Pertemuan Para Pecinta Langit Malam di Wisma Kerkhoven

Astronomi dan ITB adalah dua institusi yang tidak dapat terpisahkan. Mengapa ITB? Karena, di sanalah Astronomi bernaung. Dan memang hanya ada satu jurusan astronomi di Indonesia saat ini. Tapi, nama astronomi semakin dikenal semenjak Olimpiade Astronomi berhasil membawa pulang medali ke Indonesia dari tahun ke tahun. Seiring perjalanannya, komunitas Astronomi pun mulai berkembang baik di Jakarta, Bandung, maupun daerah lainnya. Tidak hanya itu, Astronomi juga mulai diintegrasikan di sekolah-sekolah.

Presentasi dari Planetarium Jakarta.

Tanggal 12 April 2008, Himpunan Astronomi Indonesia mengadakan pertemuan di Wisma Kerkhoven, Observatorium Bosscha. Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan segenap komunitas Astronomi yang ada untuk berbagi cerita dan kegiatan mereka. Pertemuan yang dihadiri oleh Astronomi ITB, HIMASTRON, Ikatan Alumni AS ITB, tim Olimpiade Astronomi, Langitselatan, HAAJ, Planetarium Jakarta, Najma, Klub-Astronomi SMA 89, Madania, dan kelompok KIR dari Jakarta membahas kegiatan setiap komunitas serta berbagi kendala yang sedang dihadapi. Kerjasama pun dibuka dan berbagai kesempatan saling ditawarkan. Hal ini penting karena tahun ini (2008), Indonesia akan menjadi tuan rumah dari International Olympiads Astronomy and Astrophysics yang kedua dan tahun 2009, kita akan memasuki International Year of Astronomy. Kegiatan lainnya yang berskala internasional juga akan dilakukan di tahun 2009 yakni Summer School Astronomy di Bandung.

Dari presentasi setiap kelompok, terlihat sekali astronomi merupakan topik yang sangat diminati. Berbagai kegiatan dibuat seinovatif mungkin agar dapat membangun ketertarikan publik pada Astronomi. Yang menarik adalah kegiatan dari Madania yang setiap tahunnya menjadi penyelenggara World Space Week. Mereka membuat berbagai lomba bagi para siswa, di antaranya perlombaan merancang pesawat ruang angkasa maupun robot. Menarik, karena siswa yang mengikuti lomba ini beragam, mulai dari SD, SMP, sampai SMA. Pertemuan yang sekaligus menjadi gathering singkat komunitas Astronomi Indonesia ini diakhiri dengan rangkuman program setiap komunitas sepanjang tahun 2008-2009.

Paparan kegiatan yang paling banyak menarik perhatian adalah masalah Olimpiade Astronomi dan persiapan menyambut IOAA serta IYA 2009. Tak bisa dipungkiri, penyelenggaraan IOAA di Bandung akan menjadi pelaksanaan event olimpiade kedua di Indonesia setelah Olimpiade Fisika di Bali beberapa tahun lalu. Pelaksanaan IOAA diharapkan tidak hanya menjadi suatu lomba bagi para peserta, namun juga sebagai ajang budaya dan popularisasi Astronomi. Karena itu, akan dibuat berbagai kegiatan mulai dari musik hingga budaya daerah untuk memperkenalkan Indonesia dan keterkaitannya dengan Astronomi.

Dalam pertemuan tersebut, langitselatan juga berbagi cerita tentang kegiatannya di dunia maya sebagai penyedia informasi Astronomi dan juga forum diskusi. Dalam kesempatan tersebut juga diberitahukan jika dua penulis langitselatan dipercaya untuk ambil bagian sebagai blogger dalam Cosmic Diary Cornerstone Project dalam IYA 2009.

Pertemuan hari itu akhirnya ditutup dengan diskusi untuk mempersiapkan diri dalam rangkaian panjang kegiatan astronomi di Indonesia, termasuk persiapan untuk pameran yang akan dilaksanakan sepanjang berlangsungnya International Olympiads Astronomy and Astrophysics di SABUGA, Bandung, pada tanggal 25-27 Agustus 2008. Pada akhirnya, pertemuan yang diprakarsai oleh HAI ini diharapkan akan menjadi salah satu titik untuk membangun jaringan antarkomunitas Astronomi di Indonesia, walaupun dalam acara tersebut masih banyak komunitas yang belum ikut serta.

Foto bersama setelah pertemuan HAI

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

18 thoughts on “Pertemuan Para Pecinta Langit Malam di Wisma Kerkhoven

  1. Dulu saya jg berminat masuk jurusan Astronomi ITB, tp kyknya
    kuliah d astronomi susah lulusnya ya? Sampai skrg sy tetep suka ttg Astronomi, tp klo jurusannya kykny enggk. Jd pengennya Teknik Fisika ITB. Tapi ntar bisa jd anggota
    pecinta astronominya ga?

  2. Langit selatan oke banget. Terima kasih karena telah menyajikan artikel2 n info2 tentang Astronomi. Sangat bermanfaat bagi Klub Astronomi kami yang memang sangat membutuhkan informasi2 ttg Astronomi. Bisa tolong informasikan ke kami, kemana kira2 kami harus cari buku2 Astronomi? Dan buku2 apa yang relevan. Kami susah sekali cari buku2 Astronomi. Thanks bantuannya.

  3. halo eka, terimakasih untuk kunjungannya. Untuk buku-buku astronomi ada bku mengenal tata surya penerbit kanisius. pengarang Gunawan Admiranto. saat ini sedang direvisi ulang. mungkin 3 bulan ke depan akan diterbitkan lagi. Buku mengenal tata surya ini bisa didapat di gramedia.

    Buku lainnya hmm .. yang dipake di astro itb sih salah satunya Buku Astrofisika Mengenal Bintang, karya PakWinardi Sutantyo. Tapi saya kurang tau masih diterbitkan lagi atau tidak. bisa didapat di gramedia or di ITB. penerbitnya ITB.

    Sisanya sih buku2 dalam bahasa inggris, yg mungkin bisa didapat di gramedia. Oya, seingat saya akan ada bku baru lagi tp kurang tau judulnya apa. Pengarangnya Alm. Pak Winrdi Sutantyo.

  4. Buat dicky.. astronomy nggak susah lulus kok. Sama aja dengan jurusan lain. Yang penting belajar. Kalau memilih TF bukan berarti ga bisa jadi pecinta astronomi. Smeua org bisa kok menyukai astronomi tanpa harus jd profesional astronomer. So.. wlecome to the community.

    Di TF juga bisa ikut dalam research astronomi khususnya utnuk instrumentasi. Seingatku ada mahasiswa TF dr ITB dan ITS yg dulu mendalami instrumentasi astro sebagai Tugas AKhirnya.

  5. Thanks mbak ivie atas infonya. Saya akan coba cari buku2 tsb di gramedia. Kalo ada info buku2 lain tolong informasikan. Saya perlunya buku2 Astronomi yang berhub dgn perhitungan2 fisika ( Namanya astrofisika ya..? ), untuk persiapan murid2 saya menghadapi OSN, syukur2 kalo ada kumpulan soal2 OSN Astronomi. Makasih bantuannya. Langit selatan selalu OKE!

  6. astronomi…dulu di SD dan SMP aku cuma kenal dengan IPA, aku baru tahu kalo ilmu yang paling aku sukai itu namanya adalah Astronomi. Ketertarikan dengan ilmu alam coba saya teruskan sampai ke bangku kuliah, sayang jurusan itu cuma ada di ITB, tapi saya tetap mencoba hasilnya dari 2 kali UMPTN saya masih belum bisa tembus, akhirnya cuma bisa di teknik sipil. Saya sudah lama mencoba mencari komunitas ini, setelah ketemu saya ingin bergabung. Ada syaratnya, saya mohon informasi.

  7. halo teman-teman, saya ingin bergabung dengan komunitas penggemar astronomi biar ngerti astronomi, gimana caranya biar bisa ikut bergabung. siapa yg bisa bantu saya no saya 081319136998. terima kasih bagi yg bisa bantu aku.

  8. halo mba ivie.. masih inget kita pulang dari wisma ujan2 bareng sama pak suryadi siregar? heheheh… di tunggu beritanya yg lebih menarik ya mba..

  9. alo.. masih inget kok ma kalian.. btw tadi kok ga dateng??? tadi aku ktemu mas wid di bosscha, ada acara astro dalam budaya indonesia. oya…. ntar aku tulis disini beritanya.. hehehe

    to indra rencana gathering langitselatan belon ada. tp yg terdekat gathering mailing list astronomi_indonesia di bandung. kayanya di dago tea house. rencana tgl 31 mei.

  10. mau numpang tanya dong,di jogja ada ga komunitas penggemar astronomi,kalo ada boleh dong minta kontaknya…terimakasih sebelumnya

  11. Hallo mbak ivie….
    sejak sma saya sudah menyukai astronomi tape ga da wadah ntuk menyalurkan..
    paling2 ya iseng ngeliatin langit malam di desa..
    hhe4x..
    Masih bsa gabung ga niee…??
    saya kuliah di bandung..
    di Fakultas Mepet Sawah di bandung selatan…
    saya masih bisa gabung ga nhe…?
    makasie mbak ivie..
    makasi ats info2 na..
    mhn cnfirmasinya ke [email protected]
    makasie mbak..

  12. wah susah ya cari kelompok astronomi di bandung?? kalo di jkt kan ada HAAJ, di bandung bisa nih sama langitselatan?? saya juga kebetulan lg kuliah di bdg kak? di KL.. suka astro juga.. mau dong ikut star party gitu (lagi)….hhe

Tulis komentar dan diskusi...