Dan Lukisan Langit Pun Berubah

Do you know, di kubah langit bintang tidak diam saja? Ini bukan soal terbit-tenggelam atau rasi apa dilihat pada bulan apa. Pernah membayangkan atau bertanya-tanya apakah neneknya neneknya neneknya … nenekmu melihat rasi Leo Sang Singa, misalnya, sama persis dengan apa yang kita lihat pada zaman sekarang?

Rasi Leo saat 100000 SM dan sekarang.

Para astronom zaman dulu sudah bisa membedakan mana “bintang tetap” mana “bintang pengembara” (planet). Planet tampak oleh mereka bergerak di antara bintang-bintang dari rasi ke rasi. Seandainya malam ini kamu melihat planet Jupiter di sebelah Barat rasi Scorpio, beberapa malam kemudian dia akan berada di Timurnya.

Bagaimana dengan bintang? Menurut catatan kuno dua abad yang lalu, bintang-bintang di rasi Scorpio juga membentuk “gambaran” kalajengking seperti yang kita lihat sekarang. Sebenarnya bintang juga bergerak. Namun, karena begitu jauh jaraknya dari kita, pergerakan itu hampir tak teramati. Setelah ratusan ribu tahun akibat pergerakannya itu baru kelihatan. Laju perubahan itulah yang disebut gerak diri (proper motion) bintang.

Konsep yang lumayan rumit? OK, begini, bintang-bintang di Galaksi Bima Sakti ini rata-rata bergerak dengan kecepatan 10 km per detik atau 36.000 km per jam. Wow! Cepat sekali! Tapi, pertanyaannya adalah bisakah kita melihat gerakan ini dalam satu malam? Dengan kecepatan sebesar itu, dalam waktu satu jam bintang menempuh jarak 36.000 km. Andaikan bintang itu adalah Proxima Centauri, bintang yang terdekat dengan Matahari, yang berjarak 100 triliun kilometer. Jarak sudut bintang (pergeseran posisi bintang di langit) itu, katakanlah a, adalah sebesar 57,3 x (pergeseran sesungguhnya/jarak) = 57,3 (36.000 km / 100 triliun km). Seperseratus juta derajat atau sekitar sepersejuta detik busur! Sudut yang sangat kecil! Hanya dalam hitungan puluhan tahun perubahan itu baru akan teramati.

Gerak proper bintang pada bidang langit

Para astronom menyatakan laju perubahan sudut ini dalam satuan detik busur per tahun (“/tahun). Bintang Barnard adalah bintang yang memiliki gerak diri paling besar, yaitu 10,25 “/tahun (dalam waktu 180 tahun bintang ini bergeser selebar bentangan bulan purnama).

Umumnya bintang-bintang mempunyai gerak sejati hanya 0,1 “/tahun. Setelah 20 atau 50 tahun perubahan posisinya baru teramati dan gerak dirinya bisa dihitung. Caranya? Dengan membandingkan dua foto daerah langit yang sama dengan pengambilan berselang waktu setidaknya selama 20 tahun. Itu pun baru pergeseran yang tampaknya tidak berarti kalau yang dibayangkan adalah perubahan bentuk suatu rasi.

Seandainya dihitung untuk katakanlah misalnya sejuta tahun yang lalu atau sejuta tahun yang akan datang? Manusia tentunya tidak bisa menunggu selama itu. Dengan simulasi komputer, bentuk rasi, misalnya rasi Beruang Besar (Ursa Mayor), bisa dilihat mundur ke masa lalu, ke zaman ratusan, ribuan, ratusan ribu tahun yang lalu. Hasilnya memperlihatkan penampakan yang sama sekali berbeda. Dia tak lagi layak mendapatkan nama Beruang Besar. Pada waktu itu bentuknya mirip lembing. Seandainya kita punya mesin waktu yang melemparkan kita ke zaman antah berantah, lalu kita melihat rasi yang seperti itu, kita bisa memperkirakan kita berada pada zaman apa, yaitu masa Pleistocene Pertengahan.

Perubahan posisi bintang dalam rasi Ursa Majoris atau Rasi Beruang Besar dari tahun 100000 SM - 100000 M

Dalam heningnya malam ini mengamati langit, duduk diam sambil memejamkan mata, membayangkan bintang-bintang di kubah langit atas sana, bergerak membentuk gambaran yang sama sekali berbeda dengan yang selama ini kita kenal…

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

13 thoughts on “Dan Lukisan Langit Pun Berubah

  1. bagaimana mengetahui bintang mana yang menunjukan arah.atau
    bagaimana cara mengetahui arah dengan melihat bintANG

  2. caranya dengan mempelajari posisi bintang2 tersebut. Pengamatan akan posisi bintang yg kemudian dipetakan memberi kita petunjuk arah dari tiap bintang tersebut.

  3. Dalam sepinya malam, duduk bingung sambil termenung, apa bukti nyata dari hasil lukisan pengamatan Ursa Major diatas ?:?

  4. jika bintang juga berpindah tempat, lalu bagaimana dengan black hole? apa yang membuatnya(black hole) begitu?

  5. Saya jadi teringat waktu saya berusia 8-9 thn, saya bela-belain tidur tengah malam sekitar jam 1-3 malam hanya untuk duduk di teras rumah memandang Indahnya malam bersama bintang2 yg bersinar….
    Saya senang sekali menggambar bintang2 seperti yg ada di atas dgn banyak garisan yg menarik di sana-sini…menjadi sebuah bentuk yg menakjubkan….

  6. aq seneng banget liat – liat bintang di langit. aq pengen belajar tentang bintang. tapi sayang banget, jurusan skolahqu gag memenuhi. aq skolah di bidang IT. aq pengen banget bisa tahu banyak tentang bintang. aq pengen dibimbing amah mbak” mas” yang uda hebat di bidang astronomi untuk bisa lebih mengenal tentang bintang. ma’aci. >.<

  7. Saya adalah penggemar langit dulu sekarang dan selamanya. Pasti menyenangkan sekali ya bisa tahu banyak hal tentang alam semesta ini. Sewaktu kecil sampai sekarang kalo lihat langit malam hari yang tanpa awan pasti serasa gimana gitu. Apalagi manyadari betapa maha dasyatnya alam semesta ini. Salam kenal

    1. bintang terang yang terbit di tenggara jam 3-an wib akhir2 ini.

      ngomong2 dari mana ya angka 4,74 itu muncul?

  8. aq rindu saat aq kecil,habis enak liat bintang.aq tuh blm knl namanya rasi bintang.Saat tau tuh aq langsung bk internet nyari tau tentang rasi bintang

  9. sy punya teka teki / pertanyaan yg blom terjaawab oleh sy sendiri jg org lain. mungkin dsini tempatnya sy bertanya.
    ada satu rasi bintang yg sy sendiri lupa namanya, tp bisa sy sebutkan ciri-cirinya:
    Rasi Bintang berbentuk seperti layangan yg mempunyai ekor mengarah k selatan, punya 3 bintang yg besar dlm satu garis (bag timur).
    sy perhatikan bintang tersebut slalu berubah baik posisi maupun jam terbitnya scara berkala 3 sampai 4 bulan. pengamatan sy ini scara random saja, artinya tidak punya jadwal tetap dlm mengamati rasi bintang khususnya bintang ini..
    pertanyaannya:
    1. Betulkah pengamatan sy itu??
    2. mengapa cuma bintang itu saja yg bereposisi baik waktu & tempat???

Tulis komentar dan diskusi...