Beranda » Fenomena Langit Bulan Desember 2019

Fenomena Langit Bulan Desember 2019

Di penghujung 2019, planet-planet mulai menghilang dari pandangan. Hujan meteor Geminid dan Ursid masih menjadi atraksi menarik, tapi bintangnya adalah Gerhana Matahari Cincin setelah Natal 2019!

Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 di Lampung. Foto: Jeff teng

Merkurius & Mars. Duo planet ini bisa diamati sebelum fajar menyingsing. Merkurius yang bergerak dari Libra menuju Ophiuchus dan Sagittarius, bisa diamati sampai pertengahan Desember sebelum menghilang di balik terangnya Matahari.

Sementara itu, Mars si planet merah bisa diamati selama bulan Desember.  Mars yang tampak bergerak dari Virgo ke Libra akan berpapasan dengan Bulan jelang malam Natal.

Venus, Jupiter & Saturnus. Ketiga planet ini masih bisa diamati setelah Matahari terbenam di horison barat. Venus, si bintang Kejora, terus menanjak naik di ufuk barat dan bisa diamati sepanjang Desember. Jelang akhir Desember, Venus yang tampak bergerak dari Sagittarius ke Capricornus berpapasan dekat dengan Bulan.

Kalau Venus bisa diamati selama Desember,  Jupiter dan Saturnus yang berada di Sagittarius justru perlahan pamit dari langit malam. Kedua planet raksasa ini terus turun mengejar Matahari. Jupiter hanya bisa diamati sampai pertengahan Desember, sementara Saturnus masih bisa teramati sampai akhir bulan meski posisinya sudah cukup rendah di ufuk barat.

Uranus & Neptunus. Planet es raksasa ini terlalu redup untuk diamati dengan mata tanpa alat. Siapkan teleskop jika ingin melihat kedua planet es tersebut. Selama bulan Desember, Uranus dan Neptunus bisa diamati sejak Matahari terbenam sampai lewat tengah malam. Uranus bisa ditemukan di Aries, sedangkan Neptunus di rasi Aquarius.

Fase Bulan selama bulan Desember 2019. Kredit: Fajar Ariadi / langitselatan

4 Desember. Bulan Perbani Awal. Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam. Para pengamat langit bisa menikmati langit bebas cahaya Bulan mulai tengah malam sampai jelang dini hari.

5 Desember.  Bulan di titik apogee. Bulan mencapai jarak dari Bumi pada jarak 404.446 km

12 Desember. Bulan Purnama. Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar tiba. Kesempatan baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya. Setelah fase purnama, Bulan secara perlahan akan bergeser waktu terbitnya semakin malam.

19 Desember. Bulan Perbani Akhir. Bulan terbit tengah malam dan terbenam siang hari. Bulan tampak dari tengah malam sampai jelang fajar.

19 Desember. Bulan di perigee. Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 370.265 km.

26 Desember. Bulan Baru. Waktunya pengamatan. Langit akan gelap tanpa cahaya Bulan. Saat yang tepat untuk melakukan astrofotografi Deep Sky atau Bima Sakti. Pada saat ini, Bulan terbit hampir bersamaan dengan terbitnya Matahari. Jadi Bulan dan Matahari akan tampak sepanjang hari. Pengamat bisa menikmati planet-planet tanpa gangguan cahaya Bulan.

Pada saat Bulan Baru 26 Desember, terjadi Gerhana Matahari Cincin karena Bulan berada tepat segaris di antara Bumi dan Matahari.

13 – 14 Desember – Hujan Meteor Geminid

Puncak hujan meteor Geminid 13-14 Desember 2019 pukul 21:30 WIB. Kredit: Star Walk

Hujan meteor Geminid akan menjadi penutup rangkaian hujan meteor tahunan selama 2019. Geminid memang merupakan atraksi menarik di langit malam dengan 120 meteor per jam pada saat mencapai maksimum.

Hujan meteor yang tampak datang dari rasi kembar Gemini ini berlangsung dari tanggal 4 — 17 Desember dngan intensitas maksimum akan terjadi tanggal 14 Desember. Hujan meteor Geminid yang melaju dengan kecepatan 35 km/detik, bisa dinikmati kehadirannya setelah rasi Gemini terbit antara pukul 20.00 WIB. Bulan Cembung besar yang terbit beriringan dengan arah datang Geminid akan menjadi sumber polusi cahaya alami di langit sehingga tidak mudah bagi pengamat untuk melakukan pengamatan.