Beranda » Resensi Buku : How the Universe Gots Its Spots, Diary of a Finite Time in a Finite Space

Apakah alam semesta itu tak hingga atau hanya sangatlah besar? Sebuah pertanyaan yang tidak pernah memberikan satu jawaban yang pasti; ada begitu banyak jawaban bisa diberikan, dan dalam matematika, dikenal ‘tak hingga’, ada tak hingga jawaban untuk itu. Tapi apakah tak hingga itu bisa diterima sebagai sebuah keniscayaan, ataukah karena memang ada sebuah keterbatasan yang harus dibatasi oleh ‘tak hingga’?

Pertanyaan yang sangat fundamental tersebut berasal dari pertanyaan seorang ahli kosmologi, Janna Levin, yang ia tuangkan dalam bukunya, ‘How the Universe Got its Spots’, sebuah buku yang mencoba menjelaskan tentang alam semesta dari perspektif seorang ahli matematika, dan menerapkan pengetahuannya tentang topologi dan geometri untuk membangun sebuah model alam semesta.

Membaca judul buku ‘How the Universe Got its Spots’ (HUGS), mungkin akan membuat orang berpikir sebelum membacanya; apakah ini buku yang menjelaskan tentang ‘alam semesta’? Pada satu sisi, iya, buku ini memang bercerita tentang alam semesta dari sudut pandang seorang ilmuwan.

Apakah buku ini berbicara banyak dengan bahasa teknis yang membuat kita harus mengernyitkan dahi? Ternyata tidak, buku ini lebih merupakan catatan pribadi penulisnya (JL), yang pada awalnya disusun dalam bentuk surat-surat, yang ia tujukan untuk sekedar menceritakan hal-hal yang ia ingin bagikan dengan ibu si penulis. Lebih tepat lagi, buku ini merupakan catatan pribadi penulis yang ditujukan pada ibunya, yang menceritakan berbagai detil, dari detil kehidupan pribadi, detil pekerjaan, tetapi yang paling menarik adalah, apa yang telah penulis kerjakan tersebut dibagikan kepada sang ibu, tentunya dalam bahasa yang bisa dipahami oleh si ibu. Dan pekerjaannya adalah mempelajari tentang bagaimanakah alam semesta ini, apakah sebegitu tak hingga besarnya? Atau sebetulnya hanya sangat besar, tetapi kita tidak mendapatkan batasannya? Sebagai surat untuk seorang ibu, bahasa yang dipergunakan tentulah bahasa yang dipergunakan oleh setiap anak kepada ibunya, penuh kesederhanaan dan kegairahan sang anak memandangi hidup dan kehidupannya.

Tentunya catatan ini bisa menjadi sebuah buku, karena tersusun dalam tahapan-tahapan yang jelas dan terstruktur, sehingga siapapun yang membacanya, bisa mengikuti dan perlahan ikut membayangkan bagaimana penulis membangun alam semestanya. Dan sub judul ‘Diary of a Finite Time in a Finite Space’, memberikan penggambaran yang pas, bahwa buku tersebut merupakan sebuah refleksi dari ‘catatan harian’ si penulis.

Sebagai sebuah buku, buku ini cukup unik, karena disusun berdasarkan tanggal-tanggal penulis mencatat; karena memang demikianlah adanya, semua berawal dari catatan-catatan pribadi, yang disusun untuk menjadi surat yang ditujukan untuk ibu si penulis, tetapi tidak pernah terkirimkan (pendahuluan). Jadi lebih seperti membaca sebuah buku harian.

Buku ini diawali dari kegelisahan penulis, karena penulis lebih mempercayai bahwa alam semesta ini terbatas, tidak seperti kebanyakan yang menganggap bahwa alam semesta luas tak berhingga; dan itu adalah satu-satunya alasan ia menuliskan itu semua kepada ibunya. Ia hanya menceritakan kegelisahannya. Pada saat yang sama, ia juga menceritakan perjalanan bersama sang pacar, Warren, pada suatu periode dalam hidupnya. (bab 1).

Baca juga:  Peta Distribusi Air di Galaksi Jauh

Apabila kita membaca buku tersebut, maka setiap halaman yang terbuka memberikan tahap-tahap yang jelas tentang bagaimana penulis memahami alam semesta ini, mulai dari memperkenalkan sistem bilangan sebagai bahan baku utama penyusun alam semesta ini, apakah tak hingga, apa itu terbatas, itu semua adalah sebuah konsekuensi sistem bilangan, yang merupakan keniscayaan matematika (bab 2).

Seiring dengan semakin kita mengikuti buku ini, semakin berkembang pemikiran tentang alam semesta ini, seperti, apakah memang ‘tak hingga’ punya tempat di alam? Apakah itu gravitasi? Lubang hitam? Teori Relativitas, khusus dan umum? Quantum gravitasi, dan berbagai tema yang berkait dengan konsepsi alam semesta, dari konsep mekanika dasar, sampai mekanika quantum, tentunya dalam bahasa yang jauh dari kesan teknis.

Memahami topologi dapat digambarkan tanpa harus berumit-rumit, seperti menyusun prakarya dari karton (bab 12), sehingga salah seorang teman penulis memberikan istilah “intergalactic origami”, sungguh sebuah istilah yang pas untuk menggambarkan uraiannya. Seringkali, uraian matematika, direferensikan dengan mahakayarya pelukis-pelukis besar, sehingga bisa memberikan kita konsepsi visual tentang geometri dan ruang yang telah terumuskan dalam persamaan matematika (yang tentunya tidak ada satupun persamaan ditulis dalam buku itu).

Sebagai sebuah catatan pribadi, penulis seringkali menyisipkan hal-hal yang bersifat pribadi, tetapi relevan, untuk menguraikan tentang ilmu yang sedang ia jelaskan. Kadang ia menjelaskan dengan candaan ala remaja, seperti salam-salaman para pemain basket pro (hal 48), kadang ia membahas tentang realitas dalam perspektif yang sangat filosofis (hal 62), bahkan sampai pada isu divinitas (hal 65). Demikian juga, disana-sini ditemukan bahwa penulis menuliskan curhatannya, mengenai kehidupan yang ia jalani, mengenai hal-hal yang memang ia curhatkan. Bahkan sebagai sebuah buku yang membawa pesan teknis (karena mencoba menjelaskan tentang alam semesta), disertai juga motivasi pribadi, mengapa ia mengerjakan itu semua (hal 97).

Loncatan pemikiran kesana kemari, tetapi bukan berarti tidak relevan, pada akhirnya membuat buku ini menjadi begitu berwarna; dan klimaksnya adalah pada pokok pikiran yang mengendap dalam benaknya, ‘Mengapa Alam Semesta Mendapatkan Bintiknya?’ (judul buku), tentunya tidak akan menarik kalau dikatakan disini, mengapanya itu; tetapi dengan menganalogikan kajian para ahli matematika biologi, sebagaimana biologi, dalam kosmologi, ‘kebun binatang alam semesta’ dengan berbagai corak geometri dan topologi, bisa saja mereplikasikan belang-nya zebra sampai totol-totol leopard.

Setelah perenungan yang panjang, buku ini diakhiri, dan dengan mensitir adagium Einstein, sang pahlawannya penulis, bahwa hidup dan kehidupan (si penulis – seperti juga kehidupan kita semua), akan selalu mengikuti suatu putaran (loop) ruang-waktu (sebagai suatu kesatuan). Demikian juga buku tersebut diakhiri oleh tokoh-tokoh yang muncul di awal (Boltzmann & Ehrenfest), juga di tempat ketika penulis memulai menulis buku tersebut (di San Fransisco). Suatu putaran dalam ruang-waktu dalam sebuah buku.