Di Rasi Bintang Apa Matahari Berada?

Sebenarnya matahari itu terletak di rasi bintang mana? Kalau ada apa nama rasi bintangnya? Terima kasih sudah melihat pertanyaan saya

Berliana Cahyani Rizal – Surabaya

Singkatnya, Matahari tidak berada di satu rasi bintang tertentu.

Yang pertama perlu dipahami adalah, apa itu rasi bintang?

Ketika kamu melihat taburan bintang di langit malam yang gelap, dapatkah kamu mengenali bintang yang sama yang kamu lihat sekarang dan saat kamu lihat lagi beberapa hari, beberapa bulan atau bahkan setahun kemudian?

Mirip ketika kamu berlayar, bagaimana kamu bisa mengenali pulau yang pernah kamu singgahi?
Peta! Dengan melihat peta kita bisa mengetahui posisi suatu tempat. Nah, mirip dengan peta yang kita punya untuk lokasi di Bumi, para pengamat langit juga membuat peta untuk mengenali bintang-bintang yang mereka lihat setiap malam.

Di masa lalu, untuk mempermudah para pengamat langit mengenali benda yang dilihat, mereka mengelompokkan bintang-bintang itu dalam suatu pola atau bentuk. Caranya, mereka membuat garis khayal antar titik-titik bintang di langit dan membentuk gambaran tertentu, seperti gambaran wujud para dewa, benda, atau juga hewan. Kelompok bintang-bintang yang membentuk bayangan suatu benda, tokoh ataupun hewan inilah yang kemudian kita kenal sebagai rasi bintang.

constellations
88 Rasi bintang di langit malam. Kredit: Go Astronomy

Jadi singkatnya, rasi bintang merupakan pola imajiner dari bintang-bintang yang menyerupai sesuatu agar mudah dikenali oleh pengamat.

Pola inilah yang kemudian dibuat menjadi bagian dari peta langit dengan tujuan mempermudah pengamat. Tapi bentuk rasi itu ada banyak. Setiap daerah atau negara punya interpretasi sendiri akan bentuk rasi bintang. Misalnya di Eropa orang mengenal rasi Salib Selatan. Di Indonesia bintang-bintang yang sama dibuat pola imajinasinya sebagai rasi layang-layang. Karena itu, Asosiasi Astronomi Internasional membagi langit berdasarkan 88 konstelasi modern yang dikenal hingga kini.

Tapi perlu diingat, bintang-bintang dalam suatu rasi sebenarnya tidak terletak berdekatan seperti yang kita lihat dari bumi. Satu bintang dengan bintang lainnya dalam suatu rasi dapat terpisah jutaan tahun cahaya dan sebenarnya tidak punya urusan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena jarak kita di bumi dengan bintang-bintang tersebut sangat jauh, bintang-bintang tersebut tampak berdekatan dilihat dari bumi.

Nah, dimana Matahari kita? Apakah ia berada di salah satu rasi bintang?

Ternyata tidak. Matahari tidak ada di dalam rasi bintang secara khusus.

Singkatnya, rasi bintang dibuat berdasarkan bintang-bintang yang dilihat oleh pengamat saat mengamati bintang di malam hari. Artinya tidak ada Matahari di antara bintang-bintang tersebut. Jadi Matahari tidak ada di dalam rasi bintang.

Tapi mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh pergerakan Bumi mengelilingi Matahari.

Bumi mengelilingi Matahari. Kredit: Solar Walk
Bumi mengelilingi Matahari. Kredit: Solar Walk
Matahari tampak bergerak terhadapa bintang latar belakang saat Bumi bergerak mengelilingi Matahari. Kredit: Tfr000 (talk) / Wikimedia

Saat Bumi bergerak mengelilingi Matahari, tentunya posisi Bumi berubah terhadap Matahari. Akibatnya, posisi bintang – bintang di latar belakang juga berubah seiring perubahan posisi Bumi.

Atau dengan kata lain, ketika Bumi bergerak mengelilingi Matahari, maka Matahari tampak bergerak dan berpindah-pindah relatif terhadap bintang lainnya. Jadi, sepanjang tahun, Matahari tidak seperti bintang lain yang selalu berada pada lokasi rasi bintang yang sama. Matahari justru tampak bergerak berpindah-pindah dari satu rasi bintang ke rasi bintang lainnya, di sepanjang garis ekliptika.

Garis ekliptika merupakan garis khayal di langit yang menandai lintasan Matahari dalam satu tahun. Karena itu, tidak semua rasi bintang dilintasi Matahari di sepanjang tahun. Hanya rasi bintang yang ada di sepanjang garis ekliptika yang kita kenal sebagai zodiak, yang dilintasi Matahari.

Konstelasi Zodiak, 13 rasi bintang yang dilintasi Matahari di ekliptika. Kredit: Solar Walk
Konstelasi Zodiak, 13 rasi bintang yang dilintasi Matahari di ekliptika. Kredit: Solar Walk

Rasi bintang yang masuk dalam zodiak ini ada 13 yakni: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpius, Ophiuchus, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan Matahari sedang berada di rasi Leo pada bulan Agustus, dan di bulan September nanti Matahari justru sedang menyambangi rasi gadis cantik Virgo. Dan di bulan November Matahari justru sedang berada di rasi Scorpius si Kalajengking.

Karena itu… Matahari tidak menjadi bagian khusus dari rasi bintang manapun.

Tapi, kalau suatu hari kelak kamu bisa pindah ke exoplanet di bintang lain, misalnya ke Proxima b, maka kamu justru akan melihat Matahari sebagai bagian dari bintang latar belakang. Kali ini giliran Proxima Centauri yang tidak masuk dalam rasi manapun dan Matahari akan ada di salah satu rasi bintang yang kamu buat.

[divider_line]

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS!

Ditulis oleh

Pengembara Angkasa

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.