100 Jam Astronomi Bersama langitselatan

Tanggal 4 April, langitselatan mengadakan sebuah acara kunjungan ke panti asuhan putri William Booth di Jl. Jawa dalam rangka 100 Jam Astronomi di Indonesia. Acara yang diberi tajuk A 100HA night with langitselatan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian Global Star Party dan International Sidewalk Astronomy Night.

Peserta yang hadir bukan hanya dari panti asuhan putri William Booth dan panti asuhan putra Maranatha namun juga dari masyarakat umum. Acara tersebut dihairi lebih dari 50 anak dan dimulai dengan presentasi singkat tentang astronomi dengan topik pilihan tata surya. Setelah itu anak-anak diajak untuk melakukan pengamatan Bulan menggunakan teleskop, binokuler dan You Are Galileo Telescope.

Malam itu awan berulang kali menutui wajah Bulan. Untuk itu kami pun mengadakan stellarium shows dan slide shows gambar-gambar astronomi. Sayangnya jam 8 malam acara harus sudah diakhiri karena adik-adik dari PAA William Booth dan PAP Maranatha harus segera tidur.

Presentasi Tata Surya
Presentasi Tata Surya
wah bulannya kelihatan
wah bulannya kelihatan
Kalau matahari mati.....
Kalau matahari mati.....
Bulan
Bulan
tim LS.
tim LS.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

3 thoughts on “100 Jam Astronomi Bersama langitselatan

  1. sukses buat langit selatan yaa…… viee aku ada link yang menurutku HAAJ dan FOSCA terlalu jauh untuk ngadakan kegiatan You are Galileo Project, karena diadakan di kota mu Bandung, tepatnya di SMAN 25 Bandung, kayanya mereka tertarik dengan You are Galileo Project. LS berminat untuk follow up? ditunggu beritanya ya…….

  2. sekedar buat mengunjungi dan melihat-lihat planetarium jakarta, baiknya hari apa dan sekitar jam berapa ya ? siapa tau saya ada waktu kosong pas dinas ke Jakarta. O.. iya, masuknya gratis apa bayar tuh ? Trus apa mesti rombongan atau kelompok kesananya ? Thanks ya ….

Tulis komentar dan diskusi...