Beranda » Menjelajah Tata Surya di TK Unggul

Menjelajah Tata Surya di TK Unggul

Di Bumi, manusia mungkin makhluk yang besar atau bagi manusia.. Bumi ini merupakan planet yang besar. Namun semakin kita menjauh kita akan melihat betapa kecilnya manusia dan juga Bumi jika dibandingkan dengan Tata Surya dan sistem Alam Semesta. Bahkan jika dibuat perbandingan maka akan terlihat betapa kecilnya Bumi itu.

Inilah yang coba kami perkenalkan pada siswa-siswi TK Unggul pada tanggal 10 Desember 2009 lalu. Kegiatan singkat yang diisi dengan presentasi tentang alam semesta dalam sudut pandang perbandingan ukuran dan diisi dengan penjelajahan singkat ke berbagai obyek di Tata Surya melalui piranti lunak Celestia, membawa para siswa ke dalam dunia petualangan baru yang menyenangkan. Tak hanya di kelas, para siswa pun diajak untuk mengenal prinsip teleskop dengan teleskop sederhana You Are Galileo Telescope dan diakhiri dengan pengamatan Matahari. Singkat namun sangat mengasyikkan. Apalagi mendengar celetukan setiap siswa yang terkaget-kaget melihat bulatan  Matahari yang ada di langit siang yang kadang bersembunyi di balik awan.

Pengamatan Matahari siang hari itu tak hanya diikuti oleh siswa TK Unggul. Kegiatan tersebut ternyata mengundang perhatian siswa-siswa SD Unggul yang sedang istirahat, sehingga pada akhirnya pengamatan diikuti oleh seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut.