Belajar Astronomi Bersama langitselatan

Tgl 4-5 Desember 2009, langitselatan mengadakan acara Gaileo Teacher Training Project (GTTP) dan Star Peace sebagai bagian rangkaian acara IYA2009 yang dilaksanakan oleh langitselatan di sepanjang tahun 2009 lalu.

Foto Bersama dengan para guru peserta pelatihan. Kredit : ls

GTTP diadakan untuk menyediakan kesempatan bagi komunitas pendidikan formal sebuah pengalaman baru dalam pembelajaran astronomi sebagai bagian dari peningkatan edukasi astronomi di sekolah. Untuk menunjang program tersebut, berbagai materi dikumpulkan baik materi-materi percobaan maupun materi berbentuk piranti lunak yang dapat digunakan sebagai alat dalam pembelajaran astronomi. GTTP yang juga merupakan bagian dari UN Millenium Developement Goals, ditujukan kepada para pengajar (khususnya guru-guru di instansi pendidikan) sebagai bahan panduan dalam memberikan materi pengajaran Astronomi kepada anak didik.

Pelatihan yang diikuti oleh guru SMP dan SMA dari Jawa Barat dan Jakarta ini bertujuan untuk memperkenalkan astronomi dan metode pengajarannya kepada para guru, mempersiapkan guru sebagai duta pengajar astronomi kepada siswa di sekolah dengan materi dan pemahaman dasar yang benar, membangun jaringan pengajaran astronomi dan membangkitkan keingintahuan guru dan siswa untuk menekuni riset astronomi. Kegiatan yang diadakan selama 2 hari bekerjasama dengan Pusat Pemanfaatan Sains dan Antariksa LAPAN, Bandung ini diisi dengan pengenalan astronomi, pembuatan alat-alat astronomi sederhana dan pengamatan.

Para guru tak hanya berhadapan dengan penyampaian materi secara teori namun diajak untuk membuat sendiri alat-alat sederhana yang diharapkan dapat diterapkan saat mereka kembali ke sekolah. Alat-alat ini memang mudah dibuat namun dengan mengetahui kalau alat-alat untuk mengenal astronomi dapat dibuat dengan bahan yang ada di sekitar kta, diharapkan dapat memicu kreativitas siswa serta membangkitkan keingintahuan untuk menekuni astronomi.

Acara pengamatan dan diskusi yang dilakukan pada malam hari tanggal 4 dan 5 desember juga dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara Star Peace antara Indonesia dan Filipina.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

1 thought on “Belajar Astronomi Bersama langitselatan

Tulis komentar dan diskusi...