Mengenal Astronomi Bersama langitselatan di FAB 2017

Untuk ketiga kalinya langitselatan bergabung dalam Festival Anak Bertanya 2017 yang diselenggarakan oleh AnakBertanya.com dan SABUGA ITB pada tanggal 20 Mei 2017 di Sasana Budaya Ganesha.

Festival yang sudah berlangsung sejak tahun 2015 ini mengusung ide untuk memperkenalkan anak pada berbagai lembaga dan komunitas yang berkecimpung dengan dunia anak, sekaligus untuk mempertemukan anak dengan para pakar untuk menjawab berbagai pertanyaan mereka. Tidak hanya itu, lewat Festival Anak Bertanya, diharapkan anak dapat membuka cakrawalan berpikir dan wawasan tentang berbagai profesi yang bisa ditekuni suatu hari kelak.

Sebagai lembaga pendukung FAB, langitselatan juga ikut serta dalam acara Festival tersebut dengan membuka booth. Di booth langitselatan, anak dan orang tua bisa berdiskusi, bertanya dan belajar mengenal alam semesta dan apa itu astronomi. Di FAB, astronomi cukup jadi favorit anak. Selain langitselatan, setiap tahun, Observatorium Bosscha dan LAPAN juga ikut serta dalam festival ini. Bahkan Planetarium keliling LAPAN yang dipasang khusus selalu mengundang antrian panjang anak dan orang tua yang ingin melihat tayangan luar angkasa.

Selain komunitas yang bergerak di bidang sains, anak juga bisa mengenal berbagai komunitas yang bergerak dalam berbagai bidang seperti Teknologi Informasi, Dongeng, Panahan, Robotika, Mesin, Desain, Musik, Tari, Pramuka, Botani, P3K dan Keselamatan, Pemadam Kebakaran, Biologi, Lingkungan, dan Aeromodeling. Selain itu, orang tua juga bisa berkenalan dengan lembaga yang berkecimpung dalam pengasuhan anak.

Acara ini memang hanya berlangsung satu hari. Tapi keseruannya jangan ditanya!

Booth langitselatan selalu kebanjiran pengunjung cilik yang penasaran mencari tahu jawaban tentang alam semesta. Ada yang penasaran mengapa Pluto sudah bukan planet, ada juga yang ingin tahu apa lubang hitam itu benar-benar ada. Selain bertanya dan berkenalan dengan alam semesta, anak-anak juga bisa meneropong benda jauh lewat teleskop yang disediakan.

Acara yang berlangsung seru ini semakin seru ketika rekan-rekan DAMKAR kota Bandung memperkenalkan ular yang mereka tangkap ke para pengunjung. Selain itu, di FAB 2017, anak bisa berkenalan secara langsung dengan pakar dan sesi Jumpa Pakar. Berbagai film dan pertunjukkan seni juga ditampilkan di FAB 2017.

Pokoknya seru banget! Ingin tahu seperti apa keseruan di booth langitselatan? Simak saja galeri foto di bawah ini.

 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.