Menjelajah Matahari dan Planet-Planet dari Ruang Kelas

Pada bulan Maret dan April 2011 yang lalu atau tepatnya tanggal 22 Maret dan 9 April 2011, langitselatan berkesempatan untuk belajar bersama siswa-siswi dari TK Mutiara Bunda.  Bagaimana rasanya ? Yang pasti heboh dan menyenangkan.

Pengenalan astronomi bersama adik-adik TK Mutiar Bunda Arcamanik dimulai dengan pengenalan Tata Surya yang memancing banyak pertanyaan terutama terkait mengapa Pluto tidak lagi disebut planet. Selain itu pertanyaan dan celotehan tentang Matahari pun terlontar dari setiap anak. Ada yang penasaran bagaimana seandainya manusia ke Matahari dan apakah semburan api dari Matahari akan sampai ke Bumi. Wuih berat… tapi tetap menyenangkan. Yang tak kalah menarik waktu para siswa diajak menjelajah Tata Surya mengunjungi planet-planet yang mengelilingi Matahari. Kehebohan terjadi saat pesawat ruang angkasa yang ditumpangi mendekati planet-planet tersebut. Tak hanya mengenal Tata Surya, para siswa juga diajak untuk mengenal apa itu teleskop dan bagaimana cara kerjanya.  Sayangnya perjalanan hari itu harus berakhir namun sebelumnya para siswa dan guru diajak untuk melihat sendiri bagaimana wajah Matahari kita.

Tanggal 9 April, kegiatan astronomi kembali diadakan di TK Mutiara Bunda saat dilakukan open house bagi calon orang tua murid. Para siswa pun unjuk kebolehan. Ada yang memasak juga loh untuk orang tua. Tak kalah menarik di booth sains. Ada permainan ular tangga raksasa yang dimainkan sndiri oleh para siswa sambil menjelalajah alam semesta mencari Bumi yang baru. Sayangnya, cuaca hari itu mendung sehingga para siswa tak bisa menikmati bagaimana rupa Matahari di hari itu.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...