Studium Generale : Transit Venus 2012

Pada hari Sabtu, 12 Mei 2012, bertempat di ruang 9020, gedung Oktagon ITB. Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara Studium Generale yang mengangkat tema “Transit Venus 2012.”
Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang ditujukan kepada masyarakat umum dan civitas academica ITB untuk memperkenalkan event Astronomi yang termasuk dalam kategori langka tersebut. Oleh karena itu, sebelum event itu terjadi ada baiknya kita berkenalan dahulu sebenarnya apakah keistimewaan dari Transit Venus 2012 ini.

Acara ini dibuka oleh bapak Prof.Dr. Umar Fauzi selaku Dekan FMIPA ITB. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara Pak Umar, para pembicara dan peserta. Setelah pembukaan dan acara foto-foto usai, acara masuk ke dalam kegiatan utama, yaitu mendengarkan materi dari para pembicara dan diselingi dengan sesi tanya jawab untuk setiap pembicara.

Studium Generale: Transit Venus 2012

Pembicara pertama yaitu bapak Dr. Moedji Raharto, sebagai ketua Kelompok Keilmuan Astronomi ITB. Beliau berbicara mengenai “Transit Venus: Sejarah Pengamatan Dan Pemanfaatan Dalam Astronomi”. Dimulai dari apakah perbedaan antara definisi Gerhana, OKultasi, dan Transit, hingga bagaimana pengamatan transit dapat berguna bagi perkembangan ilmu Astronomi.

ketiga pembicara saat diskusi panel

Pembicara kedua, bapak Ferry M. Simatupang. Judul materi yang diangkat oleh beliau adalah “Geometri dan Kalkulasi Transit Venus”. Materi ini berisi tentang Kepler sebagai orang pertama yang mengasumsikan akan adanya peristiwa Transit Venus dan pengamatan pertama Transit Venus yang dilakukan oleh Jerremiah Horrocks dengan cara proyeksi melalui teleskop. Bapak Ferry M. Simatupang juga menjelaskan bagaimana perhitungan peristiwa Transit Venus sehingga peristiwa ini dikatakan sebagai peristiwa yang cukup langka bagi umur hidup manusia. Setelah pembicara pertama dan kedua sudah berbicara tentang apa itu transit venus, sejarah, serta perhitungannya, pembicara selanjutnya yang merupakan pembicara terakhir, yaitu bapak Dr. Mahasena Putra, memiliki materi yang bejudul “mengamati Transit Venus dengan aman”. Beliau menceritakan tentang bagaimana pengamatan yang aman dan baik saat melakukan pengamatan Transit Venus. Peralatan tambahan apa saja yang dperlukan selain teleskop tentunya. Sebenarnya kita dapat saja melakukan pengamatan tanpa menggunakan teleskop, namun kita tidak dapat mengambil gambar yang baik jika kita menginginkan adanya hasil yang didapat dari pengamatan.

Sesi terakhir dari acara Studium Generale ini,yaitu ketiga pembicara diundang untuk maju bersama dan dibukalah diskusi panel. Diskusi panel ini adalah acara tanya jawab dan diskusi antara peserta dan para pembicara. Setelah para peserta puas mengajukan pertanyaan dan bersamaan dengan berakhirnya waktu, maka acara Studium Generale ini pun ditutup oleh pembawa acara. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita yang telah mengikutinya dengan baik dan semoga Transit Venus 2012 dapat berjalan lancar bagi siapa saja yang akan melakukan pengamatan nantinya.

Ditulis oleh

Ajeng Tri Handini

Ajeng Tri Handini

alumni astronomi ITB yang saat ini ikut bergabung dengan tim Indonesia Mengajar.

Tulis komentar dan diskusi...