100 Jam Astronomi : Rekor Maraton Astronomi Sedunia

Cornerstone project 100 Jam Astronomi untuk Tahun Astronomi Internasional 2009 akan menjadi acara sains untuk pejangkauan masyarakat terbesar yang akan diadakan. Lebih dari 1500 kegiatan telah didaftarkan dari lebih 130 negara, dan jumlahnya masih terus meningkat dari hari ke hari. 100 Jam Astronomi merupakan proyek global dan akan menjadi kegiatan berskala besar yang belum pernah dicoba sebelumnya dengan jumlah partisipasi diharapkan lebih dari satu juta partisipan.

100 Jam Astronomi. kredit 100 HA

100 Hours of Astronomy(100HA) atau 100 Jam Astronomi merupakan perayaan tahun astronomi internasional sedunia yang akan diramaikan oleh berbagai acara dan aktivitas yang juga melibatkan masyarakat. 100 HA akan dilaksanakan serentak di seluruh dunia selama empat hari empat malam dari tanggal 2-5 April 2009.  Selama rentang waktu tersebut masyarakat di seluruh dunia akan saling berbagi pengalaman dan juga keindahan saat melihat langit dan semua yang ada di sana.  Bahkan mungkin bagi sebagian orang, ini adalah pegalaman pertamanya untuk mengagumi kemegahan angkasa melalui teleskop. Buat yang lain, ini adalah kesempatan terbaik untuk berbagi pengetahuan dan kegembiraan, yang akan membantu banyak orang memahami dan menikmati keajaiban kosmos.

Selama acara 100 Jam Astronomi, akan diadakan berbagai acara menarik dan diantaranya adalah siaran langsung webcast selama 24 jam dengan tema “Around The World in 80 Telescopes” (“Keliling Dunia dalam 80 Teleskop”) yang akan diadakan mulai tanggal 3 April jam 16.00 bbwi sampai dengan 4 April jam 16.00 bbwi. Acara ini akan mengajak kita berkeliling dunia siang dan malam ke berbagai observatorium di planet Bumi.

Poster 100 Jam Astronomi.
Poster 100 Jam Astronomi. kredit : 100HA

Para pemirsa akan dapat melihat apa yang terjadi di observatorium riset yang ada di negeri mereka atau di negara lainnya di sisi lain Bumi. Pemirsa juga dapat mengirimkan pertanyaan dan surat, menikmati citra terbaru dari kosmos dan menyaksikan apa yang tengah dilakukan astronom saat itu. Teleskop yang akan berpartisipasi adalah, Teleskop yang berbasis di Hawaii yakni Gemini North dan Keck, the Anglo-Australian Telescope, teleskop di Canary Islands, the Southern African Large Telescope, Observatorium di Chili seperti  Very Large Telescope milik ESO, teleskop landas angkasa milik NASA/ESA yakni Hubble Space Telescope, ESA XMM-Newton and Integral, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, para pemirsa akan diajak menjelajahi benua yang ada di dunia termasuk benua antartika. Webcast tersebut akan disiarkan dari markas besar ESO di Munich, Jerman dengan streaming secara langsung oleh Ustream.tv. Dengan demikian semua orang yang memiliki browser web yang dilengkapi flash akan dapat ambil bagian dari proyek ini dan menikmati siaran langsungnya dari web 100HA.

Stasiun TV, web portal dan pusat kegiatan sains juga dapat menggunakan feed dengan kualitas terbaik dan video player akan dapat diembed ke berbagai website. Perwakilan setiap media yang akan memberikan laporan maupun mewawancarai tim pelaksana acara harus tetap melakukan kontak dengan para pelaksana acara.

Program fitur lainnya dari 100HA yakni “Star Party Global” akan dimulai stelah matahari terbenam pada tanggal 4 April dan akan mencakup berbagai acara serta beragam teleskop. Astronm amatir, klub dan berbagai grup akan menyediakan teleskopnya di area publik agar semakin banyak orang yang mendapat kesempatan untuk melakukan pengamatan langit malam. Lokasinya pun akan beragam mulai dari jalanan, pusat perbelanjaan, rumah peristirahatan bahkan markas militer.  Melalui “Star Party Global” diharapkan akan semakin luas awareness yang dibagun di masyarakat akan astronomi. Dan semakin banyak juga jumlah masyarakat yang akan dapat melihat melalui teleskop.

100 Jam Astronomi juga akan mencakup acara lainnya seperti “Sun Day” yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 April, 100 Jam Astronomi Junior yang menitikberatkan pada anak-anak dan berbagai acara “Pembukaan 100 Jam Astronomi” di seluruh dunia.

Tak hanya itu, berbagai acara lain juga akan dilaksanakan secara lokal oleh fasilitas sains dan penggemar astronomi di seluruh dunia termasuk sesi observasi, pameran, pertujukan khusus dll.   Di Indonesia, klub-klub astronomi juga turut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. Yang pasti, 100 Jam Astronomi akan menjadi perjalanan yang mendebarkan bagi astronomi yang melibatkan masyarakat di seluruh dunia. Bergabunglah dan ambilah bagian dalam kegiatan yang akan memecah rekor dunia ini!

sumber : Press Rilis 100HA. lead image : kredit : IYA2009

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

4 thoughts on “100 Jam Astronomi : Rekor Maraton Astronomi Sedunia

  1. observatorium bosscha ikutan gak?

    pecinta astronomi yang ada di semarang, mari kita ramaikan tanggal 2-5 april dengan kegiatan astronomis!

    hubungi saya di kontak[at]duniaastronomi[dot]com

Tulis komentar dan diskusi...