukan secara global dalam rangkaian program pendidikan lewat Galileo Teacher Training Project.

Harapan kami, lewat rangkaian kegiatan di Transit Venus 2012 masyarakat Ambon akan mengenal atau setidaknya mendengar tentang astronomi, merasakan sendiri pengalaman menikmati langit siang dan malam lewat Transit Venus ( 6 Juni) dan Gerhana Bulan Sebagian (4 Juni) dan para guru dan siswa dapat mempelajari astronomi dan berkesempatan untuk melakukan penelitian sederhana dengan menggunakan teleskop You Are Galileo.

Untuk dapat mensukseskan kegiatan ini tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dan kami juga mengajak rekan-rekan sekalian untuk ikut terlibat agar Ekspedisi Transit Venus yang dilaksanakan langitselatan dapat terwujud. Bagaimana caranya?

Kunjungi laman http://wujudkan.com/projects/detail/58/transit-venus-2012 untuk turut serta mendukung terwujudnya proyek ini.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

2 thoughts on “Ekspedisi Transit Venus LS ke Timur Indonesia

  1. kak Ivie mau tanya, aku barusan liat rasi bintang scorpius, trus aku liat ada yg unik gitu, salah bintang di rasi scorpius itu ada bintang kembarnya ya???? Soalnya aku liat ada seperti 2 bintang yg deket gitu kak..jelasin dong kok biar aku gak penasaran… 😀

Tulis komentar dan diskusi...