Beranda » Mata Langit Baru di Bumi Serambi Mekah

Mata Langit Baru di Bumi Serambi Mekah

oleh : Hakim L. Malasan*

Alhamdulillah, setelah menempuh perjalanan yang panjang semenjak Januari 2008, komunitas agama maupun ilmuwan Propinsi NAD dapat berbangga hati dengan rampungnya konstruksi dan pengadaan instrumen Observatorium Hilal dan Astronomi Pantai Lhoknga. Institusi falak yang berada di bawah naungan Badan Hisab Rukyat (BHR), Propinsi NAD ini, kini amatlah berbesar hati dengan koleksi instrument astronomi modern yang dapat dipergunakan baik untuk penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Gerbang masuk Observatorium Hilal dan Astronomi, BHR NAD

Langit pantai Lhoknga di bulan Desember ini begitu menakjubkan dengan pemandangan spektakuler dari Pleiades (M42, Gugus Bintang Tujuh) maupun Kabut Orion dengan konfigurasi trapesium (empat bintang berbentuk demikian) di tengahnya. Penulis yang merupakan astronom di Bandung baru kali ini dapat menikmati terpisahnya dengan sempurna ke-empat bintang penghuni Rasi Orion tersebut. Ini mengindikasikan betapa kecilnya turbulensi atmosfer di atas pantai Lhoknga.

Pemandangan ke arah Barat yang bersih, luas dan relatif memiliki transparansi yang besar seperti menguatkan pandangan bahwa memang Pantai Lhokngah merupakan situs prima untuk penyaksian sabit bulan setelah fase bulan baru (ijtima’) yang dalam dunia islam dikenal sebagai hilal. Kendati sempat terganggu oleh gempa berkekuatan 4,5 SR pada 21 Desember 2008 malam, observasi pengujian dalam rangka mendapatkan first light tidaklah terganggu. Kami menikmati indahnya Alcyone (bintang terterang dalam gugus Pleiades), Sirius, Aldebaran, Kabut Orion, Planet Jupiter yang ditemani empat satelit alamnya, serta Planet Venus dengan teleskop-teleskop modern koleksi Observatorium.

Lokasi Observatorium Hilal dan Astronomi Pantai Lhokngah di Utara garis khatulistiwa (95,8 derajat Bujur Timur, 5,5 derajat Lintang Utara) memiliki pola meteorologis yang komplementer dengan observatorium di selatan ekuator, seperti Observatorium Bosscha, Lembang (6,5 derjat Lintang Selatan), sehingga ketika musim hujan melanda Lembang maka langit cerah menaungi Pantai Lhokngah, dan demikian pula sebaliknya. Ini memungkinkan optimumnya jaringan pengamatan hilal yang telah dibentuk oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi pada tahun 2006 yang lalu. Tak pelak lagi Observatorium Hilal dan Astronomi, Pantai Lhokngah berperan amat penting bagi suksesnya kinerja jaringan pengamatan hilal dalam rangka mencerdaskan bangsa dalam menyikapi peristiwa-peristiwa ibadah penting khususnya, dan dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan kita pada dirgantara secara umum.

Pengamat mempergunakan teleskop dalam gedung atap-geser.

Mengapa Observatorium Hilal dan Observatorium Astronomi?

Semenjak perencanaannya dalam tahun 2007, dirasakan bahwa kebutuhan observatorium astronomi bagi penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat luas semakin meningkat. Kebutuhan ini didorong antara lain oleh partisipasi murid-murid sekolah dalam ajang olimpiade sains taraf nasional maupun internasional, tekanan masyarakat pada suatu institusi ilmiah berbasis religi untuk melakukan kegiatan hisab dan rukyat bagi penentuan tanggal-tanggal penting ibadah, dan kesadaran pentingnya Bangsa Indonesia dalam memahami dan mengembangkan lingkungan dirgantara.

Tumbuh dan berkembangnya klub-klub astronomi yang berorientasi kepada pendidikan masyarakat di kota-kota besar di hampir seluruh penjuru tanah air, juga merupakan faktor stimulus yang penting bagi kebanyakan pemerintah daerah dalam mengembangkan program pendidikan bagi masyarakat.

Baca juga:  Pelacakan Tapak Observatorium Tertua di Indonesia

Oleh karena itulah, sebuah Observatorium yang paripurna, meliputi fungsi-fungsi :

1. Rukyatul hilal dalam menunjang sidang-sidang Isbath baik dalam lingkup Propinsi maupun nasional, mengingat Observatorium Hilal Lhokngah merupakan satu dari tujuh simpul utama jaringan kerja observasi hilal di Indonesia
  2. Pengamatan ilmiah astronomi dan astrofisika baik untuk jenjang pelajar sekolah menengah hingga mahasiswa maupun peneliti di perguruan tinggi,
  3. Kegiatan pendidikan astronomi bagi masyarakat luas maupun pelajar
Salah satu sudut dalam gallery dengan pampangan poster-poster citra planet dalam Tata Surya. Kredit : HLM

Fungsi tersebut merupakan esensi perencanaan revitalisasi observatorium Pantai Lhokngah dengan dukungan dari Badan Rehabilitas dan Rekonstruksi NAD Nias. Perencanaan ini meliputi kesatuan pembangunan infrastruktur baru meliputi lahan observatorium, gedung utama pengamatan hilal dilengkapi ruang kuliah dan pengamatan, gedung atap geser (sliding roof) untuk menempatkan teleskop astronomi, suplai listrik, dan telekomunikasi, serta pengadaan prasarana meliputi:

1. Instrumen pengamatan terdiri atas teleskop pembias (refractor) berdiameter 180 mm dan 100 mm untuk hilal dan pengamatan astronomi umum, teleskop catadioptric berdiameter 200 mm, sejumlah binokuler astronomi dengan penguatan 125x, teodolit dijital dengan medan pandang 1,5 derajat, proyektor matahari, perangkat lunak kendali teleskop dan proses citra modern, kamera-kamera sensitif berbasis teknologi CCD dan berbagai jenis penapis (filter)
  2. Perangkat penunjang pengamatan, yakni All-sky camera yang memungkinkan pengamat memonitor situasi langit di atas observatorium dari dalam gedung, automated weather station untuk mengukur secara langsung kelembapan, laju angin, temperatur dan tekanan, kompas Qiblat, dan altimeter.
  3. Perangkat pendidikan terdiri dari planetarium mobile, gallery, dan perangkat lunak simulasi astronomi.

Dengan sarana dan prasarana yang tersedia dan telah operasional dalam bulan Desember ini, berbagai kegiatan yang dapat digulirkan meliputi :

1. Pengembangan metodologi dan pelaksanaan observasi modern hilal baik secara in-situ maupun remote
  2. Penelitian astronomi dan astrofisika baik dalam aspek sains maupun teknis
  3. Penerimaan kunjungan siswa-siswi Propinsi NAD untuk mengikuti pendidikan astronomi secara riil
  4. Pengembangan kerjasama antar Observatorium dalam lingkup nasional maupun regional (misalnya dengan Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung, dan Al Khawarizmi Astronomy Center di Malaka, Malaysia)

Saat ini terdapat sejumlah staf Badan Hisab Rukyat (core users) yang sedang mengikuti pelatihan pengoperasian peralatan yang dilakukan secara intensif di Observatorium baru ini. Kerjasama pihak pembangun dengan penyedia teleskop, Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ) dan Yogya Astronomi Club (YAC) tengah merencanakan sosialisasi observatorium bagi common users dalam bulan Januari 2009 yang akan datang.

Harapan ke depan

Berbagai peralatan astronomi pengamatan modern yang telah dipasang di Observatorium Hilal dan Astronomi Pantai Lhokngah memberikan tantangan tersendiri bagi manajemen utilisasi dan kegiatan penelitian. Kendati pengelolaan utama ada di tangan Badan Hisab Rukyat, pemanfaatan observatorium modern ini hendaknya untuk kalangan yang luas di lingkungan Propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Untuk itu perlu kiranya direncanakan suatu networking antara BHR dengan berbagai perguruan tinggi di lingkungan regional maupun nasional. Disamping Pondok Pesantren yang banyak tersebar di Propinsi NAD, Universitas Syiah Kuala dan Politeknik Aceh, contohnya, merupakan perguruan tinggi potensial untuk kiranya dapat digandeng untuk bersama-sama memanfaatkan observatorium modern ini bagi penelitian astronomi dan astrofisika.