Beranda » Potret Bintang di Sekitar Pusat Galaksi Bima Sakti

Potret Bintang di Sekitar Pusat Galaksi Bima Sakti

Potret terbaru bintang di dekat Sagittarius A* tidak hanya lebih tajam tapi juga bisa untuk menentukan massa lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti dengan lebih akurat.

Citra gerak bintang-bintang di sekitar lubang hitam supermasif Sgr A*. Di antaranya adalah bintang S29 saat berpapasan dekat dengan lubang hitam supermasif pada bulan Mei 2021. Citra ini diambil dari Maret - Juli 2021. Kredit: ESO/Kolaborasi GRAVITY
Citra gerak bintang-bintang di sekitar lubang hitam supermasif Sgr A* yang dipotret dengan instrumen GRAVITY pada VLTI. Di antaranya adalah bintang S29 saat berpapasan dekat dengan lubang hitam supermasif pada bulan Mei 2021. Citra ini diambil dari Maret – Juli 2021. Kredit: ESO/Kolaborasi GRAVITY

Lubang hitam. Kita mengenal objek yang satu ini sebagai hasil akhir evolusi bintang masif. Lubang hitam terbentuk setelah bintang meledak sebagai supernova dan menyisakan pusat bintang yang runtuh. Jika pusat bintang yang runtuh melebihi 3 massa Matahari, maka tekanan degenerasi elektron dan neutron gagal untuk menghentikan keruntuhan gravitasi bintang. Akibatnya bintang makin mampat dengan medan gravitasi permukaan yang makin kuat. Objek inilah yang kita kenal sebagai lubang hitam massa bintang.

Lubang hitam yang massanya bisa miliaran kali lebih besar dari lubang hitam massa bintang bisa ditemukan di pusat galaksi-galaksi besar. Di pusat Bima Sakti, berdiam lubang hitam supermasif yang kita kenal dengan nama Sagittarius A* atau Sgr A*.

Tentunya kita ingin tahu seperti apa lubang hitam Sgr A* itu. Berapa massanya yang akurat, bagaimana lubang hitam ini berotasi, dan bagaimana perilaku bintang-bintang yang bergerak di dekatnya. Apakah gerak bintang-bintang tersebut sesuai prediksi teori relativitas umum?

Bintang di dekat Sgr A*

Tidak mudah untuk mempelajari lubang hitam di pusat galaksi. Keberadaan benda kompak yang satu ini bisa kita ketahui dari pergerakan objek-objek di dekatnya. Masalahnya, pengamatan ke arah pusat galaksi juga tidak mudah. Ada sejumlah besar debu di Bima Sakti yang menghalangi pengamatan. Hanya cahaya inframerah yang bisa melewati debu tersebut. Karena itu, pengamatan dilakukan menggunakan teleskop dan kamera yang bisa melihat pada cahaya inframerah.

Di area sekitar Sgr A* ada sebagian materi yang memancarkan inframerah. Selain itu ada gugus bintang masif S di sekitarnya. Bintang-bintang di gugus S ini termasuk terang untuk diamati dengan teleskop-teleskop besar yang ada di Bumi. Pengamatan selama bertahun-tahun tentu bisa memperlihatkan bagaimana bintang-bintang ini bergerak dalam orbitnya di sekitar lubang hitam supermasif. Pengamatan tersebut juga memperlihatkan bagaimana gravitasi lubang hitam yang luar biasa kuat mempengaruhi pergerakan bintang-bintang tersebut.

Untuk itu, para astronom yang tergabung dalam kolaborasi GRAVITY mengembangkan teknik analisis baru untuk mencari bintang di dekat Sgr A* dan mengamati pergerakan bintang-bintang tersebut saat mengorbit lubang hitam. Pengamatan dilakukan dengan teknik interferometri menggunakan empat teleskop VLT 8,2 meter. Hasilnya, para astronom bisa melihat pergerakan bintang di area pusat Bima Sakti 20 kali lebih tajam jika dibandingkan dengan satu teleskop VLT.

Orbit sebuah objek (dalam hal ini bintang) bergantung pada massa dan jarak dari objek (lubang hitam supermasif) yang di orbitnya. Nah, dengan melacak pergerakan bintang di dekat pusat galaksi, maka para astronom bisa mengetahui massa lubang hitam.