Pemungutan Suara NameExoWorlds Sudah Dibuka!

Kontes penamaan Exoplanet akhirnya memasuki tahap akhir!

Pemungutan suara oleh masyarakat sudah mulai dilakukan untuk memilih nama dunia Exoplanet baru dari nama-nama kandidat yang ada. Masyarakat diperkenankan untuk memilih nama 20 sistem keplanetan yang terdiri dari 15 bintang dan 32 exoplanet.

nameexoworldThis is a screenshot of the voting page http://nameexoworlds.iau.org/exoworldsvote

Penamaan obyek langit sudah dilakukan ribuan tahun oleh masyarakat dengan interpretasi yang berbeda-beda. Setiap nama di setiap budaya memiliki perbedaan dan keunikannya sendiri. Agar tidak terjadi kerancuan maka penamaan resmi hanya dilakukan melalui International Astronomical Union (IAU). Kontes penamaan Exoplanet dilaksanakan untuk memberi kesempatan pada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses penamaan benda langit dalam hal ini bintang dan planet yang mengitari bintang tersebut.

Tercatat 247 proposal penamaan planet diajukan dari berbagai klub astronomi dan organisasi non profit dari 45 negara untuk penamaan 20 sistem keplanetan. Pemungutan suara dapat dilakukan lewat situs NameExoWorlds. Daftar lengkap ExoWorlds yang terdiri dari sistem tunggal maupun sistem multi planet dapat dilihat di situs ExoWorlds. Nama – nama baru dari sistem exoplanet sudah dapat dipilih sekarang oleh masyarakat. Dari ke-20 sistem, ada 5 bintang yang tidak akan diberi nama baru karena sudah memiliki nama sebelumnya.

exoworldPenjelasan nama dari ke-20 bintang induk di setiap planet beserta pesan dari para penemunya dapat dibaca di laman ini. Untuk bisa melakukan pemungutan suara, tidak dibutuhkan pendaftaran terlebih dahulu.  Pemungutan suara untuk setiap alat (komputer atau telpon pintar) hanya bisa dilakukan sekali untuk setiap sistem. Instruksi pemungutan suara dapat dilihat di sini.

Untuk klub dan organisasi non profit yang berhasil memenangkan pengajuan nama ExoWorld akan menerima plakat dan dapat mengajukan nama untuk planet minor (disesuaikan dengan aturan penamaan planet minor).

Pemungutan suara sudah dapat dilakukan sekarang sampai dengan 31 Oktober jam 23:59 UTC atau 06:59 WIB atau 07:59 WITA atau 08:59 WIT. Kunjungi laman ini untuk melakukan pemungutan suara.

Selamat Memilih!

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...