Kartu Top Trumps Bintang

Jika kamu bermain kartu Top Trumps tentang berbagai tipe bintang di alam semesta, maka kamu tentu akan menginginkan karti bergambar bintang Hiper Raksasa Kuning ini ada padamu. Apa istimewanya?

Bintang Hiper Raksasa Kuning yang langka. kredit : ESO/E. Lagadec

Lihatlah sejenak pada statistik bintang yang tampak pada gambar tersebut. Ia lebih berat 20 kali, 1000 kali lebih besar dan bersinar 500000 kali lebih terang dari Matahari! Maka kalau kamu mendapatkan kartu bintang seperti ini maka kamu akan beruntung. Karena, bintang Hiper Raksasa Kuning ini merupakan bintang yang sangat langka.

Mari kita lihat leibih dekat pada ukuran bintang Hiper Raksasa Kuning yang sedang diceritakan disini: Jika kamu menggantikan Matahari dengan bintang ini, apa yang terjadi ?

Bumi akan berada di dalam bintang Hiper Raksasa Kuning dan planet Jupiter akan berada tepat di depan wajah bintang tersebut! Sementara itu, cangkang debu dan gas yang tampak di foto sebagai cincin di sekeliling bintang putih, akan merentang sampai di luar area planet Neptunus!

Dan meskipun bintang ini selalu masif atau sederhananya selalu berat, ukurannya tidaklah selalu sebesar sekarang. Saat bintang membakar hidrogen untuk bisa bersinar terang sepeti Matahari sekarang, ia memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.  Tapi setelah ia kehabisan bahan bakar, bintang pun mengembang dan tumbuh menjadi bintang super raksasa merah yang besar. Dan ia kemudian menjadi bintang Hiper Raksasa Kuning yang jauh lebih terang dari Bintang Super Raksasa Merah.

Dan ini bukan akhir dari sebuah cerita. Bintang ini suatu hari akan mati dengan cara meledak dalam ledakan Supernova. Ini akan menjadi ledakan supernova berikutnya di galaksi Bimasakti!

Fakta menarik : Saat Matahari kehabisan bahan bakar dalam 5 milyar tahun ke depan, ia akan membesar menjadi bintang Raksasa Merah yang lebih kecil dari bintang Super Raksasa Merah. Tapi, Matahari masih cukup besar untuk menelan Bumi!

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.