Apa itu Sabuk Gould?

Kalau saya perhatikan, dari area Crux sampai Orion seperti sabuk padat bintang dan banyak bintang terang. Apakah itu salah satu lengan bimasakti? Apa namanya? Saya baca di wiki ada istilah Sabuk Bould. Apakah itu? Bisa ditemukan diarea langit sebelah mana?

Sekian,matur thanks LS. (Yuliyanto – Klaten)

Koleksi bintang-bintang terang (dan kebanyakan masih muda) yang Anda lihat di antara Orion dan Crux itu adalah bagian dari Sabuk Gould (Gould Belt).

Sabuk Gould yang berisi bintang-bintang terang. Kredit : J. Carpenter, T. H. Jarrett, and R. Hurt; 2MASS

Sabuk Gould pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin Gould pada tahun 1879 sebagai kumpulan bintang- bintang terang dan masif yang membentuk cincin di sekitar Matahari, dan cincin ini miring sekitar 16-20 derajat relatif terhadap cakram Galaksi dengan diameter 3000 tahun cahaya. Bintang – bintang di Sabuk Gould kebanyakan berasal dari bintang kelas spektrum O dan B di yang memiliki kala hidup singkat yang berada dalam lingkungan Matahari.  Bintang di kelas O dan B merupakan bintang panas dengan temperatur lebih dari 10,000K (Kelas O ? 33,000 K sedangkan kelas B antara 10000 – 33000 K)

Anda bisa melihat bintang-bintang yang diduga anggota dari Sabuk Gould kira2 pada arah rasi-rasi berikut ini: Cepheus, Lacerta, Perseus, Orion, Canis Major, Puppis, Vela, Carina, Crux, Centaurus, Lupus, dan Scorpius.

Teori terbaru mengenai timbulnya Sabuk Gould adalah diduga kira-kira 30 juta tahun lalu terjadi tabrakan antara gumpalan materi gelap bermassa kira-kira 107 massa matahari dengan sebuah awan molekul berbentuk ceper bermassa kira2 106 massa matahari. Tumbukan ini mengubah wujud awan molekul menjadi seperti cincin dan mendorong penggumpalan-penggumpalan yang kemudian membentuk bintang-bintang yang kemudian, di hari ini, dapat kita nikmati di langit malam bersama sang kekasih (pro tip: menceritakan kisah ini kepada sang pacar dapat meningkatkan peluang kita untuk menikahinya). Sudah banyak struktur-struktur yang menyerupai Sabuk Gould telah kita amati di galaksi-galaksi lain.

____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Ditulis oleh

Pengembara Angkasa

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.