Space Scoop, Berita Astronomi Untuk Anak

Apakah kamu penggemar Space Scoop yang ada di langitselatan? Kami punya kabar gembira untukmu. Selain di langitselatan, Space Scoop yang selama ini bisa dibaca juga di situs UNAWE sudah memiliki situsnya sendiri. Yang menarik, situs Space Scoop menyajikan seluruh beritanya dalam berbagai bahasa yang berbeda. Salah satunya dalam Bahasa Indonesia yang merupakan hasil kerja sama dengan tim langitselatan yang merupakan salah satu mitra dan kontak dari UNAWE di Indonesia.

spacescoopSpace Scoop, merupakan berita terbaru dari dunia astronomi yang disajikan untuk anak. Selain berita, Space Scoop juga menyertakan foto terbaru dari antariksa yang akan membuat para pembaca khususnya anak-anak terpesona. Berita yang disajikan, disediakan langsung oleh lembaga antariksa dunia dan berbagai institut astronomi yang tersebar di berbagai negara. Tujuannya, anak pun bisa menikmati berita terbaru dari dunia astronomi tanpa ada penundaan.

Dengan Space Scoop, anak-anak di seluruh dunia dapat memenuhi keingintahuan mereka tentang alam semesta, mengilhami mereka untuk menikmati dunia sains dan membangun ketertarikan anak untuk belajar.

Untuk menyediakan berita Space Scoop, Universe Awareness dan Space Awareness bekerja sama dengan European Southern Observatory (ESO), NASA Chandra X-Ray Observatory, European Space Agency (ESA) dan National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ). Untuk dapat menjangkau seluruh pembaca di dunia, Space Scoop dialihbahasakan dalam 22 bahasa meliputi:  Bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Czech, Farsi, Yunani, Indonesia,  Islandia, Jepang, Jerman, Korea, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Sinhala, Slovenia, Spanyol, Swahili, Tamil dan Turki. Untuk edisi Bahasa Indonesia, tim langitselatan yang terdiri dari Ratna Satyaningsih, Avivah Yamani, dan Maria M. Lubis menjadi penerjemah yang mengalihbahasakan seluruh artikel untuk dapat dibaca anak-anak Indonesia. Space Scoop yang sudah dialihbahasakan dipublikasikan di situs langitselatan dan Space Scoop.

Selain artikel untuk anak, situs Space Scoop juga menyediakan glosarium istilah antariksa dengan definisinya. Kamu juga bisa menemukan galeri foto yang indah dari luar angkasa maupun topik menarik dan unik di situs baru ini. Para guru dan pendidik juga bisa menggunakan Space Scoop untuk keperluan mengajar atau bisa dijadikan cerita pengantar dan dongeng untuk siswa. Bersama Space Scoop, para siswa dapat mengeksplorasi alam semesta dan mempelajari sains, teknologi maupun sejarah.

Space Scoop dalam Bahasa Indonesia tersedia dalam bentuk artikel yang bisa dibaca di situs Space Scoop bahasa Indonesia atau di situs langitselatan dengan kategori Space Scoop. Selain artikel, Space Scoop dalam bahasa Inggris juga tersedia dalam bentuk podcast yang bisa diunduh dan didengar di http://365DaysOfAstronomy.org. Dan jika kamu ingin membaca Space Scoop dari gawai kesayanganmu, kamu bisa memperolehnya di Google Play store.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...