Star Party Bersama PSB Singapore School

Malam Jumat lalu atau tepatnya tanggal 28 Oktober 2010, langitselatan mengadakan Star Party bersama adik-adik dari PSB Singapore School yang sedang studi tour ke Bandung.

Setelah seharian melakukan berbagai kegiatan, malam harinya siswa-siswi PSB masih bersemangat untuk menikmati keindahan langit malam dari Vila Istana Bunga. Meskipun siang hari cuaca bandung cukup berawan, malam itu bintang Folmahault dan juga planet gas raksasa Jupiter tampak cerlang menggantung di langit.

Acara yang sedianya akan dimulai dengan cerita tentang Tata Surya akhirnya dimulai dengan pengamatan Jupiter beserta ke-4 satelit Galileannya. Celoteh para siswa yang dipenuhi rasa ingin tahu pun riuh rendah. Berbagai pertanyaan pun menjadi topik diskusi menarik di halaman vila. Salah satu pertanyaan yang cukup menarik perhatian adalah pertanyaan “apakah Pluto masih ada di langit?” “Bukankah ia sudah dikeluarkan dari Tata Surya?”.

Setelah melakukan pengamatan, para siswa kemudian berkumpul di ruang pertemuan untuk belajar tentang Tata Surya. Waktu yang terus melaju mendekati tengah malam sama sekali tidak melunturkan semangat siswa siswi tersebut untuk mengenal antariksa. Maka penjelajahan pun dimulai dari Matahari sampai ke tepi luar Tata Surya dimana Pluto dan plutoid lainnya berada. Dan ketika acara berakhir pun, para siswa dan guru masih terus bertanya dan berdiskusi dengan Pak Ferry yang malam itu menyampaikan materi.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...