Star Party bersama St. Theresia Jakarta

Langitselatan kembali bekerjasama dengan Sekolah Dasar Santa Theresia Jakarta mengadakan acara Star Party. Setelah tahun lalu diadakan di Puri Setiabudi, kali ini acara digelar di Galery Cimbuleuit. Acara di mulai pada puku 19.00 dengan terlebih dahulu melakukan pengamatan bulan.

Pengamatan Bulan dengan You ARe Galileo.
Pengamatan Bulan dengan You ARe Galileo.

Cuaca pada malam itu mendung dan berpotensi hujan, sehingga saat bulan muncul diantara kegelapan langit, fokus utama acara adalah pengamatan. Dengan menggunakan 4 teleskop yang dua diantaranya merupakan Teleskop You Are Galileo, anak-anak bergantian mengamati bulan yang semakin lama semakin tertutup awan (yaaaaaah…). Beberapa anak juga sempat melihat bintang terang Sirius yang “nongol” sejenak. Beberapa yang lain mencoba belajar memakai planisfer dan bertanya seputar astronomi maupun teleskop yang dibawa saat itu.

Ketika bulan sepenuhnya tertutupi awan dan terhalang gedung, anak-anak berkumpul untuk mendapatkan materi Tata Surya. Materi yang disampaikan dalam bentuk slide juga menampilkan hasil perburuan gerhana cincin 26 Januari 2009 oleh langitselatan. Setelah materi selesai disampaikan, waktunya kembali ke lapangan untuk mengamat. Beberapa anak yang masih tertarik dengan materi astronomi tinggal diruangan untuk mengobrol dengan bang Ferry yang menyampaikan materi.

Pengamatan Bulan
Pengamatan Bulan

Cuaca yang mendung menghalangi bintang-bintang dan planet untuk diamati, namun tidak dengan antusiasme mereka untuk belajar menggunakan teleskop sendiri.

Setelah diberi pengarahan bagaimana menggunakan teleskop (apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan 🙂 ), anak-anak mencoba menggunakan sendiri dengan membidik lampu menara di kejauhan. Ketika ada yang dengan cepat dapat menemukan target, terjadilah sedikit “kegaduhan” karena yang lain tidak sabar mencobanya sendiri. Antusiasme mereka pun ditunjukkan saat bertanya lebih jauh tentang pengamatan menggunakan teleskop atau binokular.

Setelah menunggu namun langit tak kunjung cerah, akhirnya pukul 22.00 pengamatan dihentikan karena anak-anak diharuskan beristirahat.

Bulan dan Gallery Ciumbeuleuit
Bulan dan Gallery Cimbuleuit
Belajar Tata Surya
Belaajar Tata Surya
Belajar planisphere
Belajar planisphere
Lomba goyang duyu
Lomba goyang duyu
Ngamat...
Ngamat...
Belajar ngamat
Belajar ngamat
Tim LS
Tim LS

Ditulis oleh

Yatny Yulianty

Yatny Yulianty

Mahasiswi Astronomi angkatan 2003. Saat ini aktif di Himpunan Astronomi ITB, UNAWE dan sedang mengerjakan tugas akhirnya mengambil bidang Kosmologi.

Tulis komentar dan diskusi...