Menjelajah Tata Surya di TK Unggul

Di Bumi, manusia mungkin makhluk yang besar atau bagi manusia.. Bumi ini merupakan planet yang besar. Namun semakin kita menjauh kita akan melihat betapa kecilnya manusia dan juga Bumi jika dibandingkan dengan Tata Surya dan sistem Alam Semesta. Bahkan jika dibuat perbandingan maka akan terlihat betapa kecilnya Bumi itu.

Inilah yang coba kami perkenalkan pada siswa-siswi TK Unggul pada tanggal 10 Desember 2009 lalu. Kegiatan singkat yang diisi dengan presentasi tentang alam semesta dalam sudut pandang perbandingan ukuran dan diisi dengan penjelajahan singkat ke berbagai obyek di Tata Surya melalui piranti lunak Celestia, membawa para siswa ke dalam dunia petualangan baru yang menyenangkan. Tak hanya di kelas, para siswa pun diajak untuk mengenal prinsip teleskop dengan teleskop sederhana You Are Galileo Telescope dan diakhiri dengan pengamatan Matahari. Singkat namun sangat mengasyikkan. Apalagi mendengar celetukan setiap siswa yang terkaget-kaget melihat bulatan  Matahari yang ada di langit siang yang kadang bersembunyi di balik awan.

Pengamatan Matahari siang hari itu tak hanya diikuti oleh siswa TK Unggul. Kegiatan tersebut ternyata mengundang perhatian siswa-siswa SD Unggul yang sedang istirahat, sehingga pada akhirnya pengamatan diikuti oleh seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

4 thoughts on “Menjelajah Tata Surya di TK Unggul

  1. Mba vie nanya ya…komunitasnya hanya terbatas untuk fakultas n jursn tertentukah??Klo mau ikutan komunitasnya boleh ga mba???
    Sekertariatnya ada g mba???dimana mba???di Bandung kah??
    Makasiiii…:)

    1. komunitasnya ga terbatas pd jurusan tertentu kok. kita di bandung dan sekrenya di dunia maya ini. tp biasanya kita ngadain acara dan diumumin disini or di fb or di twitter so kamu bisa ikut gabung juga di acara2 yg kita adain.

  2. mba ada maaf email ga? kebetulan sya lagi cari komunitas atau kegiatan unik dan seru untuk acara goelali children film festival 2011. acara bulan juni. kayanya seru mengenalkan astronomi ke anak anak *kebetulan dari kecil saya suka astronomi hehe* dan nyambung sama tema goelali taun ini

Tulis komentar dan diskusi...