Astro Wicara Bersama Dr. Dyas Utomo – sesi 1

Dr. Dyas Utomo, lulusan Astronomi ITB ini bekerja di National Radio Astronomy Observatory (NRAO), Amerika Serikat untuk meneliti pembentukan awan molekular yang membentuk bintang.

Astro Wicara kali ini berkesempatan untuk berbincang dengan Dr. Dyas Utomo yang bekerja di NRAO, Charlottesville, Amerika Serikat, tentang ketertarikannya pada astronomi, khususnya astronomi radio.

Dyas memulai ketertarikannya pada astronomi sejak kecil, dan kemudian menempuh pendidikan di SMK Telkom Jakarta sebelum akhirnya melanjutkan studi di Astronomi, Institut Teknologi Bandung. Di ITB inilah Dyas mulai menekuni astronomi radio dan jadi yang pertama untuk mengukur gas hidrogen di Bima Sakti dengan teleskop radio dari Indonesia.

Dalam perbincangan ini, Dyas bercerita tentang perjalanan karir serta penelitian yang sedang ia kerjakan dalam Program Jansky Fellowship sebuah program Post Doctoral dari NRAO untuk para astronom yang melakukan penelitian dalam panjang gelombang radio.

Show notes:

Afiliasi:
National Radio Astronomy Observatory

Pendidikan:
Program Studi Astronomi, Institut Teknologi Bandung
University of California, Berkeley

Profil:
Jansky Fellow

Penelitian & Publikasi:
Google Scholar
ORCiD
ResearchGate

Artikel Terkait:

SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta
Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
Mari Mengenal Planetarium
Sejarah Planetarium dan Observatorium Jakarta
Kisah Perjalanan Alam Semesta
Menit-Menit Awal Alam Semesta
Lubang hitam
Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Menekuni Hobi Astronomi?
Menuju Titik Api: Sebuah Penjelasan-tak-terlalu-teknis Tentang Prinsip Kerja Teleskop, Bagian 5 (tamat): Sementara Itu, di Daerah Panjang Gelombang Lain: Teleskop Radio
Materi Antar Bintang
LEAP: Sinyal Radio, si Pencari Kehidupan
Astronom Radio? Kenapa Tidak?
Instrumentasi Astronomi Radio I: Gambaran Umum
Instrumentasi Astronomi Radio 2: Antena


Untuk ikut mendukung kelangsungan program langitselatan, kamu bisa ikut berpartisipasi mendukung kami di: Patreon atau di Karya Karsa

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis komentar dan diskusi...