Resensi Buku : Menjelajah Tata Surya

Format: Paperback, 302 halaman
Penerbit: Kanisius
Pengarang: A. Gunawan Admiranto
Harga : Rp.60.000,00
isbn: 9789792119
Tanggal Publish: 31 Mar 2009

Buku Menjelajah Tata Surya
Buku Menjelajah Tata Surya

Alam semesta telah sejak lama memukau manusia dengan keindahannya dan juga misteri di dalamnya. Dan perjalanan sejarah manusia membuktikan kalau keingintahuan untuk menyingkap misteri di alam semesta telah membawa manusia dalam perjalanan panjang penelitian dan penjelajahan untuk mengungkap satu demi satu misteri yang menyelimuti alam maha luas.

Dari penglihatan akan gerak benda langit dari Bumi sampai penjelajahan telah dilakukan oleh manusia demi menyingkap misteri itu. Buku karangan Gunawan Admiranto, :Menjelajah Tata Surya”, mencoba membawa kita mengenal ruang lingkup Tata Surya dimulai dari sejarah perkembangan konsep Tata Surya sampai dengan anggota keluarga yang ada di tepian luar Tata Surya.

Perjalanan di tata Surya diawali dari Matahari kemudian ke setiap planet dan diakhiri dengan keberadaan obyek-obyek di tepi luar Tata Surya yang dikenal sebagai obyek Kuiper. Keindahan Tata Surya dipaparkan dengan bahasa yang sederhana untuk dipahami. Satu per satu planet dikupas sampai ke proses yang terjadi di dalamnya. Dan tak lupa definisi planet yang terbaru pun disertakan dengan mengacu pada peristiwa mengapa Pluto bukan planet lagi. Kehadiran klasifikasi baru planet katai juga dijelaskan dengan baik.Buku ini sangat baik untuk para pelajar yang ingin mengenal lebih dekat Tata Surya dan semua yang ada di dalamnya.

Namun bagaimanapun gamblangnya Tata Surya dijelaskan lewat penjelajahan ini, penjelajahan sesungguhnya dari para ilmuwa belumlah berakhir. Masih ada segudang misteri yang masih menanti untuk disingkapkan.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

20 thoughts on “Resensi Buku : Menjelajah Tata Surya

  1. wuah udah jadi koleksi mb heheheeh,,,,,,ad 2 seri kan,,,menjelajahi tata surya sama menjelajahi bintang,galaksi dan alam semesta,,,oh ya mb mau tany ni kira2 nyari buku stephen hawking a brief history of time dimana ya mb,,makasih mb

  2. Salam sejahtera Langit selatan,

    Sy sangat tertarik thd buku Referensi : Menjelajah Tata Surya.
    Untuk itu sy mohon agar menginformasikan kpd sy cara2 untuk membeli buku tsb mengingat alamat sy di Jakarta.

    Terima kasih

    1. Untuk membeli bukuny silahkan ke gramedia atau ke toko2 buku terdekat dan silahkan tanyakan apakah ada buku Menjelajah Tata Surya terbitan Kanisius.

  3. adakah alamat lain yang bisa saya hubungi untuk mendapatkan buku itu?
    sehubung saya tinggal di kota kecil, yang fasilitasnya sulit untuk di dapatkan,
    terima kasih ^_^

    1. lokasinya dimana ya? kalau di areanya ada gramedia lebih baik cek d sana saja. tapi kalau ndak ada yg jualin terbitan kanisius .. coba kontak ke email ls at langitselatan.com nanti saya coba bantu tanyain dan sekaligus pesenin.

  4. jadi penasaran deh ama bukunya…
    tapi selain buku tentang mejelajah tata surya di terbitan kanisius ada gk buku lain yang berisikan tentang astronomi menjelajahi tata surya jadi kegiatan yang di lakukan oleh para astronomi itu kebanyakan seperti apah di sana soalnya saya ingin tau tentang itu…
    makasih

  5. Terima kasih atas resensinya ^_^ Kalau saya boleh usul, diperbanyak lagi dong resensi bukunya baik yang berbahasa indonesia maupun bahasa inggris, buat referensi kalau mau beli buku… hehehe

Tulis komentar dan diskusi...