Astro Wicara Bersama Dr. Hakim L. Malasan – sesi 3

Dr. Hakim L. Malasan tidak hanya aktif meneliti. Ia juga aktif berkiprah untuk mengedukasi dan mempopulerisasikan astronomi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam episode terakhir ini, Hakim bercerita tentang pebangunan Obersatorium Astronomi ITERA Lampung dan berbaga endala yang dihadapi, serta kiprahnya dalam mempopulerkan astronomi pada masyarakat.

Menariknya, Hakim tidak hanya berkiprah di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Ia ikut memulai Southeast Asia Astronomy Network (SEAAN) atau Jejaring astronom Asia Tenggara dan aktif dalam mencari bakat-bakat astronom lewat Olimpiade Astronomi.

Pada diskusi ini, kami juga membahas bagaimana memilih suatu lokasi untuk mendirikan observatorium, kegemarannya dalam bermusik, serta harapannya untuk menjadi tukang bakso!

Show notes:

Hakim L. Malasan : Bosscha, Observatorium Riset Yang Akan Terus Berkarya
Nama-Nama Indonesia pun Tertera di Angkasa
Observatorium Astronomi Lampung: Jendela Astronomi dari Sumatera
Membangun Jejaring Astronomi Antar Negara melalui SEAAN dan GAO-ITB
Pertemuan Astronom Asia Tenggara di Malaysia
Edukasi dan Populerisasi Astronomi di Asia Pasifik
Menggali dan Memperkenalkan Kisah Langit Asia Pada Dunia
Perayaan Satu Abad di Bawah Langit yang Sama

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis komentar dan diskusi...