Pengamatan Matahari dengan Teleskop You Are Galileo

Satu-satunya obyek langit paling terang yang bisa diamati di siang hari adalah Matahari. Tapi, untuk melihatnya saja sudah silau. Bagaimana kita bisa melihatnya dengan aman?

Salah satu cara melihat Matahari dengan aman adalah dengan menggunakan filter Matahari yang dibuat pada kacamata Matahari atau filter yang dipasang di depan lensa teleskop. Cara lain yang juga aman adalah dengan memproyesikan bayangan Matahari di atas kertas sehingga pengamat tidak perlu langsung berhadapan dengan Matahari.

Bagaimana membuatnya?

Alat dan Bahan :

  • Teleskop You Are Galileo
  • Tripod
  • 1 batang kayu/bambu berbentuk silinder dengan diameter 0.8 cm. Atau diameter harus lebih kecil dari diameter finder sehingga bisa dimasukkan.
  • 1 cincin logam untuk penampang yang melindungi eyepiece.  Diameter cincin 2,8 cm atau sama dengan ukuran bagian dalam penampang eye piece. Diameter lubang 0.7 cm atau sama dengan diameter lensa eyepiece.
  • 2 paku payung
  • 2 lembar karton putih untuk layar proyeksi
Alat dan Bahan untuk membuat proyeksi Matahari dengan You Are Galileo Telescope. Kredit : langitselatan

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan You Are Galileo Telescope
  2. Lepaskan eyepiece YAG, dan pasangkan cincin logam sebagai penampang di bagian dalam eyepiece. Penampang ini berfungsi untuk menjaga agar eyepiece tidak meleleh saat terkena panas Matahari.
    Cincin logam pelindung eyepiece dan eyepiece. kredit : langitselatan

    Pasang cincin logam yang berfungsi untuk melindungi eyepiece dari sinar Matahari. kredit : langitselatan
  3. Masukkan kayu silinder ke dalam Finder
  4. Untuk menyangga agar kayu silinder dan juga karton tidak jatuh, pasangkan paku payung pada kedua ujung kayu silinder.
    Pasang paku payung untuk menjaga agar kayu silinder tidak jatuh. kredit : langitselatan

    Paku payung dipasang di salah satu sisi kayu silinder. Kredit : langitselatan
  5. Ukur jarak antara kayu silinder dan tabung teleskop
  6. Ambil 1 lembar karton buat 2 buah lubang dengan ukuran sebesar diameter silinder dan diameter tabung teleskop dengan jarak yang sudah diukur sebelumnya. Fungsinya untuk dapat memasukkan karton.
  7. Buat lubang sebesar diameter kayu silinder pada lembar karton ke-2 yang akan berfungsi sebagai layar
  8. Pasangkan karton 1 & 2 pada teleskop seperti pada gambar.

    Pasang karton pada teleskop YAG seperti pada gambar. kredit : langitselatan
  9. You Are Galileo teleskop siap digunakan untuk memproyeksikan bayangan Matahari.

    YAG yang siap menjadi proyektor bayangan Matahari. kredit : langitselatan

Jika pengamatan dilakukan saat Matahari hampir mencapai zenith (di atas kepala) seperti yang kami lakukan, karton bisa dimodifikasi dengan dilipat membentuk kotak sehingga tidak mengganggu pengamatan.

Modifikasi untuk mendapatkan bayangan Matahari yang pas saat Matahari hampir di zenith. kredit : langitselatan
Bayangan yang dihasilkan. Tampak juga intik Matahari. kredit : langitselatan

Selamat mencoba!

Peringatan : Jangan pernah melihat langsung ke Matahari menggunakan teleskop atau mata telanjang, karena dapat menyebabkan kerusakan mata.

Diadaptasi dari konsep pengamatan Matahari menggunakan You Are Galileo Telescope yang dibuat oleh Yasuharu Hanaoka, pembuat You Are GAlileo Teleskop kit yang dipresentasikan di Asian- Pacific Regional IAU Meeting di Chiang Mai, Thailand.

Ditulis oleh

Aldino Adry Baskoro

Aldino Adry Baskoro

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di sekolahalam Minangkabau dan penulis di langitselatan.

14 thoughts on “Pengamatan Matahari dengan Teleskop You Are Galileo

  1. fyi: venus dan jupiter (terutama saat paling dekat dengan bumi) bisa juga diamati siang hari kok (bahkan tanpa teleskop). bulan juga bisa diamati pada siang hari pada waktu-waktu tertentu. jadi bukan cuma matahari…

    1. bisa.. bahkan ada banyak bintang di siang hari. problemnya ada pada kepekaan mata terhadap cahaya matahari yang demikian terang.

      1. berarti kalimat pembuka artikelnya tidak benar dong, yg mengatakan matahari satu-satunya yg bisa diamati… 🙂

        1. ga ada yg salah menurut saya dgn kalimat pembuka tersebut karena meskipun ada banyak obyek tp yang benar2 bisa dilihat dan diamati sebagai obyek siang adalah Matahari. sementara obyek lainnya meskipun tampak tp sulit untuk bisa diamati.

          1. ya. dan saya rasa anda harusnya paham bahwa frasa itu bukan untuk menentukan apa saja yg terlihat di siang hari. bahkan meteor pun tampak di siang hari buat mereka yg amat sangat awas untuk membedakan.

            Bulan bisa terlihat di siang hari tapi untuk diamati jauh lebih mudah dilakukan di malam hari. dan di siang hari bintang paling terang yg bisa diamati adalah matahari.

            Dan untuk memperjelas kalimat tersebut sudah kami tambah dengan obyek terang yang bisa diamati di siang hari.

    2. maaf mas terdekat dengan bumi hanya dua mas venus & mars . jupiter adalah planet sesudah mars
      sya tidak tahu apakah jupiter bisa di lihat dengan telanjang mata 🙂
      mungkin karena jupiter planet terbesar di tata surya

  2. Kalau boleh saya menambahkan memang benar yang ive maksud, frase tersebut tidak dimaksudkan untuk mengacu pada objek langit apa yang bisa dilihat di siang hari. Dalam kalimat pertama digunakan kata “paling” yang mengacu ke 1 benda karena artikel ingin mengerucutkan ke matahari. Objek langit yang terlihat di siang hari antara lain bisa meteor yang besar, bulan, supernova (ingat nebula crab. Sebelum menjadi nebula crab, orang china di masa silam melihatnya sebagai bintang yang terlihat di siang hari yang bersinar beberapa hari lamanya.). Untuk Venus dan Merkurius ini dengan catatan planet ini berada pada saat transit alias pengamatan dari bumi, kedua planet ini melintas di depan piringan matahari. Venus dan Merkurius tidak akan pernah bisa dilihat di siang hari karena termasuk planet dalam. Ingat hilal yang selama ini selalu jadi pembicaraan di bulan ramadhan. Pengamatan hilal tidak pernah di siang hari kan? Hal ini karena hilal hanya bisa terlihat di waktu magrib setelah cahaya utama yaitu matahari meredup. Venus dan merkurius termasuk disini yaitu pengamatannya di sore hari. Sore hari tidak sama dengan siang hari. Nah hilal, venus, dan merkurius pun tidak bisa dilihat sampat tengah malam karena akan segera tenggelam setelah magrib. Objek langit siang itu menjadi “tidak” terlihat lebih karena atmosfer bumi. Jika tidak ada atmosfer, kita bisa melihat bintang2 lainnya. Untuk bulan, memang bisa dilihat disiang hari juga, tetapi bukan objek yang paling terang. Untuk jupiter, sepengalaman saya, saya belum pernah melihatnya di siang hari bolong (pukul 12.00). Kalau yang dimaksud “siang” itu adalah “sore” hari, masih mungkin asal kondisi sudah mulai mengarah ke senja ketika sumber cahaya paling terang yaitu matahari sudah mulai berkurang kecerlangannya karena terbenam. Semoga bisa menjelaskan…

  3. eh aku kan lagi ada tugas ipa, suruh cari matahari sama air, yang airnya aku udah ketemu sekarang tinggal matahari-nya plis ni………. aku butuh banget penjelasan yang sesungguhnya sama matahari plis 😀

    1. Saya masih kurang paham maksudnya matahari dan air. Penjelasan matahari maksudnya di bagian apa ya?Apa yang dimaksud melihat spektrum matahari dengan bantuan air?

  4. @ mbak ivie: mbak saya hanya pingin tahu bagai mana msk ke galaksi lain seperti andromeda kolo teman saya bilang lewat wormhole tapi apa itu wormhole

Tulis komentar dan diskusi...