Astro Wicara Bersama Drs. Widya Sawitar – sesi 2

Sesi 2 Astro Wicara bersama Drs. Widya Sawitar membahas seputar kegiatannya dalam populerisasi astronomi yang terkait dengan budaya Indonesia.

Dalam episode ini, Widya tidak hanya bercerita tentang kegiatan populerisasi astronomi di Planetarium Jakarta ataupun HAAJ. Widya bercerita juga tentang keterkaitan budaya Indonesia dalam astronomi dan upaya untuk mengumpulkan cerita rakyat yang terkait benda-benda langit di Indonesia.

Menurut Widya, tantangan terbesar dalam perkejaan justru diri sendiri. Bagaimana memicu diri untuk mencapai mimpi. Astro Wicara episode ini juga membahas perubahan yang terjadi pada Plenatrium Jakarta yang saat ini beralih di bawah Dinas Pariwisata dan harapan Widya terkait astronomi di masa depan.

Show notes:

Widya Sawitar: Sosok di Balik Corong Suara Sains Astronomi
Menggali Kekayaan Astronomi Dalam Kearifan Lokal
Selayang Pandang Pranata Mangsa
Pleiades: Mitologi dan Signifikansinya dalam Budaya Jawa
Komet van Java: Lintang Kemukus dan Legenda Keris Pusaka Majapahit
Arkeoastronomi, Keagungan Peradaban Manusia
Mengulik Teka Teki Candi Borobudur
Obituari Suhardja D. Wiramihardja (1945 – 2017): “Pemilik” Kompleks Orion yang Humoris
Astronomi dalam Pertanian Kasepuhan 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis komentar dan diskusi...