Beranda » Dofida & Noifasui, Nama dari Nias di Angkasa

Dofida & Noifasui, Nama dari Nias di Angkasa

17 Desember 2019 merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, saat nama Nusantara secara resmi disematkan pada bintang dan planet di sistem HD 117618 di rasi Centaurus!

Dofida dan Noifasui menjadi nama baru bagi sistem HD 117618.

Nama dari bahasa Nias inilah yang dipilih sebagai nama populer bintang dan planet pada sistem HD 117618. Dofida disematkan sebagai nama populer dari bintang HD 117618, sedangkan Noifasui sebagai nama populer dari planet HD 117618b yang mengitari bintang induknya.

Nama Dofida dan Noifasui diusulkan oleh Modesta Telaumbanua dari Nias, Sumatera Utara, dengan harapan agar seluruh manusia dapat terus menyaksikan cahaya bintang ini di langit malam. Meskipun tentu saja, untuk melihat bintang Dofida diperlukan teleskop karena kecerlangan bintang ini termasuk redup untuk bisa dilihat dengan mata tanpa alat.

Dofida dan Noifasui mengangkat tema istilah dan frasa terkait bintang dan planet serta kondisi fisiknya dalam bahasa Nias yang banyak digunakan di Pulau Nias dan Pulau Batu di bagian timur laut Indonesia.

Bintang Dofida berasal dari gabungan kata “dofi”, yang berarti bintang, dan “da”, yang berarti kita. Jadi, Dofida bermakna bintang kita. Sedangkan planet Noifasui berasal dari gabungan kata “ifasui”, yang berarti mengelilingi, dan “no”, yang berarti telah dan terus terjadi sampai saat ini. Dengan demikian, bisa dimaknai bahwa dalam sistem keplanetan ini, planet Noifasui mengelilingi bintang kita, Dofida.

“Noifasui” berarti planet yang telah mengelilingi bintang “Dofida” dan bermakna melindungi dan memberi damai serta sebagai kenangan untuk merayakan pencapaian astronomi dalam 100 tahun terakhir dengan ribuan bintang dan planet telah ditemukan. Bahkan bagi masyarakat global yang ingin menikmati kelimpahan cahaya bintang “Dofida”  akan disambut di Indonesia dengan segala kemewahan budaya Nusantara. (Modesta Telaumbanua – Pengusul Nama Sistem HD 117618)

Dofida dan Noifasui dipilih oleh IAU dari 3 pasang kandidat yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Dua kandidat lainnya, Cenderawasih – Cendana dan Komodo – Tengkawang tidak berhasil menjadi nama terpilih, meskipun dari pemungutan suara, Cenderawasih – Cendana memeroleh suara terbanyak. Meskipun demikian, kedua kandidat ini juga mengusung tema menarik yang berasal dari flora dan fauna khas di Indonesia.

Kekayaan Budaya

Dari 251 pasang nama yang diusulkan oleh masyarakat Indonesia, setiap nama memiliki keunikan tersendiri. Nama-nama yang diusulkan memiliki kekhasan yang memperlihatkan kekayaan flora, fauna, dan juga budaya Indonesia. Terpilihnya pasangan Dofida dan Noifasui secara tidak langsung memperlihatkan kekayaan bahasa di Indonesia.

Menurut Ivan Lanin, Pendiri LinguaBahasa, “Indonesia terbentuk dari ratusan bahasa daerah. Sampai tahun 2019, Badan Bahasa telah mengidentifikasi 718 bahasa daerah. Itu adalah kekayaan kita. Itu yang membuat para pendiri negara kita tidak mengikrarkan berbahasa satu, tetapi menjunjung bahasa persatuan. Mereka mengakui kebinekaan bahasa kita di tengah keperluan satu identitas pemersatu. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana melestarikan bahasa-bahasa tersebut. Satu-satunya cara untuk melestarikan bahasa adalah dengan memakainya. Komunitas Wikipedia telah mencoba melakukan itu dengan membuat dua belas Wikipedia dalam bahasa yang dipertuturkan di Indonesia. Bahasa daerah dipakai untuk menguraikan konsep-konsep modern di Wikipedia.”

Penggunaan kosakata bahasa daerah sebagai nama bintang dan planet juga merupakan cara untuk melestarikan bahasa daerah. Penggunaan ini juga membantu menunjukkan kepada dunia tentang keberadaan bahasa itu. Kebanggaan terhadap bahasa daerah juga dapat ditingkatkan. Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Itulah trigatra bahasa di Indonesia. (Ivan Lanin – Pendiri LinguaBahasa)

Bahasa Nias atau Li Niha adalah bahasa dari rumpun astronesia yang dipergunakan oleh penduduk di Kepulauan Nias dan Batu. Berdasarkan hasil sensus tahun 2000, Bahasa Nias masih digunakan oleh ~800.000 penduduk di Sumatera Utara atau sekitar 0,31% penduduk Indonesia. Penetapan nama bintang dan planet dari Bahasa Nias sekaligus membuka ruang untuk bertanya dan mengenal kebudayaan Nias lebih jauh lagi.

Sekilas Bintang Dofida dan Planet Noifasui

Bintang Dofida dan Planet Noifasui yang disematkan pada sistem bintang HD 117618 merupakan pasangan bintang dan planet yang berada di rasi Centaurus.  Dofida adalah bintang katai kuning serupa Matahari dengan massa dan diameter yang tidak berbeda jauh dari Matahari bintang di Tata Surya, yakni 10 persen lebih masif dari Matahari dan 17 persen lebih besar dari Matahari. Temperaturnya juga tidak jauh berbeda dari Matahari yakni 6019 K, sedangkan Matahari 5778 K.

Pada tahun 2005, para astronom mengumumkan ditemukannya sebuah planet gas raksasa kecil yang mengitari bintang Dofida. Planet yang diberi nomenklatur HD 117618b ini ditemukan lewat pengamatan kecepatan radial dengan Teleskop Anglo-Australian 3,9 meter di Observatorium Anglo-Australian program Anglo-Australian Planet Search. Planet Noifasui ini massanya hanya 1/5 massa Jupiter dan mengitari bintang Dofida setiap 25,8 hari. Jaraknya ke bintang pun sangat dekat hanya 0,17 AU atau 26,4 juta km. Lebih dekat dibanding jarak Merkurius ke Matahari.