Pengamatan Venus Menggunakan Teleskop You Are Galileo

Selasa, 10 Februari 2009, saat pulang sekolah seluruh anggota klub Astronomi Polaris SMAN 38 Jakarta  berkumpul di Laboratorium Fisika Untuk belajar merakit teleskop “You Are Galileo” dan dilanjutkan dengan pengamatan planet Venus dari lokasi sekolah.

Perakitan You Are Galileo Telescope. Kredit : Indra
Perakitan You Are Galileo Telescope. Kredit : Indra

Saat pertama kali melihat teleskop “You Are Galileo” kami mengira mudah untuk merakitnya, namun ternyata walaupun ukurannya kecil dan sederhana kita tidak boleh sembarangan memasangnya ( harus satu-persatu dan lensa harus bersih. Ketika teleskop sudah berhasil dirakit, kami mencobanya dengan melihat brosur yang ditempel di ujung ruangan, namun ternyata lensa kotor sehingga kami harus membongkar ulang teleskop tersebut.

Setelah lensa dibersihkan, kami kembali merakit teleskop “You Are Galileo”. Saat kami ingin mencobanya untuk melihat venus ternyata langit masih tertutup awan ‘sisa’ hujan pagi tadi, sehingga membuat sebagian besar anggota memutuskan untuk pulang.

Situasi saat pengamatan Venus. Kredit : Dessy
Situasi saat pengamatan Venus. Kredit : Dessy

Waktu sudah menunjukkan Pukul 17.30, namun venus belum menampakkan dirinya, sehingga anggota yang masih bertahan disekolah juga beranjak pulang. Namun, ketika sampai didepan gerbang kami masih penasaran ingin mengamati Venus, kami mengurungkan diri untuk pulang. Tetapi karena sudah hampir malam dan gerbang harus dikunci kamipun ‘menunggu’ venus di luar sekolah.

Kami lantas memasang tripod dan teleskop (karena sekolah beradatak jauh dari  jalan, kegiatan kami ini cukup menarik perhatian para pengguna jalan). Dan beberapa lama setelah itu atau sekitar pukul 18.10 Venus pun terlihat dengan fase ‘sabit’nya. Meskipun kami tidak bisa melihat venus terlalu lama karena langit yang tertutupa awan. Kami yang sedari tadi menunggu beserta pembina yang setia menemani dapat terpuaskan dan pulang tanpa rasa penasaran lagi.

Seorang anak tengah mengamati Venus. Kredit : Dessy
Seorang anak tengah mengamati Venus. Kredit : Dessy

Ditulis oleh

Indra Firdaus

Indra Firdaus

aka Indra Firdaus, Seorang pelajar di SMAN 38 Jakarta. Sangat menyukai Astronomi sejak ia kecil. Astrofotografi adalah hobby yang sedang ia Jalani. Saat ini ia sedang aktif sebagai pembina Klub Astronomi di sekolahnya dan sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Kelompok Ilmiah Remaja Sejabodetabek.

9 thoughts on “Pengamatan Venus Menggunakan Teleskop You Are Galileo

  1. Hohoho…
    Jd ini ketua Fosca kita?

    Salam kenal, satu “almamater” kita (basi… udh LPJ juga!)

    Good Luck deh!

  2. Boleh tau berapa harga Teleskop ” You Are Galileo ” ?? kalo murah gue mau beli ( please balas !!! )

  3. wuih .. kak RiGel keren yaa !!! bs mencapai impian kakak sbg org yg kerja di astronom gtu deh …
    salutt buat kakak!!! semangat slalu!

  4. oya, klo ada produk ‘KAMU ADALAH GALILEO’ , aku pengen bikin , ” KAMU ADALAH GAOTKACA” hahaha .. tujuannya ya biar astronom Indonesia terkenal gituu .. hehehehe ..

  5. @ ninis..

    thx ya nis.. hehehe.. kalo bukan karena hoby juga gak bakal jadi kayak gini..
    bikin club astronomy juga dong..
    biar bisa ngembangin astronomi di Indonesia..

    @ ajag..
    masuk aja ke forum LS..
    disitu ada daftar2 harga2nya..

Tulis komentar dan diskusi...