Merayakan Artikel Space Scoop ke-100

Hari ini merupakan hari yang istimewa untuk Universe Awareness (UNAWE) yang dengan bangga mengumumkan perayaan khusus untuk layanan berita anak-anak dengan terbitan hari ini: Perubahan Ekstrim, sebagai Space Scoop yang ke 100!

kredit : UNAWE

Bagi para pekerja belakang layar Space Scoop, kesempatan ini digunakan untuk merefleksi kembali seluruh cerita yang sudah diterbitkan. “Cerita favorit saya masih Masa Lalu Alam Semesta Yang Suram” kata Sarah Reed, Editor Sains EU-UNAWE sebelumnya. “Kalian bisa membayangkan reaksi awal saya ketika harus menulis tentang era ionisasi untuk anak-anak berusia 8 tahun. Tapi justru sulitnya itu yang membuat cerita ini jadi spesial untuk saya. Ini menjadi tantangan yang sangat berarti untuk bisa membagi berita astronomi terbaru dengan anak-anak, tidak peduli bagaimana sulitnya topik itu.”

Sejak pertama dirilis bulan Februari 2011 berkolaborasi dengan European Southern Observatory, Space Scoop ternyata menarik perhatian organisasi partner lainnya seperti : Netherlands Institute for Radio Astronomy (ASTRON), Chandra X-ray Observatory NASA, Dutch Research School for Astronomy (NOVA), EuroplanetRoyal Astronomical Society (RAS),   South African Astronomical Observatory (SAAO) dan European Space Agency (ESA).

Dengan bertambahnya pertnet, maka keluarga Space Scoop juga semakin bertambah dan artikel pun semakin banyak. Tapi tim inti yang melakukan proses pemeriksaan dan telaah materi terus berusaha mempertahankan kualitas agar tidak turun. “Ini tantangan bagi saya untuk bisa membuat Space Scoop yang menyenangkan sekaligus menjadi bahan edukasi yang efektif.” kata Natalie Fischer dari EU-UNAWE Jerman yang melakukan tinjauan edukasi untuk materi Space Scoop. Tapi katanya lagi, “Setiap kali saya mendiskusikan Space Scoop baru dengan anak-anak di kelas dan melihat mata mereka membelalak takjub maka saya tahu, kita berhasil !”

Untuk menandai peringatan khusus ini, EU-UNAWE menerbitkan materi untuk dilakukan di kelas yang dinamai Dongeng Space Scoop, yang menggunakan cerita baru sebagai acuan untuk membuat tulisan kreatif dan menggambar. Aktifitas ini juga dibuat untuk memperkenalkan jurnalisme sains pada anak sehingga bisa membuka wawasan mereka mengenai karir dalam sains.

Space Scoop juga bisa menjadi materi edukasi untuk digunakan di luar ruangan seperti yang dilakukan oleh Universe Awareness Romania. Tim Universe Awareness Romania membuat pameran awal minggu ini dengan judul Space Scoop – Apa yang baru di alam semesta? Pameran berlangsung sampai dengan 9 November 2012.

UNAWE juga akan menerbitkan buku Space Scoop awal tahun depan. Selain itu, artikel tentang pengalaman yang bisa diambil dari Space Scoop dalam hal menulis untuk anak akan dimasukkan dalam edisi terbaru jurnal Communicating Astronomy with the Public  yang akan tebrit akhir November 2012.
Komentar dari Komunitas UNAWE

Amelia Ortiz-Gil, Spanyol
“Kami [di Universitat de València] biasanya menerima kunjungan sekolah tiga kali seminggu. Dengan adanya Space Scoop, kami bisa berbagi penemuan terbaru di astronomi dengan anak-anak dan bercerita pada mereka tentang berbagai hal yang masih belum kita kertahui dan mereka inilah yang akan menjadi generasi penemu berikutnya.”

Mponda Malozo, Tanzania
“Sebagian guru dan anak-anak tidak pernah memiliki kesempatan untuk membuat sebuah koneksi antara apa yang mereka ajarkan dan apa yang mereka lihat di dunia nyata. Space Scoop-lah yang menjadi peghubung di antara keduanya, dalam bahasa yang mudah dipahami.”

Avivah Yamani, Indonesia
“Kami menerbitkan Space Scoop di Majalah Astronomi di Indonesia dengan tujuan untuk memperkenalkan astronomi pada anak. Selain itu kami juga mempublikasikan Space Scoop di situs web kami. Dan beberapa artikel di antaranya kami gunakan untuk dijadikan cerita dalam berbagai kegiatan perngenalan astronomi di masyarakat.”

Space Scoop pertama kali dibuat sebagai layanan berita untuk anak berusia di atas 8 tahun. Ide awalnya adalah untuk mengubah cara penyampaian sains ke anak yang biasanya tampak seperti materi yang sudah usang dan membosankan. Dengan berbagi cerita menarik tentang penemuan terbaru di astronomi, kita bisa menginspirasi anak untuk membangun ketertarikannya pada sains dan teknologi. Space Scoop menjadi bahan ajar yang bagus untuk digunakan dalam pengajaran dan diskusi berita terbaru astronomi di kelas.

Catatan : Sejak 2011, langitselatan turut ambil bagian untuk menyadur Space Scoop dalam Bahasa Indonesia yang dipublikasikan di web LS dan juga di web UNAWE.

Sumber: Rilis Space Scoop UNAWE

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.