Menyingsing Fajar IYA2009

Tahun 2009 merupakan tahun yang ditetapkan PBB sebagai Tahun Astronomi Internasional yang juga merupakan perayaan 400 tahun sejak Galileo pertama kali mengarahkan teleskopnya ke langit. Kejadian tersebut telah mengubah paradigma berpikir dunia, dan menjadi petualangan baru bagi para pencinta langit serta pemburu bintang maupun planet untuk menyingkap rahasia di balik Bumi.

Tahun Astronomi 2009 bertujuan untuk membawa masyarakat mengenal astronomi dari dekat. Nah, pada awal tahun 2009 ini, kami dari langitselatan ikut bergabung dalam program “The Dawn of IYA 2009” (Menyongsong Fajar IYA2009) untuk melakukan pengamatan Matahari dan memperkenalkan sang bintang yang menerangi kita setiap harinya.

Selain menjadi titik awal dimulainya Tahun Astronomi 2009 (IYA2009), melalui acara ini juga, kami ingin memperkenalkan Matahari dan bagaimana mengamati sang surya dengan aman. Untuk itu, bagi rekan-rekan yang tertarik, silahkan bergabung dengan kami pada :

Tanggal : 1 Januari 2009

Lokasi : Cihampelas Walk (Ciwalk), Bandung

Waktu : Mulai jam 11 siang.

Selain di Bandung, rekan-rekan HAAJ dan FOSCA juga mengadakan acara yang sama di Jakarta.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

5 thoughts on “Menyingsing Fajar IYA2009

  1. Report sdikit dr jakarta..

    Tanggal 1 januari 2009 Jakarta bakal mengadakan ” The Dawn IYA 2009 ”

    Tempat : Planetarium Jakarta
    Waktu : 10.00 – 13.00

    Acara ini trselenggarakan atas kerjasama dgn Planetarium Jakarta, HAAJ, FOSCA, Club Astronomy Sirius SMAN 89 JAKARTA, Club Astronomy Polaris SMAN 38 JAKARTA.

    Thx..

Tulis komentar dan diskusi...