Mengapa Mars Kehilangan Atmosfer?

Saya ingin tanya, mengapa planet seperti Mars bisa kehilangan atmosfernya ? apakah terkait dengan komposisi utama permukaan Mars yang terdiri dari besi sehingga lapisan ozonnya mudah terurai ? (Bryan – Surabaya)

Mars mempunyai atmosfer, meskipun tipis. Komposisi atmosfer Mars didominasi karbondioksida (sekitar 95%).

Mars. Kredit : NASA

Bukti-bukti geologis di berbagai tempat di Mars menunjukkan bahwa Mars dulu lebih hangat daripada sekarang. Kondisi seperti itu mensyaratkan kondisi atmosfer yang lebih tebal dan mengandung karbondioksida.  Pada saat Tata Surya ini masih muda, komposisi karbondioksida dan airnya kurang lebih sama dengan yang di Bumi.

Hanya saja, karena Mars terletak lebih jauh dari Matahari, yang artinya pada bagian yang lebih dingin, atmosfer di Mars bisa jadi lebih tebal. Namun, iklim di Mars berubah menjadi lebih dingin. Hal ini mungkin terjadi akibat ukuran Mars yang relatif lebih kecil dibandingkan Bumi. Awalnya, karbondioksida tersimpan dalam wujud karbonat seperti halnya di Bumi. Karbonat bisa dijumpai pada lapisan kerak planet (crust). Tetapi, ukuran Mars lebih kecil sehingga lebih cepat dingin, sehingga lapisan keraknya lebih tebal dan sulit bergeser. Akibatnya, tidak terjadi aktivitas tektonik sehingga tidak ada perubahan kerak yang signifikan. Dengan kata lain, karbondioksida yang terikat dalam karbonat tetap terikat.

Tumbukan dengan benda angkasa yang masif juga menjadi penyebab hilangnya atmosfer Mars. Ukuran Mars yang kecil (artinya, gaya gravitasinya juga lemah), tidak mampu menahan lepasnya gas yang menjadi panas akibat tumbukan.

Faktor lainnya adalah medan magnet. Kita di Bumi terlindung dari angin matahari berkat adanya magnetosfer, lapisan medan magnet yang menyelubungi planet tempat tinggal kita. Lain halnya dengan bumi, Mars lebih terpapar angin matahari. Radiasi sinar ultraviolet matahari menyebabkan lapisan atas atmosfer Mars terionisasi. Akibatnya, tanpa perlindungan magnetosfer, angin matahari berinteraksi dengan ion-ion atmosfer dan menyapunya.

____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Ditulis oleh

Pengembara Angkasa

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

6 thoughts on “Mengapa Mars Kehilangan Atmosfer?

  1. Yang perlu dicermati dari sekian banyak teori tentang planet dan benda angkasa lainya adalah bahwa semua itu adalah penjelasan hypotetiv dengan pendekatan teori sain bumi,

    sebab seperti yg sering saya kemukaan LS bahwa saya sering menemukan PARADOK antara satu teori dengan realitas lainya.

    Seperti realitas Mars, Titan, Ganymede dan Pluto, mereka serupa dalam ukuran tapi beda dalam ketebalan atmosfir dan komposisinya. trims

  2. magnetosfer sangat signifkan ya untuk mendukung kehidupan,, untuk kedepannya mungkin mars susah di tinggali, tapi harapan penemuan bahwa mars dulu pernah ada kehidupan itulah yang dicari.. agar lebih tau kenapa planet ini menjadi tak berpenghuni sehingga pencegahan terhadap bumi kita nanti

  3. kalo ga salah medan magnet bumi itu terbentuk karen bergeraknya inti bumi yang berisi besi dan nikel ya, apa benar itu ???

Tulis komentar dan diskusi...