fbpx
langitselatan
Beranda » Apakah Saya Melihat UFO?

Apakah Saya Melihat UFO?

Hari ini (Senin / 9 Juli 2012 jam 04.30 WIB di Jombang, Jawa Timur saya melihat objek serupa bintang yang bergerak dengan kecepatan sedang dari Selatan ke Utara.Kecerlangannya nyaris serupa Jupiter pagi ini dan objek itu melintas persis di antara posisi Jupiter dan Venus jika dilihat dari tempat saya. Apakah itu pesawat atau bintang jatuh atau komet? Kalau pesawat mengapa cahaya yang dipancarkan cuma satu saja (biasanya kan pesawat memiliki lampu warna-wanri atau berkedip-kedip, ini tidak). Jika bintang jatuh kok lintasannya lurus dan agak lambat dari Selatan ke Utara. Jika komet, saya tidak menemukan jadwal melintasnya komet di sumber manapun. Apa mungkin itu UFO???
(Mike Pujitono – Surabaya)

UFO atau Unidentified Flying Object memangsering  jadi tersangka utama setiap kita melihat sesuatu yang tidak biasa di langit. Tapi untuk tahu apa yang kita lihat, tentunya bisa dilakukan cek dan ricek. Salah satunya dengan menggunakan piranti lunak Stellarium untuk mensimulasikan kondisi langit saat itu.

Jika dilakukan pengecekan untuk tanggal 9 Juli 2012 dari Jombang pada jam 04.27 – 04.32, akan tampak ISS (International Space Station) sedang melintas.  Tentunya bisa disimulasikan  ulang via Stellarium, dengan mengkalibrasikan lokasi Jombang  dan waktu pada pukul 4:27-4:32. Nyalakan fitur “Satellite hints” (ctrl-z), maka akan terlihat garis lintasan ISS dr Selatan ke Timur laut.

ISS yang melintas kota Jombang. Kredit : Stellarium

Selain ISS, masih banyak satelit buatan lainnya yang bisa dilihat lintasannya lewat Stellarium. Jika tertarik untuk mengikuti lintasan ISS dan mengetahui kapan bisa melihat ISS dari lokasimu, bisa dilakukan dengan mengikuti twitter ISS di @twisst4.

____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS

Baca juga:  2014 MU69, Tujuan Terakhir New Horizons!

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

8 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Wow makasih jawabannya! Saya nggak nyangka kalau satelit lewat bisa terlihat negitu jelas sampai cemerlang bak Jupiter. yaya, sudah saya cek ke Stelarium sih, cuma kapan hari saya nggak aktifkan fitur satelit (karena nggak nyangka juga). Oke. Menarik sekali ya…

  • Saya yakin yang terlihat tersebut adalah satelit buatan. Saat yang tepat melihat satelit buatan adalah setelah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Waktunya sangat singkat yaitu hanya maksiman sekitar 1 jam saja. Kalau cuaca cerah, saya biasa lihat 5-8 satelit yang lewat, kebanyakan dari utara ke selatan atau dari selatan ke utara karena sebagian besar satelit buatan orbit rendah ditempatkan di orbit polar, yang lewat di atas kutub bumi atau sedikit serong beberapa derajat untuk memaksimalkan jangkauan pengamatan. Hal itu berlaku untuk satelit mata-mata dan satelit-satelit lain yang harus memantau sebanyak mungkin wilayah di muka bumi. Ketinggian orbitnya hanya 60-180 km dari permukaan bumi. Pada saat matahari baru saja tenggelam atau baru akan terbit, sinar matahari yang mengenainya akan dipantulkan oleh permukaan satelit yang sengaja dibuat mengkilat untuk menghindari panas yang berlebihan. Pantulan sinar matahari tersebut dapat dengan mudah dilihat sebagai “bintang bergerak” oleh pengamat di bumi yang relatif gelap. Karena satelit ada yang berotasi pada porosnya, maka kadang-kadang ada berberapa yang nampak berubah-ubah kecerlangan dan besarnya. Terimakasih dan salam eksperimen.

    • Setau saya, satelit tidak ada lampunya. Yang dapat dilihat adalah pantulan sinar matahari oleh kulit luar satelit yang sengaja dibuat sangat mengkilat. Tujuannya untuk meminimalkan penyerapan sinar matahari yang dapat menyebabkan satelit tersebut kepanasan dan cepat rusak. Selain itu, pantulan dari panel sel surya juga mungkin kelihatan karena permukaannya cukup besar dan datar.

  • Saya dari Malaysia,
    Saya Biasa ternampak cahaya yang serupa, ia berkedip2 dan lebih terang sekali ganda cahaya bintang dilangit..adakah itu satelit? dan selepas itu ada cahaya merah melalui nya dengan pantas sekali…bila waktu saya dpt melihat satelit ?? tolong berikan waktu nya…terima kasih from malaysia

  • dulu saat saya masih kecil, saya melihat langit malam yang begitu indah dan melihat sebuah benda kecil bercahaya (tidak kelap-kelip) bergerak hanya atas bawah kanan kiri.. kira-kira itu apa ya? saya juga dulu lihat ada sebuah benda kecil bercahaya tidak kelap-kelip juga melintas sebentar lalu menghilang.. mungkin ada penjelasannya.. mohon dijawab yaaa