Menikmati Langit Malam Bersama SD Theresia

Tanggal 17 April 2010 yang lalu, setelah langitselatan berpartisipasi di acara Kumkum, malam harinya langitselatan mengadakan star party bersama siswa siswi SD Theresia Jakarta sekaligus untuk merayakan Bulan Astronomi Global 2010 yang sedang berlangsung di bulan April ini.

Nah, ceritanya berawal di bulan Maret 2010 saat adik-adik dari SD Theresia  studi tour ke Bandung dan mengadakan star party dan sesi astronomi bersama langitselatan. Hari itu langit Bandung yang tidak bersahabat sama sekali tak menampakkan satu obyek pun. Akhirnya acara malam itu hanya diisi oleh penjelasan tentang astronomi dan peragaan peta bintang dari Stellarium. Tidak ada pengamatan karena langit berawan dan gerimis pun turun.

Karena itu pada tanggal 17 April tim langitselatan kembali mengadakan star party bersama siswa siswi SD Theresia dengan harapan dapat melihat potongan langit yang cerah dan memperkenalkan obyek-obyek langit pada siswa siswi kelas 5 SD Theresia sekaligus berbagi kegembiraan bulan astronomi bersama mereka. Acara dimulai dan tak disangka langit Jakarta yang berawan sepanjang pagi hingga sore hari justru sangat cerah. Bulan, Mars, Saturnus, Sirius tampak indah menghiasi langit malam. Dan para siswa, dan guru berkesempatan menikmati langit malam. Selain pengamatan, diadakan juga sesi singkat untuk mempelajari peta bintang.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...