Astro Wicara Bersama Dr. Lucky Puspitarini – sesi 1

Tamu Astro Wicara kali ini menghadirkan Dr. Lucky Puspitarini, dosen Prodi Astronomi ITB yang meneliti materi antarbintang.

Pembicaraan dengan Lucky Puspitarini membahas tentang ketertarikannya pada astronomi dan untuk sesi pertama ini, Lucky bercerita tentang penelitiannya sejak tahap sarjana sampai doktor yang berbeda bidang.

Dimulai dengan asteroid, Lucky terus menantang dirinya sendiri untuk mencoba kajian riset berbeda saat tahap magister dengan memelajari atmosfer Mars. Dan akhirnya Lucky memilih riset materi antarbintang untuk studi doktoralnya.

Simak cerita Lucky tentang penelitian dan ktertarikannya pada bidang tersebut serta apa pentingnya melakukan kajian asteroid, Mars, maupun materi antarbintang di obrolan kali ini.

Show notes:

Afiliasi:
Program Studi Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Pendidikan:
Jurusan Astronomi, Institut Teknologi Bandung
Université de Paris
Observatoire de Paris

Profil:
International Astronomical Union (IAU)
Institut Teknologi Bandung

Penelitian & Publikasi:
Google Scholar
ResearchGate

Artikel Terkait:

Asteroid
Jejak Asteroid dari Masa ke Masa: Sabuk Asteroid
Jejak Asteroid dari Masa ke Masa: Asteroid di luar Sabuk Utama
Asteroid, Puing Pembentukan Planet di Tata Surya
NEA yang (Konon Katanya) Mengancam Kehidupan di Bumi
Planet Mars, Gurun Tandus Tak Berpenghuni
Eksplorasi Mars, Menjejak Tanda Kehidupan di Planet Merah
Mengapa Mars Kehilangan Atmosfer?
Atmosfer Mars
Materi Antar Bintang
Sesuatu dari Ketiadaan: Masa Awal Kelahiran Bintang


Untuk ikut mendukung kelangsungan program langitselatan, kamu bisa ikut berpartisipasi mendukung kami di: Patreon atau di Karya Karsa

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis komentar dan diskusi...