Gugus Galaksi yang Gendut

Apa jadinya kalau kamu menabrakkan dua objek terbesar di alam semesta? Satu objek yang gendut!

Gugus galaksi El Gordo. Kredit : ESO

Sungguh, begitulah yang terjadi. Dua kumpulan galaksi, disebut ‘gugus galaksi’, telah bertabrakan. Gugus galaksi hasil tabrakan itu dinamai El Gordo, yang dalam bahasa Spanyol berarti si gendut.

Foto ruang angkasa ini menunjukkan El Gordo. Gugus galaksi semacam ini, ukurannya yang sangat besar dan terletak jauh sekali, merupakan objek ruang angkasa yang sangat langka. “Gugus galaksi ini hingga saat ini merupakan gugus termasif, terpanas, dan memancarkan radiasi sinar-X paling banyak di antara gugus-gugus lain yang jaraknya sejauh El Gordo atau bahkan lebih jauh lagi,” kata astronom Felipe Menanteau.

Untuk mengukur jarak El Gordo dari Bumi, para astronom menggunakan teleskop yang sangat besar, Very Large Telescope (VLT), yang berada di negara Chile, Amerika Latin. Mereka mendapati letak gugus galaksi itu amat jauh sekali: jaraknya jika dinyatakan dalam kilometer adalah angka 66 diikuti 21 angkat o!

Pada saat yang sama, sebuah teleskop ruang angkasa bernama Chandra X-ray Observatory digunakan untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang gugus galaksi dengan menyelidiki gas panas dalam gugus tersebut.

Penemuan menarik ini diumumkan hari Selasa, 10 Januari lalu, pada suatu pertemuan astronomi di Texas, Amerika Serikat. Para astronom sejagat berkumpul di sana dan saling membagikan hasil penelitian mutakhir mereka.

Fakta menarik : Gugus galaksi sangat besar dan terdiri dari ribuan galaksi!

Sumber: Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

Tulis komentar dan diskusi...