Astro Wicara Bersama Dr. Hakim L. Malasan – sesi 2

Sesi kedua Astro Wicara bersama Dr. Hakim L. Malasan membahas tentang ketertarikannya pada instrumentasi astronomi, perkembangannya dan kerjasama dengan Jepang.

Dalam episode ini, Hakim bercerita tentang awal mula ketertarikan pada instrumentasi astronomi dan bagaimana ia belajar memahami instrumentasi termasuk penanganan kabel jika digigit tikus. Hakim juga menceritakan pola pendidikan Jepang dan bagaimana ia belajar mempersiapkan pengamatan sejak setahun sebelum pengamatan dilaksanakan.

Pada pembicaraan ini kami juga membahas tentang lompatan instrumentasi dari manual hingga robotik, kerja sama dengan Jepang, dan kolaborasi astronom amatir dan profesional.

Show notes:

Astro Wicara Bersama Dr. Hakim L. Malasan – sesi 1
Indahnya Nebula Orion dan The Jewel Box di langit malam
Komet C/2013 X1 PanSTARRS di Rasi Microscopium
Komet Catalina, Hadiah Natal & Tahun Baru 2015
Memotret Komet Lulin Dengan Kamera CCD Baru
Menikmati Langit Selatan dari Internet
Menuju Titik Api bagian 1
Menuju Titik Api bag 2 : Teleskop Refraktor
Menuju Titik Api bag 3 : Teleskop Reflektor
Menuju Titik Api: Sebuah Penjelasan-tak-terlalu-teknis Tentang Prinsip Kerja Teleskop, Bagian 4: Refraktor dan Reflektor: Sebuah Perbandingan

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis komentar dan diskusi...