Beranda » Koran Space Scoop: Berita Antariksa dalam Genggaman

Koran Space Scoop: Berita Antariksa dalam Genggaman

Telah tersedia edisi perdana koran Space Scoop, segmen berita antariksa yang dirancang khusus untuk anak.

Astronomi memang selalu memikat banyak orang. Langit malam bertabur bintang, foto berbagai objek langit yang indah dan memukau tidak saja mengundang decak kagum semua orang. Rasa ingin tahu pun ikut membuncah. Apa yang terjadi di alam semesta? Sebesar apakah alam semesta? Pertanyaan-pertanyaan ini kerap kali muncul dan ditanyakan oleh anak.

Space Scoop, proyek ini diiinisiasi oleh Universe Awareness pada tahun 2011 untuk menyediakan berita astronomi dalam bahasa sederhana untuk anak. Selama ini, warta antariksa tersebut bisa dibaca di situs UNAWE dan langitselatan. Tahun ini, Space Scoop tidak hanya tersedia dalam bentuk artikel pendek di internet.

Bagi orang dewasa, menemukan berita terbaru astronomi memang lebih mudah. Ada beragam situs berita yang siap menyajikan kisah-kisah penemuan dari alam semesta dalam berbagai bahasa. Tidak hanya situs berita daring. Berita astronomi juga bisa ditemukan pada siaran radio maupun televisi. Tapi, seringkali bahasanya tidak mudah dipahami oleh anak.

Selama tujuh tahun, Space Scoop berperan aktif menyediakan berita-berita astronomi untuk anak dalam bahasa yang mudah dipahami anak. Meskipun demikian, berapapun usiamu, kamu bisa ikut membaca segmen ini.

Berbagi penemuan terbaru dari alam semesta merupakan salah satu cara efektif untuk menginspirasi publik, termasuk anak-anak. Yang jadi pertanyaan memang bukan bagaimana berita astronomi bisa menginspirasi anak, melainkan bagaimana mewartakan berbagai kisah ini untuk anak.

Untuk itulah Space Scoop hadir sebagai berita mingguan untuk anak usia di atas 8 tahun. Segmen ini memuat berbagai penemuan terbaru dari 13 organisasi astronomi di sleuruh dunia. Sejak tahun 2011, sudah lebih dari 350 kisah yang dirilis dalam 40 bahasa di situs khusus. Space Scoop juga tersedia dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan oleh langitselatan. Untuk edisi bahasa Indonesia, bisa dibaca di situs Space Scoop maupun langitselatan.

Space Scoop memuat berbagai topik dalam astronomi, mulai dari exoplanet sampak reionisasi kosmis, dengan bahasan yang mudah dan menyenangkan. Setelah tujuh tahun, koran Space Scoop diterbitkan dengan memuat kompilasi 12 cerita menarik dari dunia astronomi selama 5 tahun terakhir.

Unduh dan cetak koran Space Scoop untuk dibagikan atau bisa juga dibacakan untuk anak. Keduabelas kisah dalam koran Space Scoop akan memperlihatkan bagaimana lubang hitam makan, resep kehidupan, atau bertualang ke tepi Alam Semesta!

Unduh  Koran Space Scoop Edisi Bahasa Indonesia di langitselatan.

koran space scoop